Panduan Membuat Sales Lapangan Selalu Semangan Mencapai Target

Cara membuat sales lapangan selalu semangat mencapai target bisa diotimalkan dengan CRM. Dengan penggunaan CRM, pekerjaan sales lapangan menjadi lebih efektif.

Tidak hanya itu, sales lapangan merupakan karyawan yang setiap hari harus berjuang dalam tekanan yang berat dan berkompetisi untuk menjual produk atau jasa agar memenuhi target penjualannya.

Tim sales juga selalu bekerja dalam tekanan dan persaingan, seringkali menimbulkan kelelahan fisik dan psikis yang berpotensi menciptakan demotivasi pada dirinya. Jika keadaan seperti ini terjadi, maka Anda sebagai orang yang berkepentingan dalam bisnis harus tahu cara cara untuk memberikan motivasi tim sales tersebut. Anda harus mampu meningkatkan semangat tim sehingga memaksimalkan potensi mereka dan mendapatkan hasil terbaik.

CTA Barantum

Cara Membuat Sales Lapangan Selalu Semangat Mencapai Target

1. Tetapkan goals

Dalam menetapkan sales goal atau sales target ada baiknya dikomunikasikan terlebih dahulu kepada sales force / sales team. Selain itu, goals harus disesuaikan dengan porsi tim sales dan menggunakan bahasa mereka. Dan yang paling utama, goals atau target haruslah jelas dan achievable. Artinya, tim sales tahu cara mencapainya, strategi, dan amunisi yang harus digunakan.

Tim sales Anda mungkin memiliki target setiap minggu, bulan, maupun setiap tiga bulan. Setiap aktivitas yang memiliki target dapat menjadi lebih efektif jika target tersebut memenuhi kriteria specific, measurable, attainable, reasonable, and timely.

2. Fokus pada tujuan

Selain goals, Anda harus memperhatikan tujuan atau aktivitas tertentu yang telah ditetapkan. Misalnya, jumlah cold calls yang dilakukan setiap hari atau menjadwalkan canvasing setiap minggunya. Tujuan yang terfokus akan meringankan beban untuk anggota tim sales dalam melakukan penjualan. Selain itu, fokus pada tujuan akan memberikan kebebasan pada tim sales yang ingin membangun hubungan yang positif dan baik dengan pelanggan

Salah satu menentukan tujuan yang terfokus adalah dengan menetapkan misi dan visi dari tim sales tentang cara mencapai goals. Misalnya membuat perencanaan dan strategi agar dapat mencapai tujuan perusahaan serta tujuan diri sendiri.

3. Bangun kepercayaan

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membangun kepercayaan. Tim sales pasti akan semakin bersemangat jika mengetahui bahwa yang telah dilakukannya selama ini akan sangat bermanfaat untuk perusahaan.

Anda perlu memberi gambaran yang besar untuk menjelaskan betapa pentingnya segala usaha dan jerih payah yang diberikan oleh setiap tim sales bagi perusahaan, karena segala upaya dan pengorbanan yang mereka berikan akan memberikan dampak yang besar terhadap perusahaan dan pekerjaan rekan-rekan kerja lainnya.

Salah satu cara umum yang bisa Anda lakukan untuk membangun kepercayaan adalah dengan memberikan komisi dan bonus. Bahkan, pemberian insentif atau bonus sudah seharusnya menjadi standar perusahaan. Sehingga, saat tim sales dapat terus termotivasi untuk bekerja.

4. Menciptakan lingkungan kerja yang nyaman

Dengan menciptakan lingkungan penjualan yang positif, maka dampaknya adalah penjualan tim sales bisa maksimal. Setidaknya ada lima faktor kunci dalam menciptakan lingkungan penjualan yang nyaman, yaitu tim sales lapangan harus tahu dan memahami arah dan tujuan mereka terhadap target dan goals yang diberikan.

Lalu, pastikan tim sales lapangan telah memiliki keterampilan (skills) dan sumber daya (resources) untuk dapat mencapai tujuan (goal) dan target mereka. Pastikan juga setiap tim sales bisa memantau kinerja (performance) mereka dengan teratur.

Tidak hanya itu, hindari dan singkirkan potensi yang menimbulkan ancaman, dan selalu siap dengan rencana cadangan (contingency plan). Jika segala sesuatunya tidak berfungsi sesuai rencana semula. Dan, ciptakan komunikasi yang baik antara tim sales

CTA Barantum

5. Mendengar keluhan

Anda sebagai seorang pemimpin pasti sudah tahu bahwa tugas Anda tidak semudah membalikkan telapak tangan. Manajer yang hebat selalu mendapat tantangan yang luar biasa, khususnya untuk memotivasi setiap anggota tim.

Tim sales bisa tetap termotivasi jika mereka memiliki pemimpin atau manajer yang bisa memberikan mereka semangat, menjadi teladan yang baik, dan membawa pengaruh positif ke lingkungan kerjanya. Karena itu, Anda harus bisa menunjukkan kreativitas Anda sebagai manajer agar para tim sales bisa mendapatkan antusiasme.

6. Mempermudah pekerjaan sales lapangan dengan CRM

CRM membantu mempermudah aktivitas sales lapangan yang berdampak pada tingkat penjualan. Hal yang terbayang pertama kali ketika mendengar sales lapangan adalah aktivitas yang mayoritas berada di lapangan, di luar ruangan.

Meski selalu berada di luar kantor dan berhadapan dengan berbagai macam situasi, bekerja di lapangan juga memiliki keuntungannya tersendiri. Apa saja keuntungan sales lapangan itu?

Keuntungannya, waktu kerja yang fleksibel, benefit yang menyesuaikan dengan performa di lapangan, dan juga kemampuan interpersonal yang meningkat melalui kesempatan berkomunikasi dengan beragam orang.

Dengan aplikasi CRM, bahkan CRM mobile, mampu mengoptimalkan keuntungan perusahaan. Aplikasi CRM, seperti CRM Barantum, dapat memudahkan segala aktivitas bisnis. Mulai dari memudahkan tim admin untuk menilai performa di lapangan hingga melakukan report dengan fitur CRM Barantum sebagai pendukungnya.

Capai Target Sales Lapangan dan Permudah Kinerja Mereka dengan Barantum CRM

Dengan Barantum CRM, Anda dapat mengakses laporan tim penjualan Anda di mana saja dan kapan saja. Hal ini karena aplikasi Barantum CRM dapat diakses di berbagai platform. pada dekstop, handphone, maupun tablet.

Aplikasi Barantum versi mobile sungguh membantu tim lapangan Anda. Sehingga mereka tidak perlu membuka laptop atau komputer, bahkan pergi ke kantor untuk sekedar memasukkan data. Semuanya bisa mereka lakukan hanya dengan sentuhan jari pada layar smartphone mereka.

CTA Barantum

Yuk, coba Barantum CRM sekarang dan dapatkan uji coba gratisnya selama 7 hari di sini!

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments