Apa itu panggilan cloud?

Menjamurnya berbagai vendor atau perusahaan penyedia layanan cloud, adalah sebagai jawaban dari kebutuhan bisnis akan teknologi tersebut. Bagaimana tidak? Dengan menggunakan teknologi ini, seorang penggunanya tidak perlu berada di tempat tertentu untuk mengakses sebuah file. Hanya memerlukan koneksi internet untuk mengaksesnya. Hal ini karena cloud sebagai metode penyampaian berbagai layanan melalui internet. Sumber daya yang dimaksud contohnya adalah aplikasi seperti penyimpanan data, serverdatabase, jaringan, dan perangkat lunak.

Daripada menyimpan banyak file di hard drive atau penyimpanan lokal di komputer atau handphone, penyimpanan berbasis cloud memungkinkan Anda menyimpan file selama Anda memiliki akses ke internet. Ini adalah salah satu contoh dari sekian manfaat cloud dalam aktivitas sehari-hari. Termasuk komunkasi berbasis cloud.

Baca juga: Optimalkan Teknologi Cloud Dalam Bisnis

Pengertian panggilan cloud

Panggilan cloud adalah bentuk Unified Communications as a Service (UCaaS). UCaaS adalah kategori mekanisme pengiriman “sebagai layanan” atau “cloud” untuk komunikasi perusahaan. Ini menawarkan layanan komunikasi berbasis suara melalui perusahaan pihak ketiga atau “host.” Di sini, penawaran panggilan cloud di-host di “awan” atau ruangan virtual, dan penyedia layanan mengelolanya. Anda dapat mengakses fasilitas panggilan cloud berdasarkan permintaan atau langganan. Selain itu, Anda tidak perlu membayar untuk sumber daya perangkat keras atau biaya pemeliharaan (maintenance).

Apa perbedaan antara telepon tradisional dan cloud?

Metode telepon tradisional melibatkan pemasangan sistem telepon di kantor. Ini menghubungkan semua ekstensi telepon Anda dan menghubungkannya ke jaringan telepon umum menggunakan saluran ISDN atau PSTN. Misalnya, perusahaan menggunakan jaringan private branch exchange (PBX) untuk merutekan panggilan.

Di sisi lain, solusi telepon berbasis cloud menggunakan internet untuk menghubungkan ekstensi telepon Anda. Anda tidak perlu membayar biaya pemasangan perangkat keras. Anda hanya perlu membayar softphone atau endpoint dan biaya sewa bulanan untuk sistem yang dihosting.

Panggilan cloud vs VoIP

Hampir semua platform telepon cloud menggunakan teknologi Voice over Internet Protocol (VoIP). Namun, tidak semua sistem VoIP berjalan di cloud.

Istilah VoIP menunjukkan bagaimana data panggilan berjalan melalui internet. Misalnya, dalam VoIP, data ditransfer melalui koneksi IP packet-switched daripada melalui jaringan telepon umum (PSTN) tradisional.

Perusahaan dapat memilih untuk menempatkan sistem VoIP di tempat (PBX) atau mengalihdayakannya ke penyedia pihak ketiga (telepon cloud). Beberapa organisasi juga menggunakan lingkungan VoIP hibrida menggunakan keduanya – teknologi panggilan berbasis cloud dan lokal.

Baca juga: Cloud CRM: Pengertian & Manfaatnya Bagi Bisnis Anda

Alasan Anda harus menggunakan panggilan cloud

Panggilan cloud  dapat menjadi solusi bagi bisnis yang harus berurusan dengan banyak panggilan dan tindak lanjut. Berikut manfaatnya:

  • Memotong biaya perangkat keras: Sistem telepon berbasis cloud tidak memerlukan perangkat keras yang mahal dan besar.
  • Keamanan yang lebih baik: Penyedia panggilan cloud dapat membantu Anda mengamankan layanan Anda. Sistem keamanannya sangat baik.
  • Kemudahan penggunaan: Sistem cloud untuk panggilan menyediakan sejumlah portal administratif. Pengguna dapat mengaksesnya kapan saja dan di mana saja untuk membuat perubahan pada operasi mereka.
  • Fitur lanjutan: Mengakses alat komunikasi di cloud memungkinkan Anda meningkatkan dan menyempurnakan lingkungan kapan pun Anda mau.
  • Mobilitas: Karyawan jarak jauh/tim penjualan lapangan dapat mengakses sistem telepon dari mana saja. Mereka juga dapat mendaftarkan persyaratan telepon mereka di portal.

Manfaat panggilan cloud:

  • Memberdayakan tim penjualan jarak jauh Anda untuk menjadwalkan pertemuan saat bepergian.
  • Ini memungkinkan Anda untuk menutup lebih banyak kesepakatan dengan pertemuan tepat waktu dan tindak lanjut dengan prospek Anda. Bisnis telah melihat peningkatan penjualan 2,5 kali lipat dengan solusi panggilan cloud.
  • Bisnis dapat mengamati peningkatan yang signifikan (hingga 53%) dalam tingkat konversi. Dengan demikian mengarah ke ROI yang lebih tinggi.
  • Panggilan cloud dapat menghemat hingga 80% biaya yang terkait dengan penjadwalan rapat.

Cara kerja panggilan cloud

Panggilan cloud bekerja melalui penyedia layanan VoIP. Saat Anda menghubungi nomor telepon, penyedia layanan telepon cloud Anda menangani perutean. Ini mengubah sinyal suara (analog) ke paket data (digital) dan mengirimkannya melalui koneksi internet Anda.

Untuk layanan ini, Anda tidak membutuhkan perangkat keras apa pun. Yang Anda butuhkan hanyalah perangkat seluler (laptop atau ponsel) dan koneksi internet.

Manfaat lain dari panggilan cloud adalah memungkinkan Anda untuk mengelola sistem telepon bisnis Anda melalui dasbor online. Artinya, Anda memiliki kontrol penuh atas nomor telepon, penerusan panggilan, menambahkan pengguna baru, dan banyak lagi. Anda juga dapat mengintegrasikannya dengan sistem CRM Anda untuk lebih merampingkan proses pekerjaan Anda.

CRM mana yang terbaik untuk integrasi panggilan cloud

Solusi panggilan cloud tingkat perusahaan mengurangi biaya dan kerumitan penerapan sistem on-premise. Anda dapat mencapai kemampuan panggilan tanpa hambatan dengan konektor panggilan cloud Barantum.

Konektor panggilan cloud Barantum memastikan tidak ada panggilan yang terputus karena masalah jaringan.  Anda dapat melakukan panggilan langsung dari komputer atau perangkat seluler mana pun. Selain itu, Anda dapat mengkonfigurasi penyedia telepon pilihan Anda. Anda kemudian dapat memulai dan menerima panggilan melalui aplikasi seluler Barantum. Selanjutnya, Anda dapat melacak, merekam panggilan, dan mengidentifikasi prospek (dalam hal panggilan masuk). Dengan cara ini, Anda dapat meningkatkan produktivitas tim penjualan jarak jauh yang mengandalkan perangkat seluler untuk bekerja.

Sistem panggilan cloud tidak bergantung pada sistem operasi ponsel Anda. Oleh karena itu, Anda dapat merekam panggilan dengan jaminan 100% dan mengelola log panggilan Anda dengan mulus. Selain itu, Anda dapat mengirim dan menerima panggilan langsung dari akun Barantum Anda.

Manfaat integrasi panggilan cloud dengan CRM Barantum

  • Integrasikan penyedia telepon pilihan Anda:Aktifkan panggilan cloud seluler dengan penyedia telepon Anda yang ada melalui konfigurasi API sederhana.
  • Prospek panggilan cloud dari aplikasi seluler:Lakukan panggilan (melalui telepon Anda) dari aplikasi seluler dengan satu ketukan sederhana.
  • Lacak & Rekam Panggilan yang dilakukan melalui Aplikasi Seluler:Lacak panggilan melalui web/aplikasi seluler dengan 100% rekaman dan disposisi panggilan yang andal.
  • Pop-up Identifikasi Prospek:Lihat detail prospek setiap kali panggilan diterima atau dimulai melalui nomor virtual.

Saat ini, perusahaan lebih memilih solusi panggilan cloud daripada telepon tradisional. Itu karena fleksibilitas dan pengaturannya yang murah. Selain itu, cloud memenuhi kebutuhan peningkatan produktivitas. Misalnya, integrasi telepon cloud dengan CRM memudahkan untuk menelepon dan merekam disposisi.

Dalam beberapa hal, panggilan cloud lebih murah daripada paket telepon. Jadi, jika bisnis Anda menangani terlalu banyak panggilan, maka panggilan cloud adalah solusi terbaik untuk tim penjualan Anda.

Selain itu, beberapa perangkat lunak CRM seperti Barantum menyediakan konektor panggilan cloud seluler. Dengan demikian, memungkinkan Anda untuk mengkonfigurasi penyedia telepon pilihan Anda. Dengan ini, Anda dapat mengirim/menerima panggilan dari web/aplikasi seluler dan melacak perjalanan utama selanjutnya. Ini meningkatkan produktivitas tim penjualan jarak jauh Anda untuk sebagian besar. Di sisi lain, manajer dapat melacak dan merekam panggilan untuk manajemen kualitas penjualan.

Apakah Anda mencari solusi panggilan cloud dan manajemen prospek untuk tim penjualan lapangan Anda? Cobalah CRM seluler Barantum GRATIS selama 7 hari di sini.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".