Sales pipeline membantu tim penjualan dalam memonitor progres prospek dan pelanggan

Dalam mencapai revenue dan target penjualan, tak lepas dari keberadaan sales pipeline. Proses penjualan ini memperlihatkan detail proses kesepakatan dengan prospek dan peluangnya. Tujuannya adalah agar tim penjualan dapat mengawasi penjualan yang sedang dan sudah dilakukan. Dengan begitu, tim penjualan  akan mengetahui dengan mudah bagaimana progres calon pelanggan hingga akhirnya mereka membeli produk atau layanan.

Untuk membangun serta menggunakan sales pipeline secara efektif, Anda membutuhkan sebuah software penjualan yang mendukung kebutuhan ini. Anda bisa menggunakan Barantum CRM Penjualan yang merupakan software khusus mengatur aktivitas penjualan Anda, termasuk sales pipeline. Barantum CRM memiliki berbagai fitur canggih untuk membuat proses penjualan menjadi efektif. Meski canggih, fitur-fitur tersebut sangat mudah untuk digunakan dan bisa untuk semua jenis dan skala bisnis.

Apa sajakah fitur-fitur dalam Barantum CRM yang mewujudkannya?

Fitur ajaib Barantum CRM mengefektifkan sales pipeline

Dalam Barantum CRM, terdapat sebuah modul atau menu ‘Aktivitas’, di mana berisi berbagai fitur untuk mendukung proses dan aktvitas penjualan. Sebelum kita meninjaunya, sales pipeline dalam CRM ini terdapat pada menu ‘Kesepakatan’. Proses penjualan ini menampilkan progres kesepakatan prospek dan pelanggan beserta dengan detail produk atau layanan yang mereka ingin beli.

Yuk, sekarang Anda simak fitur-fitur ‘Aktivitas’ yang mendukungnya.

#1 Fitur panggilan

Fitur ini memperlihatkan daftar panggilan oleh tim Anda kepada para prosepek dan pelanggan. Lengkap dengan deksripsi serta detail yang ada, membuat Anda mengetahui inti percakapan tim penjualan dengan pelanggan secara ringkas. Melalui ini, Anda juga dapat mengetahui kebutuhan serta keluhan pelanggan.

#2 Fitur pertemuan (meeting)

Fitur ini memberikan deskripsi serta informasi mengenai pertemuan staf penjualan Anda dengan pelanggan secara real-time. Anda bisa memberikan keterangan mengenai apa yang akan Anda dan pelanggan diskusikan lengkap dengan lokasinya yang secara otomatis akan terbaca oleh real-time GPS.

#3 Fitur catatan

Kegiatan apa yang akan Anda lakukan bersama prospek? Anda dapat mencatatnya pada fitur ini. Ini berfungsi sebagai pengingat Anda, agar tidak ada aktivitas, tugas, atau janji yang terlewatkan.

Baca juga: Lancarkan Saluran Penjualan Anda Dengan 5 Langkah Prospecting Ini!

#4 Fitur tugas

Hampir sama seperti fitur catatan, tapi fitur ini lebih menekankan ke tugas tim penjualan terhadap aktivitas penjualan mereka. Menjadwalkan pertemuan, membuat proposal dan email, membuat invoice, dan sebagainya.

#5 Fitur survei

Melalui fitur ini, Anda dapat membuat survei untuk internal bisnis Anda. Kolom pertanyaan telah tersedia beserta dengan kolom jawaban yang bisa disesuaikan dengan jenis pertanyaannya. Misalnya jika pertanyaan terkait tanggal, maka kolom jawaban akan menampilkan kalender secara otomatis.

#6 Fitur Barantum Chat

Melalui fitur ini, Anda dapat berkomunikasi dengan pelanggan Anda dari saluran yang mereka pilih. Jadi, Anda tidak perlu berpindah-pindah platform atau aplikasi untuk berkomunikasi dengan mereka. Hanya dengan satu layar terpadu, Anda dapat menjawab pesan mereka dari banyak saluran. Saat ini, Barantum Chat dapat terintegrasi dengan WhatsApp, Facebook, Line, Telegram, dan Instagram.

Keenam fitur di atas sungguh membantu Anda membangun sales pipeline secara efektif, dan tentu saja merampingkan proses penjualan Anda. Sehingga proses penjualan menjadi lebih ringkas dan menutup lebih banyak kesepakatan.

Baca juga: Cara Lacak Aktivitas Penjualan Anda Secara Efektif

Bagaimana kinerja Barantum CRM dalam mewujudkannya?

  • Barantum CRM menyusun data Anda
    Software ini membantu Anda dalam mengumpulkan data tentang prospek Anda dan mengaturnya sehingga tim penjualan dapat mengetahui apa yang terjadi dengan setiap prospek dengan cepat. Barantum CRM tidak hanya membantu Anda mengumpulkan data, tetapi juga memungkinkan Anda merekam setiap interaksi yang Anda lakukan dengan prospek.
  • Barantum CRM merekam semuanya
    Software ini dapat merekam setiap hasil, apakah berhasil atau tidak. Jika Anda dapat mengukur proses penjualan, maka Anda dapat menemukan cara untuk memperbaikinya. Tanpa rekam jejak, Anda tidak akan tahu bahwa saluran penjualan hanya mampu mendatangkan prospek dingin atau bahwa iklan sosial media telah mengisi saluran penjualan dengan prospek hangat dan panas. Mengetahui informasi ini memungkinkan Anda untuk membuang apa yang tidak berhasil dan mencurahkan lebih banyak sumber daya untuk strategi yang menciptakan hasil.

Rahasia dari saluran penjualan yang sukses adalah otomatisasi penjualan melalui sistem CRM. Memvisualisasikan siklus penjualan akan membantu Anda mendapatkan wawasan yang berguna dan memindahkan penjualan secara lebih efisien ke seluruh jalur. Namun, tidak setiap program dianggap sama.

Barantum CRM memiliki fitur berikut dalam manajemen jalur penjualan:

  • Sistem berbasis cloud dan otomatis
  • Fitur yang dapat disesuaikan
  • Penggunaan visualisasi melalui grafik dan laporan
  • Fleksibilitas

Sales pipeline yang efektif adalah salah satu kunci kesuksesan penjualan Anda. Dan Barantum CRM siap mewujudkan itu untuk Anda. Hasilkan lebih banyak kesepakatan dan tutup lebih banyak penjualan dengan Barantum CRM sekarang! Dapatkan uji coba GRATIS selama 7 hari di sini.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".