INDUSTRI RETAIL & OPTIMALISASI WHATSAPP BUSINESS API DALAM MENINGKATKAN CUSTOMER EXPERIENCE

 

Meskipun sempat terkena dampak negatif dari pandemi covid tahun 2019/2020. Nyatanya industri retail masih tetap mampu untuk  berdiri dan memberikan kontribusinya bagi perkembangan bisnis di Indonesia. Kini memasuki   tahun 2021 dan mendekati bulan  Ramadhan dan Lebaran, pihak APRINDO selaku asosiasinya para pengusaha retail yakin  pertumbuhannya  bisa mencapai 4,5-5%.

 

Apa yang  di utarakan oleh Ketua Umum APRINDO Roy N Mandey bahwa prediksinya indutri retail di tahun 2021 bisa mencapai 4,5-5%  memang bukan sekadar statement. Setidaknya ada beberapa hal yang mendasari kondisi tersebut, seperti misalnya : (1) Sudah masuknya vaksin covid19 dan sudah tersosialisasi kepada masyarakat umum  (2) Masyarakat sudah mulai merasa nyaman untuk bisa melakukan beragam aktivitas  bisnis, salah satunya berkunjung ke Mall. Tentunya dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Sebenarnya selain  beberapa dasar diatas, ada satu hal yang memberikan kontribusi kepada pada akhirnya industri retail di tanah air sudah mulai  menggeliat lagi. Satu hal yang mungkin bisa menjadi dasarnya adalah mulai aktifnya masyarakat dalam memanfaatkan aplikasi komunikasi berbasis  teknologi seperti Whatsapp Business.

Karena sejak Indonesia memasuki Era Industri 4.0 dan mulai berlakunya Era New Normal pasca pandemi covid. Memang aplikasi komunikasi menjadi salah satu media yang begitu mendukung pergerakan bisnis semua sektor industri. Seperti juga di sektor industri retail. Saat ini dengan berkembangnya fitur-fitur  yang ada dalam Whatsapp Business API membuat sektor industri retai juga merasakan dampak positifnya.

Setidaknya ada beberapa hal yang menyebabkan saat  ini  industri retail merasa kehadiran Whatsapp Business API bisa membantu dalam  kelancaran bisnis di sektor retail.  Memang belum secara secara maksimal Whatsapp Business API meningkatkan performance bisnis retail. Namun yang pasti dengan dukungan Whatsapp Business API sudah bisa meningkatkan customer experience dari customer  yang ada di bisnis retail.

 

5 DUKUNGAN WHATSAPP BUSINESS API UNTUK MENINGKATKAN CUSTOMER EXPERIENCE DI  BISNIS RETAIL.

 

Baca juga artikel berikut : BISNIS MARKETPLACE MAKIN LANCAR DENGAN APLIKASI WHATSAPP BUSINESS API

Sebagai sebuah aplikasi yang bisa mendukung kelancaran bisnis retail, setidaknya ada  5 hal yang membuat saat ini Whatsapp Business API cukup populer.  Seperti juga yang biasa di gunakan untuk bisnis retail dalam menunjang terciptanya customer experience yang semakin baik.

Berikut kami coba sampaikan bagaimana sebuah aplikasi Whatsapp Business API bisa meningkatkan kualitas customer experience, khususnya dalam industri retail yang ada di Indonesia: (1) WA Business bisa menciptakan sebuah sistem yang bisa membantu dalam pengelolaan customer service. Dengan keunggulan beberapa fiturnya maka aplikasi ini efektif di gunakan untuk industri retail. (2) WA Business bisa menjadi media untuk penanganan segala hal yang berhubungan keluhan, service, hingga melakukan followup komunikasi bisnis dengan customer. Hal itu bisa di lakukan oleh perusahaan hanya dengan menggunakan satu nomor Whatsapp  Business saja sehingga bisa lebih efektif dan efisien. (3) WA Business sebagai sebuah aplikasi bisnis  yang fokus dalam sistem percakapan pada akhirnya  bisa dengan mudah di integrasikan dengan sistem CRM ( customer relationship management). Sehingga semua hal yang berhubungan dengan customer jadi lebih mudah (4) Whatsapp Business bisa melakukan beberapa hal yang berhubungan langsung dengan proses transaksi dengan customer seperti : melakukan update terkait proses pembayaran, melakukan kontrol terhadap proses pengiriman dan pengembalian produk jika terdapat suatu masalah. (5) Whatsapp Business bisa di jadikan sebuah media untuk meningkatkan kualitas loyalitas customer.  Sehingga perusahaan bisa mengelola kondisi customer dari mulai regular customer  hingga menjadi loyal customer.

 

KOLABORASI BISNIS BARANTUM DENGAN MANAJEMEN WHATSAPP, SARANA UNTUK MENUNJANG KELANCARAN BISNIS PELAKU INDUSTRI DI INDONESIA.

Saat ini bisa di katakan, tidak ada  sebuah bisnis yang akan mampu berjalan sendiri. Kesemuanya mesti melakukan kolaborasi guna meningkatkan kualitas bisnis yang mereka jalankan. Itulah dasar yang pada akhirnya membuat Barantum  dengan Manajemen Whatsapp sepakat untuk melakukan kolaborasi bisnis. Jika pada akhirnya terbentuk Whatsapp Official Partner Indonesia itu adalah bukti bahwa keduanya sepakat untuk bersama-sama meningkatkan kualitas pelaku bisnis yang ada di Indonesia.

Hal  itu karena kedua aplikasi tersebut akan semakin memberikan tidak saja  : Kemudahan dalam menjalankan aplikasinya ( Whatsapp CRM dan Whatsapp Ticketing). Tetapi juga integrasi ini akan makin meningkatkan kualitas layanan atau fitur yang ada di keduanya.  Jika Whatsapp unggul dalam aplikasi komunikasi berbasis teks, photo dan suara. Maka Barantum  CRM yang fokus dalam aplikasi untuk memaintenance customer akan semakin menguatkan  fitur dari Whatsapp Business itu sendiri. Sehingga bagi pelaku bisnis  yang menggunakan aplikasi integrasi Whatsapp CRM dan Whatsapp Tiecketing jelas akan mendapatkan begitu banyak keuntungan.

Setidaknya dari beberapa keunggulan yang bisa di berikan oleh Whatsapp CRM, selain untuk meningkatkan kualitas komunikasi bisnis antara perusahaan dengan customer  baik  customer baru ataupun lama. Juga keunggulan lainnya adalah kemampuan Whatsapp CRM dan Whatsapp Ticketing untuk meningkatkan performance customer dari regular menjadi loyal customer.  Seperti apa  yang coba kami tampilkan berikut ini

  1. Whatsapp Business API : Dapat Meningkatkan Performance dari  Manajemen  Sales & Marketing ( karena customer lama dan baru menjadi mudah  untuk di maintenance . Sehingga konsep bisnis berdasarkan Customer Based Oriented bisa di jalankan )
  2. Whatsapp Business  API  : Dapat Meningkatkan  Produktivitas Bisnis (karena integrasi antara CRM & Whatsapp Business API, bisa menjangkau semua divisi yang ada di dalam perusahaan)
  3. Whatsapp Business API   : Dapat Meningkatkan dan Mengubah Kualitas Customer ( Pada saat terintegrasinya CRM dengan Whatsapp Business API, maka perusahaan bisa meningkatkan kualitas customer menjadi Loyal Customer ).

 

 

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".