Kenalan dengan Algoritma Google : Daftar Penting Algoritma Google di 2018

google update 2018

Mari kita mengenal google update yang terbaru di 2018. Update ini terbesar dan terganas setelah update panda dan pinguin. Apabila teman – teman penasaran dan ingin mengetahui apa saja update algoritma google terbaru namun setelah mencari di internet tidak menemukan update terbaru dari google. Berikut ini adalah daftar upgrade tebaru yang paling crusial  dari algoritma terbaru google yang sudah kami rangkum.

Dalam artikel ini kami akan memuat daftar penting yang cukup crusial dari update algoritma google terbaru  (daftar update algoritma yang paling penting yang sudah terkonfirmasi oleh mesin pencari google).

Kalau teman – teman pernah dengar tentang update google penguin, atau panda atau juga rankbrain, berarti kamu sudah tahu tentang jenis – jenis update algoritma google yang sudah di release oleh google.

Tapi, apa sih algoritma itu? Lalu bagaimana pengaruhnya ke website kita? atau adakah pengaruhnya terhadap SEO website yang kamu jalankan?

Baca Juga: CRM Solusi Terbaik Bagi Bisnis Anda

Apa itu Algoritma? merupakan metode perhitungan yang terstruktur dan digunakan dalam menyelesaikan masalah dengan menghasilkan sebuah solusi sehingga menjadi solusi terbaik bagi pemecahan masalah tersebut. Algoritma seringnya dipakai untuk penyelesaian masalah perhitungan yang dilakukan oleh komputer.

algoritma sendiri berasal dari tulisan seorang matematikawan bernama Muhammad ibn Musa al-Khwarizmi, beliau menulis sebuah tulisan berbahasa arab di terjemahkan menjadi bahasa latin dengan judul “Algoritmi on the numbers of the Indians“.

Jadi apakah algoritma google itu? atau yang seringkali di sebut pengguna internet sebagai google update? Mari kita masuk ke pembahasan utamanya.

Definisi sederhana dalam Bahasa yang lebih mudah di mengerti, algoritma google merupakan cara atau langkah spesifik atau metode yang gunakan oleh mesin pencari google dalam memilih sebuah konten yang ada dalam listing database mereka atau daftar konten yang sudah ter-index oleh google. Google mempunyai banyak sekali bahkan sampai ratusan juta pages atau file yang di index oleh mereka dan dengan algoritma tersebut, google akan memilih konten yang menurut mereka merupakan konten yang paling layak dan terbaik untuk di tampilkan kepada pengguna / user mesin pencari google saat mereka mencari konten dengan sebuah atau beberapa keyword

Sampai saat ini belum ada seorang pun yang secara pasti mengetahui bagaimana alur kerja dari algoritma google kecuali google sendiri, namun kita bisa amati pada salah satu blog resmi google, google selalu memprioritaskan user mesin pencari mereka atau bisa dibilang mereka fokus membuat konten website yang bermanfaat bagi user dan bukan untuk google sendiri.

Inilah daftar algortima google terbaru yang harus kamu ketahui.

Algoritma Google Update Tahun 2018 :

 

  1. “Brackets” Core Update (Update 8 Maret 2018)

Di dalam situs twitter Google webmaster, dalam sehari Google bisa mengajukan sebuah perubahan untuk algoritma mereka guna meningkatkan hasil pencarian dari mesin pencarian mereka.

 

  1. Zero result SERP Test (Update 14 Maret 2018)

Update ini sudah dihentikan oleh Google. Google hanya mencoba algoritma ini diperkirakan selama satu minggu. Setelah satu minggu berjalan update ini dihentikan oleh Google.

Google tidak menampilakan pencarian pada kata kunci atau keywords konversi mata uang, konversi suhu, dll, melainkan menampilkan tombol “show all” untuk menampilkan hasil pencarian lain, sebagai berikut :

zero serp result

Sumber : Google.com

atau, sebagai contoh lain jika hasil pencarian kita cukup relevan dan banyak disenangi oleh Google dan pengguna mesin pencarian Google, meta desciption akan di tampilkan sebagai card.

  • Bagaimana cara kerja Zero result SERP

Sebenarnya Zero result SERP sangat berhubungan dengan rich snipet. Google menampilkan hasil pencarian dari keywords yang sangat detail seperti suhu, waktu, harga saham, currency dll.

  • Penyesuaian diri dengan Zero result SERP

Google menyediakan sebuah fitur untuk melakukan test terhadap SERP yang dapat dilakukan di situs google. Kamu bisa membuat markup untuk snipet dan melakukan test di tempat tersebut. Kamu tidak perlu khawatir dengan algoritma Google satu ini, karena tidak berpengaruh secara langsung terhadap website secara kesuluruhan.

 

  1. Mobile First Index (Update 26 Maret 2018)

Sebernarnya google sudah sejak lama merencanakan untuk lebih memperhatikan multi-platform site atau dengan kata lain website yang multi device, bisa diakses di desktop maupun di mobile.

Karena menurut penelitian yang di lakukan google pada tahun 2016,

sekitar 80% orang yang menonton tv atau film akan melakukan pencarian di internet.

Dengan begitu Google meluncurkan algoritma mobile first index.

 

  • Jadi bagaimana cara kerja mobile-first indexing?

Dari mobile-first index , Google mengindex konten website dengan dua versi, desktop dan mobile. Jika website kamu belum mobile friendly , Google akan tetap mengidex dengan versi dekstop dari website kamu.

Dari nama mobile-first secara harafiah Google melakukan indexing dengan mempertimbangkan dan mendahulukan website yang mobile-friendly dari setiap website yang ingin terangking di Google search engine.

  • Pengaruh dan cara mengatasi algoritma mobile-first index

Sebenarnya mobile-first indexing tidak berpengaruh secara langsung ke website, jika website kamu sudah mobile-friendly karena website yang mobile-friendly pasti akan terindeks dengan Google dan tidak akan terjadi masalah.

Untuk website yang belum mobile-friendly, tidak akan terkena dampak secara langsung, tapi ranking di mobile version tidak akan melebihi dari website yang sudah mobile-friendly.

Agar website kamu aman dan lolos dari algoritma ini maka paling aman adalah membuat website mobile-friendlydan sebisa mungkin membuat amp version dari website anda juga membantu website versi mobile teranking dengan baik.

Algoritma Google Terpenting dan Berpengaruh dalam Sejarah yang Pernah dirilis oleh Google

 

Update algoritma Google yang pernah dirilis sebelumnya telah mengubah citra Google menjadi lebih baik, seperti yang telah dikatakan oleh Google bahwa mereka selalu memperbaiki dan mengupdate algoritma mereka dengan tujuan untuk meningkatkan user experience dan user satisfaction mereka.

Dan oleh sebab itu Google update atau update algoritma Google ini, para pelaku SEO Google beranggapan bahwa, trik – trik SEO lama sudah tidak bisa di gunakan lagi.

Berikut adalah algoritma terpenting dan paling berpengaruh yang pernah diluncurkan oleh Google:

  1. RankBrain (Algoritma yang menggunakan teknologi AI atau Artificial Intelegence)

rank brain google algorithm

Algoritma Rankbrain adalah berbasis AI atau Artificial Intelegence, pertama dikenalkan oleh Google pada oktober 2015.

Berdasarkan search engine journal, Google mejelaskan salah satu contoh RankBrain adalah ketika anda mencari sebuah kata kunci atau keywords, misal “CRM indonesia”, hasil pencarian yang anda cari akan berbeda ketika anda mencari di negara lain, misal india.

RankBrain adalah salah satu algoritma utama yang digunakan untuk menyaring konten di dalam database Google, walaupun rankbrain menjadi faktor utama bukan berarti rankbrain menggeser algoritma yang lain.

 

  • Cara Kerja Algoritma RankBrain

Menurut neilpatel , algoritma rankbrain berhubungan dengan user-intent atau minat dari pengguna search engine saat melakukan pencarian dan menampilkan hasil pencarian Google yang dianggap paling relevan. Pengguna search engine seperti kita cenderung mencari informasi dari yang sangat umum kemudian menyempit ke pencarian yang lebih spesifik. Sebagai contoh, kita mencari kategori apa itu CRM, lalu kemudian kita mencari CRM terbaik untuk bisnis, dan kemudian kita akan mencari solusi CRM terbaik dan aplikasi CRM. Rankbrain sangat mampu untuk menampilkan hasil yang dirasa paling relevan untuk user.

  • Beradaptasi dengan Rank Brain

Rank Brain adalah algoritma berbasis AI (Artificial Intellegence), jadi tidak menutup kemungkinan setiap harinya rankbrain akan berkembang menjadi lebih baik.

Untuk beradaptasi dengan rankbrain ada baiknya untuk fokus ke visitor, pengguna atau pembaca dan mengetahui apa yang mereka inginkan. Juga dengan membuat konten yang spesifik dan mendalam sehingga kamu bisa memenuhi informasi yang dibutuhkan. Terakhir, buatlah konten dengan persamaan keywords atau persamaan kata berdasarkan minat dari pengguna anda.

  1. Hummingbird (Ada yang tahu kalo nama resmi algoritma utama Google adalah Hummingbird?)

google hummingbird algorithm

Ketika Google pertama kali keluar dengan menawarkan search engine atau mesin pencarian Google sudah menggunakan sebuah algoritma, awalnya Google tidak punya sebutan yang formal untuk algoritma tersebut.

Kemudian pada tahun 2013, Google mengumumkan sebuah nama untuk algoritma pencarian miliknya dan nama tersebut adalah “hummingbird“.

Di dalam hummingbird sendiri terdapat banyak bagian algoritma seperti rankbrain, penguin, panda yang juga bagian dari hummingbird.

  • Cara Kerja Hummingbird

Algoritma hummingbird bekerja dengan apa yang disebut dengan conversational search dengan memperhatikan kalimat pencarian yang dimasukan di dalam mesin pencarian. Google tidak lagi hanya memperhatikan keywords atau kata kunci dengan 1 kata atau 2 kata.

  • Penyesuaian diri dan adaptasi dengan hummingbird

Hummingbird memperhatikan relevansi dari sebuah konten, bangun konten yang mendetail yang menyediakan informasi dan menjawab pertanyaan pengguna atau customer. Engagement dan bangun relasi yang baik dengan customer atau pengunjung dan visitor anda.

  1. Penguin (Algoritma berfokus pada kualitas link)

google penguin

Algoritma Penguin pertama kali dirilis pada tahun 2012. Pada masa itu banyak website yang memiliki konten tidak bermanfaat, kemudian banyak link link yang sangat tidak membuat nyaman para “pencari informasi” di internet dan ada juga yang berisi spam keywords atau bahasa teknis sering disebut “keyword stuffing”.

Google membuat algoritma penguin dan memberi hukuman pinalti sehingga website yang di ketahui melanggar algoritma penguin maka dikeluarkan dari index Google, dengan kata lain website tersebut tidak akan tampil di mesin pencari Google. Ini adalah Nightmare atau mimpi buruk bagi kebanyakan pemilik website pada masa itu.

Lalu update terbaru yaitu Penguin 4.0 diterbitkan oleh Google pada september 2018, Google menyatakan bahwa penguin menjadi bagian dari algoritma inti Google atau dengan kata lain hummingbird, dan mengupdate beberapa aturan seperti menghilangkan pinalti kepada website, namun sebagai gantinya google akan mengabaikan link dari website yang kualitasnya dianggap jelek.

  1. Panda (Fokus Algoritma Panda adalah Konten)

google panda

Fokus dari algoritma panda adalah on-Page SEO. Ketika pertama keluar update panda, website dengan kualitas konten tidak relevan atau kualitasnya jelek, misalnya sedikit konten atau adanya keywords stufing atau pengulangan kata berturut turut, juga terdapat banyak sekali konten yang di duplikat atau sama persis maka akan terkena Panda dan diberikan pinalti. Pinalti dapat berupa dihilangkan dari mesin pencarian Google atau Search Engine Google.

Algoritma Panda dan Penguin dikeluarkan hampir bersamaan dikarenakan keduanya saling berhubungan untuk Panda fokus on-Page dan Penguin fokus off-Pages(kualitas link).

 

Kesimpulan

 

Dalam setiap update Google yang di release, Google selalu menjelaskan bahwa pada setiap updatenya yang mereka keluarkan selalu mengutamakan website untuk kenyamanan user bukan untuk robot mesin pencarian.

Algoritma Google sangatlah banyak, ada masih banyak update yang tidak memiliki nama dan belum terkonfirmasi oleh Google karena Google dalam sehari melakukan update hingga ratusan kali dan ada 200 indikator yang di jadikan google sebagai panduan untuk memilih konten dari berbagai macam website.

Maka dari itu, sebaiknya kita berhati – hati dalam membuat konten juga dalam membangun backlink agar perjuangan dan usaha kita dalam melakukan SEO website kita tidak terbuang begitu saja akibat pinalti dari google.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".