CRM Efektif Pantau Aktivitas dan Produktivitas Bisnis

Bisakah CRM pantau produktivitas aktivitas bisnis Anda? Jawabannya SANGAT BISA. Mengapa? Anda bisa mengetahui jawabannya di dalam artikel ini.

Tak hanya bisnis yang memerlukan otomatisasi. Tim penjualan tentu membutuhkan sebuah sistem yang mengotomatiskan seluruh tugas mereka. Menjaga performa tim penjualan dengan mencapai KPI yang ada, adalah salah satu dari tujuan mereka menggunakan sistem ini. Namun yang terpenting adalah, bagaimana sistem ini membantu mereka dalam memantau proses penjualan bersama prospek dan pelanggan. Selain itu, sistem ini menyelesaikan tugas yang berulang tanpa bantuan tangan manusia. Dengan begitu, bisnis berjalan dengan efektif. Menghemat waktu dan biaya.

Apa saja sih yang bisa sistem otomatisasi lakukan untuk proses penjualan Anda? Jawabannya, banyak!

Sistem otomasi penjualan dapat melakukan berbagai fungsi penjualan yang memudahkan bisnis Anda untuk mendorong prospek ke saluran penjualan. Anda sudah tidak perlu menggunakan Excel atau spreadsheet. Manajer penjualan pun tidak perlu lagi menetapkan prospek secara manual. Sistem akan mengerjakannya untuk Anda secara akurat dan efisien sehingga tidak ada ruang untuk kesalahan.

CRM untuk Pantau Aktivitas Bisnis Anda

Software otomatisasi yang biasa bisnis gunakan adalah CRM atau Customer Relationship Management.  CRM yang dapat menjawab kebutuhan Anda dalam proses otomatisasi ini adalah Barantum CRM yang sekaligus mampu memantau aktivitas bisnis Anda. Berikut cara sistem CRM Barantum membantu bisnis, termasuk pantau aktivitas bisnis Anda.

1. Pelacakan prospek secara lengkap

Ketika prospek baru mendarat di situs web Anda, sistem membuat profil mereka secara otomatis saat mereka menjelajahi konten Anda, mendaftar ke buletin, meminta informasi lebih lanjut, dll.

Barantum CRM akan melacak produk yang prospek lihat dan memantau jalur yang mereka ambil melalui situs web Anda secara bertahap mempelajari lebih banyak tentang mereka. Ketika prospek memasukkan detail kontak mereka, alat ini memberikan informasi yang paling relevan.

Dalam hal membuat  email, tim penjualan tidak perlu bersuah payah membuatnya. Barantum CRM menyelesaikannya untuk mereka. Hal ini karena sebuah algoritma dalam CRM tersebut berpotensi dapat melihat kebutuhan pelanggan lebih jelas daripada yang bisa  manusia lakukan. Saat email ini tiba, CRM akan diperbarui saat mereka membacanya. Jika mereka mengklik tautan dari dalam email, mereka akan diperlihatkan informasi lebih lanjut di situs web, dan ini juga akan ditambahkan ke profil mereka. Mungkin email lain akan dikirim, membantu pelanggan dan sistem otomatis untuk mempersempit apa yang mereka butuhkan.

Barantum CRM akan mengetahui apa yang diperlukan untuk mengubah prospek menjadi pelanggan. Pada  waktu yang tepat, sebuah pesan akan dikirim ke tim penjualan untuk memberi tahu mereka bahwa sudah waktunya untuk menutup kesepakatan. Pada tahap ini atau tahap sebelumnya, jika pelanggan telah memintanya, anggota tim penjualan dapat berbicara atau mengirim email langsung dengan mereka.

Dengan menggunakan Barantum CRM, tim penjualan akan senantiasa siap karena mereka tahu semua yang mereka perlukan tentang setiap prospek. Apa yang prospek minati, solusi apa yang telah mereka lihat, dan bahkan lokasi mereka. Kekayaan informasi ini memberi tim penjualan Anda unggul dari lainnya.

2. Penilaian terhadap prospek secara otomatis

Anda akan belajar dari saluran penjualan atau  mungkin sudah memiliki pemahaman tentang apa yang membuat prospek ideal untuk bisnis Anda. Prospek yang berkonversi akan sering melakukan tindakan yang sama, mengajukan pertanyaan yang sama, dan membutuhkan jawaban yang sama.
Meskipun ini adalah kandidat utama untuk otomatisasi, ini juga memberikan indikasi tentang cara menemukan prospek yang akan lebih mudah dikonversi daripada yang lain. Beberapa CRM memungkinkan Anda menetapkan poin untuk masing-masing faktor ini, dan prospek yang mendapatkan penilaian paling besar adalah yang paling mudah dikonversi.

Software ini dapat menentukan peringkat semua prospek untuk Anda, memberi Anda kesempatan untuk fokus pada penjualan yang lebih mudah sebelum beralih ke prospek yang mungkin menghabiskan lebih banyak waktu Anda.

3. Penjadwalan tugas secara instant

Tentunya Anda atau tim penjualan melakukan suatu tugas rutin pada suatu waktu sesekali. Anda dapat menggunakan sistem otomatisasi penjualan untuk mengingatkan anggota tim tentang apa yang harus mereka lakukan, siapa yang harus mereka hubungi, kapan mereka mengadakan rapat, dll.

Kemampuan otomatisasi berfungsi ketika Barantum CRM memahami apa yang dapat setiap anggota tim lakukan. Misalnya ketika ada sebuah pesan datang dari seorang pemimpin mengenai produk tertentu. Mungkin ada anggota tim tertentu yang ahli dalam produk tersebut. Pesan dapat diarahkan kepada mereka untuk menjawab, dan jika mereka tidak dapat merespons tepat waktu, itu dapat diteruskan ke anggota tim lainnya juga.

Sistem akan menyimpan semua jawaban yang tepat secara otomatis untuk membuat keputusan yang tepat pula. Sehingga tim Anda dapat memberikan jawaban yang membantu mengubah prospek.

4. Memudahkan aktivitas lapangan

Dengan menggunakan aplikasi yang tersedia untuk perangkat seluler, mengendalikan tim penjualan lapangan tidak pernah semudah ini. Salah satu masalah terbesar yang akan dihadapi manajer tim penjualan adalah membawa anggota tim ke rapat tepat waktu – dan mencari tahu di mana mereka berada.
Aplikasi akan secara otomatis memberi tahu anggota tim tentang janji temu mereka berikutnya dan memberikan arahan tentang cara menuju ke sana. Manajer dapat melacak lokasi tiap anggota timnya, dan segera setelah mereka mencapai tujuan, manajer akan tahu.

Ini bukan opsi bagi anggota tim untuk mengatakan “Saya di sini” melainkan respons otomatis ke lokasi GPS individu tersebut. Manajer juga dapat menjadwalkan rapat dari jarak jauh jika perlu, dan sistemnya cukup pintar untuk menghindari pemesanan ganda anggota tim. Fitur real-time GPS yang terdapat dalam Barantum CRM membuat tim lapangan Anda dapat membuat laporan secara real-time di mana saja dan kapan saja. Selain itu, fitur ini juga berfungsi untuk melacak posisi tiap staf Anda.

CRM terbaik

Memberikan laporan secara terperinci

Tim penjualan bekerja untuk menjual dan seringkali sulit meluangkan waktu untuk membuat laporan dan mengirimkannya ke manajer. Hal ini membuat pekerjaan manajer lebih sulit, karena mereka biasanya harus mengejar tim penjualan dan meminta mereka untuk mengirimkan laporan.
Laporan ini penting karena memungkinkan langkah selanjutnya yang diambil bisnis. Jika manajer tidak melihat laporan penjualan, mereka tidak dapat mengambil tindakan untuk meningkatkan kinerja penjualan.

Barantum CRM dapat secara otomatis menjadwalkan dan mengirim laporan sesering yang tim penjualan butuhkan. Ini memungkinkan tim penjualan untuk melanjutkan penjualan, dan para manajer merencanakan strategi berdasarkan fakta pada laporan bukan tebakan.

Monitor Kinerja dan Lokasi Sales Anda dengan Aplikasi Barantum

CRM Barantum adalah pilihan tepat bagi Anda untuk mengembangkan bisnis Anda serta menjaga kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi. Mari lihat fitur-fitur pada CRM Barantum dalam mengefesienkan komunikasi dengan pelanggan, termasuk memonitor lokasi dan kinerja sales Anda.

Barantum Chat Omnichannel

chat barantum omnichannel

Berkomunikasi dengan pelanggan dari platform yang mereka sukai, mulai dari WhatsApp, Facebook, Instagram, Line, dan Telegram. Semuanya ditampilkan dalam satu layar terpadu, membuat komnukasi Anda lebih efektif dan hemat waktu. Anda juga dapat membuat pesan kampanye produk atau layanan Anda di sini.

Tampilan 360 derajat dan laporan analisis

Menyajikan data lengkap, seperti: memantau dan mengelola aktivitas penjualan, visualisasi sales pipeline yang berfungsi untuk melacak proses bisnis dan kesepakatan yang sedang berlangsung, pelaporan dan analisis untuk menyajikan wawasan (insights) untuk menentukan strategi dan keputusan terbaik.

Memantau performa tim dalam satu dashboard

Menampilkan pencapaian kerja tim dan data konsumen dalam satu halaman sehingga memudahkan Anda untuk memantau performa tiap karyawan.

Manajemen tugas lacak KPI

Memiliki fitur pelacakan KPI dan pengelolaan tugas yang dapat dikostumisasi secara penuh, sehingga para penggunanya dapat menciptakan KPI tertentu yang ingin mereka pantau sesuai kebutuhannya.

Integrasi dengan WhatsApp dan Customer Service

Fitur yang satu ini menghubungkan dengan salah satu divisi paling penting pada sebuah bisnis, yaitu customer service. Selain itu, fitur ini bertindak sebagai Omnichannel Chat, yaitu terhubung dengan WhatsApp. Fitur ini membuat Aplikasi Omnichannel CRM ini disebut juga sebagai Omnichannel Customer Service Solutions. Bahkan Anda juga dapat menggunakan Chatbot untuk membantu melayani pelanggan dengan mudah.

GPS tracking

Memiliki fitur Live GPS yang dapat melacak lokasi walaupun secara offline sekalipun pada waktu yang sebenarnya.  

Mobile app

Memiliki fitur yang mampu dijalankan secara mobile. Hal ini sangat menguntungkan bagi staf lapangan karena aplikasi dapat diakses dimanapun mereka berada. Tim lapangan dapat membuat laporan aktivitas mereka secara real-time dan Anda dapat mengaksesnya di tempat yang berbeda.

CRM terbaik

Rekomendasi Artikel

  1. Otomatisasi Laporan Harian Penjualan Menggunakan Barantum CRM
  2. Pentingnya Sistem Otomatisasi Dalam Penjualan
  3. Manfaat CRM untuk Mempermudah Monitoring Lokasi Tim Sales Lapangan
  4. Mudahnya Monitoring Tim Sales Lapangan dengan CRM
  5. Apa Itu Retensi Pelanggan dan Cara Meningkatkannya?
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments