Aplikasi CRM di Indonesia Senjata Perusahaan Menghadapi New Normal

crm indonesia tren bisnis 2020

Tren CRM Indonesia, Aplikasi yang paling dibutuhkan bisnis ditengah Pandemi Covid-19

 

Bagaimana Aplikasi CRM di Indonesia menjadi senjata utama bagi Perusahaan menghadapi situasi covid sekarang ini? Akan kita bahas dalam tulisan ini, mengapa CRM di Indonesia menjadi trending di tahun 2020 ini ditengah situasi krisis seperti sekarang, dan apa saja keunggulan bagi Perusahaan yang justru berinvestasi dengan mengintegrasikan Aplikasi CRM. Mari kita bahas dengan seksama bagaimana CRM Indonesia menjawab tantangan bisnis di tahun 2020 ini.


Ketika wabah covid merebak memasuki bulan Maret. Kita semua bangun hari ini dalam situasi yang jauh berbeda saat ketika kita memulai tahun 2020 ini. Kembali pada bulan Januari ketika kita sudah memesan penerbangan, hotel, dan melakukan pertemuan dengan pelanggan dan prospek. Sebagian besar orang telah mengadakan pertemuan perdana penjualan mereka, wilayah-wilayah diatur kembali, tim pemasaran sibuk melaksanakan kampanye dan merencanakan acara dan konferensi mereka… dan kemudian datang COVID-19. Dan sekarang, saat kita duduk di sini, bekerja dari rumah. Coronavirus memiliki dampak seismik pada cara hidup kita dan bagaimana bisnis dilakukan. Lalu bagaimana CRM di Indonesia justru menjadi tren dan juga platform teknologi terkait memberikan efek positif pada Perusahaan dan orang-orang yang mereka layani?

Baca Juga : Tren CRM Indonesia di tengah pandemi menghadapi new normal

Pandemi Covid-19 di Indonesia, dengan tantangan terkaitnya, benar-benar unik. Untungnya, aplikasi CRM di Indonesia sudah semakin berkembang dan kemampuannya telah berevolusi untuk mengatasi beberapa skenario ini, terlebih aplikasi CRM seperti, CRM Barantum yang dibuat di Indonesia dan dikembangkan dengan kebutuhan khusus bagi dunia bisnis di Indonesia. Mari kita uraikan akronim “CRM” dan bicarakan tentang bagaimana perusahaan meningkatkan teknologi yang terkait dengan pelanggan, hubungan, dan manajemen.

flow crm untuk bisnis indonesia

CRM di Indonesia mendekatkan Perusahaan dengan Pelanggan

Biasanya ada tiga jenis pelanggan yang akan ditangani organisasi mana pun setiap hari: pelanggan internal, pelanggan eksternal, dan calon pelanggan. Pelanggan internal adalah tim yang saling mengandalkan. Pelanggan eksternal dapat berupa saluran distribusi atau penjualan. Dan pelanggan ritel dan bisnis yang menjadi pengguna utama produk/layanan. Terlepas dari jenis pelanggan yang menjadi target Perusahaan, dibutuhkan orang untuk melayani, dan CRM digunakan untuk memberdayakan orang orang ini agar dapat mengenal dan mengetahui lebih detail dan tidak kehilangan jejak dengan pelanggannya.

Baca juga : CRM,  MAMPU MENINGKATKAN POTENSI EKONOMI DIGITAL INDONESIA

Salah satu keunggulan yang menjadikan CRM di Indonesia menjadi kebutuhan utama Perusahaan pada tahun 2020 ini adalah membantu pelanggan internal dengan menyediakan infrastruktur penting yang memungkinkan untuk berkolaborasi, meng-otomatiskan alur kerja untuk memastikan tidak ada yang terlewatkan, dan jejak audit untuk melacak seberapa baik karyawan Anda menindaklanjuti kebutuhan pelanggan. Pada saat orang bekerja dari jarak jauh, melakukan WFH ( Work From Home ) seperti yang dianjurkan oleh Pemerintah Indonesia, kemampuan ini menjadi sangat dibutuhkan lebih dari sebelumnya. Dan alat kolaborasi yang tertanam dalam Aplikasi CRM di Indonesia yang dikembangkan oleh Barantum, memungkinkan pemusatan aliran diskusi dengan cara yang membuat orang lebih produktif dan efisien.

Penyebab lain CRM semakin menjadi tren di Indonesia adalah menjamurnya komunitas online. Pentingnya komunitas adalah bahwa mereka memungkinkan orang untuk terhubung secara virtual dengan cara yang dapat menambah atau meningkatkan interaksi tradisional melalui telepon dan email. Pada saat ini banyak Perusahaan berebut membangun pusat panggilan dan mulai memperkuat pusat dukungan mereka, karena Perusahaan harus beroperasi dari rumah sementara tidak bisa meninggalkan pelanggannya begitu saja, portal ini memungkinkan pelanggan untuk saling mendukung, dan mereka memberi Anda kemampuan untuk mempertahankan komunikasi dan berbagi informasi antara distributor dan saluran penjualan Anda yang merupakan pelanggan Anda.

Pada akhirnya, tren implementasi CRM di Indonesia memberikan bantuan yang berharga untuk layanan pelanggan. Karena kebutuhan layanan pelanggan Anda semakin berkembang meskipun mereka bekerja dari jarak jauh, kemampuan Anda untuk melayani mereka akan berdampak pada kepuasan pelanggan dan retensi pelanggan. Ketika tim Anda dipaksa untuk bekerja dari rumah karena situasi pandemi, aplikasi CRM dapat memberikan akses ke informasi penting yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah pelanggan. Lingkungan bisnis saat ini telah menciptakan celah untuk banyak inovasi, dan strategi omnichannel menjadi sangat penting bagi mereka ( Perusahaan ). Banyak platform CRM sekarang menyediakan bot internal dan eksternal, dibangun dengan AI, yang dapat menangani volume tinggi permintaan layanan mandiri, menjadi lebih baik dari waktu ke waktu, seperti aplikasi CRM Indonesia yang dibuat oleh Barantum yang dikembangkan di Indonesia dengan mengedepankan kondisi lapangan yang ada di Indonesia, sehingga dengan mudah dapat di adaptasikan oleh Perusahaan dari berbagai jenis Industri di Indonesia.

Aplikasi CRM Indonesia mempertahankan Hubungan ditengah Pandemi

Di Indonesia, sangat penting untuk memiliki kemampuan untuk memahami hubungan perusahaan Anda, meningkatkan, dan menciptakan peluang bisnis baru adalah salah satu ide asli dan tema sentral dalam penciptaan manajemen hubungan pelanggan atau aplikasi CRM. Pada saat interaksi tatap muka menjadi hilang untuk saat ini karena adanya social distancing, sebagian besar Perusahaan sekarang memandang platform CRM sebagai aplikasi “penanganan situasi kritis”. Akan sangat terlihat Perusahaan mana yang dilengkapi dengan baik dan mana yang membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk membuat daftar kontak bisnis yang dapat benar benar berarti bagi perkembangan bisnis Perusahaan ditengah pandemi ini. Bila Perusahaan sudah dilengkapi dengan aplikasi CRM maka, mereka tidak akan lagi menghabiskan waktunya untuk memilah dan mencari cari kontak bisnis yang dapat menghasilkan bagi Perusahaan ditengah situasi krisis seperti sekarang ini.

Ada banyak pelajaran yang dipetik belakangan ini tentang hubungan, dan dari beberapa konsultasi dengan berbagai organisasi, beberapa tema sentral telah muncul yang memengaruhi CRM di Indonesia dan kemampuannya untuk menyelesaikan bisnis. Pertama, banyak organisasi telah memiliki solusi CRM selama bertahun-tahun tetapi sekarang menyadari bahwa keakuratan dan kedalaman data kontak mereka sangat menurun. Namun, yang lebih mengkhawatirkan adalah kenyataan bahwa banyak karyawan mereka yang belum paham bagaimana memaksimalkan penggunaan CRM, karena selama ini tidak terpikirkan situasi seperti ini akan terjadi.

Baca juga : Work From Home Pakai Aplikasi CRM Karya Anak Bangsa

Tantangan-tantangan ini menakutkan, tetapi kenyataanya yang menjadi tren di Indonesia pada saat ini adalah banyaknya organisasi / perusahaan menggeser prioritas dan anggaran mereka untuk menggandakan aplikasi CRM mereka untuk mendukung kesinambungan bisnisnya dan menjaga produktifitas karyawan selama WFH. Misalnya, departemen pemasaran sekarang berfokus pada saluran digital dan virtual. Departemen-departemen ini sekarang mengalihkan dana yang dialokasikan untuk acara tatap muka dan melakukan perjalanan ke alat yang akan mengotomatisasi dan meningkatkan data pada Aplikasi CRM.

CRM yang terintegrasi dengan Omnichannel menyediakan solusi yang sangat dibutuhkan ini. Kemampuan mencakup mengotomatisasi pembuatan kontak, memperkaya dan memperbarui kontak yang ada, mengukur hubungan, dan menyediakan data sentimen pelanggan dan tindakan terbaik selanjutnya bagi tim penjualan dan pengembangan bisnis. Pentingnya mengejar kemampuan ini adalah kunci bagi perusahaan yang ingin membedakan diri mereka di dunia virtual. Dalam masa yang tidak pasti, kebanyakan orang akan mengarahkan bisnis mereka ke arah orang yang mereka kenal dan percayai. Untuk itulah keakuratan data dalam CRM sangat diperlukan untuk membangun hubungan yang berkualitas ditengah situasi seperti sekarang ini.

crm di indonesia untuk wfh

CRM Indonesia membantu Perusahaan Mengelola bisnis

Karena semua perubahan pada ekosistem bisnis di Indonesia berdampak pada setiap perusahaan di setiap industri, salah satu tantangan terbesar yang dihadapi para pemimpin adalah bagaimana mengelola bisnis mereka. Manajemen hanya dapat efektif bila memiliki visibilitas ke dalam operasi. Tanpa visibilitas — terutama mengingat tantangan yang ada pada tenaga kerja yang bekerja dari rumah — manajer dan eksekutif dipaksa untuk mengalokasikan sumber daya atau membuat strategi tanpa dapat melihat dampak dari keputusan tersebut.

Aplikasi CRM Indonesia yang dikembangkan Barantum yang di buat khusus sesuai lapangan bisnis di Indonesia, memberi para pemimpin dan manajer tiga keuntungan besar. Pertama adalah kemampuan untuk mengintegrasikan informasi. Banyak perusahaan telah banyak berinvestasi dalam kemampuan untuk menyatukan informasi yang berbeda dari seluruh organisasi. Memusatkan informasi dan menyajikannya dengan tujuan untuk mendorong bisnis baru, meningkatkan layanan pelanggan, dan memberdayakan karyawan untuk menyediakan senjata strategis kepada manajemen.

Selanjutnya, platform CRM yang dikembangkan oleh Barantum, dapat diakses dari lokasi mana pun melalui perangkat apa pun, memberikan manajer kemampuan manajemen yang unik dan berharga. Karena COVID-19 memaksa banyak organisasi untuk melakukan virtualisasi hanya dalam beberapa hari, sehingga banyak orang yang mengerjakan pekerjaannya melalui perangkat pribadi yang tidak sama dengan yang mereka miliki di kantor. Eksekutif Perusahaan pun bisa mendapatkan wawasan informatif dengan dasbor yang mencakup indikator kinerja utama yang sangat penting. Sehingga seluruh kinerja Perusahaan dari seluruh departemen dapat di monitor.

Ketiga, CRM dapat memungkinkan para pemimpin untuk beradaptasi dengan kondisi bisnis yang berubah dengan cepat. Sebagian besar platform memiliki ekosistem yang dapat dikembangkan yang dapat diimplementasikan dari jarak jauh dan menyediakan kemampuan baru yang dibutuhkan oleh organisasi Anda. Dalam beberapa kasus itu mungkin sesuatu yang sederhana seperti solusi untuk mengirimkan kontrak secara elektronik, dan dalam kasus lain itu mungkin merupakan kebutuhan untuk solusi manajemen yang berurusan dengan tenaga kerja dari jarak jauh.

Untuk membantu perusahaan dalam upaya menjaga keselamatan karyawan dengan meminta mereka bekerja dari rumah, Barantum menawarkan aplikasi CRM Indonesia untuk WFH tanpa biaya selama 14 hari + diskon 15%! 

Tren penggunaan CRM di Indonesia, momentum percepatan transformasi Digital

Pelanggan adalah aset perusahaan yang paling berharga, dan kita semua menyadari hal itu lebih dari sebelumnya pada hari ini. Dan sementara cara perusahaan untuk terlibat dan bekerja dengan satu sama lain berkembang sejak awal pandemi coronavirus merebak di Indonesia bahkan diseluruh dunia, kita akan melihat para eksekutif mengambil tindakan inovatif yang akan membantu bisnis mereka melewati tantangan-tantangan ini. Untungnya, platform CRM di Indonesia telah dikembangkan mengikuti tren teknologi terkini oleh Barantum, sehingga tidak heran kita melihat bahwa saat ini Aplikasi CRM menjadi “mission-critical” ditengah pandemi covid-19 ini dan hal ini akan membuat perbedaan dalam cara menemukan dan mempertahankan pelanggan perusahaan yang mana ini juga menjadi momentum bagi perusahaan untuk melakukan transformasi digital sehingga digitalisasi di Indonesia semakin berkembang seiring dengan uniknya bisnis di Indonesia maka ini juga akan membantu aplikasi CRM berkembang semakin beradaptasi untuk kebutuhan bisnis di Indonesia.

Daftar dan coba aplikasi disini  >> CRM Indonesia 

In this article

Join the Conversation

13 − 11 =