Apa itu broadcast WhatsApp?

Para pemilik bisnis memanfaatkan fitur ini untuk meningkatkan penjualan mereka dengan membangun komunikasi yang efektif dengan pelanggan. Broadcast WhatsApp merupakan pesan yang dikirimkan secara massal ke banyak nomor sekaligus. Dengan fitur ini, Anda hanya membuat satu pesan lalu mengirimkannya ke banyak nomor tujuan. Kemudahan ini menarik minat para pebisnis untuk memaksimalkan penjualan mereka. Cara ini efektif, karena menghemat waktu Anda dalam memberikan sebuah informasi, tanpa mengirimkannya satu per satu ke masing-masing nomor tujuan.

Mengapa broadcast WhatsApp penting bagi bisnis?

Alasan para pebisnis menggunakan fitur ini bukan hanya karena menghemat waktu nmereka saja. Fitur ini memberikan berbagai kelebihan dan manfaat untuk kelancaran bisnis, seperti:

1. Lebih murah, lebih mudah, serta menghemat tenaga

Ketika Bot WhatsApp mengirimkan pesan, akan muncul  notifikasi di aplikasi pelanggan. Ini masih sama seperti pesan pada umumnya. Dengan begitu, mereka dapat dengan mudah mengetahui pesan tersebut dan membacanya. Cara ini lebih hemat dibanding menggunakan iklan, pamflet atau lainnya. Selain itu, fitur ini tidak membutuhkan banyak orang untuk melakukannya. Hanya dengan satu orang saja, pesan bisnis Anda akan sampai ke banyak penerima.

2. Mempersingkat waktu

Fitur ini mampu mengirimkan pesan ke banyak nomor hanya dengan 1 kali pengiriman. Hal ini hanya memakan waktu kurang dari satu menit, artinya lebih efektif dibandingkan menggunakan metode penyebaran informasi lainnya.

3. Jalin hubungan lebih dekat dengan pelanggan

Bukan hanya mampu menyebarkan informasi saja, pesan broadcast WhatsApp juga bisa digunakan untuk terus berinteraksi dengan pelanggan yang membalas pesan tersebut. Tidak hanya itu, Anda juga bisa lebih dekat dengan pelanggan jika semakin sering berinteraksi dengan mereka.

Baca juga: WhatsApp Business API Barantum: Terpercaya, Cerdas, dan Mudah

4. Memudahkan aktvitas marketing

Bot WhatsApp Business terkoneksi dengan tools marketing lainnya yang sangat membantu Anda meningkatkan penjualan Produk. Selain itu, Anda juga tidak perlu berpindah aplikasi untuk melakukan proses pemasaran.

5. Pesan dipersonalisasi

Pesan broadcast WABusiness bersifat dinamis. Di mana Anda dapat mengatur pesan tersebut lebih personal seperti dengan menyebut nama pelanggan. Proses ini dapat dilakukan secara otomatis tanpa Anda perlu mencantumkan nama satu per satu.Hal ini akan meninggalkan kesan akrab bagi pelanggan.

6. Adanya laporan

Semua pesan yang Anda kirim dengan cara broadcast WhatsApp Business dapat dilihat laporannya seperti jumlah pesan yang terkirim maupun tidak, hingga pesan tersebut apakah telah dibaca atau belum dibaca.

7. Pesan real-time

Pesan yang dikirim dengan cara broadcast WhatsApp Business akan diterima pelanggan secara real-time. Hal ini membuat informasi yang disampaikan terkini yang membantu pelanggan mengetahui perkembangan bisnis Anda.

8. Jumlah penerima tidak terbatas

Anda dapat mengirimkan pesan ke semua pelanggan. Mereka akan tetap menerima pesan tersebut sebagai pesan WA biasa meski tidak menyimpan nomor Anda.

Perbedaan broadcast WhatsApp Business API dan WhatsApp biasa

Pesan broadcast WhatsApp Business API akan tetap terkirim meski penerima tidak menyimpan nomor Anda. WhatsApp Business API juga tidak membatasi kontak yang ingin Anda kirim pesan broadcast WA. Inilah yang membuat keduanya berbeda. Broadcast menggunakan WhatsApp biasa ada kalanya tidak diterima oleh pelanggan. Salah satu penyebabnya adalah nomor Anda belum disimpan di dalam ponsel pelanggan tersebut.

Pesan dari broadcast WhatsAPP API akan diterima pelanggan secara bersamaan (real-time). Anda juga dapat memastikan pesan broadcast terkirim dengan melihat laporan jumlah pesan yang berhasil terkirim atau tidak terkirim, serta apakah pesan itu telah dibaca atau belum.

Baca juga: Apa itu Verified Badge & Centang Hijau pada WhatsApp ? dan cara mendapatkannya

Integrasikan WhatsApp API ke CRM untuk pesan marketing yang lebih menjual

Broadcast WhatsApp tanpa menggunakan CRM hanya memiliki satu template pesan aja; tidak ada variabel yang bikin pesan menjadi ‘unik’. Template pada CRM memiliki lebih banyak variabel dalam membuat sebuah pesan broadcast. Variabel yang dimaksud adalah seperti badan pesan (header), footer, hingga CTA (clik to action). Tentu dengan adanya berbagai variabel ini, pesan merketing Anda menjadi lebih menarik dan mengundang pelanggan untuk mengetahui lebih lanjut.

Untuk mendapatkan pengalaman broadcast yang bagus ini, Anda dapat mengintegrasikan WhatsApp Business API ke Barantum CRM. Anda tak hanya akan membuat broadcast WhatsApp yang menarik, tapi juga dapat merekam history percakapan Anda dengan pelanggan yang kemudian secara otomatis akan terintegrasi ke sales pipeline.

Dengan begitu, Anda akan dengan mudah melacak atau memonitor tahapan kesepakatan beserta progresnya bersama pelanggan. Hal ini tentu akan mempermudah aktivitas penjualan Anda; seluruh kontak pelanggan dan proses pembelian akan tercatat dengan rapi dan lengkap.

Bagaimana? Betapa praktis, bukan? Mengintegrasikan WhatsApp Business API ke Barantum CRM akan semakin meningkatkan bisnis Anda, terutama dalam menjangkau interaksi Anda bersama pelanggan. Hanya dengan satu software terintegrasi, bisnis Anda menjadi sukses tanpa menghabiskan banyak biaya! Integrasikan WhatsApp Business Anda ke Barantum CRM secara mudah di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Daftar Sekarang