Pilihan Terbaik Membuat AutoResponder WhatsApp

Apakah Anda seorang pengusaha atau marketer yang menggunakan WhatsApp Business untuk berkomunikasi dengan pelanggan? Jika iya, Anda mungkin pernah mengalami kesulitan dalam merespons semua pesan yang masuk dengan cepat dan efisien. Nah, Anda tidak perlu khawatir! Di artikel ini, kami akan membahas tentang cara membuat autoresponder di WhatsApp Business yang dapat membantu Anda meningkatkan kinerja komunikasi dan memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik.

Autoresponder WhatsApp adalah fitur yang sangat berguna untuk mengirimkan pesan otomatis kepada pengguna yang menghubungi bisnis Anda melalui WhatsApp. Fitur ini memungkinkan Anda mengirimkan tanggapan otomatis kepada pelanggan Anda, bahkan ketika Anda tidak sedang aktif atau tidak dapat merespons secara langsung. Dengan menggunakan autoresponder, Anda dapat memberikan informasi penting, mengarahkan pelanggan ke halaman web yang relevan, atau memberikan pesan selamat datang kepada pengguna yang menghubungi bisnis Anda melalui WhatsApp.

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang cara membuat autoresponder di WhatsApp Business, artikel ini akan memberikan panduan lengkap untuk Anda. Jadi, tunggu apalagi, yuk baca artikelnya sampai selesai!

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

Apa Itu AutoResponder WhatsApp?

Autoresponder WhatsApp adalah sebuah fitur yang memungkinkan Anda untuk mengirimkan pesan otomatis kepada pengguna yang menghubungi Anda melalui aplikasi WhatsApp. Dengan menggunakan autoresponder, Anda dapat mengirimkan tanggapan otomatis kepada pengguna yang mengirim pesan kepada Anda, bahkan ketika Anda sedang tidak aktif atau tidak dapat merespons secara langsung. Fitur ini sangat berguna dalam situasi di mana Anda ingin memberikan tanggapan cepat kepada pelanggan atau pengguna yang menghubungi Anda, atau saat Anda tidak dapat merespons pesan satu per satu secara manual. Autoresponder WhatsApp juga dapat dikonfigurasi untuk mengirimkan pesan-pesan yang telah ditentukan sebelumnya, seperti pesan selamat datang, informasi kontak, atau pesan promosi.

Mengapa AutoResponder WhatsApp Penting Bagi Bisnis?

Dalam bisnis penggunaan autoresponder WhatsApp sangat penting. Dengan menggunakannya, Anda dapat memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik dengan memberikan respons cepat dan informasi yang relevan. Misalnya, ketika seseorang mengirimkan pertanyaan melalui WhatsApp tentang produk atau layanan Anda, autoresponder dapat memberikan tanggapan otomatis yang berisi informasi penting tentang produk tersebut atau mengarahkan pengguna ke halaman web yang berisi informasi lebih lanjut. Dengan demikian, autoresponder WhatsApp dapat membantu meningkatkan efisiensi komunikasi, menghemat waktu, dan memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan.

Bagaimana Cara Membuat AutoResponder WhatsApp?

Adapun membuat autoresponder WhatsApp bisa dilakukan dengan berbagai cara. Tiap cara yang diambil memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Namun. perlu dipahami bahwa pemakaian aplikasi yang resmi jauh lebih aman dibandingkan aplikasi ilegal (tidak resmi). Terutama dalam hal keamanan data bisnis Anda.

Berikut cara membuat autoresponder WhatsApp:

1. Menggunakan WhatsApp Business

Cara pertama untuk membuat WhatsApp autoreponder, yaitu Anda bisa menggunakan WhatsApp Business resmi yang bisa diunduh secara gratis, baik di Play Store maupun App Store. Untuk Anda yang ingin mengetahui bagaimana cara mendapatkan dan membuat WhatsApp Business, bisa membaca tutorial lengkapnya pada artikel berikut -> Cara Daftar dan Membuat WA Business Terbaru, Lengkap!.

Setelah Anda berhasil membuat akun WhatsApp Business, lakukan langkah-langkah berikut untuk mulai mengaktifkan autoresponder WhatsApp:

  • Klik Pengaturan -> Pilih Fitur Bisnis

  • Selanjutnya, pilih autoresponder yang diinginkan. Pada WhatsApp Business terbagi menjadi 3 jenis, yaitu Salam, Pesan di Luar Jam Kerja, dan Balas Cepat.cara membuat autoresponder WA

Penjelasan masing-masing jenis autoresponder pada WhatsApp Business, yaitu:

  • Salam: Balasan otomatis setiap ada pesan yang masuk ke nomor WhatsApp Business Anda.
  • Pesan di Luar Jam Kerja: Pesan otomatis yang terkirim saat ada pelanggan yang mengirim pesan di luar jam operasional bisnis Anda. Jam operasional bisnis bisa Anda atur pada profil akun WA Business.
  • Balas Cepat: Balasan pesan otomatis yang berisi jam kerja, alamat, atau bahkan profil Anda sendiri.

autoresponder wa

Penggunaan autoresponder pada WhatsApp Business ini dapat membantu Anda untuk membalas pesan pelanggan dan memberi tahu mereka jika pesan dikirim di luar jam kerja dan akan dibalas saat jam operasional kembali.

Namun, autoresponder ini hany bisa digunakan saat Anda memiliki jaringan internet. Jika tidak, maka pesan tidak akan otomatis terkirim oleh pelanggan.

2. Menggunakan Aplikasi Tambahan

Cara lainnya untuk menggunakan autoresponder WhatsApp, yaitu dengan menggunakan aplikasi tambahan, seperti aplikasi autoreply atau WhastApp GB. Sama halnya dengan WhastApp Business, aplikasi tambahan ini juga membantu Anda untuk menggunakan balas pesan otomatis. Namun, aplikasi ini bukanlah aplikasi resmi WhatsApp. Sehingga keamanan data Anda tidak dapat terjamin dan kemungkinan akun terblokir akan sangat besar.

3. Menggunakan WhatsApp Business API

Cara terakhir, sekaligus “the next level” penggunaan autoresponder WhatsApp bisa Anda dapatkan dari WhatsApp Business API. Untuk mendapatkan WhastApp Business API, Anda perlu bekerja sama dengan BSP atau Mitra Resmi WhatsApp yang telah tepercaya, seperti Barantum.

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

Dalam memilih bekerja sama dengan vendor, sebaiknya tidak hanya tergiur dengan harga yang murah. Tetapi Anda perlu memastikan kualitas sistem, layanan support-nya, dan kecepatan mereka dalam menangani kendala ataupun memberikan solusi kepada Anda. Berbagai tips memilih vendor yang tepat bisa Anda baca pada artikel ini -> Tips Memilih Vendor CRM Yang Tepat Untuk Jangka Panjang.

Berikut cara membuat autoresponder WhastApp Business API:

1. Pilih BSP WhatsApp Tepercaya, Barantum

Barantum Penyedia WhatsApp Business API Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di Indonesia

BSP WhatsApp Barantum akan membantu Anda untuk mendapatkan WhatsApp Busines API, mulai dari awal pengajuan, implementasi, hingga layanan after sales yang baik. Layanan after sales ini menjadi penting diperhatikan karena dapat membantu Anda dalam memberikan solusi terkait kendala yang mungkin Anda hadapi. Karena kadangkala, ada oknum vendor yang memberikan pelayanan kurang responsif sehingga kendala pelanggan lama terselesaikan.

2. Masuk ke Akun Barantum CRM

login CRM barantum

Selanjutnya, Anda masuk ke akun Barantum CRM, untuk mengatur autoresponder WhastApp. Anda bisa mengatur hak akses pada penggunaan fitur-fitur tertentu sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Sehingga tidak seluruh staf dapat mengakses informasi atau fitur yang sama.

3. Atur Isi Pesan Sesuai Keinginan

autoresponder wa barantum

Langkah berikutnya, Anda cukup mengatur pesan autoresponder WhatsApp sesuai dengan keinginan Anda.

4. Lakukan Uji Coba

Setelah Anda selesai melakukan pengaturan autoresponder WhatsApp, Anda bisa melakukan uji coba hasil pengaturan yang sudah Anda terapkan. Jika sudah oke, Anda bisa mengaplikasnnya kepada pelanggan.

Pada autoresponder WhatsApp Business API berbeda dengan autoresponder WhatsApp Business biasa yang membutuhkan jaringan internet. Autoresponder WhatsApp Business API  ini tetap membalas pesan secara otomatis sekalipun Anda tidak sedang ada jaringan internet.

Terapkan AutoResponder Bisnis Terbaik Anda Sekarang!

WhatsApp Business API memungkinkan Anda mengintegrasikan WhatsApp Business dengan alat dan sistem manajemen pelanggan yang ada, memberikan Anda kontrol yang lebih baik atas pesan dan analisis, serta fitur-fitur lainnya yang meningkatkan efisiensi dan skala bisnis Anda.

BSP Barantum adalah penyedia solusi yang dapat membantu Anda memperoleh WhatsApp Business API dengan mudah dan efisien. Dengan menggunakan BSP Barantum, Anda akan dipandu melalui proses pendaftaran dan integrasi, serta mendapatkan dukungan teknis yang andal. Jadi, jangan sia-siakan peluang untuk meningkatkan komunikasi bisnis Anda dengan WhatsApp Business API melalui BSP Barantum.

Jadwalkan Demo

Segera jadwalkan demo dengan tim kami dan dapatkan gambaran bagaimana Barantum bisa membantu bisnis Anda.

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Chat disini!
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".