Menggunakan alat merupakan salah satu tombak untuk tingkatkan kinerja tim penjualan

Tidak peduli seberapa bagus produk atau layanan Anda, Anda selalu membutuhkan tim penjualan yang hebat untuk menjaga pelanggan selalu datang. Itulah sebabnya tim penjualan bisa menjadi aspek terpenting dari bisnis apa pun. Bahkan staf penjual terbaik pun membutuhkan motivasi yang konstan. Itulah sebabnya pertanyaan yang selalu relevan bagi sebagian besar perusahaan adalah: “Bagaimana meningkatkan kinerja penjualan”.
Tim penjualan modern memiliki banyak alat online canggih untuk membantunya. Dari mengakses data prospeknya hingga distribusi otomatis, dan prediksi cerdas, pekerjaannya semakin mudah. Berbekal informasi penting yang disediakan alat ini, promosi penjualannya juga semakin disempurnakan.

4 cara mudah tingkatkan kinerja penjualan

Ketersediaan data yang melimpah bukanlah jaminan bahwa suatu bisnis akan mencapai kesuksesan. Ada beberapa langkah penting yang harus pemilik bisnis/pemimpin penjualan miliki untuk memposisikan perusahaannya dengan baik. Hal ini untuk memanfaatkan teknologi penjualan di luar sana.

1. Buat rencana penjualan

Persiapan adalah salah satu faktor kunci yang pada akhirnya akan menentukan kesuksesan tim Anda. Tingkat kesiapan Anda menentukan bagaimana Anda akan menghadapi pesaing Anda. Mempertimbangkan bahwa dunia bisnis menjadi semakin kompetitif dari hari ke hari, bisnis Anda perlu memetakan rencana yang akan memandunya mencapai tujuan yang ditetapkan. Ada beberapa hal yang harus dicakup oleh rencana penjualan yang baik, dan itu adalah:

Objektif:
Anda harus terlebih dahulu menetapkan tujuan yang jelas untuk tim penjualan Anda. Tim penjualan Anda juga harus menyadari tujuan ini sehingga mereka dapat merencanakan jalur penjualan mereka dengan tepat.

Saat menetapkan target untuk tim Anda, pastikan target tersebut realistis dan dapat dicapai. Meminta tim penjualan Anda untuk mencapai target yang tidak realistis hanya akan menurunkan motivasi mereka pada akhirnya.

Strategi:
Setelah Anda merencanakan apa yang ingin Anda capai, bagian selanjutnya adalah menjalankannya. Penting untuk memiliki tindakan yang pasti yang menjawab beberapa pertanyaan kritis Anda.

Misalnya, cara menarik prospek, cara mengonversi prospek ini, atau bahkan alat yang dapat membantu Anda mempercepat penjualan. Anda harus memastikan bahwa tim Anda juga mengetahui perubahan ini, untuk meningkatkan transparansi. Barantum CRM adalah alat yang sungguh tepat untuk menarik prospek, kemudian mengonversi mereka menjadi pelanggan. Dengan begitu, Anda tidak membutuhkan waktu yang lama karena software ini merampingkan proses penjualan Anda. Mari simak bagaimana Barantum CRM mengoversi leads menjadi pelanggan agar Anda mengetahui prosesnya.

2. Komunikasi yang efisien

Komunikasi yang baik dan jelas adalah kunci keberhasilan. Sebagai manajer penjualan, adalah tugas Anda untuk memastikan bahwa proses Anda transparan dan semua komunikasi jelas adanya.

Lakukan pertemuan rutin dan sesi brainstorming dan terima masukan mereka juga. Anda juga dapat mendiskusikan perubahan penting seperti tujuan perusahaan, dll. Ini akan menciptakan lingkungan kepercayaan dan saling menghormati. Ini secara langsung akan mendongkrak kinerja mereka.

Tidak hanya secara internal, komunikasi Anda dengan prospek dan pelanggan Anda juga harus koheren. Kirim email dan buletin sesekali, atau undang ke acara dan webinar. Lead yang dipelihara selalu menutup kesepakatan lebih cepat. Tapi, ingatlah untuk menjaga komunikasi Anda tetap konstan di semua media. Setiap pelanggan tentu memiliki platform pilihan untuk berkomunikasi dengan Anda. Entah itu mereka menggunakan Facebook Messenger, WhatsApp, Instagram, dan sebagainya, mereka ingin Anda menanggapi mereka dengan cepat. Hal ini membuat Anda harus beralih atau berpindah dari satu platform ke platform lainnya untuk merespon mereka. Tentu ini membuat Anda kewalahan dan membuang waktu serta biaya. Belum lagi adanya komunkasi pelanggan yang terlewatkan.

Oleh karena itu, Anda membutuhkan sebuah software untuk menyatukan semua platform yang pelanggan Anda gunakan. Apakah ada software yang seperti demikian? Ya, ada! Jawabannya adalah Barantum CRM Omnichannel. Dengan solusi Barantum yang satu ini, semua platform yang pelanggan Anda gunakan, akan menjadi satu dalam layar terpadu. Anda tidak perlu lagi menginstal berbagai platform serta berpindah-pindah. Cukup dengan satu aplikasi dan satu layar, seluruh percakapan pelanggan dari berbagai platform akan terekam. Ini membuat komunikasi Anda lebih efisien dan efektif!

Baca juga: Tips Membangun Omnichannel Customer Experience

3. Melacak KPI

Anda perlu tahu bagaimana kinerja Anda untuk mengetahui apa yang berhasil dan apa yang tidak. Untuk itu, Anda harus terlebih dahulu mengidentifikasi indikator kinerja utama (KPI) Anda. Berikut adalah beberapa yang paling penting:

Tingkat konversi:
Istilah ini banyak disebutkan dalam penjualan dan ini merupakan indikasi pentingnya. KPI tingkat konversi  mengindikasikan jumlah prospek yang dapat dikonversi tim Anda menjadi pembeli atau pelanggan. Nilai diberikan dalam persentase dan menunjukkan keefektifan tim dan produk/layanan Anda.

Prospek Baru Bulanan:
Metrik ini menunjukkan jumlah pelanggan potensial yang dapat ditarik perusahaan Anda setiap bulan. Logikanya, jika angka ini tinggi, itu berarti tim penjualan Anda akan memiliki banyak kesepakatan potensial untuk ditutup dan ini bisa merujuk pada angka penjualan yang lebih tinggi.

Tingkat Konversi Rata-rata:
Metrik ini menunjukkan jumlah waktu yang dibutuhkan tim Anda untuk mendapatkan setiap prospek dari awal jalur penjualan hingga akhir (konversi). Ini adalah metrik penting untuk dilacak karena menunjukkan seberapa efektif tim penjualan Anda

Customer Lifetime Value:
Ini adalah metrik yang menunjukkan kepada tim penjualan Anda tentang nilai transaksi yang dapat mereka tutup. Ini adalah data kunci yang harus dimiliki karena membantu tenaga penjualan untuk memprioritaskan pelanggan.

Biaya Rata-Rata Per Prospek:
Bagi sebuah perusahaan untuk menarik prospek, dibutuhkan sejumlah besar uang untuk dicapai, apakah itu uang yang dihabiskan untuk iklan atau jenis kampanye lainnya. Mempertimbangkan biaya setiap prospek membantu Anda mengevaluasi apakah sumber daya yang Anda masukkan ke dalam kampanye menghasilkan ROI yang baik.

4. Penggunaan software CRM

Setelah Anda telah menetapkan tujuan dan strategi perusahaan Anda, perangkat lunak CRM adalah apa yang langkah akhir untuk menyempurnakan rencana Anda. CRM tidak hanya membantu Anda dalam melacak KPI tetapi juga mengumpulkan intelijen penjualan dan mengawasi tim penjualan Anda. Selain itu, penggunaan CRM akan merampingkan proses penjualan Anda. Salah satu software CRM yang mumpuni dalam hal ini ialah Barantum CRM. Seperti yang telah kami ungkapkan sebelumnya, software ini memiliki berbagai fitur modern namun tetap mudah digunakan untuk aktivitas penjualan. Mulai dari penjaringan prospek, kualifikasi prospek, pencapaian kesepakatan, hingga closing, Barantum CRM akan mengotomatisasi proses kerja Anda. Hasilnya, revenue bisnis Anda meningkat, produktivitas tim pun meningkat, dan pelanggan menjadi loyal.

Tingkatkan kinerja tim penjualan dan sukseskan perjalanan penjualan Anda bersama CRM Barantum di sini. Dapatkan uji coba GRATIS selama 7 hari!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Chat disini!
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".