Bohemian Rhapsody Berjaya di OSCAR 2019

 

Film Bohemian Rhapsody berjaya di ajang OSCAR 2019 dengan memenangi empat kategori sekaligus dari 5 kategori yang masuk nominasi academy awards. Pada ajang Academy Award yang ke 91 ini Bohemian Rhapsody memenangi Best Actor, Best Sound Mixing, Best Film Editing, Best Sound Editing, Best Picture (Sebagai Nominasi). Sebuah pencapaian yang luar biasa untuk film Biopic, sesuai seperti prestasi lagu aslinya.

bohemian rhapsody oscar
sumber google

Bohemian Rhapsody bisa di bilang lagu terbaik sepanjang sejarah berdirinya Queen. Lagu tersebut bahkan bisa dibilang sebagai lagu terbaik sepanjang masa. Lagu tersebut beberapa kali menempati posisi 1 di daftar lagu terbaik dalam beberapa dekade. Untuk mengenang kehebatan lagu tersebut dan penciptanya Freddie Mercury yang telah meninggal dunia, Bohemian Rhapsody the movie pun dirilis dan berlanjut dengan sangat baik bahkan mengalahkan ekspektasi pendapatan box office.

 

Film Biopic Terbesar Sepanjang Sejarah

 

bohemian rhapsody in oscar

Film Bohemian Rhapsody merupakan film bio-pic terlaris dan terbesar yang pernah dibuat di dunia ini. Prestasi ini begitu cepat tercapai meskipun ulasannya banyak yang baik dan banyak juga yang kurang baik, tetapi jika Anda pernah mendengarkan lagu Bohemian Rhapsody sebelum adanya film ini,maka Anda akan tahu ini adalah film yang layak ditonton untuk membuat Anda terhibur dengan musik dari Queen dan akting luar biasa oleh Rami Malek yang berperan sebagai vokalis Queen yang luar biasa. Freddie Mercury. (Semenjak Film ini keluar kami sudah dapat melihat salah satu nominasi OSCAR tahun ini) Sebagai catatan; Film ini menelan biaya $ 52 juta, menghasilkan $ 50 juta pada akhir pekan pembukaan dan sampai saat ini telah menghasilkan lebih dari $ 152 juta di Amerika Serikat dan lebih dari $ 320 juta di luar AS.

Pada saat yang sama, ada pelajaran yang bisa dipelajari dari Bohemian Rhapsody. Terutama berlaku bagi mereka yang berada di dunia Marketing /Pemasaran. Kami berpikir di balik prestasi ini semua pasti ada pemasaran yang hebat di belakangnya, jadi apa yang bisa kita pelajari dari segi pemasaran?

Mari kita lihat seperti apa strategi marketing Bohemian Rhapsody?

 

Bohemian Rhapsody Berbeda Dari Biasanya

 

Lagu ini (sampai saat ini) berbeda dengan lagu lain dalam banyak hal. Ini adalah salah satu alasan mengapa angka-angka pada prestasi bohemian rhapsody ini menonjol. Pertama, lagu ini mempunyai tahapan yang berbeda dalam satu lagu : Intro, Balada, solo Gitar, Opera, Hard Rock dan Slot. Orang-orang pada waktu itu tidak terbiasa dan masih jarang, jadi lagu ini sangat menonjol dari jumlah rata-rata yang ada di 40 besar.

Selain itu, nada lagu ini berbeda dari yang biasa digunakan orang, sebagian karena Freddie Mercury memiliki kisaran 4 oktaf. Fakta yang menyenangkan adalah bahwa jika Anda memiliki sound sistem baru Anda dapat melakukan pemerikasaan kualitasnya dengan lagu ini, karena lagu berisi sekumpulan catatan terlengkap pada tingkat vokal dan instrumental. Dengan cara ini, angkanya juga berbeda dengan yang biasa digunakan orang-orang dan karenanya mencolok.

Perusahaan rekaman tidak terbiasa dengan lagu “terpisah” semacam ini dan pada mulanya menentang untuk merilis lagu ini dalam bentuk single. Namun, karena Freddie Mercury memiliki koneksi yang tepat (!) Dan memberikan salinan lagu itu kepada teman baiknya, DJ Kenny Everett, lagu itu akhirnya diputar di radio 14 kali sehari.

Jadi menjadi jelas bahwa melalui koneksi yang benar, banyak pengulangan lagu dan fakta bahwa lagu ini berbeda dari kebanyakan lagu, lagu ini menjadi  iconic bagi pendengarnya.

Lagu yang Bermakna Misterius

 

Para anggota Queen, khususnya Freddie Mercury, tidak suka menjelaskan makna dari lirik lagu Bohemian Rhapsody. Ini membuat lirik yang agak mencolok dengan kisah tentang pembunuhan dan iblis mejadi terkesan misterius. Bagaimanapun, kematian sudah menjadi subjek yang menarik perhatian dan tentu saja pembunuhan membuat kesan lebih. Karena misteri seputar cerita ini, lagu ini menjadi lebih mencolok daripada yang sudah ada.

Ketika mereka merilis album “The Greatest Hits” ada penjelasan bahwa itu adalah tentang seorang pemuda yang secara tidak sengaja membunuh seseorang dan menjual jiwanya kepada iblis. Namun, hingga hari ini masih ada spekulasi tentang latar belakang sebenarnya dari lagu ini. Yang mereka lakukan menjaga misteri tetap hidup dan dengan demikian memastikan bahwa lagu ini tetap menjadi subjek perhatian.

Karena itu penting untuk memastikan bahwa Anda menonjol dan mendapatkan perhatian, tetapi juga tetap menjaga perhatian itu.

 

Queen Menciptakan Lagu yang Revolusioner

 

Rhapsody Bohemian revolusioner dalam beberapa hal dan waktunya jauh di depan. Pertama-tama, teknik baru diterapkan untuk menempatkan beberapa suara satu sama lain dan dengan demikian meningkatkan suara. Bahkan, ada 180 rekaman ditempatkan satu sama lain untuk mencapai efek yang diinginkan (dari paduan suara). Queen menghabiskan lebih dari tiga minggu setiap harinya hingga 12 jam. Pada akhirnya lagu ini memang menghasilkan efek khusus dan karena ini lagu tersebut berbeda dari lagu lain.

Selain teknik suara, salah satu klip video promosi pertama kali dimasukkan untuk lagu ini. Hal ini, pada waktu itu adalah sesuatu yang baru, teknik pemasaran secara efektif digunakan, sehingga ketika band sedang tur lagu tersebut masih bisa muncul di Top of the Pops dari BBC.

Cara cerdas untuk menggunakan teknik pemasaran baru…

Dari sebuah Lagu hingga Berjaya di Oscar

oscar

Film Biopic Queen menggunakan judul dari lagu yang paling iconic sepanjang masa yaitu Bohemian Rhapsody. Film tersebut menceritakan tentang Queen yang sedikit menonjolkan kisah Freddie Mercury, vokalis mereka yang mempunyai suara unik dan kharismatik dengan gayanya yang khas. Yang mengejutkan adalah tahun ini secara eksplisit disebutkan bahwa semakin banyak generasi muda juga memilih Queen’s Bohemian Rhapsody. Penjelasan yang cukup simpel dari kami, kebanyakan generasi muda mengenal lagu tersebut dari orangtua mereka, dan lagu yang iconic tersebut terus di putar dan terus mendapatkan penghargaan setiap dekade. Brian May dan Roger Taylor tidak berhenti sampai disitu, mereka terus mengadakan konser dengan vokalis yang berbeda beda namun tanpa menghilangkan karakter Queen. Mereka tidak pernah mencari pengganti Freddie Mercury, untuk di gabungkan dalam band Queen. Setiap vokalis yang ikut serta dalam konser mereka tetap berada di luar Queen misal; Queen+Adam Lambert, Queen + Paul Rodgers, Queen Extravaganza, dsb. Sehingga mereka menjadi tetap berada di hati penggemarnya baik kalangan yang sudah berumur maupun kalangan anak muda.

Dengan suksesnya mereka membangun brand / merek ‘Queen’ film yang di luncurkan dengan menggunakan judul lagu yang paling iconic sebagai judul filmnya, membuat masyarakat menjadi bergairah kembali apalagi penggemar setia mereka. Dari penggemar setia, mereka mendapatkan penggemar baru katakanlah anak-anak atau saudara-saudara dari penggemar setia mereka yang notabene sudah cukup berumur sehingga lagu dan film tersebut menciptakan pengalaman yang luar biasa baik bagi penggemar lama dan penggemar baru mereka. Hal ini membuat film tersebut berhasil meraup kesuksesan dalam penghasilan di box office sehingga menjadi film biopic terbesar dan terbaik sepanjang sejarah, ini cukup membuat mereka berjaya di ajang piala Oscar 2019 atau Academy Awards yang ke 91. Tak cukup disitu film tersebut juga meraih penghargaan Golden Globe Awards, SAG Awards, dan masih banyak lagi.

 

Strategi Terbaik yaitu Hubungan Pelanggan yang Baik

 

Ini tentu saja akan menjadi situasi yang ideal untuk pemasaran. Membangun hubungan pelanggan yang begitu baik sehingga pelanggan Anda meneruskan cinta mereka kepada perusahaan Anda kepada anak-anak mereka. Pelajaran yang Anda dapatkan dari kisah ini memberi Anda contoh yang baik tentang bagaimana Anda bisa menjadi sukses sebagai perusahaan. Pastikan Anda menangkap perhatian publik dengan menjadi berbeda, lalu mendapatkan perhatian dan mempertahankan perhatian itu dengan memberi rasa penasaran. Pastikan Anda adalah pelopor dalam bidang inovasi dan menghasilkan ide-ide revolusioner, sehingga Anda semakin menonjol dengan strategi ini. Dengan memelihara grup dari target Anda dengan frekuensi yang intents dan berkualitas tinggi, Anda akan dapat tetap lebih baik di banding kompetitor. Dan tentu saja: jangan menyerah bahkan jika “perusahaan rekaman” Anda tidak mempercayainya.

Ingin tahu lebih banyak tentang strategi pemasaran baca artikel ini :

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Chat disini!
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".