Bagaimana prediksi penjualan meningkatkan profit bisnis?

Prediksi penjualan memperlihatkan perkiraan jumlah revenue atau pendapatan yang perusahaan dapatkan di periode berikutnya. Ini tidak selalu mudah untuk Anda lakukan, terutama jika adalah bisnis Anda tergolong baru dengan sedikit riwayat keuangan sebagai dasar perkiraan Anda. Namun hal itu seharusnya tidak menghentikan Anda untuk memanfaatkan keuntungan yang prediksi penjualan tawarkan kepada perusahaan Anda.

Nilai Prediksi Penjualan

Prediksi penjualan, atau perkiraan penjualan, memungkinkan bisnis untuk memprediksi berapa banyak pendapatan yang diharapkan dalam jangka waktu tertentu. Informasi ini membantu bisnis untuk membuat keputusan yang tepat dan memperkirakan kinerja dalam jangka pendek dan panjang.

Misalnya, perusahaan dapat menggunakan prediksi penjualan untuk mengalokasikan anggaran, mengelola tenaga kerja, membeli peralatan, dan mengontrol arus kas. Ini juga bisa menjadi faktor pendukung ketika mencari modal investasi saat Anda merencanakan pertumbuhan bisnis di masa depan.

Baca juga: Memahami Peta Perjalanan Pelanggan Baik Untuk Bisnis Anda

Apa yang Anda butuhkan untuk prediksi penjualan yang akurat

Untuk mendapatkan gambaran akurat tentang prediksi penjualan, Anda memerlukan informasi berikut:

  • Kuota pribadi dan tim
  • Proses penjualan yang terstruktur dengan baik
  • Sistem pemantauan penjualan

Satu-satunya cara untuk memprediksi penjualan secara akurat adalah dengan memiliki transparansi dalam proses penjualan Anda. Anda perlu tahu kapan staf penjualan mencapai atau kehilangan kuota, di mana prospek berada di saluran penjualan Anda, dan bagaimana staf dimintai pertanggungjawaban atas bagian mereka di penjualan.

Baca juga: Cara Meningkatkan Tingkat Keberhasilan dalam Penjualan

Faktor-faktor yang mempengaruhi akurasi prediksi Anda

Ada beberapa faktor internal dan eksternal yang dapat memengaruhi kebenaran prediksi penjualan Anda dan harus diperhitungkan:

Faktor internal:

  • Perubahan kebijakan perusahaan atau proses penjualan itu sendiri
  • Perubahan pada skala pembayaran tenaga penjualan
  • Pergeseran di wilayah penjualan
  • Peluncuran atau peningkatan produk baru

Faktor eksternal:

  • Pergeseran dalam persaingan industri
  • Perekonomian umum
  • Pemilihan presiden atau perubahan politik lainnya
  • Waktu tahun

Tidak ada yang dapat Anda lakukan untuk mengontrol dampak faktor eksternal pada prediksi penjualan Anda, tetapi Anda dapat menyesuaikan ekspektasi Anda ketika salah satu faktor internal ikut berperan.

Tiga cara menggunakan prediksi penjualan untuk meningkatkan pendapatan Anda

Sekarang setelah Anda mengetahui lebih banyak tentang apa itu prediksi penjualan, mari kita lihat bagaimana Anda dapat mempraktikkan teori ini. Kami merinci tiga metode paling umum yang digunakan perusahaan untuk memperkirakan pendapatan penjualan mereka:

#1 Prediksi penjualan tahap peluang

Salah satu metode prediksi penjualan yang paling populer adalah melihat peluang Anda secara keseluruhan. Transaksi yang lebih jauh di dalam saluran penjualan memiliki peluang lebih besar untuk ditutup daripada yang ada di bagian atas. Anda harus menetapkan nilai untuk setiap fase saluran Anda untuk menghitung perkiraan penjualan Anda. Misalnya, jika seseorang menjadwalkan konsultasi, Anda mungkin mengatakan bahwa mereka 20% kemungkinannya akan tutup, sedangkan seseorang yang memesan demo mungkin 40% kemungkinannya akan tutup.

Untuk menemukan prediksi penjualan Anda, kalikan kemungkinan setiap transaksi untuk ditutup dengan nilai total yang Anda peroleh dari transaksi tersebut. Ini adalah cara yang sederhana dan langsung untuk memprediksi pendapatan, tetapi karena tidak memperhitungkan usia peluang, ini tidak selalu yang paling akurat.

#2 Panjang siklus penjualan

Metode prediksi penjualan ini memanfaatkan peluang individu dan panjang siklus penjualan rata-rata Anda untuk mengukur kemungkinannya untuk ditutup. Semakin lama peluang berada di jalur, semakin besar kemungkinan itu akan berubah menjadi kesepakatan. Misalnya, jika siklus penjualan rata-rata Anda adalah empat bulan dan staf penjualan Anda telah mengerjakan peluang tersebut selama lebih dari dua bulan. Anda dapat memutuskan peluang tersebut adalah 55%-60% kemungkinan akan ditutup.

Untuk mendapatkan akurasi lebih lanjut, Anda dapat menerapkan metode ini ke lebih dari satu siklus penjualan. Misalnya, Anda mungkin menemukan bahwa prospek yang berasal dari pameran dagang dan acara ditutup dalam waktu satu bulan, sementara prospek dari formulir online membutuhkan waktu hingga empat bulan. Ini akan memungkinkan Anda untuk memprediksi keberhasilan berdasarkan kriteria lain untuk representasi yang lebih akurat. Metode ini lebih disukai. Banyak yang menganggap metode ini curang  karena sangat cepat dan sederhana.Namun banyak perusahaan menggunakan prediksi penjualan historis untuk mendapatkan gambaran umum tentang aliran pendapatan mereka.

Metode ini mengharuskan Anda untuk melihat kembali pada kerangka waktu yang sesuai dari penjualan masa lalu dan menganggap hasil Anda saat ini akan sama dengan atau lebih dari itu.

Misalnya, jika Anda memperkirakan penjualan untuk bulan Desember 2019, Anda akan melihat angka dari Desember 2018 sebagai dasar.

Meskipun ini dapat memberi Anda gambaran umum tentang kemampuan Anda, Anda tidak dapat mengabaikan faktor internal dan eksternal yang dapat mengubah angka ini. Misalnya, Desember 2019 dapat melihat kekurangan massal produk yang Anda jual, sehingga memengaruhi prediksi penjualan Anda secara negatif. Atau, beberapa pesaing Anda mungkin telah menutup toko, memberi Anda kesempatan untuk mendapatkan lebih banyak bisnis.

Jangan mengandalkan metode ini sebagai prediktor penjualan yang akurat, melainkan sebagai tolok ukur umum untuk membandingkan keberhasilan dari tahun ke tahun.

Baca juga: Kisah di balik kesuksesan menggunakan Aplikasi CRM

Bagaimana Barantum CRM Membantu Anda Mengawasi Pendapatan

Tidak ada produk terbaik dalam hal prediksi penjualan. Ini adalah proses rumit yang memerlukan proses penjualan yang mapan, tim penjualan yang menggunakan proses tersebut, dan transparansi dalam setiap tahap proses penjualan untuk membantu perusahaan membuat perkiraan yang akurat.

Rangkaian alat pemasaran dan penjualan, Barantum CRM bekerja untuk membantu Anda membangun proses penjualan yang kuat yang memungkinkan metodologi prediksi penjualan. Tanpa terlebih dahulu harus membangun proses dan transparansi yang berkelanjutan, prediksi penjualan yang akurat tidak dapat dicapai.

Untuk melihat bagaimana Barantum dapat membantu Anda memprediksi kesuksesan penjualan Anda dengan lebih baik, mulai uji coba gratis Anda hari ini dan kendalikan pendapatan Anda.

Baca juga: Barantum CRM Pilihan Terbaik Untuk Bisnis Kecil

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".