KESUKSESAN STRATEGI GROWTH HACKING, TERGANTUNG OPTIMALISASI CRM DALAM BISNIS

Tips sales gunakan teknologi

KESUKSESAN STRATEGI GROWTH HACKING, TERGANTUNG OPTIMALISASI CRM DALAM BISNIS

Dalam dunia teknologi dan pemanfaatan teknologi dalam Era Industri 4.0. Istilah baru datang dan silih berganti, dimana salah satunya adalah istilah Growth  Hacking. Bagi yang masih awam, pasti belum terlalu paham, tetapi bagi yang sudah familiar justru jelas apa itu growth hacking dan fungsinya. Disini kita akan membahas bagaimana optimalisasi CRM dalam Bisnis akan membantu mensukseskan pertumbuhan bisnis Anda.


Bicara soal growth hacking pasti kita bicara soal strategi dan implementasi dari strategi growth hacking dalam dunia bisnis.  Karena untuk bisa menjalankan strategi tersebut seseorang mesti memiliki  beberapa kemampuan.

Setidaknya dari apa yang mesti di jalankan oleh seorang yang ahli dalam pembuatan strategi growth  hacking beberapa  hal yang mesti di miliki : bidang marketing, bidang desain produk, serta  hal yang menjadi pendukungnya adalah bidang programming / engineering.

Sehingga ada beberapa hal yang khusus ketika kita bicara soal implementasi strategi growth hacking dalam sebuah bisnis : (1) Bahwa Growth Hacking adalah sebuah proses yang melibatkan beberapa keilmuan sekaligus. Dari mulai : marketing, produk, sales/ penjualan dan unsur bisnis lain yang berhubungan dengan produk (2) Bahwa strategi Growth Hacking itu sesuatu yang unik, karena tidak bisa di duplikasikan kepada siapapun dan produk manapun. Sehingga strateginya bersifat ekslusive bagi sebuah produk (3) Bahwa strategi Growth Hacking bisa di mulai dari sebelum adanya produk hingga produk di pasarkan dan produk berkembang di pasaran.

 

OPTIMALISASI CRM CARA CERDAS GROWTH HACKING AGAR HASILNYA SUKSES SECARA MAKSIMAL

Untuk mengimplementasikan strategi growth hacking setidaknya kita mesti melakukan beberapa hal.   Dimana beberapa hal tersebut mesti bersifat kontinuitas dan terintegrasi, sehingga hasil yang di dapat bisa maksimal.  Kita bisa mencobanya untuk bisa menjalankan strategi  growth hacking dengan  5 cara  :

  • Sebelum melakukan strategi growth hacking cobalah untuk membuat daftar email.  Email tersebut bisa di gunakan pada saat perusahaan ingin melakukan launching / peluncuran produk baru.
  • Sebelum melakukan strategi growth hacking ada baiknya kita mencari dan memanfaatkan program referral. Tujuannya adalah agar strategi growt hacking yang nantinya di jalankan  bisa berjalan dengan baik dan lancar sesuai target.
  • Sebelum melakukan growth hacking, ada baiknya perusahaan bisa melakukan kolaborasi atau bekerjasama dengan brand atau produk lain. Dengan kolaborasi tersebut maka hasil yang dicapai dari strategi ini bisa berjalan lancar.
  • Sebelum strategi growth hacking di jalankan. Ada baiknya kita juga membangun komunitas bisnis yang sesuai dengan target kita. Dengan kolaborasi tersebut maka komunitas bisnis akan sangat bermanfaat.
  • Dan satu hal yang juga penting adalah sebaiknya pada saat menjalankan strategi growth hacking perusahaan melakukan kerjasama dengan influencer. Dengan strategi ini akan terjadi simbiosis mutualisme.

OPTIMALISASI CRM, KUNCI UTAMA DALAM MENJALANKAN STRATEGI GROWTH HACKING DI PERUSAHAAN

sumber : kompasiana https:kompasiana/artikel/whatsapp

Baca juga artikel berikut : 9 Kendala & Tantangan Bisnis Jika Tanpa Solusi CRM

Besarnya potensi bisnis yang ada di Indonesia, memang menjadi pertimbangan tersendiri bagi pelaku bisnis. Karena pada akhirnya mereka harus berhitung soal besarnya cost yang mesti di keluarkan ketika pelaku bisnis ingin mengembangkan bisnisnya. Tidak saja di dalam kota, tetapi juga hingga ke seluruh Indonesia.  Sehingga keberadaan sebuah strategi bisnis menjadi salah satu penentu keberhasilan sebuah strategi. Salah satu strategi bisnis yang bisa di jalankan adalah strategi growth hacking.

Bersyukur saat ini adalah aplikasi bisnis seperti CRM. Dengan beberapa keunggulan yang terdapat di dalam aplikasinya, tools ini mampu menjadi alternatif solusi bagi para pelaku bisnis yang  ingin mengembangkan bisnisnya termasuk dalam implementasi strategi growth hacking. Karena syarat utama agar strategi ini bisa berjalan dengan baik dan lancar adalah tersedianya implementasi CRM yang telah terintegrasi.

Ada beberapa keuntungan yang bisa di dapat para pelaku bisnis, ketika aplikasi seperti CRM di implementasikan untuk menjadi alat atau tools penunjang operasional bisnis mereka :

  • Pelaku bisnis tidak perlu mengeluarkan cost investasi yang cukup besar. Karena sistem kerja menggunakan CRM bisa di jalankan dimanapun, termasuk di rumah sekalipun. Karena hanya berbekal HP atau Personal Computer.
  • Pelaku bisnis tidak perlu melakukan kunjungan ke beberapa kota tersebut hanya sekadar untuk melakukan kontrol. Karena aplikasi CRM sudah mampu menjadi media kontroling yang efektif bagi para pelaku bisnis.
  • Serta yang pasti dengan adanya upgrading / update teknologi yang ada di CRM seperti CRM Barantum, maka pelaku bisnis bisa di berikan kemudahan dalam melakukan komunikasi. Baik dengan team ataupun dengan calon customer dan customer. Karena dalam CRM saat ini ada CRM Omnichannel, sehingga beberapa aplikasi media massa telah terintegrasi dalam aplikasi CRM tersebut.

Jadi untuk anda yang saat ini masih bingung menghadapi kondisi  yang ada. Dimana pandemi covid masih terus berlangsung. Maka strategi Growth Hacking  yang di integrasikan dengan CRM dalam bisnis adalah sebuah strategi yang cukup jitu dimasa Era New Normal saat ini. Karena dengan aplikasi CRM ini anda tidak perlu takut dimanapun lokasi kantor cabang atau distributor anda akan di tempatkan. Bahkan di kota Papua yang ada di Propinsi Papua sendiri, CRM Barantum sudah ada yang menggunakan untuk mempermudah aktivitas bisnis yang mereka lakukan.

 

In this article

Join the Conversation

one × one =