Pentingnya CRM dalam Industri Peralatan Kesehatan (Alkes)

crm bisnis alat kesehatan

CRM untuk Bisnis Alat Kesehatan (Alkes) 

 

Penggunaan sistem CRM dalam bisnis Alkes (Peralatan Kesehatan) membantu produsen dan distributor dengan cepat memanfaatkan peluang dengan mengaktifkan hubungan pelanggan langsung, layanan pelanggan yang skalabel dan berkualitas, kampanye pemasaran yang dipersonalisasi serta memantau kualitas perangkat untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan menjaga produk sesuai dengan standar regulasi yang berlaku seperti CDAKB. Peralatan kesehatan (Alkes) adalah segmen pertumbuhan yang cepat dalam industri perawatan kesehatan. Permintaan akan peralatan kesehatan semakin meningkat seiring berkembangnya kemajuan teknologi. Kebutuhan akan peralatan kesehatan yang lebih canggih dan lengkap semakin besar.

Mereka tidak hanya menghadapi tantang untuk kompleksitas produk, tantangan lain juga termasuk permintaan akan variasi yang lebih banyak oleh pelanggan, tekanan kompetitif, dan tekanan harga yang menurun; mereka juga menghadapi kompleksitas unik seperti perizinan dan legalitas serta harus memenuhi standar cara pendistribusian alat kesehatan yang baik (CDAKB) sesuai regulasi Pemerintah di Indonesia.

Baca Contoh Aplikasi CRM dan Pengertian CRM

Penggunaan CRM Semakin Besar Dibidang Kesehatan

 

Sistem CRM saat ini semakin berkembang, pengembang besar seperti Barantum.com berhasil membuat terobosan aplikasi manajemen hubungan pelanggan menjadi sistem CRM yang lebih canggih lagi yang mampu mengelola apa pun yang diinginkan dari mulai kolaborasi dan penagihan, evaluasi kinerja bahkan pelacakan peralatan.

Sistem CRM yang di kembangkan oleh Barantum.com memberikan jumlah alternatif yang tak terbatas, yang dapat dikonfigurasi sesuai keinginan dan kebutuhan pengguna. Penggunaan CRM dalam bidang kesehatan baik itu layanan kesehatan maupun bisnis peralatan kesehatan (Alkes) juga akan semakin meningkat di tahun kedepan. Ini akan semakin tampak ketika СRM akan memasuki era AI.

Anda bisa membacaManfaat Sistem CRM untuk Rumah Sakit atau Klinik Anda

APA YANG MEMBUAT BISNIS ALAT KESEHATAN UNIK?

 

TEKNOLOGI DAN TREN BARU DALAM TEKNOLOGI MEDIS

Teknologi baru, standar baru, dan peraturan baru terus diperkenalkan ke pasar Peralatan Kesehatan. Bekerja sama dengan dokter, ahli medis, insinyur, regulator dan pemasok teknologi harus cepat dan luas. Distributor Peralatan Kesehatan dapat menderita kerugian ketika perubahan ini menyebabkan masalah tertundanya pendistribusian barang ke pasar untuk produk baru.

TANTANGAN REGULASI

Industri peralatan kesehatan harus tunduk pada regulasi dan standar yang di keluarkan oleh pemerintah. Ini termasuk sertifikasi CDAKB, FDA, ISO, mandat lokal atau internasional lainnya. Pabrikan serta distributor harus mematuhi peraturan ini karena dapat beresiko terhadap Mal Praktek pada penanganan masalah pasien rumah sakit.

TANTANGAN KUALITAS

Banyaknya kejadian malpraktek, tantangan kompetitif, dan permintaan pelanggan untuk lebih banyak fitur dan fungsi, mempertahankan standar kualitas menjadi tantangan tersendiri. Produsen Alat Kesehatan harus lebih detail dalam memperhatikan kualitas produk mereka. Penarikan barang akan berpengaruh pada biaya mahal yang harus dikeluarkan itu tidak seberapa dibandingkan dengan citra Perusahaan yang rusak dan reputasi produk di masa depan.

DUKUNGAN EFEKTIF & BIAYA RENDAH

Tantangan lain dalam Industri Alat Kesehatan adalah akses dukungan teknis 24/7 yang murah dan siap pakai. Peralatan Kesehatan digunakan sepanjang waktu dan membutuhkan dukungan yang tepat waktu untuk menghindari masalah.

 

Sistem CRM Memajukan Bisnis Alat Kesehatan (Alkes)

 

Software CRM menjadi favorit bagi setiap perusahaan pada jaman sekarang dan merambah ke semua Industri termasuk Industri Kesehatan khususnya Rumah Sakit dan Penyalur Alat – Alat Kesehatan. Salah satu tantang terbesar dalam bisnis Alat kesehatan adalah menjaga kualitas merek dan memenuhi regulasi yang di keluarkan oleh Pemerintah Indonesia. Organisasi yang berkecimpung dalam bisnis penyalur alat kesehatan wajib memenuhi persyaratan ini, karena ada mekanisme pengawasan dari Dinas Kesehatan setempat dalam rangka sosialisai, penertiban dan pengawasan penyalur alat kesehatan.

Prosedur-prosedur ini harus menyediakan kontrol dan tindakan yang harus diambil pada perangkat yang didistribusikan atau belum didistribusikan yang diduga memiliki potensi ketidaksesuaian. Salah satunya yang paling penting adalah CDAKB. CDAKB adalah Cara Disribusi Alat Kesehatan yang Baik yang disadur dari Medical Devices Good Distribution Practice merupakan pedoman kegiatan distribusi dan jaminan mutu pengendalian pada alat kesehatan. CDAKB memberikan panduan bagi organisasi penyalur alat-alat kesehatan temasuk didalamnya kegiatan pemesanan, penyimpanan, pengangkutan dan pendistribusian. Alat-alat kesehatan yang masuk didalam kategori wajib CDAKB Permenkes No 4 tahun 2014 adalah :

alat-kesehatan-cdakb
Alat kesehatan yang di atur dalam CDAKB sesuai permenkes No.4 tahun 2014

Dalam sistem CDAKB Permenkes No 4 Tahun 2014 persyaratan sistemnya adalah sebagai berikut :

  • Harus mempunyai sistem manajemen mutu
  • Harus ada bukti pengelolaan sumber daya personil terkait
  • Memliki bangunan dan fasilitas yang sesuai dengan cara distribusi alat kesehatan yang baik
  • Mempunyai sistem penyimpanan dan penanganan persediaan yang baik
  • Mampu telusur produk
  • Penanganan keluhan pelanggan
  • Penanganan tindakan perbaikan keamanan di lapangan / Field Safety Corrective Action (FSCA)
  • Memiliki sistem pengembalian/ retur alat kesehatan
  • Memiliki sistem mekanisme pemusnahan alat kesehatan
  • Identifikasi alat kesehatan ilegal dan tidak memnuhi persyaratan
  • Audit internal
  • Kaji ulang manajemen
  • Bukti pengendalian Aktifitas pihak ketiga  (outsource activity)

Persyaratan ini membuat para pengelola bisnis Alat Kesehatan mengimplementasikan sistem terintegrasi untuk dapat melaksanakan mekanisme tersebut dengan menggunakan software CRM Barantum karena dengan mengimplementasikan sistem CRM dapat memantau pengendalian fasilitas dan proses inbound dan inventory management termasuk penanganan keluhan pelanggan dan melacak pengendalian mutu produk yang didistribusikan.

CRM industri kesehatan

Bagaimana CRM Dapat Membantu Bisnis Alat Kesehatan Menjalankan Prosedur CDKAB?

 

Perdagangan peralatan kesehatan melibatkan transaksi barang-barang mahal yang diimpor dan kemudian harus didistribusikan serta diinstalasikan ke klien di bawah pengawasan tenaga ahli yang ditunjuk. Setelah instalasi, masa garansi harus dilacak untuk menghitung penutupan perawatan tahunan yang menentukan struktur dukungan pelanggan. Proses perdagangan tipikal yang membutuhkan pemeriksaan konstan pada setiap tingkat karena barang bernilai tinggi diterima dan dikirim. Akuntansi yang sangat sistematis dan kuat serta operasi prosedural diperlukan untuk membuat pelanggan puas. Disinilah salah satu dari sekian banyak peran CRM untuk memastikan semua proses diatas berjalan sesuai dengan prosedur.

Kami akan menunjukkan di mana sistem CRM yang tepat, dikonfigurasi dengan benar, dapat memfasilitasi pengumpulan data, analisis, dan pelaporan serta mengawal pemenuhan prosedur CDKAB.

 

Mengelola Keluhan, Masalah Layanan, dan Perbaikan dengan CRM

 

Aplikasi CRM Barantum adalah platform yang efisien untuk mengumpulkan dan menggabungkan berbagai jenis input data eksternal. Beberapa sumber data eksternal yang dikutip dalam CDKAB dapat dikelola dengan fungsi manajemen kasus CRM.

Setelah sistem CRM dikonfigurasikan untuk manajemen kasus dan pengguna dilatih, data eksternal dapat secara otomatis atau manual dimasukkan ke dalam sistem.

Dengan menggunakan CRM, sejumlah opsi pengiriman elektronik tersedia. Alamat email yang tersedia untuk pelaporan keluhan pelanggan kepada perusahaan seperti keluhan@supplieralkes.com (misalnya) dapat segera membuat catatan keluhan baru dalam sistem CRM. Atau keluhan juga dapat disampaikan langsung ke sistem CRM melalui formulir web.

Ketika masalah dan keluhan layanan yang disampaikan dikategorikan dengan benar dalam sistem CRM, pelaporan dan dasbor mengungkapkan jenis keluhan dan masalah yang paling umum. Ketika sebuah kasus dibuat dalam CRM untuk perbaikan layanan, jenis masalah dan tindakan perbaikan dapat dicatat oleh teknisi sehingga ini dapat mengantisipasi keluhan pelanggan berikutnya pada produk yang sama.

 

Analisis data

 

Dengan CRM barantum Anda dapat memastikan semua prosedur yang mencakup persyaratan, antara lain, “catatan layanan, keluhan, produk yang dikembalikan, dan sumber data kualitas lainnya …”

Spreadsheet bekerja dengan baik untuk analisis data, tetapi tidak memiliki mekanisme pengumpulan data yang kuat. Sistem CRM berfungsi baik untuk pengumpulan dan analisis data.

Sistem CRM dapat menampilkan jenis masalah layanan yang paling umum, keluhan, dan alasan pengembalian produk. Software CRM Barantum adalah sistem CRM yang memungkinkan pengumpulan data menyeluruh untuk analisis data dan dimasukan kedalam bagian dari dasbor.

 

Dokumentasi Tindakan korektif

 

Setiap tindakan yang diambil harus didokumentasikan secara menyeluruh untuk tujuan pengaturan. Faktanya, produsen dan penyalur peralatan kesehatan memiliki sejumlah pilihan untuk menyimpan dokumentasi dengan berbagai cara. Namun yang terbaik adalah penyimpanan secara terpusat. Dimana area manajemen dokumen sistem CRM tentu saja merupakan pilihan utama.

Informasi yang relevan tentang masalah kualitas yang teridentifikasi, serta tindakan korektif dan preventif. Harus diserahkan yang akan berfungsi untuk tinjauan manajemen. Laporan untuk segi-segi tertentu dari masalah kualitas yang dilaporkan, seperti informasi yang dikategorikan dalam kasus CRM, dapat dikeluarkan melalui laporan CRM.

crm bisnis alat kesehatan

Aplikasi CRM Barantum dalam Industri Kesehatan

 

Aplikasi CRM Barantum untuk Distribusi dan Perdagangan Peralatan Kesehatan adalah salah satu alat paling kuat untuk industri khusus ini. Dengan tampilan 360 derajat dapatkan informasi lengkap tersedia pada ujung jari untuk semua departemen terkait.

Keuntungan memiliki solusi terintegrasi berkelas dunia yang dapat dikonfigurasikan khusus untuk industri kesehatan sangat besar. Solusi CRM dan Call Center untuk distribusi Farmasi, penyaluran alat kesehatan, bahkan sistem manajemen Rumah Sakit serta klinik dan Apotik. Aplikasi CRM dan Call Center Barantum sangat cocok di pakai dalam semua bisnis dari berbagai Industri. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang solusi ini, kunjungi www.barantum.com atau kunjungi link ini untuk langsung mencoba Aplikasi CRM Gratis selama 14 hari.

Anda bisa melanjutkan membaca : Komponen Utama dalam Manajemen Hubungan Pelanggan (CRM)

0 Shares
In this article

Join the Conversation

11 − eleven =