Implementasi CRM Dalam Perusahaan

CRM adalah singkatan dari Customer Relationship Management yang merupakan sistem untuk membantu meningkatkan hubungan komunikasi antara perusahaan dan pelanggan. Dengan implementasi CRM yang tepat membantu operasional perusahaan lebih efektif. Hal tersebut karena CRM memiliki 3 unsur tujuan utama dalam perusahaan, yaitu:

  1. Meningkatkan hubungan antara perusahaan dan pelanggan lebih erat sehingga mampu menciptakan pelanggan loyalitas.
  2. Mendapatkan banyak prospek pelanggan baru dan menaikkan penjualan dengan membantu perusahaan menganalisis kebutuhan pelanggan.
  3. Meningkatkan pelanggan loyalitas dalam perusahaan.

Tujuan tersebut tidak bisa tercapai jika implementasi crm-nya tidak tepat. Jika Anda ingin mengetahui lebih detail mengenai implementasi CRM dan contohnya, yuk baca artikel ini sampai selesai!

Apa Itu Implementasi CRM?

Implementasi CRM merupakan sebuah proses penerapan CRM dalam suatu perusahaan atau perusahaan sehingga dapat mengelola operasional perusahaan lebih efisien dan membangun hubungan pelanggan lebih harmonis.

Dengan implementasi ini, perusahaan lebih mudah untuk melakukan komunikasi dan pelayanan pelanggan. Data informasi perusahaan pun tersimpan rapi sehingga mudah untuk dicari. Tidak hanya itu, implementasi ini pun membantu segala lini divisi perusahaan Anda. Sehingga mereka dapat lebih bersinergi dan bekerja sama satu sama lainnya lebih baik lagi.

Barantum CRM - Aplikasi CRM Terbaik

Mengapa Perusahaan Perlu Implementasi CRM?

Perusahaan perlu implementasi CRM karena mampu membantu operasional perusahaan lebih efisien. Dengan implementasi CRM, perusahaan mampu mengurangi biaya pengeluaran, meningkatkan time to market, dan memperbanyak pelanggan loyalitas. Sehingga penjualan perusahaan pun dapat meningkat.

Bagaimana Jika Perusahaan Tidak Mengimplementasi CRM?

Jika perusahaan tidak mengimplementasi CRM maka bisnis akan lebih mengalami kendala untuk berkembang dan sulit bersaing dengan kompetitor. Karena sistem CRM memiliki peranan penting bagi bisnis. Ditambah perkembangan teknologi yang saat ini makin pesat menuntut bisnis di seluruh sektor untuk dapat mengimbanginya.

Apa Peran Dari Implementasi CRM Dalam Perusahaan?

Berikut peran implementasi CRM pada perusahaan agar Anda mampu lebih memahami bagaimana cara implementasinya:

1. Mengetahui Aktivitas Pelanggan

Peran implementasi CRM yang pertama ialah Anda mampu mengetahui aktivitas pelanggan. Adanya manajemen Activity yang merekam seleruh aktivitas pelanggan pada perusahaan membuat Anda mampu menganalisis kebutuhan dan keinginan pelanggan. Dengan begitu, penawaran kepada tiap pelanggan pun mampu disesuaikan dengan minat dan kebutuhan mereka.

2. Mempercepat Analisis Perusahaan

Peran implementasi CRM selanjutnya, yaitu mempercepat analisis perusahaan. CRM mampu membuat laporan secara real time. Sehingga membantu perusahaan dalam menganalisis menemukan tren atau minat pelanggan terhadap produk/jasa perusahaan Anda.

3. Pengelolaan Feedback Pelanggan

Peran implementasi CRM yang lainnya, yaitu mengelola feedback (umpan balik) pelanggan. Dengan CRM, mempermudah perusahaan Anda melakukan survey dan mengetahui pendapat mereka tentang produk atau jasa Anda.

4. Respons Pesan dan Telepon Otomatis

Selanjutnya, peran implementasi CRM adalah memberi tanggapan secara otomatis ke pelanggan. CRM mampu mengintegrasikan seluruh saluran komunikasi Anda dalam satu halaman. Anda pun dapat menggunakan fitur balas pesan otomatis sehingga tiap pesan pelanggan otomatis dibalas meski di luar jam kerja. Hal tersebut mampu

5. Obrolan Multichannel

Peran implementasi CRM yang terakhir, yaitu mampu mengintegrasikan seluruh saluran komunikasi (omnichannel) dalam satu platfrom. Baik itu melalui pesan, email, dan berbagai media sosial seperti Instagram, Telegram, facebook, dan Twitter.

Apa Manfaat Implementasi CRM?

Adapun manfaat dari implementasi CRM ini, yaitu:

1. Mudah Mengelola Database

Manfaat implementasi CRM yang pertama yaitu mempermudah Anda dalam mengelola database. Mulai dari data pelanggan, aktivitas pelanggan dan agen, hingga menampilkan laporan data perusahaan secara real time. Dengan data yang akurat membuat agen mudah melakukan pencarian data.

2. Meningkatkan Hubungan Perusahaan dan Pelanggan

Manfaat implementasi CRM berikutnya, yaitu membuat hubungan perusahaan dan pelanggan makin erat. Fitur di dalam CRM mempermudah agen dalam melakukan komunikasi dan follow up pelanggan yang dipersonalisasi sehingga pelanggan Anda merasa dihargai oleh perusahaan.

3. Menghasilkan Laporan Data Yang Akurat

Berikutnya, manfaat implementasi CRM, yaitu menghasilkan data yang akurat. Sistem CRM mampu mencatat data perusahaan Anda secara valid dan detail serta dapat diakses secara real time. Namun, hal ini perlu didukung oleh konsistensi agen Anda untuk meng-update infomasi data.

4. Meningkatkan Penjualan Perusahaan

Manfaat implementasi CRM lainnya, yaitu mampu meningkatkan penjualan perusahaan Anda. Hal ini mampu terjadi karena 100% data perusahaan mampu tersimpan dalam sistem CRM sehingga memudahkan perusahaan dalam mengevaluasi dan melakukan improvisasi. Data perusahaan yang terpusat ini pun mampu membuat tim sales atau tim customer service Anda mengetahui kebutuhan tiap pelanggan.

5. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Manfaat terakhir dari implementasi CRM, yaitu meningkatkan loyalitas pelanggan. Jika pelanggan puas terhadap pelayanan perusahaan, maka mampu meningkatkan potensi loyalitas pelanggan perusahaan Anda. Dengan implementasi ini, perusahaan Anda lebih mudah mengambil langkah strategis untuk melakukan kampanye atau promosi penjualan.

Barantum CRM - Aplikasi CRM Sales Terbaik

Apa Contoh Implementasi CRM Dalam Perusahaan?

Berikut contoh implementasi CRM dalam perusahaan:

1. Gojek

Implementasi CRM - GOJEK

Contoh implementasi CRM dalam perusahaan yang pertama, yaitu Gojek. Gojek memiliki aplikasi yang mampu mendata informasi tiap pelanggannya dan menyimpan riwayat aktivitas (perjalanan) pelanggan. Sehingga mereka bisa melakukan promosi, misalnya voucher diskon, sesuai dengan aktivitas tiap pengguna.

  • Aplikasi Gojek mendata tiap aktivitas pelanggan dan memberikan point XP di tiap transaksi untuk mendapatkan reward berdasarkan tingkat GoClub (Warga, Bos, Juragan, dan Anak Sultan). Saat point telah memenuhi jumlah tertentu, otomatis tingkatan akun Gojek berubah.
  • Men-tracking jarak antara lokasi penjemputan dan pengantaran serta tracking lokasi driver Gojek.
  • Menampilkan bintang kepuasan, baik dari sisi driver dan pelanggan. Tingkat kepuasaan pelanggan ini dipengaruhi dari penilaian yang diberikan, mulai dari bintang 1 hingga 5.

2. KFC

Implementasi CRM - KFC

Contoh yang kedua, pada perusahaan KFC. Untuk mendata berapa banyak penjualan yang dilakukan dan untuk membuat laporan, sistem CRM menjadi pilih tepat dalam penggunaannya. Terlebih CRM dapat mendata riwayat seluruh transaksi pembelian. Khususnya pada aplikasi KFC yang juga mendata informasi penggunanya dan promosi diskon atau kupon pembelian.

  • Saat pembelian melalui aplikasi KCF, pelanggan dapat melihat
    berapa banyak promosi yang didapatkan. Pelanggan pun dapat langsung memesan makanan melalui aplikasi sehingga tidak perlu mengantre.
  • Pada aplikasi KFC terdapat riwayat aktivitas pelanggan sehingga dapat memberikan diskon atau promosi yang sesuai berdasarkan pola aktivitas pelanggan.
  • Menyimpan riwayat tiap pembelian pelanggan sehingga mengetahui berapa banyak transaksi yang telah dilakukan.

3. Shoppe

Implementasi CRM - Shopee

Berikutnya, perusahaan yang mengimplementasikan CRM adalah Shopee. Shopee memiliki database seluruh pelanggan beserta aktivitas pencarian dan pembeliannya. Sehingga otomatis merekomendasikan produk yang serupa.

  • Memberikan reward berdasarkan analisis aktivitas transaksi pengguna yang tersimpan ke dalam sistem. Pada reward ini terdapat tingkatan member, mulai dari Classic, Silver, Gold, hingga Platinum.
  • Mentracking pengiriman barang, mulai dari pengemasan hingga sampai di alamat tujuan. Pada tahap pengiriman, pengguna dapat melihat sudah sampai mana pengiriman telah dilakukan.
  • Otomatisasi pesan pada Shophee Food saat driver sedang dalam pengantaran pesanan makanan dan saat sudah sampai di titik lokasi.

4. Apple

Implementasi CRM - APPLE

Perusahaan yang melakukan implementasi CRM lainnya, yaitu Apple. Salah satu perusahaan terbesar ini perlu memiliki sistem yang memuat database terpusat. Sehingga mereka bisa menyinkronkan data pelanggan saat perpindahan perangkat dan memberikan informasi pembaruan sistem secara otomatis.

  • Melakukan sinkronasi data dari berbagai perangkat sehingga data yang ada di perangkat sebelumnya bisa terdeteksi pada perangkat baru.
  • Menyimpan data tiap pengguna sebagai preferensi untuk melakukan pemasaran yang tepat.
  • Merekam riwayat aktivitas penagguna sehingga dapat merekomendasikan konten sesuai dengan kebiasaan aktivitas tiap penggunanya.

5. Coca-Cola

Implementasi CRM - coca-cola

Perusahaan terakhir, yaitu Coca-Cola. Sebagai perusahaan yang produknya telah mendunia, memerlukan strategi pemasaran yang tepat di tiap wilayah penjualannya. Dengan implementasi CRM, agen Coca-Cola dapat menentukan langkah strategis untuk melakukan promosi, mengetahui kendala yang dihadapi, dan memonitor kepuasan pelanggan melalui beragam sosial media.

  • Mendata tiap transaksi pembelian dan lokasi pembelian sehingga dapat menganalisis lokasi potensial untuk melakukan pemasaran.
  • Memonitor aktivitas teknisi atau sales lapangan secara real-time.
  • Menyimpan database perusahaan terkait kendala dan aktivitas pelanggan sehingga mampu melakukan promosi yang tepat sasaran.

Bagaimana Langkah-Langkah Implementasi CRM?

Berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengimplementasi CRM:

1. Menentukan visi dan tujuan perusahaan

Cara pertama, yaitu menentukan visi dan tujuan perusahaan. Apa hal yang Anda ingin dapatkan dari implementasi CRM tersebut untuk bisnismu? Dengan mengetahui dasar pembuatan bisnis kamu itulah, kamu menjadi lebih efektif untuk mengetahui bagaimana langkah strategis yang perlu dilakukan dalam bisnismu.

2. Menyusun strategi bisnis

Langkah kedua, Anda perlu menyusun strategi bisnis yang sesuai dengan perusahaanmu. Langkah strategis ini bisa didasarkan dari visi dan tujuan bisnismu ditambah riset mengenai target pelanggan, rentang usia pelanggan, dan keunggulan produk atau jasa apa yang Anda tawarkan. Dengan data-data tersebut, Anda jadi memiliki acuan untuk menyusun strategi bisnis dalam implementasi CRM sesuai yang diharapkan.

3. Meningkatkan komunikasi dengan pelanggan

Cara selanjutnya, yaitu meningkatkan komunikasi dengan pelanggan. Dengan komunikasi yang baik Anda bisa meningkatkan pelanggan potensial bisnis. Dan, juga dapat memicu pelanggan loyalitas sehingga makin banyak pendapatan yaang bisa didapatkan.

4. Periksa dan evaluasi data existing bisnis

Cara berikutnya, yaitu dengan mengevaluasi existing bisnis. Dengan data existing bermanfaat untuk memetakan data pelanggan dengan menganalisis buyer persona atau pelanggan ideal berdasarkan market research dan data asli pelanggan existing bisnis Anda.

5. Memilih Sistem CRM Yang Tepat

Cara terakhir dan yang paling penting, yaitu memilih CRM yang tepat. Salah satu rekomendasi CRM terbaik yang bisa Anda gunakan, yaitu Barantum CRM. Pada CRM tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.

Dapatkan Sistem CRM Terbaik Untuk Perusahaan Anda!

Software Aplikasi CRM Sales Terbaik
Aplikasi CRM bekerja untuk siapa saja; manajer, tim penjualan, tim pemasaran, perekrutan, layanan pelanggan, dan seluruh tim dalam perusahaan Anda. CRM mengatur komunikasi internal perusahaan juga eksternal (terhadap pelanggan), koordinasi antar tim, otomatisasi dan manajemen tugas, pemantauan KPI, dan sebagainya.

Selain itu, CRM memungkinkan Anda menyimpan informasi kontak pelanggan dan prospek, mengidentifikasi peluang penjualan, mencatat masalah layanan, dan mengelola kampanye pemasaran. Juga membuat informasi tentang setiap interaksi pelanggan yang tersedia bagi siapa saja di perusahaan Anda yang mungkin membutuhkannya.

Barantum menyediakan solusi end-to-end dengan fitur Omnichannel yang dapat menghubungkan WhatsApp API dan aplikasi chat lainnya dengan sistem Customer Relationship Management.

Teknologi CRM All-in-One Solutions yang ada dalam Barantum CRM telah membantu ribuan perusahaan dalam mendorong peningkatan kinerja SDM, peningkatan penjualan, memperbaiki produktivitas, serta meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

Dapatkan Sekarang!



Barantum CRM - Aplikasi CRM Terbaik

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".