Pengaruh CRM pada sektor Industri Pariwisata (Case Study)

Pengaruh CRM di Industri Pariwisata

(CASE STUDY) PENGARUH CRM DALAM INDUSTRI PARIWISATA

 

Industri pariwisata merupakan kumpulan usaha pariwisata yang saling terkait dalam rangka menghasilkan barang dan/atau jasa bagi pemenuhan kebutuhan wisatawan dalam penyelenggaraan pariwisata, ini akan membutuhkan ketelitian dalam pengelolaan data dan juga service kepada pelanggan.

Hasil gambar untuk industri pariwisata

 

TANTANGAN DALAM SEKTOR PARIWISATA

 

Bisnis pariwisata memiliki banyak elemen dan komponen yang mendukung semua proses pariwisata terselenggara dengan baik.Itulah sebabnya, saat ini bisa dikatakan banyak bisnis “berkonsep wisata” muncul sebagai sebuah alternatif solusi. Sayangnya, semua konektivitas bisnis di sektor pariwisata itu berjalan sendiri-sendiri. Ada beberapa hal yang hingga saat ini masih menjadi kendala bisnis pariwisata :

 

  • Belum terintegrasinya semua data dan informasi yang berhubungan dengan bisnis pariwisata di Indonesia
  • Masih bersifat individu atau sektoralnya pebisnis yang ada di sektor pariwisata
  • Belum terkondisikan dengan baik wisatawan mancanegara dan dalam negeri yang justru sebenarnya inilah potensi riil dari bisnis pariwisata di Indonesia.

Bisnis Pariwisata 2019 Pakai Sistem CRM Lebih Menguntungkan

SOLUSI CRM

 

CRM Barantum bisa menjadi alternatif solusi terbaik bagi permasalahan yang ada di sektor pariwisata. Konsep bisnisnya bermuara dari database customer, pada akhirnya bisa menjadi salah satu kunci dalam menyusun sebuah platform bisnis pariwisata yang terintegrasi. Itulah kenapa, jika saat ini dan kedepan aplikasi CRM akan menjadi salah satu strategi jitu dalam pengembangan bisnis pariwisata di Indonesia.

Komponen Pariwisata

CRM untuk Bisnis Tour & Travel Ditengah Ketatnya Kompetisi di Era Digital

FITUR CRM BARANTUM

 

Image placeholder

Manajemen Pelanggan

Fitur ini bisa menjadi fitur andalan bagi pelaku bisnis pariwisata dalam mengaplikasikan CRM Barantum. Kenapa, karena dalam fitur manajemen pelanggan ini, CRM  Barantum tidak saja mengelola calon klien dengan konsep manajemen prospek dan manajemen kontak. Tetapi dalam fitur ini juga di atur manajemen organisasi. Sehingga pelaku bisnis bisa sedini mungkin membuat program-program wisata yang ditujukan untuk customer tertentu.  Dengan adanya perencanaan yang matang, maka optimalisasi omzet perusahaan bisa di target dengan lebih baik.

 

 

Image placeholder

Manajemen Kesepakatan                                                                                   

Dalam fitur ini perencanaan kegiatan akan di kelola dengan cukup baik. Mengingat konsep manajemen yang ada pada fitur ini memberikan detail proses pekerjaan yang memudahkan pelaku bisnis pariwisata mampu merencanakan semua pipeline penjualan  beserta otomatisasinya dalam 3 program kerja : jangka pendek, menengah dan panjang.

 

 

 

Manajemen Laporan

Fitur ini mampu menjadi sebuah solusi terkini dari proses pelaporan bisnis yang efektif dan efisien. Dimana dengan dukungan fitur tambahan yang berupa : laporan penjualan, pertumbuhan penjualan, papan peringkat dan kustomisasi dashboard penjualan. Pada akhirnya akan memudahkan manajemen membuat strategi-strategi yang lebih jitu.

 

 

Image placeholderAplikasi Selular

Saat ini adalah zamannya  integrasi sistem operasional berbasis selular.  Terkait dengan kondisi itulah, CRM Barantum mampu secara efektif dan efisien telah mengintegrasikan beberapa aplikasi selular yang akan membuat team sales dan marketing mampu melakukan semua tugasnya lebih baik.

 

HASIL AKHIR

 

Pada akhirnya continuitas omzet penjualan yang akan di dapat perusahaan bisa di capai. Kondisi ini pada akhirnya akan membuat pelaku bisnis pariwisata serta pelaku industri yang bermain dalam konteks tiketing, alat transportasi,dll akan mampu meningkatkan omzet perusahaannya di angka yang  sesuai dengan target yang harapkan manajemen perusahaan.

BISNIS TRAVEL MASA DEPAN, KONSEP BISNIS TRAVEL BERBASIS LOYALTY CUSTOMER

In this article

Join the Conversation

twelve − 9 =