WhatsApp Business API kini semakin meraup banyak pengguna

Para pebisnis menengah hingga atas semakin banyak yang memiliki WhatsApp business API. Layanan ini membantu mereka dalam menjangkau pelanggan lebih luas serta mempermudah komunikasi dengan pelanggan.

WhatsApp Business API atau WhatsApp API adalah salah satu dari dua solusi WhatsApp Business yang  WhatsApp luncurkan pada tahun 2018. Pada tingkat konsumen, WhatsApp dikenal oleh sebagian besar sebagai alat pesan instan populer untuk tetap berhubungan dengan keluarga dan teman. Tetapi untuk suatu alasan tertentu, beberapa orang juga menyadari bahwa WhatsApp melampaui penggunaan pribadi dan sudah mulai menggunakannya untuk menghubungi bisnis untuk pertanyaan terkait layanan pelanggan.

Dapatkan WhatsApp Business API secara mudah dengan Barantum

Mendapatkan akses ke WhatsApp Business API adalah proses yang sederhana namun cukup rumit pada saat yang bersamaan. Perlu diingat bahwa API pada dasarnya adalah seperangkat fungsi dan prosedur yang mengirimkan informasi antara aplikasi yang berbeda. Dalam istilah awam, itu berarti bahwa diperlukan sebuah platform antar muka agar Anda dapat dengan mudah mengurutkan, menafsirkan, dan memahami informasi yang dikirim dan diterima, yang bisa sangat teknis.

Baca juga: Jangkau Pelanggan Lebih Luas Dengan WhatsApp Bisnis API

Oleh karena itu, sebagai mitra resmi WhatsApp Business API, Barantum memberikan kemudahan bagi Anda dalam mendapatkannya.

Menggunakan WhatsApp API Barantum memiliki banyak manfaat bagi bisnis Anda, yaitu

  • Barantum mengambil alih implementasi teknis dan memastikannya selalu up to date – sehingga Anda dapat fokus untuk berbicara dengan pelanggan Anda di WhatsApp.
  • Privasi data adalah prioritas utama Barantum. Saat Anda menghubungkan API WhatsApp dengan Barantum, semua data akan dienkripsi end-to-end dan disimpan dengan aman di server.
  • Dibangun untuk layanan profesional. Perutean cerdas, chatbots, analitik, tiketing manajemen, dan lainnya. Barantum dibuat untuk komunikasi pelanggan digital dan menawarkan fitur yang Anda butuhkan untuk dukungan WhatsApp yang efisien. Buat seluruh tim layanan Anda terlibat dalam interaksi pelanggan tanpa batas.
  • Telah mengadopsi teknologi Omnichannel. Integrasi banyak saluran perpesanan dalam satu platform. Memang kebanyakan orang menggunakan WhatsApp tetapi itu bukan satu-satunya saluran komunikasi bagi bisnis Anda tentunya. Satukan seluruh interaksi pelanggan Anda dari semua saluran dalam satu platform – Dengan Barantum Chat Anda dapat mengintegrasikan obrolan web, WhatsApp, Facebook Messenger, Telegram, Line, dan Instagram serta masih banyak lagi.
  • Best value for money. Bersama Barantum, Anda mendapatkan akses ke WhatsApp Business API hanya dengan biaya yang terjangkau. Sudah termasuk obrolan situs web dan banyak fitur layanan yang lebih canggih disertakan.

Baca juga: Apa itu Verified Badge & Centang Hijau pada WhatsApp ? dan Cara Mendapatkannya

Fitur canggih Barantum Chat ketika integrasi WhatsApp Business API

Ketika Anda mengintegrasikan WhatsApp Business API ke Barantum CRM, berbagai fitur hadir sebagai pendukung Anda menjalankan bisnis. Berikut fitur-fitur dalam Barantum Chat untuk mengoptimalkan komunikasi Anda bersama pelanggan.

  1. Fitur Broadcast

Pada fitur ini, Anda dapat  membuat suatu publikasi berisi sebuah informasi atau pemberitahuan mengenai produk Anda, kemudian membagikannya kepada pelanggan sebagai bentuk campaign atau pemasaran. Terdapat template untuk membuat sebuah template pesan publikasi  yang akan digunakan sebagai media promo/campaign.

2. Fitur Analytics

Pada fitur ini, terdapat laporan mengenai:

  • Informasi kecepatan masing-masing agent dalam merespon interaksi dengan pelanggan
  • Jumlah interaksi tiap agen
  • Persentase saluran yang digunakan oleh pelanggan Anda dalam berinteraksi berdasarkan jenis status interaksi mereka
  • Ongoing menjelaskan interaksi chat yang masih berjalan
  • Resolved adalah interaksi chat yang telah terselesaikan. 

3. Fitur Integrasi

Anda dapat mengintegrasikan layanan chat atau perpesanan terkait saluran yang akan anda gunakan seperti WhatsApp, Telegram, Line, Instagram, dan Facebook. Seluruh interaksi atau percakapan Anda bersama pelanggan dari saluran-saluran tersebut, akan terekam dalam satu halaman pada satu aplikasi.

4. Menu Pengaturan

Menu ini berperan untuk mengatur data tiket  yang masuk. 

  • Status tiket: untuk mengganti status tiket terkait menjadi aktif atau tidak aktif 
  • Round robin: yang jika diaktifkan maka tiap agen akan secara bergantian menerima pesan atau interaksi yang masuk. Fungsi ini membuat tiap agen bisa menjawab pesan pelanggan milik agen lainnya
  • Limit get customer: berfungsi untuk membatasi jumlah room chat tiap agen 

5. Menu On/Off

Mengindikasikan status keberadaan agen. Jika agen sedang aktif atau online, maka agen tersebut akan memilih On. Sebaliknya, jika agen tersebut sedang tidak aktif atau offline, maka agen tersebut memilih Off.

Barantum chat memberikan fitur-fitur pendukung kinerja agen dari template chat, broadcast, hingga analisis canggih terhadap percakapan untuk melacak kinerja setiap agen, percakapan masuk, hingga seberapa cepat respon percakapan yang diberikan oleh tim. Semua data tersebut berperan penting dalam memberikan pelayanan secara lebih optimal, interaktif dalam komunikasi dengan pelanggan.

Barantum

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Chat disini!
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".