Hal yang wajib Dimiliki Manajemen Bisnis Restoran Agar Berkembang

infographic restoran CRM indonesia barantum

 

Seperti halnya perkembangan CRM Indonesia, bisnis restoran pun semakin berkembang. Pada umumnya sekarang ini bisnis restoran membutuhkan teknologi untuk mempermudah kegiatan operasional sehari-hari dan agar kinerjanya menjadi lebih efisien. Yang paling memberikan keuntungan tersebut  adalah dengan memanfaatkan perangkat lunak. Ada beberapa perangkat lunak dari jenis dan fungsinya yang akan memberikan manfaat besar bagi bisnis restoran.

 

 

Berikut ini adalah 7 sistem aplikasi yang wajib dimiliki manajemen restoran:

 

CRM indonesia untuk restoran

Aplikasi CRM dan Marketing Automation

 

Memberikan bentuk penghargaan kepada pelanggan, adalah salah satu cara terbaik untuk membangun hubungan yang baik dengan pelanggan setia Anda. Berilah mereka promo khusus, voucher atau diskon dan sebagainya. Hal ini akan meningkatkan kepuasan pelanggan dan terutama dapat meningkatkan juga penjualan Anda. Karena Anda tidak kehilangan pelanggan dan pelanggan lama Anda yang setia dan loyal akan melakukan Repeat Order. Anda bisa memakai sistem Aplikasi CRM dan Marketing Automation untuk membantu Anda mencari tahu siapa saja pelanggan setia Anda. Lihat info tentang Aplikasi CRM buatan barantum.com disini : CRM Indonesia

 

sistem pos restoran barantum

Sistem POS (Point of Sales)

 

Tidak di pungkiri masih banyak bisnis restoran tradisional yang memakai mesin kasir untuk alat bertransaksi. Tapi, tidak sedikit juga bisnis restoran yang memilih untuk menggunakan sistem POS (Point of Sales). Dibanding menggunakan mesin kasir, sistem POS mempunyai lebih banyak fitur dan fungsi, diantaranya yaitu memberikan pilihan kepada pelanggan melakukan berbagai metode pembayaran. Jadi tidak di sanksikan lagi kalau sistem ini tak hanya membantu pihak restoran, namun juga sangat berguna bagi pelanggan sehingga mereka bisa melakukan pilihan pembayaran sesuai keingginan mereka. Pelajari lebih lanjut Apa itu sistem POS

digital menu restoran

Sistem Menu Digital

 

Salah satu aplikasi yang wajib dimiliki oleh restoran adalah software Menu Digital . Software ini memungkinkan pelanggan memesan makanan melalui tablet yang disediakan pada meja customer, sehingga dapat langsung memesan tanpa bantuan pelayan. Hal ini akan mempermudah kerja pelayan restoran. Tak hanya itu, setiap makanan dan minuman yang dipesan akan langsung muncul di layar dapur sehingga staf dapur akan langsung memproses makanan. Fungsi lainnya yang dimiliki oleh sistem menu digital ini adalah nomor meja. Hal ini akan menurunkan resiko kesalahan pada saat mengantarkan pesanan ke meja.

sistem kitchen display

Kitchen Screen / Kitchen Display

 

Ketika pelanggan restoran melakukan konfirmasi pesanan dalam daftar makanan yang dipesan melalui menu digital, list pesanan akan langsung muncul pada Kitchen Screen atau layar dapur. Melalui Kitchen Screen staf dapur dapat langsung melihat informasi tersebut dan juru masak (Chef / Koki) akan langsung membuat makanan sesuai dengan pesanan. Kitchen Screen dilengkapi dengan beragam fitur yang dapat mempermudah tugas koki. Misalnya, setiap menu makanan dilengkapi dengan target durasi waktu pembuatannya. Dengan begitu, sang juru masak dapat memperkirakan berapa banyak waktu yang ia butuhkan agar makanan selesai tepat waktu.

 

inventory management

Sistem Inventaris

 

Manajemen restoran tidaklah lengkap apabila tidak mempunyai sistem perangkat lunak untuk inventaris. Sistem ini merupakan salah satu sistem yang vital dalam bisnis restoran. Disamping untuk mengelola stok makanan dan juga aset asset restoran, sistem manajemen inventaris juga dapat mengurangi resiko terjadinya penarikan kembali makanan. Dengan sistem ini, Anda juga dapat memperkirakan menu apa yang menjadi favorit atau yang paling sering dipesan pelanggan dan juga Anda bisa memilih atau memisahkan stok baru dan lama, sehingga makanan terhindar dari penyebaran bakteri dari produk yang sudah melebihi masa kadaluarsa.

 

sistem accounting restoran

Sistem Akuntansi

 

Hampir semua jenis bisnis harus mempunyai sistem akuntansi, tidak terkecuali bisnis restoran. Sistem akuntansi tidak hanya bisa membantu penggunanya untuk mengetahui berapa jumlah keuntungan atau rugi, tetapi juga dibutuhkan untuk mengelola keuangan secara keseluruhan seperti operasional, gaji karyawan, invoice, dan juga pajak.

Itulah sistem perangkat lunak / software yang harus di implementasikan oleh setiap manajemen restoran. Ingin mengembangkan bisnis Anda? Konsultasikan dengan tim Barantum.com perusahaan pengembang software aplikasi CRM terbaik di Indonesia dan penyedia layanan Call Center dengan sistem cloud. Dengan menggunakan aplikasi CRM yang dapat di kustomisasi, layanan support yang cepat sehingga ketika Anda membutuhkan bantuan akan selalu dapat diselesaikan dengan segera, dan fitur yang lengkap akan menjadikan bisnis Anda mendapatkan profit yang maksimal dengan kinerja yang efisien. Anda bisa mencoba contoh aplikasi CRM berikut ini Aplikasi CRM terbaik selama 14 hari gratis dengan full fitur.

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".