Ketahui Tingkat Kepuasan Pelanggan dengan Form Survey

Bisnis mampu bertahan dan berkembang berkat adanya pelanggan. Pelanggan akan tetap menggunakan produk dan jasa bisnis Anda jika mereka merasa puas terhadap kualitas dan pelayanan bisnis. Oleh sebab itu, tak jarang bisnis melakukan survey kepada pelanggan untuk mengukur tingkat kupasan mereka. Salah satu mengukur tingkat kepuasan pelanggan, yaitu dengan mengisi form survey.

Apa Itu Form Survey Kepuasan Pelanggan?

Form survey kepuasan pelanggan merupakan formulir yang berisi berbagai pertanyaan terkait produk dan layanan bisnis di mata pelanggan. Dengan adanya form survey kepuasan ini, bisnis dapat mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan pelanggan. Sehingga bisnis Anda mampu melakukan perbaikan dan inovasi layanan pelanggan dengan cepat.

Dengan demikian, Anda perlu mempertimbangkan pertanyaan apa saja yang dapat membantu evaluasi layanan bisnis. Sehingga survey kepuasan pelanggan berhasil dilakukan dengan baik.

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

Apa Fungsi Form Survey Kepuasan Pelanggan?

Fungsi form survey kepuasan pelanggan adalah untuk membantu meningkatkan kualitas produk dan layanan pelanggan bisnis. Dengan begitu, Anda bisa lebih cepat mengevaluasi dan melakukan improvisasi bisnis. Dengan evaluasi yang cepat, itu akan membantu untuk mengoptimalkan kepuasan pelanggan Anda. Sehingga potensi meningkatkan pelanggan menjadi pelanggan loyalitas pun akan semakin mudah. Karena tingkat kepuasan pelanggan yang maksimal.

Kapan Waktu Terbaik Melakukan Survey Kepuasan Pelanggan?

Waktu terbaik untuk melakukan survey kepuasan pelanggan, yaitu saat pelanggan baru menggunakan dan sedang menggunakan produk/jasa bisnis Anda. Karena jika Anda melakukan survey saat pelanggan sudah lama tidak menggunakan produk/jasa Anda, isi survey akan kurang akurat.

Itulah yang menyebabkan bisnis kerap menanyakan ulasan penggunanya saat baru menggunakan atau mencoba produk/jasa bisnis mereka.

Apa Contoh Pertanyaan Pada Form Survey Kepuasan Pelanggan?

Survey kepuasan pelanggan

Ada berbagai macam jenis survey kepuasan pelanggan, salah satunya memberikan pertanyaan kepada pelanggan terkait produk atau jasa bisnis. Tiap bisnis memiliki pertanyaan yang beragam dan disesuaikan dengan sektor industrinya. Pada artikel ini, kami akan memberikan contoh pertanyaan pada from survey kepuasan pelanggan mengenai produk dan layanan sistem CRM.

Contoh Pertanyaan Survey Kepuasan Pelanggan Terhadap Produk

  1. Apakah CRM membantu kinerja agen Anda lebih efektif?
    Jawaban: Iya / Biasa saja / Tidak
  2. Seberapa baik kualitas sistem CRM kami?
    Jawaban: Baik / Cukup / Buruk
  3. Apakah Anda sering menemukan kendala pada sistem CRM?
    Jawaban: Tidak pernah / Jarang / Sering
  4. Menurut Anda, bagaimana penggunaan sistem CRM?
    Jawaban: Sangat mudah / Cukup mudah / Sulit
  5. Apa tampilan atau user interface di sistem CRM kami mudah dipahami?
    Jawaban: Sangat mudah / Cukup mudah / Sulit
  6. Secara keseluruhan, apa Anda puas menggunakan produk CRM kami?
    Jawaban: Sangat puas / Cukup puas / Kurang puas
  7. Apakah sistem CRM kami sudah menjawab kebutuhan bisnis Anda?
    Jawaban: Iya / Belum sepenuhnya / Tidak
  8. Menurut Anda, fitur apa saja yang sangat membantu di dalam sistem CRM kami?
    Jawaban: (isian bebas)
  9. Apa fitur yang Anda harapkan tapi belum ada di dalam sistem CRM  kami?
    Jawaban: (isian bebas)
  10. Apa kritik dan saran yang bisa Anda berikan terkait sistem CRM kami?
    Jawaban: (isian bebas)

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

Contoh Form Survey Kepuasan Pelanggan Pelayanan Bisnis

  1. Seberapa baik tim support kami memberikan solusi kepada Anda?
    Jawaban: Sangat baik / Cukup baik / Tidak baik
  2. Apa Anda merasa puas terhadap layanan kami?
    Jawaban: Sangat puas / Cukup puas / Tidak puas
  3. Berapa skor kepuasan Anda terhadap layanan kami?
    Jawaban: Skor penilaian 1 – 10
  4. Seberapa cepat kami membantu menyelesaikan kendala Anda?
    Jawaban: Sangat cepat / Cukup cepat / Lambat
  5. Apa penjelasan yang disampaikan oleh tim support kami mudah dipahami?
    Jawaban: Sangat mudah dipahami/ Cukup mudah dipahami/ Tidak mudah dipahami
  6. Apa tim kami cukup ramah, sopan, dan sigap dalam melayani Anda?
    Jawaban: Iya / Biasa Saja / Tidak
  7. Seberapa baik tim kami melakukan follow up terkait kendala yang dihadapi?
    Jawaban: Sangat baik / Cukup baik / Kurang baik
  8. Apa Anda mengalami kesulitan dalam menghubungi tim support kami?
    Jawaban: Iya / Biasa saja / Tidak
  9. Apa kritik dan saran Anda untuk tim kami meningkatkan kualitas pelayanan bisnis?
    Jawaban: (isian bebas)
  10. Berdasarkan pengalaman Anda, seberapa besar Anda untuk merekomendasikan produk CRM kami kepada rekan/kerabat/keluarga Anda?
    Jawaban: Iya, sangat mungkin / Cukup mungkin / Tidak akan

Pada contoh pertanyan di atas hanyalah sebagai referensi yang bisa Anda gunakan. Semua pertanyaan dan jawaban pada survey kepuasan bisnis Anda bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis dan produk/jasa bisnis Anda.

Bagaimana Cara Membagikan Survey Kepuasan Pelanggan?

Adapun membagikan from survey kepuasan pelanggan bisa dilakukan dengan beberapa cara, seperti:

1. Wawancara Langsung

Cara pertama, yaitu dengan melakukan wawancara langsung. Anda bisa membuat janji temu dengan pelanggan atau menetapkan suatu lokasi untuk menanyakan produk/jasa bisnis kepada orang-orang sekitar. Dengan cara ini, Anda bisa melihat secara langsung bagaimana pandangan pelanggan terhadap bisnis Anda.

2. Mengirim Link Kuesioner

Cara lain dan praktis lainnya, yaitu dengan mengirimkan link kuesioner untuk diisi oleh pelanggan Anda. Namun, Anda perlu melakukan follow up agar pelanggan mengisi kuesioner yang telah dikirimkan. Karena ada beberapa orang yang lupa untuk mengisi atau menjawab kuesioner tersebut.

3. Melalui Email

Cara berikutnya, Anda bisa mengirimkan email kepada pelanggan untuk mengisi survey kepuasan pelanggan. Email masih menjadi alternatif yang sering digunakan oleh bisnis, selain Anda bisa melakukannya di media sosial.

4. Melalui Telepon

Cara berikutnya, yaitu melalui telepon. Caranya dengan menelepon satu per satu pelanggan dan menanyakan kepuasan mereka terhadap produk dan layanan bisnis. Untuk memaksimalkan survey kepuasan pelanggan melalui telepon, sebaiknya Anda menggunakan sistem yang mampu merekam percakapan anata agen dan pelanggan. Sehingga Anda dapat mengetahui bagaimana cara penyampaian agen bisnis dan mengevaluasi cara komunikasi agen. Rekomendasi sistem yang memiliki fitur rekaman saat melakukan telepon, yaitu dengan CRM yang memiliki fitur Recording, seperti Barantum.

5. Melalui Aplikasi WhatsApp

Cara terakhir, Anda bisa menggunakan aplikasi WhatsApp untuk mengirimkan survey kepuasan pelanggan. Untuk mempermudah Anda membagikan survey di WhatsApp, gunakan fitur broadcast pada WhatsApp Business standar dan fitur blast pada WhatsApp Business API.

Perbedaannya, dengan fitur blast, Anda bisa mengirimkan pesan ke ribuan kontak pelanggan hanya dalam sekali klik. Cara mendapatkan WhatsApp Business API pun sangat mudah. Anda hanya perlu bekerja sama dengan Mitra Resmi WhatsApp, seperti Barantum. Ketahui lebih lengkapnya di sini.

Buat Survey Kepuasan Pelanggan dengan Mudah Sekarang!

Software Aplikasi CRM Terbaik
Aplikasi CRM bekerja untuk siapa saja; manajer, tim penjualan, tim pemasaran, perekrutan, layanan pelanggan, dan seluruh tim dalam bisnis Anda. CRM mengatur komunikasi internal perusahaan juga eksternal (terhadap pelanggan), koordinasi antar tim, otomatisasi dan manajemen tugas, pemantauan KPI, dan sebagainya.

Selain itu, CRM memungkinkan Anda menyimpan informasi kontak pelanggan dan prospek, mengidentifikasi peluang penjualan, mencatat masalah layanan, dan mengelola kampanye pemasaran. Juga membuat informasi tentang setiap interaksi pelanggan yang tersedia bagi siapa saja di perusahaan Anda yang mungkin membutuhkannya.

Barantum menyediakan solusi end-to-end dengan fitur Omnichannel yang dapat menghubungkan WhatsApp API dan aplikasi chat lainnya dengan sistem Customer Relationship Management.

Teknologi CRM All-in-One, yang ada dalam Barantum CRM telah membantu ribuan perusahaan dalam mendorong peningkatan kinerja SDM, peningkatan penjualan, memperbaiki produktivitas, serta meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

Daftar Untuk Uji Coba Gratis!


Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments