Ketahui Cara Top Up WhatsApp Official Barantum

Kaget melihat penagihan tiap bulannya untuk biaya komunikasi pesan di WhatsApp? Jangan khawatir, kini Barantum hadir dengan sistem prabayar untuk mempermudah Anda dalam mengatur dan mengetahui pengeluaran biaya tiap percakapan WhatsApp secara real-time.

Untuk mempermudah pengguna sistemnya, Barantum, yang mengkhususkan diri sebagai solusi untuk berbagai kebutuhan bisnis kembali menghadirkan inovasi baru di mana Barantum menerapkan sistem prabayar, yaitu Top Up Saldo WhatsApp Official. Sehingga mempermudah Anda dalam mengisi saldo WhatsApp dan mengirim pesan ke pelanggan.

Cara top up saldo WhatsApp pun sangat mudah dan praktis. Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui langkah demi langkah pengisian atau top up saldo WhatsApp secara detail. Jadi, baca artikelnya sampai habis ya!

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

Apa itu Top Up Saldo WhatsApp Business Official di Barantum?

Top Up Saldo WhatsApp Business Official di Barantum adalah fitur pengisian saldo yang akan digunakan untuk pembayaran tiap sesi pesan komunikasi pada channel WhatsApp di layanan BarantumChat. Sehingga Anda dapat mengetahui berapa biaya yang Anda keluarkan tiap memulai sesi chat secara real-time. Dengan begitu, Anda dapat mengatur anggaran bisnis dengan lebih baik.

Sebagai contoh, Anda menerapkan anggaran untuk promosi melalui WhatsApp Blast senilai 5 juta per bulan. Dengan anggaran tersebut, Anda menjadi lebih bisa melihat secara real-time biaya yang dikeluarkan saat mengirim pesan promosi ke pelanggan dalam sekali kirim.

Dikombinasikan dengan penggunaan CRM, Anda bisa melihat berapa banyak yang merespons pesan promosi Anda di dalam satu halaman terpusat. Sehingga mempermudah Anda dalam melakukan analisis apakah promosi Anda berhasil atau tidak. Selain itu, juga mengetahui apakah target pelanggan sudah tepat atau belum. Jadi, mempercepat evaluasi dan mengatur strategi kembali untuk melakukan pengiriman pesan promosi yang selanjutnya.

Apa Manfaat Penggunaan Fitur Top Up Saldo WhatsApp Business Official?

Dengan Anda bisa melakukan top up saldo WhatsApp, Anda bisa mendapatkan keuntungan, di antaranya:

1. Memudahkan pengelolaan pengeluaran

Manfaat pertama, fitur Top Up Saldo WhatsApp di Barantum dapat membantu Anda dalam mengelola pengeluaran yang terkait dengan biaya pengiriman pesan ke pelanggan. Anda bisa mengatur jumlah saldo yang di-top up sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

2. Meningkatkan efisiensi

Selanjutnya, Top Up Saldo WhatsApp di Barantum menggunakan teknologi pembayaran digital. Sehingga Anda bisa melakukannya kapan pun saat Anda memerlukannya.

3. Mempermudah analisis dan evaluasi

Manfaat lainnya, laporan pengeluaran biaya sesi pesan WhatsApp yang mendetail di Barantum mempermudah Anda untuk menganalisis antara berapa biaya yang dikeluarkan dan pendapatan yang dihasilkan. Sehingga mempercepat evaluasi bisnis untuk mencapai strategi bisnis terbaik dalam meningkatkan pendapatan bisnis.

Bagaimana Cara Isi Top Up Saldo WhatsApp di Barantum?

Adapun cara mengisi Top Up Saldo WhatsApp, sebagai berikut:

  1. Pertama, masuk ke akun CRM Anda dan menuju ke laman BarantumChat.login CRM barantum
  2. Selanjutnya, masuk ke  BarantumChat, pilih menu Integration -> lalu pilih dan klik WhatsApp. Lalu, pilih dan klik nomor yang ingin Anda top up saldonya.step top up saldo wa
  3. Langkah berikutnya, pilih dan klik Top-up Saldo -> lalu klik +Top Up Saldo.step top up saldo wa
  4. Lalu akan muncul pop up berisi pilihan pengisian nominal saldo WhatsApp. Pilihlah nominal pengisian saldo yang diinginkan. Anda juga bisa mengatur secara manual jumlah pengisian saldo pada kolom Nominal Top Up Saldo. Namun, perlu diingat bahwa jumlah minimal pengisian saldo, yaitu Rp500.000. Lalu, klik Lanjutkan.step top up saldo wa
  5. Selanjutnya, pilih dan klik Proses Pembayaran. Pastikan nominal yang Anda masukkan sudah sudah benar sebelum melanjutkan ke proses pembayaran.step top up saldo wa
  6. Berikutnya, akan muncul detail informasi pembayaran. Periksa kembali ringkasan detail informasi, jika sudah tepat, klik Go to Payment.step top up saldo wa

    Perlu diingat, batas waktu pembayaran yaitu 24 jam. Jadi, sebaiknya Anda segera melakukan pembayaran. Karena jika dalam batas waktu 24 jam Anda tidak melakukan pembayaran, transaksi yang Anda lakukan otomatis gagal.

  7. Setelah itu, salin virtual account number. Berikutnya, lakukan pembayaran sesuai metode pilihan transaksi Anda.

    step 6

  8. Saldo Anda berhasil terisi saat transaksi pembayaran berhasil.

Penggunaan Saldo WhatsApp di Barantum

Penggunaan saldo WhatsApp ini digunakan untuk tiap memulai sesi pesan di WhatsApp, berikut contoh penggunaannya:

1. WhatsApp Broadcast (Blast)

Pertama, untuk mengirim WhatsApp Broadcast. Template pesan WhatsApp Broadcast memiliki biaya yang berbeda-beda berdasarkan kategori WhatsApp yang Anda pilih.

Per 1 Juni 2023 lalu, Meta menetapkan perubahan biaya di kategori template WhatsApp terbaru dengan rincian sebagai berikut:

Kategori pengiriman pesan

  • Marketing: Rp600 per satu nomor dalam 24 jam sesi pesan dengan nomor Indonesia.
  • Utility: Rp300 per satu nomor dalam 24 jam sesi pesan dengan nomor Indonesia.
  • Authentication: Rp440 per satu nomor dalam 24 jam sesi pesan dengan nomor Indonesia.

Kategori penerimaan pesan

  • Service: Rp275 per satu nomor dalam 24 jam sesi pesan dengan nomor Indonesia.

Sehingga perbedaan harga bisa dipengaruhi oleh dua hal, yaitu kategori template WhatsApp dan nomor telepon negara yang digunakan.

Penjelasan lebih lengkap mengenai kategori dan biaya WhatsApp Business API bisa Anda simak pada artikel berikut -> Biaya & Harga WhatsApp Business API Terbaru [April 2023].

Saat ingin mengirimkan WhatsApp Broadcast, akan muncul tagihan biaya yang akan dipotong dari saldo yang Anda miliki. Anda hanya bisa mengirimkan template Broadcast tersebut jika saldo WhatsApp Anda mencukupi.

Namun, jika saldo Anda ternyata tidak cukup, secara otomatis Anda tidak bisa melakukan WhatsApp Broadcast ke pelanggan dan diharuskan untuk mengisi ulang saldo.

2. Membalas Pesan Pelanggan

Kedua, saldo akan terpotong saat Anda membalas pesan dari pelanggan. Perlu diketahui, Anda baru akan dikenakan biaya saat Admin membalas pesan pelanggan. Jadi, jangan khawatir bagi Anda yang mungkin terkadang menemukan pesan spam dari pelanggan. Pesan pelanggan yang masuk tersebut belum akan dikenakan biaya jika Anda tidak membalas pesannya.

Pastikan saldo Anda cukup untuk memulai sesi pesan dengan pelanggan, ya. Terkait nomor pelanggan yang melakukan spam, Barantum memiliki fitur Blacklist Number di mana Anda bisa memblokir nomor pelanggan yang Anda anggap spam. Namun, jangan khawatir, Anda bisa membuka blokir nomor tersebut kembali jika dibutuhkan.

Penjelasan mengenai fitur Blacklist Number ini bisa Anda baca lebih detail di artikel ini -> Pertama di Indonesia, Ini Keunggulan Fitur Blacklist Number Barantum.

Sama halnya seperti melakukan Broadcast WhatsApp, jika saldo Anda tidak mencukupi untuk memulai sesi chat dengan pelanggan, Anda perlu mengisi saldo WhatsApp kembali.

Namun, jangan khawatir, isi ulang saldo bisa dilakukan kapan saja karena mengisi saldo WhatsApp di Barantum menggunakan transaksi digital. Sehingga mempermudah dan mempercepat dalam melakukan transaksi.

Atur Strategi Pengeluaran Bisnis Anda Yang Lebih Baik Sekarang!

Pada dasarnya, diterapkan fitur ini untuk mempermudah Anda dalam melakukan strategi perencanaan keuangan bisnis. Karena tiap bisnis memiliki aturan dan strategi masing-masing dalam jumlah pengeluaran biaya.

Oleh sebab itulah Barantum menerapkan fitur Top Up Saldo WhatsApp Business API ini untuk mempermudah Anda dalam mengisi saldo WhatsApp yang disesuaikan dengan rancangan pengeluaran bisnis.

Selain menjadi Mitra Resmi WhatsApp yang tepercaya, Barantum selalu berusaha menjadi solusi bisnis yang efektif untuk membantu mengatasi kendala bisnis di semua sektor industri.

Jadwalkan Demo

Segera jadwalkan demo dengan tim kami dan dapatkan gambaran bagaimana Barantum bisa membantu bisnis Anda.

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".