Tips Mempertahankan Kepuasan Pelanggan Dengan Aplikasi CRM

crm indonesia bagi kepuasan pelanggan

CRM Indonesia

Memberikan pengaruh yang luar biasa terhadap Kepuasan dan loyalitas pelanggan yang merupakan faktor kunci untuk menentukan kesuksesan dalam bisnis retail. Sebagai pengusaha retail, tentu saja kita tidak hanya ingin mendapatkan pelanggan yang baru, namun juga harus mempertahankan pelanggan kita yang ada saat ini.

Mencari calon konsumen baru tentunya sangat membutuhkan cukup banyak effort atau usaha dan juga biaya dari pada mempertahankan pelanggan sudah kita miliki sekarang. Supaya konsumen kita tidak pindah ke lain hati yang ada di toko lain, Kita harus sanggup membuat para konsumen yang sudah ada dan menjadi pelanggan tetap agar selalu merasa puas terhadap barang, produk atau jasa layanan yang Kita berikan. Nah…caranya gimana? Dalam artikel ini akan kami bagikan beberapa tips yang juga tim barantum lakukan untuk mempertahankan kepuasan dan loyalitas pelanggannya.

 

tingkatkan performa karyawan

1. Tingkatkan Performa Karyawan Anda

 

Bila Anda mempunyai Toko Fisik, ini adalah langkah penting bagi Anda untuk membuat langkah ini. Karyawan Anda adalah brand Anda. Bila Anda mau supaya brand Anda terkenal oleh banyak orang dengan cerminan yang baik dan positif, maka Anda harus menunjukan bahwa karyawan Anda juga sama baiknya.

Sebagai pemilik usaha, Anda wajib memberikan pelatihan kepada karyawan Anda agar dapat bekerja secara profesional. Anda harus melatih karyawan Anda agar dapat bersikap ramah kepada konsumen Anda, kepuasan konsumen terhadap pelayanan karyawan Anda akan membuat mereka lebih cepat melakukan keputusan pembelian ulang.

 

follow up sales leads

2.  Follow Up Konsumen Anda

 

Anda mau agar konsumen Anda menjadi Pelanggan tetap Anda bukan? Jika itu yang Anda inginkan, maka sebaiknya Kita tidak boleh membiarkan mereka begitu saja begitu mereka telah selesai melakukan pembelian. Anda harus selalu terhubung pada pelanggan Anda, contohnya; Anda bisa mengirim pesan terima kasih lewat pesan elektronik dan bisa juga mengajukan survey kepuasan pelanggan kepada mereka dengan memberikan penilaian pada pelayanan karyawan Anda atau Produk Anda.

 

kualitas produk

3. Optimalkan Product Quality

 

Kita bisa dengan sekejap kehilangan pelanggan kita yang sudah ada, apabila mereka tidak puas terhadap produk Anda. Itulah kenapa follow up penting dilaksanakan, karena hal ini dapat membuat Anda mengetahui apakah mereka puas terhadap produk-produk Anda. Dan sebaiknya kita jangan menjadi kecewa apabila kemudian konsumen kita memberikan nilai yang kecil terhadap kualitas produk Kita, karena dengan demikian kita bisa tahu produk mana yang harus kita tingkatkan kualitasnya.

 

crm indonesia marketing campaign barantum

4. Buat Kegiatan Program Pemasaran

 

Adakan kegiatan positif sebagai bagian dari program pemasaran. Ajak konsumen Kita untuk ikut dalam sebuah program kampanye yang positif. Konsumen tidak hanya ingin membeli produk, tetapi mereka akan senang bila mereka bisa menjadi bagian dari masyarakat yang peduli pada isu-isu sosial atau lingkungan. Sebagai contoh, Anda bisa menjual produk Anda sambil mengkampanyekan program Go Green dengan menghentikan pemakaian plastik dan menggantinya denganreusable bag. Anda juga bisa bekerja sama dengan yayasan tertentu dan mengajak mereka untuk melakukan donasi.

 

loyalty campaign crm indonesia barantum

5. Buat Program Loyalitas

 

Buatlah atau rencanakan kegiatan kampanya program loyalitas pelanggan. Program seperti ini sudah banyak dipakai oleh bermacam – macam bisnis retail di Indonesia. Maksud dan tujuan program ini yaitu untuk memberikan hadiah atau bonus kepada mereka yang menjadi pelanggan loyal / setia kita yang sering dan tetap membeli produk-produk Anda. Anda bisa memberikan mereka kartu keanggotaan dan memberikan poin apabila mereka melakukan transaksi. Dengan poin ini nanti bisa ditukar dengan voucher dan juga diskon. Anda pun bisa menawarkan program loyalitas berjenjang, misal; Pelanggan yang statusnya Premium Member atau Platinum, atau VIP kemungkinan kesempatannya untuk mendapatkan diskon lebih banyak dan juga akses yang lebih cepat ke produk-produk khusus.

 

crm indonesia barantum thankyou messages

6. Kirim Pesan Personal

 

Banyak yang menganggap bahwa hal ini menyulitkan atau merepotkan, namun perusahaan retail besar bahkan banyak yang melakukan cara ini untuk mempertahankan pelanggan mereka. Simpan data pelanggan Anda di dalam sistem. Data ini yang akan digunakan sebagai rujukan ketika Anda mengirim SMS atau email untuk memberitahukan promos terbaru atau program terbaru dari produk-produk baru Anda kepada pelanggan, mengingatkan mereka untuk kembali berbelanja pada Anda, memberikan ucapan selamat ulang tahun atau ucapan terima kasih.

 

social media crm indonesia

7. Gunakan Social Media

 

Pelanggan Kita sangat mungkin butuh momen-momen tertentu bila ingin membeli produk Kita. Kamu perlu memberitahu mereka untuk kembali membeli produk Anda. Selain melalui pesan elektronik berupa SMS atau email, Kamupun bisa melakukan customer retention dengan menggunakan Social Media.

Seorang penulis dari The New Influencers, berkata bahwa konsumen akan lebih percaya pada apa yang mereka lihat di media sosial dibandingkan dengan iklan produk televisi atau telepon. Pelanggan Kita sangat mungkin menghabiskan waktunya lebih banyak di media sosial daripada untuk menonton televisi dan lainnya. Tetaplah terhubung dengan mereka dengan menyediakan layanan konsumen melalui media sosial.

Biarkan konsumen Anda untuk mengirimkan pertanyaan mereka melalui media sosial. Anda pun bisa memuat konten tentang produk yang baru dan juga berbagai bentuk promosi pada social media. Yang bikin jadi llebih seru lagi yaitu, Kitapun juga dapat membuat suatu kompetisi dengan hadiah yang menarik yang juga melibatkan konsumen Kita dalam media sosial seperti Instagram atau Facebook.. Pelanggan loyal Anda atau konsumen setia kita tentunya tidak mau kehilangan kesempatan emas ini.

Untuk membantu mempertahankan kepuasan dan loyalitas konsumen Anda, Anda bisa mempertimbangkan menggunakan sistem aplikasi crm atau  sistem manajemen pelanggan yang sangat populer di kalangan pengusaha dan juga pebisnis retail. Aplikasi crm indonesia ini akan membantu Kita melakukan semuanya dengan mudah, mengirim pesan secara masal atau personal, mencatat setiap percakapan dengan pelanggan Anda, mempercepat konversi prospek menjadi pelanggan, dan masih banyak lagi.

In this article

Join the Conversation

16 − nine =