CASE STUDY : Kebutuhan CRM Dalam Industri Kesehatan (Healthcare Industry)

Peran CRM dalam Bisnis Sektor Kesehatan

 

Perkembangan industri kesehatan di Indonesia sangat potensial. Kebutuhan akan layanan kesehatan juga terus berubah seiring dengan pesatnya ilmu pengetahuan, pertumbuhan ekonomi dan perkembangan teknologi. Untuk mengembangkan industri kesehatan juga dibutuhkan pendekatan ekonomi serta ketepatan dalam pengelolaan sistem juga sangat penting.

 

Tantangan yang dihadapi dalam bisnis sektor kesehatan

 

Dalam sektor kesehatan, berfokus pada rumah sakit, lembaga perawatan dan klinik swasta serta bisnis pengadaan peralatan kesehatan termasuk juga distributor obat obatan. Terdapat rangkaian produk yang beragam, investasi alat dan barang konsumsi termasuk juga pelayanan pelanggan didalamnya.

Kendala utama biasanya adalah mencatat kunjungan dari staf lapangan. Kebutuhan akan sistem yang dapat merekam detail perjalanan kunjungan staff lapangan dengan interface yang mudah dan tidak ambigu dan di mana manajemen memiliki kesempatan untuk membuat pilihan tertentu yang dapat diukur dan dikendalikan. Juga pencarian informasi yang relevan merupakan sesuatu yang sangat berguna. Tanpanya akan menghabiskan banyak waktu bagi karyawan.

Baca juga : Manfaat Sistem CRM untuk Rumah Sakit atau Klinik Anda

Bagaimana CRM Barantum menjawab tantangan tersebut!

 

Pengelola Bisnis dalam sektor kesehatan dapat mengimplementasikan software CRM Barantum dan menggunakannya untuk merekam informasi pelanggan yang relevan, percakapan dengan klien, proses penjualan dan peluang pemesanan. CRM Barantum akan memberikan kita informasi lengkap tentang prospek yang sudah dimenangkan dan mana yang kehilangan penjualan. Staf penjualan juga dapat mencatat kontak pelanggan dengan cara yang tidak ambigu dan ini secara otomatis memastikan cara kerja yang terstruktur. Manajemen pun memiliki kontrol yang lebih baik atas proses penjualan dan dapat fokus pada pergantian produk tertentu.

manajemen pasien menggunakan crm

 

Fitur CRM Barantum yang akan sangat bermanfaat

 

Fitur Check in/ Check out

Dengan fitur ini, seluruh staf yang bertugas kelapangan, melakukan visit klien, meeting dengan klien ataupun pengiriman barang dapat terpantau dan terekam. Ini juga memudahkan staf untuk memberikan laporan terkait hasil kunjungan.

Fitur Leads

Staf penjualan dapat mencatat seluruh calon pelanggan dengan fitur ini, dan semua informasi tentang prospek dan history progressnya dapat terekam sehingga memudahkan staf penjualan melakukan tindak lanjut.

Fitur Contact

Semua prospek yang potensial ataupun yang sudah menjadi klien dapat di konversikan dari Leads, menjadi contact kedalam modul ini. Sehingga karyawan dari Divisi terkait dapat dengan mudah mengetahui seluruh informasi dan progress dari prospek ,pelanggan baru dan juga nasabah lama

Fitur Organisasi

Pelanggan dalam industri ini kebanyakan bukan perorangan, sangat dibutuhkan untuk mencatat seluruh detail informasi organisasi pelanggan. Dalam Organisasi akan terdapat beberapa Contact yang menjadi PIC dari perusahaan klien. Seluruh history yang di lakukan dengan Contact akan terelasikan dengan Organisasi sehingga semua progressnya dapat di lacak dengan mudah

Fitur Pipeline

Staf penjualan, dapat dengan mudah mengatur setiap progress atau tahapan proses yang sedang di tempuh oleh prospek dari mulai titik kontak pertama, sampai mendapatkan kesepakatan

Fitur Calls dan Email

Dengan mengintegrasikan CRM Barantum dengan Call Center Software Barantum maka karyawan dapat langsung melakukan panggilan kepada Prospek ataupun Pelanggan yang ada dalam Leads ataupun Contact langsung dari CRM

 

Hasil yang akan di dapatkan

 

Dengan CRM Barantum, fitur fitur yang terdapat di dalamnya sangat membantu untuk mengoptimalkan peluang penjualan. CRM Barantum juga merupakan alat yang banyak digunakan staf lapangan, namun juga tidak sebatas itu saja banyak pelaku bisnis dengan sektor industri yang berbeda beda dapat memperoleh manfaat lebih banyak darinya. Hasilnya adalah peningkatan efisiensi minimal 5%. Dan menghilangkan peluang kerugian sampai 20%. Sehingga tenaga penjualan dapat lebih fokus dalam mencapai peluang penjualan.

Baca juga :

 

In this article

Join the Conversation

11 − 1 =