Inilah Cara Meningkatkan Penjualan Dengan CRM Telesales

Kemajuan teknologi memudahkan perusahaan untuk meningkatkan penjualannya. Misalnya, meningkatkan performa tim telesales. Telesales merupakan layanan atau kegiatan yang menjual jasa/barang kepada customer melalui telepon. Banyak perusahaan yang tidak hanya menawarkan secara langsung kepada customer. Namun juga menggunakan aplikasi telesales, seperti CRM Barantum.

Bagaimana tidak? Aplikasi CRM untuk tim telesales dapat mempertahankan bahkan meningkatkan performa tim telesales. Dengan menghubungi customer melalui telepon, tim telesales dapat menawarkan jasa/barang yang mereka jual.

Barantum CRM dan Call Center

Kenapa Tim Telesales Perlu Menggunakan CRM?

Bayangkan, jika dalam satu perusahaan terdapat ribuan atau bahkan jutaan data kontak customer. Tim telesales menjadi bingung terkait pelanggan mana saja yang sudah dihubungi. Tidak hanya itu, data yang terlalu banyak dapat tidak tersimpan dengan rapi.

Melihat hal tersebut, CRM dapat menjadi solusi tepat untuk mengatasi permasalahan. Dengan CRM, data tersimpan secara akurat sehingga tidak ada data customer yang terlewatkan.

Baca juga: Cara Meningkatkan CRM untuk Tingkatkan Penjualan

Aplikasi CRM juga dapat membagi informasi tentang kontak pelanggan mana yang sudah dihubungi telesales lain. Jadi, tim telesales tidak menghubungi customer yang sama dalam satu waktu.

Tentunya menjadi telesales perlu menguasai komunikasi yang aktif dan menarik. Cara komunikasi berpengaruh dengan minat customer yang dihubungi. Dengan aplikasi CRM, telesales dapat menjalin hubungan yang baik dengan customer. Seperti menawarkan produk yang sesuai dengan minat customer berdasarkan data yang sudah ada sebelumnya.

Lebih mudah untuk melakukan penawaran bukan? Performa tim telesales pun meningkat diikuti dengan penjualan yang naik.

Manfaat Aplikasi CRM untuk Meningkatkan Performa Tim Telesales

1. CRM mempermudah operasional tim telesales

Seperti yang diketahui penggunaan aplikasi CRM untuk telesales dapat membantu mendata seluruh kontak customer. Data informasi dan transaksi yang terekam dalam aplikasi CRM membantu tim telesales Anda melakukan penawaran personal dengan pelanggan.

Dalam aplikasi CRM, telesales dapat melihat riwayat transaksi tiap customer. Tertera juga seberapa banyak yang mereka beli dan kebutuhan tiap customer. Dengan CRM, tim telesales menjadi lebih mudah meningkatkan performanya.

Barantum CRM dan Call Center

2. Pantau performa tim telesales secara real time

CRM untuk tim telesales

Perusahaan dapat mengetahui kegiatan atau aktivitas yang dilakukan tiap tim. Setiap kegiatan terekam dan tersusun secara valid dan real time. Anda jadi bisa memantau tiap aktivitas tim telesales. Banyaknya penawaran yang dilakukan pun terdata dengan baik. 

Jika ada keluhan dari pelanggan, semua dapat terdata. Solusi dari masalah tersebut pun tercantumkan. Oleh sebab itu, tim tetelesales mengetahui sudah sejauh apa proses penyelesaian masalah.

Tim telesales jadi tidak repot untuk menginput data kontak mana saja yang telah dihubungi. CRM secara otomatis dapat melakukannya. Tim telesales pun dapat langsung menginput data customer ke dalam aplikasi CRM dan langsung terlihat oleh staf atau sales leader.

Hal itu mempermudah sales leader memantau pergerakan timnya dan waktu yang digunakan pun lebih efektif. CRM saling menguntungkan tim telesales dan leader sales dengan manfaatnnya masing-masing.

3. Terintegrasi aplikasi call center

integrai CRM tim telesales

Tim telesales dapat menelepon langsung dari sistem CRM. Pengeluaran biaya perusahaan Anda menjadi murah dan hemat. 

Tiap panggilan telepon atau percakapan terekam secara otomatis ke dalam sistem. Dengan demikian, apapun percakapan dan cara penyampaian/komunikasi kepada customer dapat sudah tersimpan dengan rapi ke dalam sistem.

Baik tim telesales sendiri maupun leader sales dapat mengetahui percakapan seperti apa yang digemari oleh tiap customer. Percakapan yang dibangun dengan customer pun lebih optimal dengan aplikasi CRM.

Sebelum tim telesales menghubungi customer tentu telah mengumpulkan data customer dengan melihat data sebelumnya. Semua informasi customer yang terinput ke dalam CRM mempermudah telesales memahami dan menjawab tiap kebutuhan customer.

4. Terintegrasi dengan channels komunikasi lainnya

Kemudahan fitur CRM dengan integrasi ke berbagai channels mengoptimalkan performa tim telesales. Tiap perusahaan memiliki berbagai channels untuk mempromosikan usahanya. Bisa dengan WhatsApp, Instagram, Facebook, ataupun Telegram.

Kini Anda tidak perlu khawatir untuk menyatukan data di tiap channel perusahaan Anda. Aplikasi CRM, seperti Barantum, dapat mengintegrasikan berbagai channels ke dalam satu platfrom.

Tim telesales tidak perlu susah-susah mencari data seorang pelanggan dan riwayat percakapan di berbagai channels. Semua data yang terinput menjadi satu kesatuan di dalam sistem CRM memudahkan telesales mencari data customer.

Jadi, telesales dapat menggunakan waktu untuk pekerjaan lainnya. Hal itu dapat meningkatkan performa tim telesales sekaligus berbanding lurus dengan pengingkatan penjualan.

5. Mempermudah pekerja remote atau saat work from home

Aplikasi CRM, seperti Barantum, tersedia dalam bentuk aplikasi mobile. Staf Anda yang sedang bekerja remote atau work frome home (WFH) pun dapat melakukan tugasnya dengan baik. Semua aktivitas tercatat di dalam CRM dengan rapi dan valid.

Fitur chek-in dan chek-out disertai deskripsi pekerjaan di dalam CRM memudahkan pekerjaan tim telesales. Hanya dengan koneksi internet, tim telesales dapat dengan mudah mengakses aplikasi CRM.

6. Sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda

Anda dapat mendesain form pada aplikasi CRM sesuai dengan kebutuhan bisnis dan keperluan tim di lapangan. Hal ini memudahkan kegiatan tim terdata dengan terstruktur.

Dengan demikian, Anda dapat mengefisiensi waktu kerja staf Anda saat beraktivitas. Tim telesales pun mendapat keuntungan dengan memperoleh data yang rinci dan valid tiap customernya.

Tentu peningkatan performa staf Anda ini memiliki pengaruh besar pada peningkatan penjualan Anda. Penjualan makin meningkat apabila staf Anda memiliki waktu yang efisien. Performa tim telesales perusahaan Anda pun makin optimal.

Jadwalkan Demo

Segera jadwalkan demo dengan tim kami dan dapatkan gambaran bagaimana Barantum bisa membantu bisnis Anda.

Barantum CRM dan Call Center

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".