Work From Home Pakai Aplikasi CRM Karya Anak Bangsa

work from home crm barantum

Panduan Work From Home Dengan Aplikasi CRM & Call Center Barantum

 

Work From Home, atau kerja dari rumah sedang populer saat ini. Kegiatan bisa dibilang hampir sama dengan remote working atau kerja dari jarak jauh. Sama seperti yang dilakukan oleh Barantum sebelum menerapkan Work From Home, yang perlu di perhatikan adalah kerja dari rumah seharusnya tidak mengurangi produktifitas kerja karyawan dan Perusahaan harus dapat tetap memantau kinerja karyawannya setiap hari. Hal ini menjadi tantangan tersendiri baik bagi Perusahaan maupun karyawan. Untuk membuat work from home menjadi efektif  diperlukan tools khusus atau sistem khusus yang memiliki fitur utama seperti absensi, kolaborasi, berbagi file, live report, memonitor progress kerja harian dan bahkan sampai integrasi dengan sistem call center agar Perusahaan tetap terhubung dengan Pelanggannya dan begitu juga sebaliknya. Program bekerja dari rumah ini perlu dilakukan untuk menekan penyebaran virus corona yang hingga saat ini lebih dari 100 negara telah terjangkit wabah virus corona termasuk Indonesia. Kondisi ini memang menjadi sebuah dilematis. terutama untuk sektor Industri dan Perusahaan yang secara nyata terkena dampak negatifnya. Kesemua hal itu memang menjadi keprihatinan kita.  Namun Negara perlu melakukan serangkaian kebijakan untuk meminimalisir terjadinya penyebaran yang lebih luas salah satunya dengan himbauan untuk melakukan Social Distance dengan melakukan kerja dari rumah, ibadah di rumah dan aktifitas di rumah sesuai dengan arahan Presiden Republik Indonesia.

Baca juga : Tentang Coronavirus (nCOV) Dampak dalam Bisnis serta Antisipasi penyebarannya

WORK FROM HOME VS PENURUNAN PRODUKTIVITAS KERJA

work from hove vs penurunan produktifitas

Seperti apapun kondisinya, setiap kondisi sudah pasti ada konsekuensinya. Dimana saat ini cara terbaik yang bisa di lakukan oleh kita semua termasuk para pekerja yaitu dengan bekerja dari rumah.  Namun jika kondisi ini dilakukan ada baiknya bila manajemen Perusahaan perlu memperhatikan beberapa hal ini :

  1. Membuat SOP kerja dan panduan bersama bagi karyawan agar proses aktivitas kerja tetap berjalan baik sekalipun dijalankan dari rumah.
  2. Menerapkan prosedur kerja menggunakan satu aplikasi atau satu sistem yang dapat saling terintegrasi. Dimana aplikasi ini memungkinkan seluruh karyawan mampu memaksimalkan produktivitas kerjanya meskipun dilakukan dari rumah.
  3. Bagi seluruh karyawan, untuk mengimbangi kebijakan yang telah ditempuh Perusahaan adalah, dengan mengikuti semua hal yang telah ditetapkan oleh manajemen Perusahaan.

Jika semua hal yang telah di jelaskan diatas, bisa di jalankan dengan  baik dan di patuhi oleh seluruh karyawan, maka penurunan produktivitas yang dikuatirkan akan terjadi, dapat di hindari. Karena seluruh karyawan telah mengikuti SOP yang bertujuan untuk tetap menjaga produktivitas kerja seluruh karyawan dari semua divisi yang ada dalam satu Perusahaan.

 

Aplikasi CRM & Sistem Call Center untuk Work From Home

 

Contoh menarik dari model Work From Home yang bisa menjadi acuan bagi perusahaan lain yang ingin menjalankan sistem ini bisa dilihat dari bagaimana Barantum mengimplementasikan Aplikasi CRM Barantum yang terintegrasi dengan Sistem Call Center Barantum. Saat ini di Barantum semua Divisi yang ada di dalam lingkup kerja BARANTUM menggunakan CRM sebagai core utama untuk mendukung pekerjaan dari rumah. Untuk sederhananya kita bagi menjadi 3 Divisi yaitu Divisi Business Development, Divisi CSA ( Customer Satisfaction Assurance ) serta Divisi R&D  ( Programmer, Designer, Marketing, dan Quality Control ).

Dalam prakteknya dengan menggunakan integrasi produk CRM & Call Center. Perusahaan berusaha tetap mempertahankan produktivitas seluruh karyawannya dengan menggunakan kedua produk tersebut. Dimana langkah – langkah yang di jalankannya adalah sebagai berikut :

1. Implementasi Aplikasi CRM untuk ke-3 Divisi di Barantum
2. Implementasi Sistem Call Center untuk Divisi Sales dan CSA ( Customers Satisfaction Assurance )

 

Implementasi Aplikasi CRM untuk Work From Home

 

absensi work from home dengan crm barantum

Implementasi Aplikasi CRM untuk program bekerja dari rumah atau Work From Home pada Perusahaan Barantum, dibagi dalam tiga tahapan yaitu Aktifitas Absensi, Aktifitas Kerja, dan yang terakhir adalah Pelaporan Tugas. Yang mana semuanya menggunakan dapat dilakukan dengan Aplikasi CRM versi Mobile yang ter-install dalam telepon seluler seluruh staff Barantum. Semua proses ini juga otomatis tersinkronisasi dengan Aplikasi CRM versi desktop secara real-time.

Tahap I – Aktifitas Absensi

Untuk absensi kehadiran, Barantum menggunakan fitur Check In / Out yang ada dalam CRM Barantum. Seluruh karyawan melakukan Check In Meeting dari rumah pada pukul 08.00, dengan relasi pada Organisasi yang sudah dibuat berdasarkan Departemen masing-masing. Sesuai jadwal yang telah di tetapkan yaitu, Check In Pukul 08.00 pagi dan Check Out 11.30 untuk sesi pagi. Sedangkan untuk sesi siang, Check In Pukul 12.30 dan Check Out 17.00 sore.

 

Dengan fitur ini, manajemen dapat mengontrol dan memastikan absensi / kehadiran kerja karyawan yang bekerja dari rumah. Kita juga dapat menyertakan attachment berupa foto atau dokumen bila memang di perlukan untuk memberikan bukti.

 

Tahap II – Aktifitas Kerja

Setelah semua karyawan melakukan Check In, maka langkah selanjutnya seluruh karyawan melakukan pekerjaan seperti biasa pada saat mereka bekerja di kantor. Seluruh karyawan dapat melakukan kolaborasi baik antar divisi atau sesama divisi, dengan berbagi file / dokumen yang diperlukan didalam aplikasi CRM. Atasan dapat memberikan tugas kepada tim nya dengan memberikan komentar atau memberikan tag personal dalam modul Organisasi yang mewakili divisinya dan masing – masing karyawan akan mendapatkan notifikasi.

kolaborasi dan monitor aktifitas kerja

Semua aktifitas ini terekam dalam Timeline Organisasi tiap divisi, sehingga baik karyawan dan juga manajemen dapat memantau seluruh aktifitas kerja ataupun progress tugas yang sedang dikerjakan.

Tahap III – Pelaporan Tugaspelaporan tugas work from home

Ketika tiba saatnya waktu selesai bekerja pukul 17.00, seluruh karyawan melakukan Check Out dan memasukan report pekerjaan dengan mengisi kolom deskripsi pada saat Check Out, melalui telepon selulernya masing – masing. sehingga pekerjaaan yang dilakukan oleh Karyawan terekam dalam timeline activity di Organisasi yang mewakili divisinya.

Fitur ini membuat Manajemen dapat memantau secara real-time perkembangan kerja / tugas karyawan dan mengatur sistem kerja yang disesuaikan dengan target-target yang telah di tetapkan terlebih dahulu oleh perusahaan. Sehingga setiap  hari atau setiap minggu manajemen bisa menilai kinerja semua karyawan melalui aplikasi CRM. Semua dilakukan dalam satu aplikasi

 

 

Implementasi Produk Call Center  untuk Divisi Sales dan Customers Satisfaction Assurance (CSA)

Jika sebelumnya Aplikasi CRM Barantum digunakan oleh semua divisi yang ada di Barantum. Berbeda dengan Sistem Call Center Barantum, yang hanya di gunakan oleh Divisi Sales dan CSA. Hal ini terkait dengan proses kerja yang di jalankan oleh kedua divisi tersebut.

sistem call center untuk work from home

Berbeda dengan sistem telekomunikasi  yang biasa di gunakan oleh sebuah perusahaan.  Sistem Call Center Barantum, hanya membutuhkan laptop atau PC  dan koneksi internet. Sehingga divisi Sales dan CSA tetap dapat melakukan / menerima panggilan terhadap pelanggan, dan pelanggan juga bisa tetap terlayani apabila membutuhkan bantuan panggilan melalui telepon.

Baca juga : Antisipasi Penyebaran Coronavirus (Covid-19) dengan Remote Working

Manfaat Aplikasi CRM Barantum untuk Work From Home

Dengan melihat semua proses yang di jalankan, serta melihat kompleksitas masalah yang di hadapi oleh semua perusahaan pada saat ini. Maka pilihan Work From Home yang saat ini di jalankan oleh Barantum dapat menjadi acuan bagi Perusahaan lainnya. Semua jenis industri bisa menggunakan Aplikasi CRM dan Sistem Call Center Barantum, di tambah lagi salah satu keunggulan Aplikasi CRM dan Sistem Call Center Barantum yaitu dapat di kustomisasi sesuai dengan alur kerja per divisi pada Perusahaan.

Keuntungan perusahaan, apabila Work From Home di jalankan dengan menggunakan Barantum CRM & Sistem Call Center Barantum :

gps tracking untuk work from home

  • Proses kerja seperti biasa di kantor, bisa tetap di jalankan sesuai prosedur
  • Absensi karyawan tetap terjaga dan termonitor
  • Karyawan dapat berkolaborasi antar departemen
  • Manajemen dapat memonitor seluruh aktifitas kerja karyawan
  • Perusahaan dapat tetap terhubung dengan pelanggan
  • Bagi mereka yang terpaksa harus meeting dengan klien tetap dapat termonitor dengan menggunakan live tracking attendance dimana fitur ini juga dilengkapi anti fake GPS.
  • Bagi karyawan semua data yang diperlukan tentang pelanggan ataupun pekerjaan dapat dengan mudah di akses dan tidak khawatir akan kehilangan data

Semua ini dapat di monitor secara Real-time dari mana saja dan kapan pun. Dengan proses instalasi yang mudah dan hanya membutuhkan waktu kurang dari 24 Jam!


Agar Social Distance dapat segera terwujud dan menghasilkan hasil yang efektif untuk mempercepat proses WFH dalam bisnis Anda, Barantum memberikan penawaran *GRATIS 1 Bulan untuk Setiap Paket Berlangganan 1 Bulan (Bagi Client Baru) Program ini merupakan serangkaian kampanye dukungan kami agar bisnis tetap produktif di tengah krisis. Program ini berlaku pada periode pendaftaran hingga 31 Maret 2020. ( *Segera hubungi email kami di sales@barantum.com )

Untuk mengetahui lebih lanjut Anda bisa mencobanya langsung Aplikasi CRM Barantum Bila ada pertanyaan Anda bisa menanyakan langsung melalui live chat, tim support kami akan segera menjawab Anda atau hubungi 021-3972-2000 

In this article

Join the Conversation

four + 2 =