Software Omnichannel Mampu Meningkatkan Penjualan Produk?

Banyaknya saluran pemasaran yang kini tersedia, semakin memperkaya strategi pemasaran yang dapat dilakukan pemilik bisnis sebagai bentuk pendekatan terhadap konsumen. Salah satu strategi yang digunakan yaitu dengan omnichannel untuk peningkatan penjualan produk. Salah satu yang bisa Anda terapkan untuk tingkatkan penjualan produk, yaitu dengan software omnichannel.

Strategi marketing omnichannel telah menjadi tren saat ini. Strategi yang memanfaatkan berbagai saluran serta konten visual dan pesan ini, tentu meningkatkan ROI pemasaran serta kepuasan pengalaman pelanggan.

Aktivitas bisnis saat ini tak lepas dari software omnichannel, di mana tim pemasaran dan pebisnis melakukan kampanye merek atau produk di berbagai platform dan saluran (channel). Menggunakan software omnichannel, berarti Anda mengumpulkan data pelanggan dari berbagai saluran yang mereka gunakan.

Seperti yang kita tahu, semakin majunya perkembangan teknologi, cara berbelanja konsumen pun ikut berubah. Pelanggan saat ini semakin cermat dalam membeli barang. Mereka bisa mencari tahu dengan detail mengenai suatu produk lewat berbagai platform.

Perilaku pelanggan ini jelas berpengaruh pada bisnis, khususnya bisnis online. Misalnya, konsumen bisa mengakses katalog produkmu melalui website toko online, kemudian melakukan pemesanan melalui berbagai media komunikasi maupun marketplace. Dengan adanya software omnichannel, membantu pemingkatan pelayanan pelanggan Anda menjadi lebih optimal.

Pengertian Omnichannel

Omnichannel merupakan sistem bisnis yang melibatkan beberapa channel penjualan yang saling berhubungan. Sistem ini bertujuan untuk meningkatkan pengalaman belanja pelanggan. Pengalaman belanjang yang meningkat berpengaruh pada pengingkatan penjualan produk perusahaan.

Selain itu, omnichannel menggabungkan saluran komunikasi di dalam satu platfrom sehingga pekerjaan lebih efisien. Oleh sebab itu, bisnis membutuhkan Omnichannel untuk menjawab kebutuhan ini demi menciptakan customer experience yang baik. Dengan adanya inovasi ini, Anda tidak perlu berpindah-pindah saluran dalam menghubungi pelanggan. Seluruh saluran akan menjadi satu dalan satu interface atau layar terpadu.

Baca juga: Gunakan CRM Omnichannel untuk Kembangkan Bisnis Anda

integrasi omnichannel

Manfaat Software Omnichannel untuk Penjualan Produk Anda

1. Penggunaan lebih dari 1 orang

Tiap perusahaan kebanyakan memiliki berbagai media atau e commerce. Banyaknya media penjualan tersebut seringkali membuat staf sales menjadi sulit menanggapi percakapan dengan pelanggan. Hal itu dapat terjadi jika perusahaan tidak menerapkan omnichannel dalam perusahaannya.

Di sisi lain, banyaknya pesan dari pelanggan yang ditangani staf sales Anda, memungkinkan riwayat percakapan terhapus. Tidak hanya itu, mencatat informasi kontak pelanggan secara manual akan banyak menyita waktu. Di samping itu, kemungkinan data hilang semakin besar.

Dengan menggunakan omnichannel, staf sales Anda mampu melihat seluruh informasi pelanggan. Jika ada pergantian staf sales pun, tidak perlu menyerahkan berbagai file dokumen informasi pelanggan. Seluruhnya sudah terdapat dalam omnichannel di sistem CRM. Penerapan omnichannel ini juga memungkinkan staf sales Anda menggunakan aplikasi secara bersamaan dalam satu halaman platfrom.

2. Melakukan percakapan dalam 1 platfrom

Tentu tidak mudah untuk membalas pesan di berbagai saluran komunikasi secara bersamaan. Risiko pesan pelanggan tidak terbaca pun semakin besar.

Tentu hal tersebut dapat berpengaruh buruk pada penjualan Anda. Pelanggan yang merasa chatnya lama dibalas membuat dirinya jenuh dan memesan di perusahaan lain. Namun, semua kitu dapat teratasi dengan penggunaan omnichannel.

Omnichannel dapat mengintegrasikan sleuruh saluran komunikasi Anda dalam satu platfrom. Mulai dari WhatsApp, Instagram, Telegram, Email, ataupun Facebook. Oleh sebab itu, staf sales Anda tidak perlu repot membuka banyak aplikasi. Hanya dalam 1 platfrom, mereka bisa melihat berbagai pesan masuk.

3. Meningkatkan engagement

Engagement adalah alat tolok ukur untuk melihat seberapa besar tingkat keterlibatan pelanggan atau calon pelanggan Anda terhadap akun media sosial bisnis online. Penggunaan omnichannel ini memudahkan Anda untuk menarik minat pelanggan ataupun calon pelanggan Anda. Meningkatnya engagement ini merupakan efek domino dari omnichannel.

Mengapa? Jika Anda menggunakan omnichannel, Anda mampu menganalisis kebutuhan pelanggan Anda. Dari hal tersebut, Anda mampu membuat konten yang sesuai dengan pangsa pasar. Konten yang sesuai itulah yang mampu menaikkan engagement perusahaan Anda. Sangat menguntungkan bukan?

4. Membuat konten yang relevan

Maksud dari relevan di sini, yaitu konten yang dibuat sesuai dengan kebutuhan pelanggan Anda. Misalnya, dalam omnichannel yang mampu mengintegrasi berbagai saluran komunikasi membantu staf Anda untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Dari rekaman percakapan, baik chat maupun telepon, staf Anda mampu menganalisis produk apa yang paling diminati.

Hal ini sangat menguntungkan Anda karena konten yang relevan tersebut meningkatkan persentasi keinginan pelanggan untuk membeli produk Anda. Hal itu karena konten yang Anda buat sesuai dengan kebutuhan mereka.

Baca juga: Apa Manfaat Omnichannel Marketing untuk Bisnis Anda?

5. Meningkatkan kepuasan pelanggan

Kepuasaan pelanggan menjadi hal penting. Dengan pelanggan yang puas, menaikkan potensi pemesanan ulang di perusahaan Anda. Tingkat kepercayaan pelanggan pun meningkat. Dengan penggunaan sistem Omnichannel ini, dapat membantu meningkatkan kepuasaan pelanggan.

Tentu Anda ingin perusahaan Anda perlu menjadi solusi kebutuhan pelanggan. Tiap pelanggan berharap pelayanan terbaik dari perusahaan. Pelanggan pun merasa senang pesuahaan Anda membantu mereka menemukan kebutuhannya. Otomatis, omzet penjualan Anda meningkat.

Tidak hanya itu, kepuasan pelanggan diraih karena staf Anda cepat merespons mereka. Respons kepada pelanggan menjadi salah satu hal yang diperhatikan tiap perusahaan. Perusahaan berlomba-lomba memuaskan pelanggannya. Oleh sebab itu, penggunaan sistem omnichannel ini mampu mewujudkan harapan pelanggan sekaligus meningkatkan penjualan produk Anda.

Dapatkan Manfaat Omnichannel untuk Menaikkan Penjualan Anda dengan Barantum!

Anda dapat menjalankan strategi bisnis Anda dengan maksimal memakai omnichannel. Kedekatan perusahaan dan pelanggan pun dapat terjalin dengan baik. Anda bisa mendapatkan omnichannel CRM terbaik dari omnichannel CRM Barantum. Barantum siap membantu Anda menjalankan strategi bisnis Anda dengan sistem CRM seperti CRM Omnichaneel terbaik.

integrasi omnichannel

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments