PENGGUNAAN CRM DALAM INDUSTRI KONSTRUKSI  (Case Study)

case study crm sektor bisnis konstruksi

CASE STUDY : PENGGUNAAN CRM DALAM INDUSTRI KONSTRUKSI

 

Salah satu sektor riil yang memiliki potensi cukup besar di Indonesia saat ini  adalah sektor atau bisnis konstruksi. Karena dalam industri ini terdapat beberapa profesi yang berkaitan langsung dari mulai profesi konsultan (arsitek, interior), manajemen proyek baik desain, M/E dan struktur hingga keterkaitan dengan aplikasi produk bahan bangunannya. Ke semua hal itu pada akhirnya membuat sektor bisnis konstruksi memiliki potensi pasar yang cukup besar.

 

KENDALA BISNIS

 

Industri ini memiliki tantangan dalam pengembangannya. Setidaknya ada 5 potensi umum menjadi tantangan bagi sektor bisnis konstruksi :

  • Kurangnya produktivitas pada industri konstruksi
  • Kompleksitas proyek konstruksi
  • Kinerja proyek konstruksi
  • Isu dengan subkontraktor
  • Adopsi teknologi baru
  • Stabilitas lingkungan

 

SOLUSI CRM

 

Jika kita melihat yang menjadi tantangan yang ada di industri konstruksi, kita bisa melihat bahwa ke-5 kendala itu dapat bersumber dari kurang maksimalnya cara penanganan SDM yang ada di industri konstruksi. Itulah kenapa CRM bisa menjadi solusi tantangan ini.

 

FITUR-FITUR CRM BARANTUM 

 

manajemen pelanggan

Manajemen Pelanggan

Fitur ini menjadi  begitu penting dalam industri konstruksi, karena sistem informasi pelanggan inilah yang akan dijadikan pegangan untuk semua pelaku dalam industri konstruksi ini bekerja. Dimana dalam fitur CRM manajemen pelanggan ini terdiri dari : manajemen prospek, manajemen kontak dan manajemen organisasi  yang sesuai dengan klien yang bersangkutan.

 

 

 

crm software features activity management
source: www.barantum.com

Manajemen  Aktivitas

Penjabaran dari manajemen pelanggan inilah yang pada akhirnya bisa di breakdown lebih detail pada fitur manajemen aktivitas. Kenapa, karena manajemen aktivitas ini didalamnya mengandung beberapa hal seperti : Manajemen pertemuan dengan customer, aktivitas tugas yang dilakukan oleh semua komponen yang  tergabung dalam sebuah proyek serta catatan aktivitas yang akan merangkum semua hal yang berhubungan dengan proyek konstruksi.

 

 

 

crm software feature sales reporting
source: www.barantum.com

Manajemen Laporan

Dan karena setiap proyek ada deadline pekerjaan maka fitur laporan pada akhirnya menjadi salah satu fitur penting yang akan memudahkan pihak owner atau manajemen proyek untuk segera menentukan sikap terhadap masalah yang mungkin terjadi di lapangan.

 

HASIL AKHIR

 

Bila semua fitur dijalankan dengan baik oleh semua komponen yang terlibat dalam sebuah proyek konstruksi, maka bisa di pastikan sebuah proyek akan di bangun secara efektif dan efisien. Sehingga profesional yang terlibat dalam sebuah proyek dari mulai konsultan arsitek, interior, konsultan manajemen proyek, kontraktor itu sendiri serta vendor yang terkait dengan pengadaan bahan bangunan akan bisa memaksimalkan kualitas pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya sesuai dengan komitmen awal yang diminta oleh pemilik proyek

Baca juga :

In this article

Join the Conversation

17 + 2 =