Penerapan Sales Tracking System Yang Memudahkan Bisnis Anda

Sales tracking system dapat mengelola dan menyimpan seluruh informasi tentang prospek dan pelanggan secara menyeluruh dan mampu memantau kinerja tiap tim sales dengan mudah.

Tidak semua perusahaan hanya memiliki pekerja yang selalu di kantor. Banyak perusahaan yang mempekerjakan staf untuk terjun langsung ke pelanggan atau tim lapangan. Dengan cara terjun langsung ke pelanggan, tim pelanggan dapat mengetahui secara visual bagaimana ketertarikan pelanggannya. Tim lapangan pun dapat mensurvei wilayah potensial perusahaan Anda.

Saat terjun ke lapangan, adakalanya sales sering mengalami kesulitan dalam melaporkan hasil prospek maupun laporan secara manual membuat review data yang dilaporkan menjadi lama sehingga waktu yang diperlukan tidak efisien. Dengan penggunaan sales tracking system, kendala tersebut dapat teratasi dengan mudah.

Aplikasi sales tracking system memuat keseluruhan proses produksi perusahaan. Laporan tersimpan mulai dari data pelanggan yang akan diproses, sedang proses, dan yang sudah selesai diproses. Agar lebih memahami tentang sales tracking system, mari simak penjelasan di bawah ini.

Apa itu Sales Tracking System?

Sales tracking system merupakan sebuah sistem yang mendata keseluruhan interaksi dengan calon pelanggan, mulai dari touchpoint awal seperti chat dan panggilan telepon, tahap calon pelanggan melewati sales funnel, sampai menjadi pelanggan.

Penggunaan sales tracking system ini memudahkan Anda untuk memahami efektivitas bisnis funnel hingga memperoleh gambaran visual mengenai proses calon pelanggan dengan bisnis Anda berdasarkan data sales yang terinput.

Monitor Aktivitas Tim Lapangan Secara Real Time dengan CRM

Jika Anda masih bertanya-tanya bagaimana bisa melihat aktivitas tim lapangan Anda dengan CRM. Apalagi jika jarak tim lapangan dan perusahaan Anda sangat jauh.

Berikut hal-hal yang dapat Anda peroleh dari penggunaan CRM untuk perusahaan Anda terkait tim lapangan.

1. CRM permudah operasional tim lapangan

Tim lapangan Anda tidak perlu repot membawa berkas dokumen yang banyak dan tebal. Dengan CRM, efektivitas waktu tim lapangan Anda dalam bekerja pun meningkat. Mereka tidak perlu melaporkan dengan langsung datang ke kantor saat itu juga karena data sudah terupdate dalam CRM.

Laporan yang masih menggunakan cara manual, membuat proses penyimpanan dokumen membutuhkan waktu lama dan berkas dokumen akan menumpuk. Hal itu karena sales membuat dokumen laporan di kertas tiap selesai prospek calon pelanggan. Jika dalam satu perusahaan memiliki banyak tim sales, tentu membuat sales dan tim marketing kesulitan untuk mencari data dengan cepat.

2. CRM mampu memantau aktivitas tim lapangan

sales tracking system

Tim lapangan Anda tidak perlu memakan waktu ke kantor untuk absensi masuk dan pulang. Menghubungi tiap sales dan menanyakan sedang berada di wilayah mana pastinya memakan waktu yang lama, terlebih jika dalam perusahaan memiliki banyak sales yang terjun langsung ke lapangan.

Dengan menggunakan sales tracking system, sales dapat langsung meng-update lokasi terkini yang langsung terinput ke sistem sehingga sales leader dapat mengetahui data dan lokasi real time tiap anggota timnya sehingga pekerjaan lebih efisien.

Anda tidak perlu khawatir ada tim lapangan yang tidak datang sesuai dengan lokasi karena CRM, seperti CRM Barantum, merupakan sistem yang anti GPS palsu. Dengan demikian, tidak ada staf yang dapat memanipulasi lokasi keberadaan mereka selama jam kerja.

3. Laporan aktivitas di CRM akurat dan real time

untung penerapan CRM

Sales system tracking dapat menunjukkan performa bisnis Anda secara real time. Aplikasi sales tracking system mendata seluruh penurunan dan peningkatan penjualan. Jadi, sales manajer dapat mengevaluasi strategi penjualan berikutnya.

CRM dapat mengakses semua data visualisasi transaksi dan aktivitas tim dengan cepat dan mudah dalam satu halaman. Segala aktivitas tim lapangan dapat terinput dengan rapi. Terlebih tim lapangan tidak hanya datang ke suatu lokasi.

4. CRM mempermudah melihat pesebaran lokasi pelanggan

Seperti yang diketahui, dengan live GPS tracking, tiap pergerakan tim lapangan Anda bisa terlihat selama jam kerja.

Selain itu, tiap data pelanggan yang masuk akan disesuaikan dengan lokasi pelanggan. Hal itu memungkinkan Anda untuk menganalisis pesebaran pelanggan Anda di seluruh Indonesia.

Melalui CRM, Anda dapat melihat pesebaran data pelanggan Anda hanya dengan satu halaman maps saja. Tentu hal itu sangat menguntungkan perusahaan Anda.

Anda dapat mengetahui lokasi mana saja yang potensial memiliki banyak pelanggan.

5. Informasi data lengkap dan penyesuaian kebutuhan pelanggan

CRM customer service

Adanya sales tracking system yang menginput data pelanggan secara real time, berpengaruh pada cepatnya pelayanan lanjutan untuk menghubungi pelanggan tersebut. Pasalnya, jika terlalu lama menghubungi pelanggan maka kemungkinan pelanggan membatalkan order lebih besar karena pelanggan merasa jenuh.

Dengan adanya sales tracking system, data pelanggan yang terinput dapat segera ditindaklanjuti sehingga akan memberikan kesan positif dan kenyamanan pelanggan. Di sisi lain, CRM mampu menyajikan informasi pelanggan dan dapat dianalisa kebutuhan mereka. Aktivitas dan riwayat penjualan terhadap pelanggan pun tercatan dengan rapi.

Tim lapangan menjadi lebih mudah mencari data pelanggan yang dibutuhkan di suatu lokasi. Jika suatu saat tertentu mereka membutuhkan informasi tentang pelanggan, maka tim lapangan dengan mudah mencarinya.

Tentunya penyesuaian kebutubuhan pelanggan ini mampu meningkatkan penjualan perusahaan. Tim lapangan dapat menawarakan jasa atau produk sesuai keinginanan pelanggan. Pelanggan yang merasa mendapatkan solusi dari kebutuhan mereka, lebih tinggi potensinya untuk membeli atau melakukan kerja sama dengan perusahaan Anda.

CRM terbaik

6. Mampu disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda

Dari banyaknya CRM yang ada, pilihlah CRM yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. CRM yang mudah diaplikasikan, seperti CRM Barantum, menjadi solusi tepat bagi permasalahan tim lapangan Anda.

Monitor Kinerja dan Lokasi Sales Anda dengan Aplikasi Barantum

CRM Barantum adalah pilihan tepat bagi Anda untuk mengembangkan bisnis Anda serta menjaga kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi. Mari lihat fitur-fitur pada CRM Barantum dalam mengefesienkan komunikasi dengan pelanggan, termasuk memonitor lokasi dan kinerja sales Anda.

Barantum Chat Omnichannel

chat barantum omnichannel

Berkomunikasi dengan pelanggan dari platform yang mereka sukai, mulai dari WhatsApp, Facebook, Instagram, Line, dan Telegram. Semuanya ditampilkan dalam satu layar terpadu, membuat komnukasi Anda lebih efektif dan hemat waktu. Anda juga dapat membuat pesan kampanye produk atau layanan Anda di sini.

Tampilan 360 derajat dan laporan analisis

Menyajikan data lengkap, seperti: memantau dan mengelola aktivitas penjualan, visualisasi sales pipeline yang berfungsi untuk melacak proses bisnis dan kesepakatan yang sedang berlangsung, pelaporan dan analisis untuk menyajikan wawasan (insights) untuk menentukan strategi dan keputusan terbaik.

Memantau performa tim dalam satu dashboard

Menampilkan pencapaian kerja tim dan data konsumen dalam satu halaman sehingga memudahkan Anda untuk memantau performa tiap karyawan.

Manajemen tugas lacak KPI

Memiliki fitur pelacakan KPI dan pengelolaan tugas yang dapat dikostumisasi secara penuh, sehingga para penggunanya dapat menciptakan KPI tertentu yang ingin mereka pantau sesuai kebutuhannya.

Integrasi dengan WhatsApp dan Customer Service

Fitur yang satu ini menghubungkan dengan salah satu divisi paling penting pada sebuah bisnis, yaitu customer service. Selain itu, fitur ini bertindak sebagai Omnichannel Chat, yaitu terhubung dengan WhatsApp. Fitur ini membuat Aplikasi Omnichannel CRM ini disebut juga sebagai Omnichannel Customer Service Solutions. Bahkan Anda juga dapat menggunakan Chatbot untuk membantu melayani pelanggan dengan mudah.

GPS tracking

Memiliki fitur Live GPS yang dapat melacak lokasi walaupun secara offline sekalipun pada waktu yang sebenarnya.  

Mobile app

Memiliki fitur yang mampu dijalankan secara mobile. Hal ini sangat menguntungkan bagi staf lapangan karena aplikasi dapat diakses dimanapun mereka berada. Tim lapangan dapat membuat laporan aktivitas mereka secara real-time dan Anda dapat mengaksesnya di tempat yang berbeda.

Apa itu Barantum Omnichannel?

Omnichannel secara umum adalah platform bisnis yang sedang menjadi tren di kalangan bisnis peritel online maupun offline. Sebab, semua aktivitas bisnis, mulai dari back office, order hingga warehousing, bisa diurus hanya dengan melalui satu dashboard saja. Barantum Omnichannel adalah  sebuah platform bisnis yang menggabungkan seluruh saluran komunikasi terhadap pelanggan, baik secara online maupun offline dalam satu interface secara real-time.

Dengan Barantum Omnichannel, pelanggan dapat berinteraksi dan berbisnis secara langsung melalui obrolan langsung maupun melalui media sosial, telepon, email dan cara lainnya baik itu offline maupun online dimana mereka dapat terhubung dengan Anda. Omni channel membentuk pelanggan agar terlibat dalam customer experience untuk transaksi bisnis mereka.

Buktikan kecerdasan Barantum Omnichannel dalam mengelola bisnis dan layanan pelanggan sekarang dan dapatkan uji coba GRATIS selama 7 hari DI SINI!

CRM terbaik

Rekomendasi Artikel

  1. Intip Alasan Mengapa Tim Sales Membutuhkan CRM Mobile
  2. Integrasi Barantum CRM, Komunikasi dengan Pelanggan Semakin Mudah
  3. Cara Monitor Kinerja dan Pencapaian Tim Customer Service Dengan Mudah
  4. CRM Omnichannel: Pengertian dan Keunggulannya
  5. Bantu Ringankan Beban Sales Manajer dengan Aplikasi Sales Tracking System
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Daftar Sekarang