Bagaimana meningkatkan traffic organik?

Banyak perusahaan yang membuat atau mencantumkan blog pada situs website mereka. Blog tersebut biasanya bertemakan seputar bisnis yang dijalankan. Salah satu tujuan membuat blog bagi sebuah bisnis adalah untuk meningkatkan pencarian organik situs website mereka. Sehingga akan meningkatkan kunjungan audiens yang bisa menjadi prospek kemudian menjadi pelanggan.

Dalam menciptakan sebuah karya tulis pada blog, ada kalanya penulisnya menemukan kesulitan dalam menentukan kata kunci yang tepat. Kata kunci ini berkaitan erat dengan pencarian organik agar website mendapatkan peringkat awal pada mesin pencari. Sebagaimana yang para pemilik bisnis atau perusahaan harapkan, bahwa ketika audiens mengakses suatu kata kunci tertentu yang berhubungan dengan bisnis mereka, maka perusahaan mereka yang mendapatkan kunjungan pertama.

Dengan menulis blog menggunakan kata kunci yang berkaitan dengan bisnis dan tren kata kunci terkait, maka traffic pengunjung website dapat meningkat. Berikut tips bagaimana menulis blog website bisnis Anda agar traffic meningkat.

Ketahui target audiens Anda

Memahami kebutuhan pelanggan Anda menempatkan Anda di tempat yang bagus untuk melakukan penjualan atau menjalin hubungan. Pastikan produk atau layanan Anda dapat menjawab kebutuhan serta menawarkan solusi kepada mereka. Mengetahui audiens Anda adalah kunci untuk membuat konten blog yang mereka inginkan. Langkah pertama adalah membangun persona pembeli Anda. Anda dapat membuat persona pembeli dari kombinasi riset pasar dan memeriksa data dari pelanggan yang sudah ada. Pada dasarnya, Anda mengidentifikasi audiens target Anda dan memahami keinginan dan kebutuhan mereka untuk menarik mereka dengan lebih baik, sehingga mereka dapat menjadi pelanggan.

Identifikasi kata kunci

Anda bisa mengidentifikasi kata kunci dengan menggunakan alat atau software khusus untuk meneliti kata kunci. Alat penelitian kata kunci mengambil kata kunci dasar, biasanya satu atau dua kata, dan menghasilkan daftar kata kunci berekor panjang yang relevan. Misalnya, pencarian kata kunci untuk “blog” memberikan hasil kata kunci yang mencakup “memulai blog”, “platform blog terbaik”, dan “ide posting blog”.

Saat memilih kata kunci mana yang akan digunakan, pertimbangkan hal berikut:

Volume pencarian

Untuk indikasi yang jelas tentang berapa banyak orang yang memasukkan kata kunci Anda ke mesin pencari, lakukanlah evaluasi volume pencarian. Cara ini dapat membantu Anda mengantisipasi berapa banyak lalu lintas yang tersedia; namun, informasi ini tidak cukup untuk memprediksi potensi keberhasilan kata kunci Anda.

Kesulitan kata kunci

Betapa sulitnya mendapatkan peringkat di halaman pertama untuk pencarian kata kunci tertentu. Semakin tinggi kesulitan yang diberikan, semakin sulit untuk menentukan peringkat dalam hasil pencarian. Lakukanlah evaluasi kesulitan kata kunci dengan volume pencarian.

Maksud dibalik kata kunci

Mengapa orang mencari kata kunci tertentu? Memahami alasan di balik pencarian membantu Anda memutuskan kata kunci mana yang akan digunakan. Dengan sebuah pencarian misalnya seperti “blog”, sulit untuk mengetahui maksud sebenarnya di baliknya. Orang dapat berasumsi bahwa orang tersebut mencari definisi atau platform blogging — setidaknya itulah yang diasumsikan oleh Google. Perbedaan dari “blog” ke “cara menggunakan blog” membuat maksud di balik pencarian lebih jelas, dan memberi Anda kesempatan yang lebih baik untuk memecahkan maksud itu.

Optimalkan postingan Anda menggunakan kata kunci

Setelah Anda memiliki target kata kunci yang, Anda perlu mengoptimalkan postingan Anda menggunakan kata kunci tersebut. Kata kunci Anda akan harus tersebar pada bagian-bagian berikut:

SEO title tag

Ketika konten Anda muncul di halaman hasil mesin pencari, tag Judul SEO sering kali menjadi hal pertama yang diperhatikan. Tag judul muncul sebagai nama halaman web dan dapat diklik ke tujuan tautan. Tidak ada batasan panjangnya; namun, Google hanya menampilkan hingga 70 karakter di SERP-nya. Jika tag judul SEO Anda lebih panjang dari 70 karakter, atur ulang kata-katanya untuk memasukkan kata kunci di awal.

URL

URL bukanlah lokasi paling kritis untuk kata kunci, tetapi merupakan salah satu tempat pertama kata kunci Anda muncul. Ini adalah indikator lain untuk Google dan pengunjung blog Anda dari subjek konten Anda. URL tidak hanya muncul di bagian atas halaman web di bilah alamat, tetapi juga muncul di bawah Tag Judul SEO di SERP.

Deskripsi meta

Kata kunci yang Anda pilih akan muncul di deskripsi meta. Juga ditampilkan di SERP, deskripsi meta adalah teks yang ditemukan di bawah URL. Ini menggabungkan menggunakan kata kunci dan memikat pembaca Anda dengan deskripsi yang layak untuk diklik.

Judul artikel

Judul halaman setelah pembaca mengklik konten Anda adalah judul artikel. Bertujuan untuk menggunakan kata kunci Anda di sini sealami mungkin. Jika Anda masih menemukan variasi yang canggung, ulangi judul Anda sambil menjaga sebanyak mungkin kata kunci tetap utuh.

Subjudul

Sebelum pembaca berkomitmen untuk semua konten di halaman web, mereka akan membaca sekilas. Menggunakan subpos memudahkan untuk mencerna informasi dalam waktu singkat. Sertakan kata kunci dalam subjudul untuk membantu pengunjung mengevaluasi seberapa relevan konten Anda bagi mereka.

Judul gambar dan Alt text

Jangan meremehkan pentingnya mengoptimalkan gambar dengan kata kunci. Gambar adalah salah satu cara orang menemukan konten Anda. Saat menyimpan gambar untuk posting blog Anda, gunakan kata kunci Anda di judul. Tempat terkait gambar kedua untuk menggunakan kata kunci Anda adalah di teks alternatif. Teks alternatif menjelaskan gambar Anda dan digunakan untuk membantu membuat konten Anda dapat diakses oleh penyandang disabilitas. Ya, teks alternatif Anda harus menggunakan kata kunci Anda, tetapi harus cukup deskriptif jika gambar Anda tidak dapat dilihat.

Badan konten

Kepadatan kata kunci adalah berapa kali kata kunci Anda muncul di konten dan sering diwakili oleh persentase. Tidak ada jumlah target untuk ini. Sebaliknya, buat konten Anda dengan mempertimbangkan pembaca dan kata kunci Anda. Setelah itu, kunjungi kembali konten Anda dan lihat apakah Anda dapat menambahkan kata kunci secara alami tanpa isian kata kunci. Sebagai permulaan, usahakan untuk memasukkan kata kunci Anda setiap 100-200 kata.

Buatlah konten baru yang berkualitas

Peringkat di mesin pencari adalah tentang persaingan. Anda mungkin bertanya, “bagaimana cara saya berperingkat lebih tinggi,” tetapi pertanyaan Anda yang sebenarnya adalah “bagaimana cara saya berperingkat lebih tinggi dari yang lain?” Menarik audiens target Anda dan mengoptimalkan posting Anda berdasarkan kata kunci Anda perlu dilakukan bersamaan dengan membuat konten berkualitas untuk mengalahkan pesaing Anda.

Ratusan, jika bukan ribuan, ide, didaur ulang di internet saat ini. Masalahnya belum tentu idenya tapi eksekusinya. Menulis konten tentang “cara menggunakan blog” bukanlah masalah, tetapi membentuknya agar terlihat seperti setiap posting blog yang bersaing. Mesin pencari memprioritaskan konten segar dan berkualitas. Hasilkan beberapa ide blog dan tulis sesuatu yang baru. Jika subjeknya tidak baru, bawalah ide dan perspektif baru untuk meningkatkan kualitasnya.

Tingkatkan kualitas dan kredibilitas konten Anda dengan tautan

Penggunaan tautan yang tepat dapat meningkatkan konten Anda di SERP dan kredibilitas Anda sebagai sumber daya. Saat membuat konten, perhatikan interlink dan backlink.

Interlink

Saat Anda membuat konten, anggap itu sebagai menggambar peta. Anda mengarahkan pembaca Anda ke mana mereka harus pergi selanjutnya. Arahkan mereka dengan interlink. Interlinking adalah ketika Anda menautkan ke artikel lain yang relevan di situs Anda. Manfaat paling signifikan dari ini adalah menjaga pengunjung di situs web Anda lebih lama. Ini juga meningkatkan kualitas konten Anda dengan memberi pembaca sumber daya tambahan untuk melengkapi pengetahuan mereka.

Saat menyiapkan interlink, perhatikan teks tautan jangkar Anda. Itu muncul sebagai teks yang dapat diklik yang disorot sebagai tautan. Menggunakan teks identik untuk tautan masuk tertentu di situs Anda dapat berdampak negatif pada SEO Anda. Variasikan penggunaan kata dan frasa Anda saat menghubungkan ke halaman web yang sama.

Backlink

Tautan balik meningkatkan kredibilitas. Tautan balik adalah tautan dari satu situs web ke situs web lainnya, dan semakin banyak tautan balik yang Anda miliki, semakin kredibel situs web Anda tampaknya — bagi orang lain dan mesin telusur. Jika konten Anda tertaut ke situs web lain, perusahaan itu memiliki tautan balik dari Anda. Jika situs web lain menautkan ke konten Anda, Anda memiliki tautan balik dari mereka.

Bagaimana Anda membuat situs web Anda prima untuk backlink? Buat konten yang dapat ditautkan. Akan selalu ada kebutuhan untuk menautkan ke konten berkualitas, dan ini bisa berupa posting blog, infografis, video, survei, atau lainnya.

Publikasikan secara teratur

Terakhir, publikasikan postingan Anda. Bergantung pada seberapa sering Google dan mesin telusur lain memindai situs Anda, mungkin perlu beberapa hari atau lebih lama agar laman Anda diindeks dan muncul di penelusuran Google. Tip sederhana untuk memasukkan halaman Anda ke mesin pencari lebih cepat adalah mempublikasikan lebih sering. Ketika Google melihat bahwa sebuah situs diperbarui setiap hari, itu akan memindai situs lebih teratur.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".