Repeat order atau pemesanan ulang merupakan pembelian dari pelanggan Anda sebelumnya. Tentu dalam menjalani bisnis, Anda menginginkan pelanggan Anda melakukan repeat order berkali-kali. Hal itu membuktikan bahwa pelanggan Anda puas terhadap barang atau jasa perusahaan Anda.

Membuat pelanggan melakukan repeat order merupakan hal yang susah-susah gampang. Anda perlu menyiapkan strategi yang tepat agar pelanggan Anda membeli kembali di perusahaan Anda.

Jika pelanggan melakukan repeat order, secara otomatis mereka masuk ke dalam pelanggan setia Anda atau pelanggan loyalitas. Oleh sebab itu, kenyamanan dan kualitas perusahaan Anda.

Kenyamanan dan kualitas menjadi salah satu hal yang penting untuk dipertahankan. Bahkan, kalau bisa ditingkatkan. Semakin tinggi tingkat kenyamanan pelanggan Anda, semakin besar kemungkinan menjadi pelanggan loyalitas.

Tentu tiap perusahaan menyusun strategi tersendiri untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan hingga melakukan repeat order. Terdapat berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan repeat order berkali-kali dari pelanggan.

Baca juga: Solusi Jitu Tingkatkan Penjualan Anda

Jika Anda salah mengambil strategi, kemungkinan pelanggan Anda bisa beralih ke perusahaan lain. Kehilangan pelanggan berdampak pada penurunan penjualan di perusahaan Anda. Pelanggan yang melakukan repeat order pun berkurang.

Cara Meningkatkan Repeat Order

Nah, tiap pebisnis termasuk Anda, pasti menginginkan pelanggan loyalitas selalu melakukan repeat order berkali-kali. Bagaimana caranya? Yuk, simak cara meningkatkan repeat order yang bisa Anda aplikasikan di bisnis Anda.

1. Respons pelanggan dengan cepat dan real time

repeat order

Respons terhadap pelanggan menjadi salah satu aspek yang perlu diperhatikan oleh tiap perusahaan. Jika respons yang diberikan oleh staf perusahaan Anda terlalu lama, pelanggan bisa membeli di perusahaan lain.

Melihat pentingnya kecepatan respons pelanggan, banyak perusahaan yang berusaha semaksimal mungkin membalas pesan dalam waktu singkat. Hal ini juga berkaitan dengan kebutuhan pelanggan. Bisa jadi pelanggan membutuhkan barang tersebut dalam waktu dekat.

Misalnya, pelanggan yang ingin memesan skin care. Skin care yang dimiliki mereka bisa jadi tinggal sedikit dan memerlukannya dalam waktu cepat. Jika staf perusahaan Anda membalas terlalu lama, pelanggan Anda akan berpaling memesan di tempat lain.

Pembelian skin care ini menjadi salah satu produk yang umumnya akan dipesan kembali oleh pelanggan. Oleh sebab itu, sebisa mungkin kenyamanan pelanggan dalam pembelian produk di perusahaan Anda diperhatikan.

Pelanggan yang nyaman membeli produk di perusahaan Anda, meningkatkan potensi mereka melakukan repeat order.

Salah satu kendala yang dihadapi perusahaan adalah banyaknya media sosial yang dimiliki dengan banyaknya pesan pelanggan yang masuk. Seringkali jika tidak teliti ada pesan pelanggan yang terlewatkan. Tentu hal itu menjadi poin minus di perusahaan.

Dalam mengatasi hal tersebut, sistem omnichannel CRM, seperti Barantum, dapat menjadi solusi terbaik Anda. Mengapa? Sistem omnichannel CRM mampu mengintegrasikan seluruh pesan dari berbagai platfrom media sosial ke dalam satu halaman.

Anda tidak perlu khawatir lagi jika ada pesan masuk di berbagai sosial media. Staf Anda dapat dengan mudah mengetahui pesan tersebut dan membalasnya secara real time.

tingkatkan repeat order

2. Meningkatkan pembelian berdasarkan kebutuhan pelanggan

Tiap pelanggan memiliki ketertarikan atau kebutuhan masing-masing. Dalam meningkatkan pembelian pelanggan, Anda bisa melakukan penawaran sesuai kebutuhan mereka.

Kebutuhan pelanggan dapat terlihat dari pemesanan yang dilakukan sebelumnya. Selain itu, bisa terlihat dari aktivitas pelanggan dalam mencari barang tertentu.

Saat ini untuk mengetahui kebutuhan pelanggan sangatlah mudah. Dengan memakai sistem CRM, seperti Barantum, Anda bisa mengetahui analisis kebutuhan tiap pelanggan Anda.

Tiap percakapan, informasi data pelanggan, hingga aktivitas mereka tercatat dengan baik. Oleh sebab itu, staf Anda bisa melihat potensi produk apa yang memiliki peluang pembelian lebih tinggi untuk pelanggan.

Hal ini tidak hanya menguntungkan perusahaan Anda. Di sisi pelanggan, mereka menjadi lebih cepat mendapatkan solusi dari kebutuhan mereka. Dengan demikian, kemungkinan pelanggan Anda melakukan repeat order lebih besar.

Baca juga: Cara Memanfaatkan CRM untuk Tingkatkan Penjualan

3. Berikan intensif untuk pelanggan yang lakukan repeat order

repeat order

Siapa yang tidak suka diberikan intensif? Pastinya tiap orang menyukainya. Intensif bisa Anda berikan kepada pelanggan loyalitas yang telah melakukan repeat order. Anda bisa mengirimkan promosi kepada pelanggan Anda terkait promo, diskon, atau kupon khusus kepada mereka.

Di satu sisi promosi ini meningkatkan antusias pelanggan untuk melakukan repeat order. Rangakaian promosi pun bisa dikenalkan pelanggan Anda kepada orang lain. Dengan kata lain, bisa lebih banyak pelanggan lainnya yang tertarik untuk membeli di perusahaan Anda.

Namun, di sisi lain perlu Anda perhatikan terkait pemberian intensif. Pastikan strategi pemasaran yang perusahaan Anda lakukan sudah tepat. Pemberian intensi terlalu sering pun bisa menurunkan keuntungan perusahaan Anda.

Dengan demikian, diperlukan strategi pemasaran yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan kebutuhan pelanggan Anda.

4. Tetap jalin komunikasi dengan baik pada pelanggan pasca pembelian

Setelah pelanggan selesai melakukan pembelian di perusahaan Anda, pastikan Anda tetap terhubung dengan mereka. Dengan memberikan pesan yang personal kepada pelanggan meningkatkan potensi repeat order.

Pelanggan akan merasa bahwa perusahaan Anda memperhatikan tiap pelanggannya. Di sisi lain, perusahaan Anda akan memiliki nilai plus karena maksimal melakukan pelayanan terhadap pelanggan.

Berbagai perusahaan kini telah melakukan metode yang sama. Mereka akan menghubungi kembali pelanggan dan menawarkan produk sesuai dengan pembelian sebelumnya. Hal ini meningkatkan potensi mereka melakukan repeat order. Kepuasan pelayanan terhadap pelanggan Anda pun menjadi lebih meningkat.

Bisa juga dikatakan, pesan yang dikirimkan sesuai dengan kebutuhan pelanggan meningkatkan minat mereka untuk membeli kembali di perusahaan Anda. Misalnya, mereka sudah memiliki minat, tapi belum ada kesempatan untuk mecari barang yang dibutuhkan. Saat Anda mengirimkan pesan terkait produk Anda yang mereka butuhkan, mereka bisa dengan mudah memasukannya ke dalam pembelian.

5.  Optimalkan transactional email

Sama seperti melakukan pesan secara personal kepada pelanggan, Anda bisa mengirimkan email promosi berisi produk sesuai dengan kebutuhan pelanggan Anda. Seperti yang diketahui sebelumnya, CRM menjadi solusi praktis bagi Anda untuk terhubung dengan pelanggan.
tingkatkan repeat order

Misalnya, Anda bisa mengirimkan konfrimasi pesan pembelian skin care. Di dalam email Anda bisa mencantumkan berbagai penawaran produk lainnya yang relevan.

Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai CRM, Anda bisa langsung mengunjungi laman Barantum. Para staf ahli akan menjawab tiap pertanyaan yang Anda butuhkan. Tentunya salah satu keuntungan yang bisa Anda dapatkan adalah meningkatkan repeat order pelanggan.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".