Ketahui Harga Percakapan WhatsApp Terbaru

Per 1 April 2023 lalu, selain terdapat perubahan WhatsApp  Meta Facebook memperbarui kategori template WhatsApp yang awalnya hanya 2 kategori menjadi 4 kategori. Berikut masing-masing kategori baru WhatsApp:

  1. Utility: Pertama, kategori template utility terkait dengan transaksi tertentu yang disepakati dan bertujuan untuk mengkonfirmasi, menangguhkan, atau mengubah transaksi atau langganan, serta memberikan pemberitahuan pasca-pembelian dan laporan tagihan berulang.
  2. Authentication: Kategori kedua, authentication. Ini digunakan untuk mengautentikasi pengguna melalui kode sandi satu kali (OTP), seperti verifikasi akun dan pemulihan akun. Pada kategori ini, penggunaan URL, media, dan emoji tidak diizinkan. Selain itu, terdapat batasan panjang parameter, yaitu maksimal 15 karakter.
  3. Marketing: Selanjutnya kategori marketing yang merupakan kategori yang paling fleksibel. Pada kategori ini berisi promosi atau penawaran, pembaruan informasi, atau undangan bagi pelanggan untuk merespons atau mengambil tindakan. Misalnya menawarkan promo atau mengikuti program loyalitas.
  4. Service: Terakhir, kategori service di mana kategori pesan ini yang dimulai oleh pelanggan ke bisnis. Isi pesan pelanggan bisa bermacam-macam, seperti keingintahuan tentang produk atau layanan bisnis, kendala pemakaian, ataupun informasi lainnya yang ingin mereka ketahui. Biaya pada kategori ini mulai terhitung pada saat bisnis membalas pesan pelanggan.

Penjelasan lebih lengkap mengenai kategori WhatsApp Business API (WhatsApp Official Centang Hijau) terbaru bisa Anda lihat pada artikel ini -> 4 Jenis Kategori Pesan WhatsApp API Terbaru & Contohnya.

Berapa Biaya Percakapan WhatsApp Business API Terbaru di Indonesia?

Adapun biaya kategori template pesan terbaru Barantum, yaitu:

harga wa centang hijau terbaru

  • Utility Conversation: Dikenakan biaya Rp300.00 per satu nomor dalam 24 jam sesi pesan dengan nomor Indonesia.
  • Authentication Conversation: Dikenakan biaya Rp440.00 per satu nomor dalam 24 jam sesi pesan dengan nomor Indonesia.
  • Marketing Conversation: Dikenakan biaya Rp600.00 per satu nomor dalam 24 jam sesi pesan dengan nomor Indonesia.
  • Service Conversation: Dikenakan biaya Rp275.00 per satu nomor dalam 24 jam sesi pesan dengan nomor Indonesia.

Untuk contoh penggunaan template WhatsApp dengan kategori terbaru bisa disimak pada artikel berikut -> 7 Contoh Template WhatsApp API, Jenis dan Kategorinya.

Apa Biaya Percakapan WhatsApp Business API di Masing-Masing Negara Berbeda?

Ya, percakapan WhatsApp Business API (WhatsApp Official Centang Hijau) di masing-masing negara memiliki perbedaan harga WhatsApp API (Centang Hijau WhatsApp) yang berbeda-beda.  Dilansir dari laman resmi Meta, berikut biaya WhatsApp berdasarkan negara:

harga wa official centang hijau dunia

Apa Ada Kebijakan Tambahan Dari Meta Terkait WhatsApp Business API?

Ada. Selain membuat kategori dan biaya baru, terdapat kebijakan tambahan lainnya untuk memaksimalkan penggunaan fitur WhatsApp Business API, yaitu:

  1. Pertama, lebih banyak percakapan gratis ketika pengguna mengirimkan pesan kepada bisnis dengan memperluas periode percakapan gratis dari 24 jam menjadi 72 jam jika pesan WhatsApp dimulai dari mengklik Facebook atau Instagram Ads.
  2. Kedua, Anda bisa mendapatkan 1000 sesi percakapan gratis setiap bulannya. Namun, sesi percakapan gratis ini hanya berlaku untuk kategori service conversation.

Timeline Penting Terkait WhatsApp Business API

Sebagai catatan, berikut timeline penting terkait WhatsApp Business API dalam hal perubahan kategori dan harga WhatsApp.

  • 27 Maret 2023: WhatsApp Business API (WhatsApp Official Centang Hijau) mengumumkan adanya template kategorisasi pesan terbaru. Tahun ini, WhatsApp akan menerapkan tarif untuk empat kategori template tersebut.
  • 1 April 2023:  Proses migrasi dari template lama ke template baru WhatsApp Business API (WhatsApp Official Centang Hijau) dimulai. Proses migrasi ini akan dilakukan secara bertahap untuk memastikan kelancaran perubahan tersebut.
  • 1 Juni 2023: Selanjutnya, pada tanggal ini mulai diterapkan tarif baru untuk kategori template pesan. Sejak 1 Januari 2023, sudah diumumkan bahwa ada empat kategori pesan yang akan dikenai tarif oleh WhatsApp. Dengan demikian, pengguna akan mulai menghadapi perubahan ini pada tanggal tersebut.

Dapatkan WhatsApp Business API Sekarang Juga!

Barantum Penyedia WhatsApp Business API Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di IndonesiaAnda bisa dapatkan kemudahan dan tingkatkan performa bisnis Anda dalam memberikan pelayanan terbaik pada pelanggan dengan berbagai fitur WhatsApp Business API (WhatsApp Official Centang Hijau) yang bisa Anda dapatkan dari Barantum sebagai Official WhatsApp Partner dan BSP Terbaik di Indonesia. Dapatkan sekarang!

Dapatkan Sekarang!


Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".