Tutorial Lengkap Membuat Quick Reply WhatsApp

Salah satu fitur WhatsApp yang dapat digunakan dalam proses komunikasi massal adalah quick reply. Dengan menggunakan quick reply, bisnis dapat menghemat waktu dan upaya dalam proses komunikasi massal dan meningkatkan efisiensi dalam mengelola pesan untuk pelanggan yang lebih luas.

Mengetahui pentingnya quick reply, kami akan membahas panduan praktis dalam membuat fitur ini. Sehingga Anda dapat mengoptimalkan proses komunikasi massal melalui WhatsApp dan mempercepat respons kepada pelanggan. Jadi, jangan lewatkan untuk baca artikel ini sampai habis, ya!

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

Apa Yang Dimaksud Quick Reply WhatsApp?

Quick reply di WhatsApp adalah fitur yang memungkinkan pelanggan Anda untuk merespons pesan dengan cepat dan mudah. Dengan menggunakan quick reply WhatsApp, pelanggan bisnis dapat memilih dari daftar tanggapan yang telah ditentukan sebelumnya dan mengirimnya hanya dengan satu sentuhan. Fitur ini sangat berguna ketika pelanggan ingin memberikan tanggapan singkat tanpa harus mengetik pesan secara manual.

Quick reply mempermudah interaksi pengguna dengan WhatsApp, terutama dalam situasi di mana mereka ingin merespons dengan cepat atau ketika mereka sedang sibuk. Dengan hanya beberapa ketukan, pengguna dapat mengirimkan tanggapan yang sudah dipersiapkan sebelumnya, seperti “Saya Tertarik” ataupun “Ingin Klaim Promo”. Fitur ini juga dapat digunakan untuk menghindari kesalahan pengetikan atau mempersingkat waktu dalam komunikasi sehari-hari. Sehingga memungkinkan pelanggan untuk menghemat waktu dan tetap terhubung dengan cepat dan efisien.

Bagaimana Cara Membuat Quick Reply WhatsApp?

Untuk dapat membuat dan menggunakan quick reply WhatsApp, Anda perlu melakukan upgrade dari WhatsApp Business biasa menjadi WhatsApp Business API. Dalam mendapatkan WhatsApp Business API ini, Anda hanya bisa memperolehnya dengan bekerja sama pada BSP atau Mitra Resmi WhatsApp tepercaya, seperti Barantum. Cara mendapatkan dan menggunakan WhatsApp Business API bisa Anda simak pada artikel berikut -> WhatsApp Business API: Pengertian, Manfaat dan Fiturnya.

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

Penggunaan fitur quick reply ini bisa Anda dapatkan saat membuat template WhatsApp Blast di mana penjelasan membuat template WhatsApp tersebut bisa disimak pada artikel ini -> Cara Mudah Membuat Template WhatsApp Blast API.

Berikut cara membuat quick reply WhatsApp, yaitu:

1. Bekerja Sama Dengan BSP Resmi WhatsApp, Barantum

Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di Indonesia - cara membuat quick reply WhatsApp

Langkah awal untuk Anda membuat quick reply WhatsApp, yaitu memilih penyedia atau BSP WhatsApp resmi. Hal ini penting diperhatikan untuk menjamin keamanan data perusahaan Anda. Selain itu, pilihlah BSP resmi yang telah dipercaya oleh ribuan pengguna seperti Barantum, untuk mendapatkan WhatsApp Business API. Sebaiknya, Anda tidak terperdaya dengan penawaran harga yang murah karena selain harga, hal yang perlu Anda pertimbangkan, yaitu bagaimana cara vendor memberikan pelayanan kepada Anda.

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

2. Buat Nama dan Pilih Kategori Template WhatsApp

cara membuat quick reply WhatsApp

Setelah Anda memilih BSP resmi WhatsApp, Barantum, selanjutnya lakukan login ke BarantumChat dan mulai membuat template WhatsApp Blast. Pada tahap ini, Anda perlu membuat nama template untuk mempermudah Anda mencari template tersebut di kemudian hari.

Selain itu, dalam pengajuan template WhatsApp, per 1 April 2023 lalu, Meta memberlakukan kategori template baru. Kategori tersebut, yaitu utility, authentication, dan marketing conversation. Penjelasan mengenai kategori template pesan WA blast terbaru ini, bisa Anda simak di artikel berikut -> Catat! Perubahan Kategori Pada Template WhastApp Terbaru April 2023.

3. Buat Isi Template Pesan

cara membuat quick reply WhatsApp Tahap selanjutnya,  tulis isi pesan WhatsApp yang diinginkan. Mulai dari header yang dapat berupa teks, gambar, video, maupun dokumen. Lalu, mengisi body (isi pesan) dan footer (optional) jika diperlukan.

4. Tambahkan Button Quick Reply WhatsApp

cara buat quick reply

Langkah terakhir, kini Anda bisa menambahkan tombol quick reply di WhatsApp. Anda bisa mengisi quick reply yang relevan dengan konteks isi template yang sudah dibuat. Pastikan teks quick reply tersebut benar-benar yang dibutuhkan karena Anda hanya dapat membuat maksimal tiga teks quick reply per satu template.

Jika Anda sudah selesai membuat quick reply WhatsApp, maka pilih dan klik Save dan tunggu sampai template pesan WhatsApp Blast yang dibuat disetujui oleh Meta.

Apa Manfaat Penggunaan Quick Reply WhatsApp?

Adapun manfaat penggunaan quick reply WhatsApp, yaitu:

  • Efisiensi waktu: Pertama, dengan menggunakan quick reply, pelanggan dapat dengan cepat membalas pesan yang sering ditanyakan atau membutuhkan jawaban yang sama. Sehingga tidak perlu mengetik ulang jawaban yang sama berulang-ulang. Ini menghemat waktu dan energi Anda.
  • Permudah menanggapi respons pelanggan: Manfaat lainnya, Anda bisa mengatur kata kunci untuk blast pesan otomatis, seperti pada fitur chatbot saat pelanggan merespons teks quick reply WhatsApp yang telah dibuat. Sehingga pelanggan bisa mendapatkan respons yang lebih cepat.
  • Mudah analisis minat pelanggan: Dengan fitur quick reply, Anda bisa menganalisis seberapa banyak pelanggan yang merespons WhatsApp Blast yang telah dikirimkan. Sehingga mempercepat evaluasi dan mengambil tindakan yang dibutuhkan.

Buat Quick Reply WhatsApp Terbaik Anda Sekarang!

Sebagai Mitra Resmi WhatsApp di Indonesia, Barantum dapat membantu bisnis Anda untuk mendapatkan WhatsApp Business API. Selain aman dan tepercaya, tim Barantum siap membantu dan memberikan layanan support terbaik untuk Anda. Dengan mendaftar di Barantum, Anda juga bisa menggunakan fitur WhatsApp Business API lainnya seperti Centang Hijau (Verified Badge) Chatbot, Alokasi Chat per Agent dan masih banyak lagi.

Dapatkan Sekarang!


Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".