Begini Cara Buat Chatbot WhatsApp

Cara membuat Chatbot WA barantum yang efektif memerlukan pemahaman yang mendalam tentang bagaimana teknologi ini berinteraksi dengan pelanggan dan bagaimana dapat diintegrasikan ke dalam strategi bisnis Anda.

Hal tersebut mulai dari menyusun alur percakapan hingga memahami jenis pertanyaan umum yang mungkin diajukan pelanggan. Sehingga proses ini melibatkan kerja keras dan pemikiran strategis. Namun, manfaat yang dihasilkan, mulai dari respons instan hingga efisiensi layanan pelanggan yang lebih baik, membuat upaya ini sepadan dengan usaha yang dilakukan.

Dalam artikel ini, kami telah merangkum langkah demi langkah yang bisa Anda lakukan untuk membuat chatbot WhatsApp menggunakan Barantum, di mana pada fitur chatbot ini di Barantum disebut dengan chatscript.

Untuk informasi lengkapnya, yuk simak artikel ini sampai selesai.

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

Apa itu Chatbot WhatsApp?

Chatbot WhatsApp adalah sebuah program komputer menggunakan kecerdasan buatan (AI) yang dirancang untuk berinteraksi dengan pelanggan. Penggunaan Chatbot WhatsApp bisa dipakai dalam berbagai konteks, mulai dari layanan pelanggan dan dukungan teknis hingga pemesanan dan informasi produk.

Chatbot WhatsApp, atau yang oleh Barantum juga dikenal dengan sebutan Chatscript, dapat membantu bisnis Anda dalam mengotomatisasi interaksi dengan pelanggan mereka. Sehingga Chatscript WhatsApp ini digunakan untuk berbagai tujuan, termasuk memberikan informasi produk, menjawab pertanyaan umum, menerima pesanan, memberikan konfirmasi transaksi, atau bahkan memberikan pelayanan pelanggan secara real-time.

Mengapa Bisnis Perlu Menggunakan Chatbot WhatsApp?

Penerapan Chatbot WhatsApp telah menjadi keputusan strategis yang penting bagi bisnis modern. Dengan kemampuan menjawab pertanyaan umum secara instan dan memberikan informasi produk atau layanan 24/7. Sehingga chatbot membantu menjaga kepuasan pelanggan dengan memberikan pengalaman yang cepat dan efisien. Hal ini berkontribusi pada pembentukan citra positif dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

Berikut alasan lainnya mengapa Anda perlu menggunakan Chatbot WhatsApp:

1. Responsif dan Mempercepat Penjualan

chatbot chatscript penjualan barantum

Chatbot memungkinkan bisnis untuk tetap responsif terhadap permintaan pelanggan 24/7 tanpa memerlukan campur tangan manusia secara langsung. Dengan Chatbot, bisnis dapat menjawab pertanyaan umum, memberikan informasi produk, dan membantu pelanggan menemukan produk yang sesuai dengan keinginan pelanggan. Sehingga membantu mempercepat proses penjualan dengan menghadirkan pengalaman pelanggan yang lebih baik.

2. Mampu Personalisasi Pesan

chatbot chatscript notifikasi barantum

Dengan chatbot, Anda dapat memahami perilaku dan keinginan pelanggan melalui analisis data. Sehingga memungkinkan Anda untuk memberikan pesan yang lebih personal dan relevan. Personalisasi semacam ini dapat membangun ikatan lebih kuat antara bisnis dan pelanggan, meningkatkan retensi, dan mendorong pembelian berulang.

3. Mempercepat Dapatkan Feedback Pelanggan

chatbot chatscript feedback barantum

Selanjutnya, chatbot dapat digunakan sebagai alat untuk mengumpulkan umpan balik dari pelanggan dengan cepat dan mudah. Mereka dapat mengajukan pertanyaan singkat setelah interaksi dengan pelanggan atau mengarahkan pelanggan ke survei pendapat. Sehingga membantu bisnis mendapatkan informasi langsung tentang kepuasan pelanggan, masalah yang mungkin muncul, dan peluang perbaikan.

4. Keamanan terjamin

Dalam komunikasi dengan chatbot, data pelanggan bisnis Anda aman dan terlindungi. Hal ini karena chatbot didukung oleh protokol keamanan dan enkripsi data, mengurangi risiko pelanggaran data dan penyalahgunaan informasi pribadi. Sebagai alternatif untuk menghubungi layanan pelanggan melalui saluran komunikasi yang mungkin rentan terhadap serangan cyber, pelanggan dapat merasa lebih percaya diri saat berinteraksi dengan chatbot bisnis Anda yang didesain dengan memprioritaskan keamanan.

Apa Manfaat dari Menggunakan Chatbot WhatsApp?

Berikut adalah manfaat menggunakan chatbot atau chatscript WhatsApp:

1. Open API dan Otomatisasi Balas Pesan Pelanggan

chatbot tagihan pelanggan

Didukung dengan sistem open API, Anda bisa mengintegrasikannya dengan sistem internal atau layanan pihak ketiga bisnis Anda. Sehingga data otomatis terkoneksi dan mengurangi risiko data yang dobel. Dengan open API ini, bisnis Anda bisa otomatisasi mengirim pesan pelanggan terkait berbagai informasi bisnis, seperti informasi mengenai tagihan, mengecek resi pengiriman, mengecek pembayaran, hingga mengecek keanggotaan.

2. Layanan Pelanggan 24/7

Pertama, chatbot WhatsApp dapat memberikan layanan kepada pelanggan tanpa batas waktu, bahkan di luar jam kerja. Sehingga memungkinkan pelanggan mendapatkan respons instan tanpa harus menunggu, meningkatkan kepuasan pelanggan dan kenyamanan.

3. Respons Cepat

Kedua, chatbot dapat merespons pesan dalam hitungan detik, memberikan jawaban instan untuk pertanyaan umum. Sehingga membantu mengurangi waktu tunggu pelanggan dan meningkatkan efisiensi interaksi.

4. Meningkatkan Efisiensi

Selanjutnya, chatbot mengotomatisasi tugas-tugas rutin seperti memberikan informasi dasar, mengarahkan pertanyaan, atau menerima pesanan. Sehingga agen dapat menghemat waktu karena tidak perlu menjawab pesan pelanggan satu per satu.

Barantum Penyedia WhatsApp Business API Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di Indonesia

5. Personalisasi

Meskipun otomatis, chatbot dapat memberikan pesan yang dipersonalisasi berdasarkan data pelanggan, seperti nama atau riwayat pembelian. Ini menciptakan rasa perhatian dan membantu membangun hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan.

6. Analisis Data

Chatbot WhatsApp dapat mengumpulkan dan menganalisis data interaksi dengan pelanggan. Informasi ini dapat membantu bisnis memahami tren dan preferensi pelanggan, memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih baik.

7. Efisiensi Operasional

Dengan mengotomatisasi sebagian tugas, bisnis dapat mengalokasikan sumber daya manusia ke tugas-tugas yang lebih kompleks dan strategis, meningkatkan efisiensi operasional secara keseluruhan.

Bagaimana Cara Membuat Chatbot WhatsApp di Barantum?

Adapun cara membuat chatbot WhatsApp di Barantum, yaitu bisa Anda ikuti cara berikut ini:

1. Buka pengaturan BarantumChat -> pilih Chatscript.

cara membuat chatbot atau chatscript barantum 1

2. Isi nama judul chatscript dan isi deskripsi sesuai chatscript yang dibuat -> klik Save.

cara membuat chatbot atau chatscript barantum 2

3. Klik ikon mata untuk melihat detail chatscript yang ingin Anda buat.

cara membuat chatbot atau chatscript barantum 3

4. Klik Action -> lalu pilih Edit.

cara membuat chatbot atau chatscript barantum 4

5. Isi nama chatscript, deskripsi, dan jam aktif chatscript sesuai kebutuhan. Jika ingin diaktifkan selama 24 jam, maka isi jam dimulai pukul 07.00 AM dan berakhir pukul 06.59 AM. Selanjutnya, klik Save.

cara membuat chatbot atau chatscript barantum 6

6. Selanjutnya, pilih +Script Items

cara membuat chatbot atau chatscript barantum 7

7. Pilih Type Script: Basic, lalu isi judul script dan deskripsinya.

cara membuat chatbot atau chatscript barantum 7

8. Anda bisa mengatur pesan balasan jika pelanggan salah memilih pilihan pada tombol chatbot di kolom Invalid Feedback Message. Dan, bisa juga mengatur pesan yang dikirimkan di luar jam kerja pada kolom Timeout MSG Schedule.

cara membuat chatbot atau chatscript barantum 8

9. Chatscript Anda berhasil masuk ke dalam Script Items

cara membuat chatbot atau chatscript barantum 9

10. Untuk mengaktifkan chatscript, klik tombol deactive, pastikan tulisannya sudah berubah menjadi active.

cara membuat chatbot atau chatscript barantum 10

Dalam membuat chatscript, pastikan interactive message atau menu pilihan dalam chatbot sudah terhubung dengan tepat. Sehingga balasan saat pelanggan mengklik pilihan chatbot benar dan sesuai dengan yang diinginkan.

chatbot chatscript barantum

Solusi Chatbot WhatsApp Terbaik Untuk Layanan Pelanggan

Barantum Penyedia WhatsApp Business API Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di Indonesia

Dalam membangun chatbot WhatsApp yang berkualitas, kerja sama dengan mitra yang memiliki pengalaman dan keahlian dalam bidang ini menjadi penting. Barantum, sebagai Business Solution Provider (BSP) resmi WhatsApp, adalah pilihan tepat.

Dengan layanan Chatscript yang inovatif, Barantum dapat membantu memberikan pelatihan cara membuat dan mengimplementasikan chatbot WhatsApp bisnis Anda. Didukung dengan fitur lainnya, seperti jadwal pesan WhatsApp Blast, personalisasi pesan, hingga laporan analisis secara real-time dan mudah dimengerti.

.

Dapatkan Sekarang!


Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".