Berbagai Fitur WhatsApp API Terbaik Untuk Layanan Bisnis Anda

Setiap interaksi dengan pelanggan adalah peluang untuk membangun hubungan yang kokoh dan memperkuat loyalitas pelanggan. Dengan menggunakan WhatsApp API, Anda dapat memaksimalkan potensi ini melalui berbagai fitur WhatsApp API yang disediakan. Mulai dari OTP dan notifikasi yang memastikan keamanan transaksi hingga personalisasi pesan yang memberikan sentuhan pribadi. Tidak hanya itu, fitur alokasi agen memungkinkan pembagian tugas yang merata, memastikan setiap permintaan pelanggan Anda ditanggapi dengan cepat dan efisien.

Dalam perjalanan bisnis modern, layanan pelanggan yang luar biasa telah menjadi pilar yang semakin penting. WhatsApp API telah membuka jalan bagi transformasi signifikan dalam cara perusahaan berinteraksi dengan pelanggan. Dari personalisasi hingga analisis, fitur-fitur ini menawarkan peluang yang tak terbatas untuk memberikan pengalaman pelanggan yang tak terlupakan.

Dalam artikel ini, kita akan mengulas secara detail masing-masing fitur WhatsApp API yang dapat membantu meningkatkan layanan bisnis Anda. Jadi, simak artikelnya sampai selesai ya!

Barantum Penyedia WhatsApp Business API Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di IndonesiaApa itu WhatsApp API?

WhatsApp API adalah sarana bagi perusahaan untuk dengan efisiensi menjalin komunikasi yang efektif antara perusahaan dan pelanggan. Fitur WhatsApp Business API ini dikhususkan untuk kepentingan bisnis dalam melayani pelanggan dan bukan untuk kepentingan personal atau perorangan.

Melalui API ini, bisnis dapat mengirim pesan teks, gambar, video, serta melakukan interaksi seperti konfirmasi pesanan, pemberitahuan pengiriman, layanan pelanggan, dan masih banyak lagi, semuanya dilakukan dengan tujuan meningkatkan pengalaman pelanggan dan memperkuat hubungan antara bisnis dan konsumen.

WhatsApp API juga memberikan keuntungan bagi bisnis dalam hal skala dan otomatisasi. Dengan menghubungkan sistem bisnis mereka ke WhatsApp API, perusahaan dapat mengelola banyak percakapan sekaligus, mengatur pesan-pesan otomatis, dan mengintegrasikan fitur-fitur canggih seperti chatbot untuk menjawab pertanyaan umum pelanggan secara instan.

Mengapa Bisnis Perlu Menggunakan WhatsApp API?

Menggunakan WhatsApp API menjadi penting bagi bisnis karena platform ini memungkinkan bisnis untuk menjalin komunikasi langsung dengan pelanggan secara efektif dan efisien melalui aplikasi yang sangat populer.

Dengan WhatsApp API, bisnis dapat meningkatkan keterlibatan pelanggan, memberikan pelayanan yang lebih responsif dan personal, serta mengotomatisasi proses komunikasi untuk skala yang lebih besar. Sehingga tidak hanya membantu memperkuat hubungan dengan pelanggan. Namun, juga membuka peluang baru untuk berinteraksi, memberikan informasi produk atau layanan, serta memfasilitasi transaksi, semua dalam lingkungan yang nyaman dan akrab bagi para pelanggan.

Apa Saja Fitur WhatsApp API Untuk Layanan Pelanggan?

Berikut adalah fitur WhatsApp API untuk meningkatkan layanan pelanggan Anda:

1. Centang Hijau (Verified Badge)

Fitur ini memberikan verifikasi kepada pengguna bahwa pesan yang mereka terima berasal dari bisnis yang sah, ditandai dengan tanda centang hijau di sebelah nama bisnis. Sehingga meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap komunikasi yang mereka terima. Jadi, pastikan Anda bekerja sama dengan BSP resmi WhatsApp yang tepercaya, seperti Barantum.

2. WhatsApp Blast (Broadcast)

Fitur ini memudahkan Anda dalam mengirimkan pesan ke ribuan pelanggan secara bersamaan, tanpa perlu khawatir atau takut terblokir dibandingkan jika Anda menggunakan aplikasi WA Blastabal-abal‘ (tidak resmi) yang biasanya berupa aplikasi yang di-install di komputer atau pada ekstensi di browser Anda.

Barantum Penyedia WhatsApp Business API Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di Indonesia

3. Chatbot

Fitur balas pesan otomatis dengan alur percakapan yang dapat Anda atur sesuka hati. Anda bisa menggunakan chatbot untuk menjawab pertanyaan pelanggan, alur pembayaran dan sebagainya. Sehingga dengan fitur ini, bisnis Anda dapat memberikan jawaban instan terhadap pertanyaan umum pelanggan dan menyediakan layanan 24/7.

4. Office Hours

Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengatur jam kerja atau jam operasional ketika mereka aktif secara online dan dapat merespons pesan pelanggan. Di luar jam operasional, bisnis dapat mengirim pesan balasan otomatis yang memberitahukan pelanggan mengenai waktu kembali aktif atau memberikan informasi tambahan.

5. Multi User

Fitur ini memungkinkan lebih dari satu anggota tim bisnis tanpa batas untuk mengakses dan mengelola akun WhatsApp bisnis yang sama. Sehingga sangat berguna dalam menjaga konsistensi komunikasi, membagi tugas, dan menghindari keterlambatan dalam merespons pesan pelanggan.

6. OTP & Notifikasi

Fitur utility untuk alur bisnis Anda di mana bisnis dapat mengirimkan pesan OTP (One Time Password) saat proses masuk atau pendaftaran di sistem internal atau aplikasi perusahaan Anda dan notifikasi otomatis ke WhatsApp pengguna.

7. Personalisasi Pesan

WhatsApp API memungkinkan Anda untuk mengirim pesan yang lebih personal dengan menyesuaikan konten pesan berdasarkan data pelanggan. Misalnya, nama pelanggan dapat dimasukkan ke dalam pesan untuk memberikan sentuhan personal, meningkatkan keterlibatan dan respons positif dari pelanggan.

8. Bagi Pesan Secara Merata ke Agen Aktif (Round Robin)

Fitur ini sangat bermanfaat dalam pengelolaan tim layanan pelanggan. Bisnis dapat mengalokasikan tugas secara otomatis atau manual kepada agen yang tersedia dan memiliki kapasitas untuk merespons pesan. Ini membantu dalam menjaga efisiensi, menghindari penumpukan pesan, dan memastikan respons cepat terhadap pelanggan.

9. Terintegrasi CRM

Anda juga bisa mengintegrasikan sistem internal bisnis dan sistem lainnya. Misalnya, mengintegrasikannya dengan sistem CRM. Sehingga pesan pelanggan akan bisa langsung tersimpan sebagai kontak pelanggan, leads, atau tiket di database. Bisa juga mengintegrasikannya ke sistem internal untuk mengecek status pesanan, status pembayaran, status pengiriman dan banyak lagi.

10. Laporan Analisis

Fitur laporan analisis memberikan informasi detail tentang kinerja komunikasi bisnis. Sehingga Anda dapat melihat berapa banyak pesan yang terkirim, diterima, dan dibaca, serta menganalisis metrik lainnya seperti waktu respons rata-rata atau popularitas pesan tertentu. Informasi ini sangat berharga untuk mengukur keberhasilan kampanye, menilai kepuasan pelanggan, dan evaluasi kampanye.

Barantum WhatsApp API, Solusi Terbaik Efektivitas Layanan Pelanggan

Barantum Penyedia WhatsApp Business API Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di Indonesia

Dalam perjalanan mengadopsi WhatsApp API untuk meningkatkan efektivitas layanan pelanggan, penting untuk memiliki mitra yang dapat diandalkan dan tepercaya. Di sinilah Barantum hadir sebagai penyedia layanan WhatsApp Business Solution Provider (BSP) resmi.

Dengan pengalaman dan komitmen untuk menghadirkan solusi terbaik, Barantum dapat membantu bisnis Anda mengintegrasikan fitur-fitur WhatsApp API secara baik, memberikan dukungan teknis, serta memastikan Anda memanfaatkan setiap potensi yang ditawarkan oleh platform ini.

Dapatkan kemudahan dan tingkatkan performa bisnis Anda dalam memberikan pelayanan terbaik pada pelanggan dengan fitur WhatsApp Business API dari Barantum sebagai Official WhatsApp Partner dan BSP Terbaik di Indonesia.

Dapatkan Sekarang!


Barantum Penyedia WhatsApp Business API Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di Indonesia

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".