Mudah Dapatkan Centang Hijau WhatsApp

Dalam dunia bisnis yang semakin kompetitif, memiliki kehadiran online yang kuat adalah kunci untuk mencapai kesuksesan. Salah satu cara yang sangat efektif untuk membangun kredibilitas dan kepercayaan pelanggan adalah dengan mendapatkan centang hijau di WhatsApp Business Anda.

Apakah Anda merasa frustrasi karena pesan-pesan bisnis Anda tidak mendapatkan respons yang diharapkan? Atau mungkin Anda mencari cara untuk meningkatkan reputasi bisnis Anda melalui WhatsApp? Jika ya, Anda berada di tempat yang tepat.

Dalam artikel ini, kami akan membagikan berbagai tips dan trik untuk membantu bisnis Anda mendapatkan centang hijau di WhatsApp. Dengan mengikuti langkah-langkah yang kami berikan, Anda dapat meningkatkan interaksi dengan pelanggan, membangun kepercayaan, dan memastikan bahwa pesan-pesan bisnis Anda diperhatikan oleh audiens target.

Yuk, baca artikel ini sampai selesai dan jangan lewatkan kesempatan untuk memahami rahasia di balik centang hijau dan mengoptimalkan penggunaan WhatsApp Business Anda.

Barantum Penyedia WhatsApp Business API Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di Indonesia

Apa Itu Centang Hijau WhatsApp?

Centang hijau pada akun bisnis WhatsApp menandakan akun resmi yang sudah terverifikasi. Setelah mendapatkan centang hijau, WhatsApp telah memverifikasi bahwa nomor telepon dari kontak ini sudah menjadi milik dari akun bisnis yang bersangkutan.

Apa Manfaat Centang Hijau WhatsApp?

Dengan mengaplikasikan centang hijau WhatsApp, Anda dapat memperoleh berbagai manfaat. Manfaat tidak hanya meningkatkan kepercayaan customer, namun juga mampu membangun kredibilitas akun bisnis Anda di mata customer. Berikut beberapa manfaat centang hijau WhatsApp:

  • Membangun tingkat kredibilitas bisnis dengan modal yang tidak terlalu tinggi.
  • Mengurangi sifat keraguan terhadap para customer. Hal ini karena akun bisnis sudah terverifikasi centang hijau menjadi salah satu tanda penting untuk perusahaan resmi dan terpercaya.
  • Pengaplikasiannya semakin mudah jika dihubungkan dengan CRM, seperti Barantum. Dengan begitu, keseluruhan pesan customer dari berbagai saluran komunikasi dapat terlihat dalam satu platform.
  • Meningkatkan penjualan dan branding secara mudah dan gratis. Perusahaan secara otomatis muncul ke dalam kolom komentar yang ada di dalam pesan customer.

Berapa Lama Waktu Verifikasi Centang Hijau WhatsApp?

Dalam proses verifikasi, rentan waktu setiap bisnis untuk mendapatkan centang hijau berbeda-beda. Hal tersebut karena pihak WhatsApp memerlukan waktu untuk proses verifikasi.

Pada umumnya proses tersebut memakan waktu 1-2 hari kerja. Namun, tidak menutup kemungkinan centang hijau WhatsApp baru diberikan hingga satu minggu lebih.

WhatsApp secara resmi memiliki semua hak dalam memberikan centang hijau tersebut untuk akun WhatsApp Business. Jika aplikasi ditolak, WhatsApp tidak memiliki opsi untuk mengajukan banding untuk setiap pengajuan centang hijau. Kita dapat melakukan pengajuan ulang sesuai jeda yang diatur oleh WhatsApp, yaitu 30 hari setelah pengajuan ditolak.

Jenis bisnis yang tidak diizinkan mendapatkan centang hijau WhatsApp

  • Produk tembakau
  • Narkoba
  • Bisnis perjudian
  • Alkohol
  • Bisnis senjata
  • Penjualan hewan
  • Porno & prostitusi
  • Layanan kencan
  • Cryptocurrency (mata uang digital)

Tips dan Trik Dapatkan Centang Hijau WhatsApp

Dalam mendapatkan centang hijau WhatsApp, tips dan trik dapatkan centang hijau WhatsApp yang bisa Anda lakukan, yaitu memenuhi seluruh syarat dan kriteria pengajuan centang hijau. Berikut syarat yang harus Anda patuhi untuk mendapatkan centang hijau WhatsApp.

1. Memiliki akun bisnis, bukan akun pribadi

Syarat utama untuk mendapatkan centang hijau di WhatsApp adalah akun yang Anda miliki adalah akun bisnis. Hingga saat ini WhatsApp belum menyediakan centang hijau untuk akun pribadi. Oleh sebab itu, jika Anda masih menggunakan akun pribadi, otomatis tidak bisa mendapatkan centang hijau.

Cara beralih ke akun bisnis sangat mudah. Anda hanya perlu mencadangkan data agar data tidak hilang. Lalu, Anda unduh WhatsApp Business dan verifikasi nomor ponsel Anda. Setelah itu, Anda memasukkan nama bisnis dan mengatur profil bisnis.

2. Perusahaan berbentuk CV/PT

Sepeti yang telah dibahas pada poin pertama, syarat mendapatkan centang hijau, yaitu perusahaan Anda sudah berbentuk CV atau PT. Hal tersebut karena hingga saat ini centang hijau WhatsApp hanya diperuntukkan untuk akun perusahaan bukan untuk akun pribadi/personal.

3. Autentik

Artinya, akun bisnis yang terdaftar merupakan akun asli dan dapat dipercaya.

4. Akun WhatsApp dan Facebook Business harus terverifikasi

Verifikasi akun menjadi syarat mutlak dari WhatsApp untuk bisa mendapatkan centang hijau. Dengan melakukan verifikasi inilah menjadi upaya WhatsApp untuk yakin itu Anda. Bukan peniru yang mencoba menyalin akun Anda.

Cara untuk verifikasi dapat dilakukan dengan menambahkan informasi lain yang valid. Salah satunya, dengan mempunyai website yang berguna ketika ada proses pengecekan bahwa itu benar Anda dan bukan orang lain. Perlu diperhatikan, nomor telepon yang terdapat pada website harus sama dengan nomor yang didaftarkan untuk akun WhatsApp.

Selain itu, Anda perlu memastikan bahwa akun Facebook Business Anda juga telah terverifikasi.

5. Populer atau dikenal dan benar adanya

Cara mendapatkan centang hijau di WhatsApp Business, yaitu dengan memastikan bisnis Anda memang benar adanya dan bukan untuk penggunaan pribadi. Oleh sebab itu, tidak heran jika proses verifikasinya cukup panjang.

Akun bisnis Anda pun perlu memiliki engagement dan harus aktif agar WhatsApp menilai akun bisnis Anda sebagai akun yang terpercaya. Tidak hanya itu, brand perusahaan Anda harus populer atau terkenal di masyarakat.

6. Rutin melakukan blast WhatsApp

Dengan melakukan blast WhatsApp, akun bisnis Anda menjadi terlihat aktif. Anda bisa melakukan blast WhatsApp secara rutin per minggu. Dengan WhatsApp Business, diperkirakan Anda bisa melakukan blast sekitar 1.000 per minggunya.

Namun, pastikan blast WhatsApp sesuai dengan produk/jasa Anda dan sesuaikan jumlah pengiriman blast WhatsApp agar akun Anda tidak dianggap spam.

7. Memiliki website resmi

Dalam verifikasi akun Anda, website menjadi salah satu hal yang harus perusahaan Anda miliki. WhatsApp akan melakukan pengecekan website perusahaan saat proses mendapatkan centang hijau WhatsApp. Oleh sebab itu, pastikan informasi website Anda sudah sesuai dengan perusahaan. Termasuk nomor telepon perusahaan harus sama dengan nomor yang didaftarkan untuk mendapatkan centang hijau WhatsApp.

8. Memperbanyak artikel di online atau situs berita (blog, liputan, press release, dll)

Sebaiknya Anda menggunakan website yang telah dibuat semaksimal mungkin. Hal itu bisa dengan posting artikel di website Anda.

Di samping mem-publish artikel di website, Anda juga bisa membuat artikel di blog, liputan media ataupun membuat press release. Anda bisa bekerja sama dengan media untuk upload artikel tentang bisnis Anda.

9. Menaikkan traffic, SEO, dan SERP website

Kenaikan traffic menandakan bahwa bisnis Anda sering dicari oleh masyarakat. Dengan begitu, dapat diasumsikan bahwa bisnis Anda telah dikenal oleh masyarakat.

Namun, Anda juga perlu melakukan evaluasi dan peningkatan SEO dan SERP website. Hal ini agar website bisnis Anda dapat muncul di pencarian utama sehingga bisnis Anda pun makin terkenal. Tidak hanya itu, perusahaan yang Anda jalankan pun harus sesuai dengan ketentuan WhatsApp.

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

Bagaimana Cara Mendapatkan WhatsApp Centang Hijau?

Cara memiliki lencana centang verifikasi di WhatsApp yaitu dengan mengajukan melalui pihak yang sudah diberi kepercayaan oleh pihak WhatsApp. Serta dengan membuat akun Facebook bisnis manager. Cara agar WhatsApp centang hijau adalah sebagai berikut:

1. Daftarkan Melalui Pihak Ketiga, Barantum

Cara pertama silakan lakukan mendaftarkan akun WhatsApp untuk mendapatkan lencana centang melalui platform solusi bisnis (BSP), misalnya Anda bisa bekerja sama dengan BSP terpercaya, yaitu Barantum.

Barantum akan membantu untuk menghubungkan bisnis Anda dengan Meta atau WhatsApp dengan memberikan akses ke Barantum untuk:

  • Mengelola akun WhatsApp Business
  • Menyambungkan akun WhatsApp Business dengan WhatsApp Business API (WhatsApp Centang Hijau)
  • Mengelola pesan di kotak masuk WhatsApp Business
  • Menganalisis data di WhatsApp Business

Dengan memberikan akses kepada Barantum nantinya bisa membantu dalam proses pengajuan mendapatkan lencana centang hijau.

2. Membuat dan Verifikasi Facebook Business

Cara kedua yaitu membuat akun Facebook Bisnis. Silakan buat profil di Facebook Business selengkap mungkin. Silakan siapkan nama, nama bisnis, alamat email dan informasi lainnya yang menggambarkan bisnis anda.

Anda bisa mengunjungi situs di sini untuk mendaftar sebagai akun Facebook Business Manager. Jika Anda bingung untuk cara membuatnya, tim Barantum dapat membantu bisnis Anda untuk membuat Facebook Business.

Dokumen wajib yang perlu dimiliki untuk verifikasi Facebook Business Manager:

a. Legalitas perusahaan: surat izin usaha perdagangan (SIUP), tanda daftar perusahaan (TDP), nomor induk berusaha (NIB), nomor pokok wajib pajak (NPWP)
b. Tagihan perusahaan: tagihan air, listrik, rekening koran
c. Website

3. Berikan ID Facebook Business Kepada BSP

Cara ketiga, yaitu dengan menyerahkan ID Facebook Business Manager Anda kepada BSP WhatsApp, Barantum. Anda bisa mengirimkan ID melalui email ke Barantum dan tim Barantum akan melanjutkan proses pengajuan WhatsApp centang hijau.

4. Setujui Pengiriman Pesan Dari BSP, Barantum

Selanjutnya, silakan berikan izin atau menyetujui permintaan pengiriman pesan melalui menu Pengaturan Bisnis lalu masuk ke opsi Permintaan dan silakan Terima Permintaan.

5. Proses Verifikasi

Setelah melakukan serangkaian cara di atas, cara selanjutnya yakni proses verifikasi bisnis, kebijakan dan nama tampilan. Anda bisa melakukan proses verifikasi melalui menu Pengaturan Bisnis, lalu pilih opsi Pusat Keamanan kemudian lakukan proses verifikasi dengan cara ketuk Mulai Verifikasi.

Berikutnya, Barantum akan melakukan pengajuan WA Centang Hijau yang akan dinilai oleh Meta dan hasil keputusan tersebut mutlak berada di Meta.

Namun, jangan khawatir, jika bisnis Anda belum disetujui mendapatkan WhatsApp Centang Hijau, staf profesional Barantum akan tetap membantu Anda sampai mendapatkan verifikasi centang hijau tersebut.

Jadi tunggu apalagi, jika kamu tertarik untuk mendapatkan trust atau kepercayaan segera hubungi tim Barantum untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan mengisi form di bawah.

Dapatkan Sekarang!


Barantum Penyedia WhatsApp Business API Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di Indonesia

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".