Rekomendasi WhatsApp Auto Reply Terbaik Untuk Bisnis Anda

Kenyamanan pelanggan dalam mencari informasi terhadap sebuah produk sudah menjadi perhatian utama bisnis atau perusahaan. Kenyamanan ini tentu saja akan membangun customer eperience yang positif sehingga menciptakan loyalitas pelanggan. Melihat kebutuhan ini, WhatsApp meluncurkan WhatsApp Business khusus untuk para pebisnis dalam memasarkan serta menjual produk mereka. Mengapa? Karena WhatsApp Business ini ditunjang dengan fitur WhatsApp auto reply.

Apa Itu WhatsApp Auto Reply?

WhatsApp auto reply adalah sebuah fitur pada WhatsApp Business yang untuk menjawab pesan masuk secara otomatis. Contoh WhatsApp auto reply seperti greeting message, harga produk, membantu transaksi, memberikan gambar produk, dan lainnya.

Dengan adanya fitur ini, pelanggan dapat menghubungi bisnis kapanpun berdarkan kenyamanan mereka. Jadi meskipun bisinis sudah berakhir jam operasionalnya (8-12 jam), pelanggan akan tetap bisa menghubungi mereka.

Bagaimana Cara Menggunakan WhatsApp Auto Reply?

Adapun cara Anda bisa menggunakan fitur WhatsApp Auto Reply terbagi dua cara:

  • Menggunakan WhatsApp Business

Cara pertama untuk menggunakan WhatsApp Auto Reply yaitu mengubah akun personal Anda menjadi akun bisnis. Akun bisnis bisa Anda dapatkan dengan aplikasi WhatsApp Business secara gratis di Play Sotre atau App Store. Aplikasi ini memungkinkan Anda mengatur pesan untuk berkomunikasi dengan pelanggan Anda bahwa Anda sedang offline (di luar jam kerja) dan akan segera menghubungi pelanggan saat online kembali.

  • Menggunakan WhatsApp Business API

Cara kedua untuk menggunakan WhatsApp Auto Reply, yaitu dengan meng-upgrade akun bisnis Anda menggunakan WhatsApp Business API. WhatsApp Business API merupakan aplikasi yang lebih canggih dengan beragam fitur tambahan yang mampu meningkatkan 89% agen merespons pesan pelanggan. Tidak hanya fitur Auto Reply, Anda dapat menggunakan fitur Chatbot sehingga Anda dapat terhubung dengan pelanggan Anda sepanjang waktu sekali pun di luar jam kerja.

Apa Manfaat Fitur WhatsApp Auto Reply Bagi Bisnis?

Terdapat berbagai manfaat fitur WhatsApp auto reply bagi bisnis, khususnya dalam meningkatkan komunikasi antara bisnis dengan pelanggan. Dengan WhatsApp Auto Reply, bisnis dapat merespons pesan secara otomatis kepada pelanggan sehingga pelanggan cepat mendapat informasi ataupun solusi yang dibutuhkan.

Adapun manfaat fitur WhatsApp Auto Reply lainnya, yaitu:

1. Mampu Merespons Pesan Pelanggan 24/7

Manfaat fitur WhatsApp Auto reply yang pertama, yaitu pelanggan bisa mendapatkan respons dari bisnis dengan cepat. Sehingga pengalaman dan kepuasan pelanggan terhadap layanan bisnis Anda pun meningkat.

2. Keamanan Data Pesan Terjamin

Manfaat lainnya dari fitur WhatsApp Auto Reply, yaitu kemanan data pesan atau percakapan antara Anda dan pelanggan terjamin. WhatsApp dilengkapi keamanan enkripsi end-to-end encryption dimana semua pesan yang masuk dan keluar dijamin kerahasiaannya. Sehingga hanya pelanggan dan bisnis saja yang dapat melihat isi percakapan.

3. Meningkatkan Kedekatan Dengan Pelanggan

Manfaat selanjutnya dari fitur WhatsApp Auto Reply, yaitu mampu membangun percakapan responsif dan proaktif dengan pelanggan. Alur percakapan dapat didesain personalisasi salah satunya dengan fitur greeting message untuk menciptakan kedekatan hubungan dengan pelanggan.

4. Mudah Mengumpulkan Feedback Pelanggan

Manfaat keempat dari fitur WhatsApp Auto Reply, yaitu agen Anda dapat dengan mudah mengumpulkan feedback (umpan balik) pelanggan. Sehingga Anda mampu mendpatkan data yang valid dengan menggunakan feedback pelanggan tersebut untuk melakukan inovasi dan evaluasi bisnis. Anda pun lebih memahami kebutuhan pelanggan yang dapat menjadi bahan dalam menyusun strategi marketing peningkatan bisnis.

5. Hemat biaya

Manfaat dari fitur Auto Reply selanjutnya, yaitu bisnis mampu menghemat biaya pengeluaran, contohnya hemat dalam biaya gaji karyawan. Karena dengan fitur WhatsApp Auto Reply, Anda tidak perlu banyak membutuhkan agen Customer Service ataupun membuat karyawan Anda lembur untuk menyelesaikan balas pesan pelanggan.

6. Meningkatkan Penjualan

Manfaat fitur WhatsApp Auto Reply terakhir, yaitu Anda mampu meningkatkan penjualan bisnis. Dengan fitur Auto Reply, sebagian besar pelanggan mendapatkan informasi dan solusi yang cepat secara otomatis. terlebih jika Anda menggunakan chatbot, Anda dapat 33% meningkatkan waktu kerja agen dalam membalas pesan pelanggan. Sehingga Anda dapat meraih kepuasan pelanggan yang maksimal dan reputasi bisnis yang baik. Dengan reputasi bisnis yang baik itulah yang dapat menjadi kesempatan Anda untuk menambah jumlah penjualan lebih besar.

loyalitas pelanggan

Rekomendasi WhatsApp Auto Reply Terbaik

Berikut rekomendasi WhatsApp Auto Reply terbaik yang bisa Anda gunakan:

1. Barantum

Rekomendasi pertama WhatsApp Auto Reply, yaitu Barantum. Sebagai Mitra Resmi WhatsApp Official, Barantum dapat menjamin keamanan data bisnis Anda. Dalam hal ini, Barantum menyediakan WhatsApp Auto Reply terbaik di Indonesia. Karena Anda tidak hanya mendapatkan WhatsApp Auto Reply saja. Bisnis Anda pun dapat diintegrasikan dengan sistem CRM sehingga bisnis Anda lebih efektif dan efisien.

Untuk bisa mendapatkan WhatsApp Auto Reply terbaik, sebaiknya Anda menggunakan WhatsApp Business API yang memiliki beragam fitur unggulan untuk meningkatkan bisnis Anda. Beragam fitur yang bisa Anda dapatkan dari WhatsApp Business API, yaitu:

  • Centang Hijau (Verified Account)

centang hijau whatsapp

Centang hijau atau green tick adalah identitas untuk akun WhatsApp yang telah terverifikasi. Dengan akun yang terverifikasi dan mendapatkan centang hijau di sebelah nama profil bisnis Anda, hal ini akan sangat berdampak dan meningkatnya kepercayaan pelangaan terhadap bisnis Anda dan meningkatnya kredibilitas bisnis Anda di mata pelanggan.

  • ChatBot (Robot Chat)

Dapatkan Chatbot WhatsApp Dengan WhatsApp Business API dari Barantum

Berbeda dengan pesan otomatis, ChatBot atau Robot Chat ini memungkinkan Anda untuk mengarahkan pelanggan ke dalam tujuan tertentu melalui step atau langkah-langkah yang sudah Anda atur sebelumnya. Misal untuk proses transaksi penjualan, transaksi pembayaran, konfirmasi penjualan, klaim garansi, pengajuan return produk dan sebagainya.

ChatBot ini bisa diterapkan pada kegiatan yang membutuhkan pelanggan untuk mengikuti langkah-langkah yang harus dilakukan terlebih dahulu, seperti mengirimkan faktur pembelian, detail alamat, bukti pembayaran dan sebagainya.

  • Multi-User

multi user whatsappDengan fitur multi-user ini memungkinkan Anda untuk mengakses akun WhatsApp Business lebih dari satu orang, di tempat berbeda dan di device yang berbeda seperti handphone, tablet atau komputer.

  • Alokasi Agent

alokasi agen

Fitur Alokasi Agent memungkinkan Anda untuk mengatur pembagian pesan yang datang secara merata kepada seluruh agent atau admin Anda. Contoh: Jika Ada memiliki 3 agent dan ada 150 pesan masuk yang datang setiap harinya pada nomor WhatsApp Business Anda, maka akan ada sebanyak 50 pesan masuk yang diterima per masing-masing agent Anda.

  • Jam Kerja (Office Hours)

office hour

Dengan fitur Office Hours, akan memungkinkan Anda untuk mengatur jadwal jam kerja bisnis Anda, memunculkan status Online saat jam kerja dan Offline saat jam kerja telah berakhir. Dan tetap membalas pesan pelanggan diluar jam kerja dengan memberikan respon informasi pesan bahwa Anda tidak mengabaikan mereka dan akan segera menjawab mereka begitu masuk jam kerja nanti.

  • Broadcast (WhatsApp Blast)

broadcast chat whatsapp

Dengan fitur broadcast atau WhatsApp Blast memungkinkan Anda untuk mengirim pesan secara massal sekaligus ke banyak pelanggan secara bersamaan dengan template pesan yang sudah Anda atur sebelumnya.

  • Terintegrasi Aplikasi Lain

terintegrasi dengan banyak channel

Dengan WhatsApp Business API, Anda juga bisa menghubungkan berbagai aplikasi atau saluran komunikasi lain seperti Facebook Messenger, Instagram, Line, Telegram ke dalam WhatsApp Business Anda. Sehingga Anda bisa membalas dan menjawab pelanggan dari berbagai saluran dalam waktu singkat di dalam 1 (satu) dashboard.

  • Laporan Statistik

laporan analitik

Pada fitur Laporan Statistik, Anda bisa melihat laporan kegiatan dan statistik secara detail sehingga Anda bisa memantau dan memonitoring pencapaian tim Anda secara real time.

2. Chat Bot

Rekomendasi yang kedua, yaitu Chat Bot. Chat Bot adalah aplikasi bot responder WhatsApp yang bersifat multifungsi. Aplikasi ini mampu membalas pesan secara otomatis pada WhatsApp. Menariknya lagi, aplikasi ini bisa diintegrasikan ke berbagai platform komunikasi, seperti Email, SMS, dam beragam media sosial.

3. BotCore

Rekomendasi WhatsApp Auto Reply lainnya, yaitu BotCore. WhatsApp Auto Reply ini memakai teknologi AI (Artificial Intellifgence). Dimana teknologi yang satu ini, mampu merespon tiap pertanyaan konsumen otomatis memakai bahasa natural.

4. WhatsApp Auto Reply App

Rekomendasi lainnya, yaitu WhatsApp Auto Reply App yang dapat mempermudahmu untuk melaksanakan kerja sama dengan Google Spreadsheet. Aplikasi ini memberikan tiga opsi auto replydi antaranya welcome messenger, spreadsheet, dan custom reply. Anda juga mampu memakai aplikasi untuk melakukan pengantaran pesan secara otomatis ke dalam grup yang disertai.

5. Wabot

Rekomendasi WhatsApp Auto reply terakhit, yaitu Wabot. Aplikasi ini dapat membantu bisnis Anda dalam mengirimkan pesan penawaran khusus ke pelanggan. Pasalnya, aplikasi yang satu ini sudah memiliki fitur-fitur lainnya untuk merespons pesan secara otomatis, auto reply dan pesan terjadwal.

Dapatkan WhatsApp Auto Reply Terbaik Sekarang!

Barantum BSP WhatsApp dan Mitra Resmi WhatsApp Terbaik di Indonesia

Dapatkan kemudahan dan tingkatkan performa bisnis Anda dalam memberikan pelayanan terbaik pada pelanggan dengan fitur WhatsApp Auto Reply dari Barantum sebagai Official WhatsApp Partner dan BSP Terbaik di Indonesia. Yuk, daftar sekarang!

register whatsapp api barantum

Rekomendasi Artikel

  1. Centang Hijau WhatsApp: Syarat, Manfaat dan Cara Mendapatkannya
  2. Manfaat Centang Hijau (Verified Badge) WhatsApp API
  3. Cara Verifikasi WhatsApp Centang Hijau dengan Mudah
  4. Berapa Harga WhatsApp API dan Manfaat Penggunaannya?
  5. Cara Selalu Closing dengan WhatsApp Business API
5 2 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Chat disini!
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".