Tentang Pelanggan Yang Wajib Anda Ketahui

Pelanggan adalah salah satu aset penting yang harus dijaga saat Anda menjalani bisnis. Mengapa? Karena pelangganlah yang akan menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan bisnis Anda. Jika pelanggan terus berdatangan dan meningkat dari waktu ke waktu, berarti bisnis Anda berhasil.

Coba bayangkan bagaimana bisnis Anda tanpa pelanggan? Atau hanya segelintir pelanggan yang menggunakan produk atau jasa Anda? Perlahan tapi pasti, bisnis Anda akan mengalami kebangkrutan.

Oleh sebab itu, untuk mencegah hal tersebut terjadi, Anda sebagai pebisnis ataupun Anda yang bekerja dalam sebuah perusahaan/bisnis wajib mengetahui jenis dan karakteristik pelanggan Anda.

Dalam pembahasan kali ini, kita akan membahas berbagai hal tentang pelanggan. Sebaiknya, Anda menyimak artikel ini sampai habis agar mendapatkan secara utuh informasi yang diberikan. Untuk kesuksesan bisnis Anda.

Baracantum - Software CRM Untuk Customer Database Management Terbaik

Apa itu Pelanggan?

Pelanggan atau customer adalah seseorang atau individu baik dari organisasi, kelompok, atau instansi tertentu yang membeli, mencoba ataupun menggunakan produk/layanan bisnis Anda. Memiliki pelanggan sebanyak-banyaknya merupakan tujuan dari setiap bisnis untuk meningkatkan pendapatannya.

Pelanggan merupakan pusat dan tujuan dari sebuah bisnis. Semua bisnis pasti berlomba-lomba untuk mendapatkan pelanggan sebanyak-banyaknya, memberikan pelayanan sebaiknya-baiknya dan memberikan apapun yang bisa mereka bisnis untuk mendapatkan hati pelanggan demi uang yang akan pelanggan keluarkan untuk produk/layanan dari bisnis itu sendiri.

Apa Perbedaan Pelanggan dan Klien?

Pelanggan atau customer mengacu pada seseorang yang membeli suatu produk, sedangkan klien (client) mengacu pada seseorang yang membeli suatu jasa atau layanan profesional. Contoh: Anda menjadi seorang pelanggan dari toko bangunan ketika membeli kebutuhan bangunan di toko bangunan, dan Anda menjadi seorang klien dari perusahaan kontraktor ketika Anda menggunakan konsultan atau kontraktor untuk membangun rumah Anda.

Meskipun demikian, baik pelanggan maupun klien adalah hal yang perlu sama-sama diperhatikan tingkat pelayanan dan kenyamanannya. Dengan membuat pelanggan puas terhadap pelayanan dan produk/jasa bisnis Anda. Semakin besar pula peluang mereka untuk melakukan pemesanan ulang dan menjadi pelanggan setia Anda.

Apa Saja Jenis-Jenis Pelanggan Dalam Bisnis?

Berikut ini jenis-jenis pelanggan dalam bisnis yang perlu Anda ketahui, yaitu:

1. Pelanggan Internal

Pelanggan internal merupakan orang yang membeli dan menggunakan produk/jasa bisnis yang masih berada dalam lingkup bisnis Anda dan menjual kembali kepada orang lain. Misalnya agen atau instansi/organisasi yang telah melakukan kerja sama untuk menjual kembali produk/jasa Anda.

Sehingga secara tidak langsung pelanggan internal ini termasuk ke dalam bagian perusahaan. Mereka tidak menggunakan produk/jasa untuk dirinya sendiri. Melainkan menjualnya kepada orang lain.

Pelanggan internal membutuhkan dukungan, baik secara sistem maupun struktur kerja untuk mengoptimalkan mendapatkan pelanggan sebanyak mungkin. Dengan begitu, saat agen atau instansi mendapatkan pemesanan yang banyak dari produk Anda. Bisnis Anda pun secara langsung mendapatkan keuntungan dari banyaknya penjualan yang dilakukan.

Dalam menjaga kepuasan pelanggan internal, sebaiknya Anda memperhatikan bagaimana sistem dan cara kerja bisnis Anda untuk membantu mempermudah penjualan agen ataupun distributor bisnis Anda.

2. Pelanggan Eksternal

Pelanggan eksternal adalah seseorang yang membeli dan menggunakan produk/jasa untuk dirinya sendiri. Hal ini berbanding terbalik dengan pelanggan eksternal yang menggunakan produk/jasa untuk dijualnya kembali pada orang lain.

Oleh sebab itu, menjaga kepuasan pelanggan eksternal pun memiliki sedikit perbedaan dengan pelanggan internal. Untuk memberikan kepuasan pelanggan eksternal, bisnis Anda perlu memahami kebutuhan dan keinginan mereka. Sehingga bisnis Anda yang mampu menjawab kebutuhan pelanggan.

Memahami kebutuhan pelanggan tidaklah mudah. Anda perlu memperhatikan perilaku pelanggan Anda. Namun, kini Anda bisa menyimpan riwayat aktivitas pelanggan Anda menggunakan sistem CRM, seperti Barantum. Dengan begitu, bisnis bisa melakukan promosi sesuai dengan kebutuhan pelanggan Anda.

3. Pelanggan Antara (Perantara)

Pelanggan antara adalah seseorang atau sekelompok individu yang tidak menggunakan produk/jasa bisnis seperti pelanggan internal, namun tidak berasal dari lingkup perusahaan.

Sehingga pelanggan antara memang bukan menjadi pelanggan akhir yang menggunakan produk, melainkan membantu mendistribusi produk bisnis Anda. Akan tetapi, berasal dari luar lingkup perusahaan. Misalnya, reseller ataupun pedagang.

Mengapa Penting Mengetahui Jenis-Jenis Pelanggan?

Mengetahui jenis-jenis pelanggan penting agar Anda bisa menyesuaikan cara pelayanan yang tepat kepada mereka. Dengan seiringnya waktu, kompetitor bisnis Anda pun akan semakin banyak. Perebutan pelanggan pun akan semakin ketat lagi.

Oleh sebab itu, memberikan kenyamanan pelanggan perlu Anda lakukan sedini mungkin untuk meningkatkan potensi mendapatkan pelanggan lebih besar lagi. Karena saat pelanggan Anda merasa puas, mereka baik secara langsung ataupun tidak akan menarik pelanggan baru lainnya untuk menggunakan produk/jasa bisnis Anda.

Baracantum - Software CRM Untuk Customer Database Management Terbaik

Apa Saja Karakteristik Pelanggan?

Selain terbagi menjadi tiga jenis pelanggan. Tiap pelanggan pun memiliki karakteristiknya masing-masing. Terdapat enam karakteristik pelanggan, yaitu pelanggan baru, potensial, impulsif, hemat, loyalitas dan pelanggan yang berkembang.

Berikut masing-masing penjelasan karakteristik pelanggan.

1. Pelanggan Baru

Pelanggan baru adalah orang yang baru memulai untuk mencoba gunakan produk/layanan bisnis Anda. Pelanggan baru bisa didapatkan berdasarkan rekomendasi pelanggan bisnis ataupun bisnis Anda mendapatkan pelanggan baru sendiri.

Umumnya, karakter pelanggan baru ini mengajukan berbagai macam pertanyaan mendetail terkait produk. Baik manfaat produk hingga cara penggunaannya. Maka tidak jarang saat berhadapan dengan pelanggan baru, mereka akan mengajukan pertanyaan mendetail. Dan, di sinilah peran staf Anda untuk menjelaskan produk sehingga mereka mau membeli produk Anda.

2. Pelanggan Potensial

Pelanggan potensial adalah orang yang memiliki kemungkinan besar untuk menggunakan produk atau jasa Anda karena mereka memiliki ketertarikan pada bisnis Anda. Sebaiknya, saat menjelaskan tentang produk dan jasa bisnis, Anda tidak terlihat ragu. Jelaskanlah keunggulan produk Anda agar mereka lebih tertarik menggunakan produk/jasa bisnis. Hal ini karena pelanggan potensial berpotensi menjadi pelanggan loyalitas.

3. Pelanggan Impulsif

Pelanggan impulsif adalah orang yang secara mendadak atau spontan membeli produk atau menggunakan jasa bisnis Anda. Dibandingkan karakteristik lainnya, pelanggan impulsif lebih mudah untuk meyakinkan mereka. Bahkan, Anda tidak perlu menggunakan kalimat persuasif atau ajakan untuk membeli secara berlebihan. Karena mereka cenderung cepat membeli produk yang mereka inginkan.

4. Pelanggan Hemat

Pelanggan hemat adalah pelanggan yang menyukai promosi yang sedang berlangsung. Misalnya, terdapat diskon, cashback, potongan harga, buy 1 get 1, ataupun promo lainnya. Karakteristik pelanggan hemat cenderung hanya menggunakan produk atau jasa saat terdapat promo saja. Jika tidak, mereka baru akan menggunakan saat benar-benar membutuhkannya.

5. Pelanggan Loyalitas

Pelanggan loyalitas adalah orang yang cenderung menggunakan produk atau jasa hanya pada satu brand secara terus-menerus. Artinya, mereka tidak mudah digoyahkan untuk berpaling pada kompetitor lain. Pelanggan jenis ini merupakan salah satu karakteristik yang perlu dijaga dan diperbanyak oleh bisnis. Semakin banyak pelanggan loyalitas, semakin cepat perkembangan bisnis Anda.

6. Pelanggan Yang Berkembang

Pelanggan yang berkembang hampir sama seperti pelanggan loyalitas. Pelanggan yang berkembang adalah orang yang menggunakan produk atau jasa bisnis Anda secara berkelanjutan dan menawarkannya juga kepada orang lain. Sehingga tanpa diminta, mereka merekomendasikan bisnis Anda kepada orang-orang terdekatnya. Dengan begitu, semakin banyak potensi pelanggan Anda.

Permudah Manajemen Pelanggan Anda Dengan Menggunakan Sistem CRM

Baracantum - Software CRM Untuk Customer Database Management Terbaik

Kini sekarang Anda sudah tahu berbagai jenis dan karakteristik pelanggan bisnis. Tentu Anda pun menyadari bahwa tiap orang memiliki karakter yang berbeda-beda. Sehingga terbentuklah berbagai jenis dan karakteristik pelanggan Anda. Namun, Anda tidak hanya perlu mengetahui hal tersebut. Karena kenyamanan dan pelayanan pelanggan pun turut perlu Anda perhatikan.

Untuk mendukung hal tersebut, Anda bisa menggunakan aplikasi Barantum. Barantum merupakan aplikasi manajemen hubungan pelanggan (CRM) berbasis cloud yang bisa memudahkan Anda untuk manajemen database pelanggan bisnis Anda sehingga database pelanggan Anda dapat tersusun rapi dan mudah digunakan ketika dibutuhkan, melihat semua riwayat aktivitas penjualan dan memonitor kinerja tim Anda secara bersamaan dan realtime.

Terdapat juga fitur Omnichannel yaitu teknologi yang mengintegrasikan dan menghubungkan berbagai platform ke dalam 1 dashboard. Sehingga dapat memudahkan Anda untuk terhubung dengan pelanggan Anda dari channel atau saluran manapun seperti WhatsApp, Facebook, Instagram, Line, dan Telegram dan banyak lagi.

Daftar Untuk Uji Coba Gratis!



Baracantum - Software CRM Untuk Customer Database Management Terbaik

Rekomendasi Artikel

  1. Apa itu Customer Service? Pengertian, Tugas dan Jenisnya
  2. Contact Center: Apa itu & Perbedaannya Dengan Call Center
  3. Jenis Customer Service Yang Perlu Diketahui Oleh Bisnis
  4. Customer Support: Pengertian, Tugas dan Manfaatnya
  5. Simak Alasan Call Center Perlu Diintegrasikan ke CRM

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Daftar Sekarang