Keuntungan Terverifikasi Centang Hijau WhatsApp untuk Bisnis

Akun yang terverifikasi centang hijau WhatsApp menjadi impian sebagian besar pebisnis. Hal itu karena menunjukkan bahwa akun bisnis mereka dapat dipercaya sehingga memudahkan dalam melakukan promosi.

Melakukan promosi di media sosial, misalnya WhatsApp bukan menjadi hal yang mudah. Namun, bukan berarti menjadi hal yang sulit. Dibutuhkan strategi promosi yang tepat untuk membuat pelanggan percaya pada bisnis Anda. Dan, salah satu hal yang bisa Anda lakukan, yaitu mendaftarkan akun bisnis Anda untuk mendapatkan centang hijau.

Mengapa banyak pebisnis yang menginginkan centang hijau WhatsApp dan apa keuntungan yang bisa didapatkan dari hal tersebut? Yuk, simak sam-sama penjelasannya berikut ini.

Pengertian Centang Hijau WhatsApp

Centang hijau pada akun bisnis Whatsapp menandakan akun resmi yang sudah terverifikasi. Setelah mendapatkan centang hijau, WhatsApp telah memverifikasi bahwa nomor telepon dari kontak ini sudah menjadi milik dari akun bisnis yang bersangkutan.

Mengapa Perusahaan Menginginkan Centang Hijau?

Cara mendapatkan centang hijau di WhatsApp kini banyak dicari. Hal itu karena centang hijau dapat berpengaruh terhadap peningkatan kepercayaan dari pelanggan. Tak hanya itu, nomor WhatsApp yang sudah ada centang hijau berarti sudah terverifikasi keasliannya dan kredibilitasnya.

Aadanya centang hijau di WhatsApp pun dapat meningkatkan reputasi nama merk bisnis Anda. Sehingga hal tersebut berdampak pada peningkatan jumlah penjualan. Melihat adanya centang hijau di sebelah nama perusahaan Anda, membuat pelanggan bisa percaya penuh bahwa akun tersebut bukan penipuan.

Berbeda halnya jika akun WhatsApp Business Anda tidak memiliki centang hijau, umumnya lebih banyak masyarakat yang lebih waspada saat menerima pesan dari akun Anda. Terlebih, jika dalam perusahaan Anda memiliki banyak nomor WhatsApp untuk menghubungi pelanggan. Selain pelanggan bingung mengirimkan pesan ke nomor yang mana karena saking banyaknya dan mengurangi kenyamanan pelanggan Anda.

Mengapa Perlu Centang Hijau WhatsApp?

Anda sebagai pelaku bisnis harus benar-benar menyadari betapa pentingnya mendapatkan centang hijau di WhatsApp. Berikut ini beberapa alasan kenapa mendapatkan centang hijau di WhatsApp begitu penting dan wajib untuk akun bisnis yang Anda miliki.

  1. Platform chat messenger nomor 1 dan terbesar di Indonesia
  2. Mayoritas masyarakat dan 90% pelanggan Anda pasti menggunakan WhatsApp
  3. Meningkatkan kredibilitas akun bisnis Anda
  4. Memudahkan pelanggan untuk mengenali akun bisnis Anda
  5. Dapat meningkatkan rasa kepercayaan pelanggan pada bisnis Anda
  6. Mampu meningkatkan rasa aman bagi pelanggan untuk bertransaksi dengan bisnis Anda, dan
  7. Meningkatkan reputasi bisnis Anda dimata pelanggan.

Keuntungan Centang Hijau WhatsApp Untuk Bisnis

Dengan mengaplikasikan centang hijau WhatsApp, Anda dapat memperoleh berbagai keuntungan dalam menjalani bisnis. Keuntungan tersebut tidak hanya meningkatkan kepercayaan customer, namun juga mampu membangun kredebilitas akun bisnis Anda di mata customer. Berikut beberapa keuntungan centang hijau WhatsApp:

  • Membangun tingkat kredibilitas bisnis dengan modal yang tidak terlalu tinggi.
  • Mengurangi sifat keraguan terhadap para customer. Hal ini karena akun bisnis sudah terverifikasi centang hijau menjadi salah satu tanda penting untuk perusahaan resmi dan terpercaya.
  • Meningkatkan penjualan dan branding secara mudah dan gratis. Perusahaan secara otomatis muncul ke dalam kolom komentar yang ada di dalam pesan customer.
  • Pengaplikasiannya semakin mudah jika dibuhungan dengan CRM, seperti Barantum. Dengan begitu, keseluruhan pesan customer dari berbagai saluran komunikasi dapat terlihat dalam satu platfrom.

WhatsApp Business Solution Provider

Berikut penjelasan masing-masing keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

1. Meningkatkan kredibilitas perusahaan

Sebagai akun yang telah terverifikasi resmi oleh WhatsApp, adanya centang hijau ini membuat kepercayaan dan kredibilitas perusahaan Anda di mata pelanggan pun meningkat.

2. Meningkatkan penjualan

Dampak dari meningkatnya kepercayaan pelanggan Anda secara langsung berhubungan dengan meningkatnya penjualan bisnis Anda. Mengapa? Karena pelanggan Anda tidak ragu untuk membeli produk atau menggunakan jasa bisnis Anda.

3. Memperkuat branding

Centang hijau akan tercantum di sebelah nama perusahaan Anda saat mengirimkan pesan WhatsApp kepada pelanggan. Dengan begitu, pelanggan akan mengingat nama perusahaan Anda saat berkomunikasi. Seiring semakin banyaknya pelanggan yang mengetahui perusahaan Anda, maka branding perusahaan pun semakin kuat.

4. Terintegrasi CRM

Centang hijau Anda bisa terintegrasi oleh aplikasi CRM. Dengan begitu, Anda akan menjadi lebih efektif dan mudah dalam mengatur pelayanan dan promosi bisnis dengan laporan penjualan yang bisa dilihat secara real time.

Cara Centang Hijau WhatsApp

Cara memiliki lencana centang verifikasi di Whatsapp yaitu dengan mengajukan melalui pihak yang sudah diberi kepercayaan oleh pihak Whatsapp. Serta dengan membuat akun Facebook bisnis manager. Namun, perlu diperhatikan bahwa centang hijau WhatsApp dikhususkan hanya untuk akun bisnis, bukan akun pribadi/personal.

1. Daftarkan Melalui Pihak Ketiga

Cara pertama silahkan lakukan mendaftarkan akun Whatsapp untuk mendapatkan lencana centang melalui platform solusi bisnis (BSP). Salah satu platform tersebut yaitu Barantum.

Sehingga nantinya dari pihak ketiga tersebut akan membantu anda untuk menghubungkan bisnis anda dengan Whatsapp Business API. Dan berikan akses ke pihak ketiga untuk :

  • Mengelola akun Whatsapp Business
  • Menyambungkan akun Whatsapp Business dengan Whatsapp Business API
  • Mengelola pesan di kotak masuk Whatsapp Business
  • Menganalisa data di Whatsapp Business

Dengan memberikan akses kepada pihak ketiga nantinya bisa membantu dalam proses pengajuan mendapatkan lencana centang hijau.

2. Membuat dan Verifikasi Facebook Business

Cara kedua yaitu membuat akun Facebook Bisnis. Silahkan buat profil di Facebook Business selengkap mungkin. Silahkan siapkan nama, nama bisnis, alamat email dan informasi lainnya yang menggambarkan bisnis anda.

Anda bisa mengunjungi https://business.facebook.com/overview untuk mendaftar sebagai akun Facebook Business Manager.

Dokumen wajib yang perlu dimiliki untuk verifikasi Facebook Business Manager:

a. Legalitas perusahaan: surat izin usaha perdagangan (SIUP), tanda daftar perusahaan (TDP), nomor induk berusaha (NIB), nomor pokok wajib pajak (NPWP)
b. Tagihan perusahaan: tagihan air, listrik, rekening koran
c. Website

3. Berikan ID Facebook Business Kepada BSP

Cara ketiga yaitu dengan menyerahkan ID Facebook Business Manager anda kepada BSP yang dipercaya oleh pihak Whatsapp. Anda bisa mengirimkan ID melalui Email ke pihak ketiga yang telah diberi kepercayaan oleh Whatsapp.

4. Setujui Pengiriman Pesan Dari BSP

Cara keempat silahkan berikan izin atau setujui permintaan pengiriman pesan kepada pelanggan. Anda dapat menyetujui permintaan pengiriman pesan melalui menu Pengaturan Bisnis lalu masuk ke opsi Permintaan dan silahkan Terima Permintaan.

5. Proses Verifikasi

Setelah melakukan serangkaian cara di atas, cara selanjutnya yakni proses verifikasi bisnis, kebijakan dan nama tampilan. Anda bisa melakukan proses verifikasi melalui menu Pengaturan Bisnis, lalu pilih opsi Pusat Keamanan kemudian lakukan proses verifikasi dengan cara ketuk Mulai Verifikasi.

Barantum, Official WhatsApp Bisnis Partner

Untuk mendaftar centang hijau WhatsApp, Anda bisa bekerja sama dengan mitra resmi WhatsApp. Di Indonesia, salah satu mitra resmi WhatsApp yang terpercaya, yaitu Barantum. Staf profesional Barantum akan membantu akun bisnis Anda mendapatkan centang hijau WhatsApp dengan mudah.

Jadi tunggu apalagi, jika kamu tertarik untuk membuat bisnis lebih mudah dan mendapatkan trust atau kepercayaan yang baik dari pelanggan segera hubungi tim Barantum untuk berkonsultasi lebih lanjut mengenai bisnismu di sini.

register whatsapp api barantum

Rekomendasi Artikel

  1. Apa itu WhatsApp API ? Semua yang perlu Anda ketahui tentang WhatsApp API
  2. Jangkau Pelanggan Lebih Luas Dengan WhatsApp Bisnis API
  3. Berapa Harga WhatsApp API dan Manfaat Penggunaannya?
  4. Optimalkan Customer Journey Bisnis Anda dengan WhatsApp API
  5. Beragam Fitur CRM yang Terintegrasi dengan WhatsApp Business API
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Chat disini!
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".