Layanan Pelanggan Lebih Efisien dengan WhatsApp Automation

WhatsApp automation banyak digunakan berbagai sektor bisnis. Hal ini karena fitur tersebut mampu meningkatkan layanan pelanggan. Apakah Anda salah satunya?

Perlu Anda ketahui bahwa WhastApp automation tidak hanya fitur autoreply saja. Namun, ada fitur yang lebih canggih yang mampu menrespons pesan pelanggan terlihat secara natural. Fitur tersebut adalah Chatbot. Chatbot hanya bisa Anda dapatkan jika Anda telah meng-upgrade WhatsApp Business Anda menjadi WhatsApp Business API.

Bagi Anda yang tertarik ingin mengetahui manfaat dan cara mendapatkan WhastApp automation ini, yuk baca artikel ini sampai selesai!

Apa Itu WhatsApp Automation?

WhatsApp automation adalah salah satu fitur WhatsApp Business yang berfungsi untuk membalas pesan otomatis. Dengan adanya fitur ini pelanggan dapat menghubungi bisnis kapanpun yang mereka inginkan. Sekalipun jam operasional bisinis sudah berakhir.

Mengapa Bisnis Perlu Menggunakan WhatsApp Automation?

Bisnis perlu menggunakan WhatsApp automation karena mampu membuat operasional bisnis lebih efektif. WhatsApp automation mampu meningkatkan efisiensi kinerja agen dalam merespons pelanggan hingga 33%. Sehingga banyak pelanggan yang mampu ditangani oleh bisnis dan mengurangi risiko pesan tidak terbalas.

Apa Manfaat WhatsApp Automation?

Adapun manfaat fitur WhatsApp automation lainnya, yaitu:

1. Responsif

Manfaat fitur WhatsApp automation yang pertama, yaitu pelanggan bisa mendapatkan respons dari bisnis dengan cepat. Sehingga pengalaman dan kepuasan pelanggan terhadap layanan bisnis Anda pun meningkat.

2. Hemat biaya

Manfaat dari fitur automation yang kedua, yaitu mampu menghemat biaya pengeluaran bisnis. Dengan fitur WhatsApp automation, Anda tidak terlalu banyak membutuhkan agen Customer Service ataupun mengeluarkan biaya lembur karyawan agar mereka menyelesaikan kerjaan balas pesan pelanggan.

3. Mendekatkan Hubungan Bisnis dan Pelanggan

Manfaat selanjutnya dari fitur WhatsApp automation, yaitu mampu membangun percakapan responsif dan proaktif dengan pelanggan. Salah satunya dengan fitur greeting message untuk menciptakan kedekatan hubungan dengan pelanggan. Dengan demikian, hubungan bisnis dan pelanggan menjadi lebih dekat.

4. Mudah Mengumpulkan Feedback Pelanggan

Manfaat lainnya dari fitur WhatsApp automation, yaitu mempermudah agen mengumpulkan feedback (umpan balik) pelanggan. Jadi, bisnis memiliki data yang valid terkait kepuasan pelanggan agar mempercepat proses evaluasi bisnis. Sehingga bisnis dapat meningkatkan mutu dan kualitas layanan pelanggan atau produknya.

5. Penjualan Meningkat

Manfaat fitur WhatsApp autoreply berikutnya, yaitu mampu meningkatkan penjualan bisnis. Karena sebagian besar pelanggan mendapatkan informasi dan solusi yang cepat secara otomatis. Sehingga bisnis meraih kepuasan pelanggan yang maksimal dan reputasi yang baik. Dengan reputasi bisnis yang baik dapat menjadi kesempatan untuk menambah jumlah penjualan yang lebih besar.

6. Keamanan Data Terjamin

Manfaat fitur WhatsApp automation yang terakhir, yaitu kemanan data percakapan antara Anda dan pelanggan terjamin. WhatsApp dilengkapi keamanan enkripsi end-to-end encryption dimana semua pesan yang masuk dan keluar dijamin kerahasiaannya. Sehingga hanya pelanggan dan bisnis saja yang dapat melihat isi percakapan.

Bagaimana Cara Menggunakan WhatsApp Automation?

Terdapat 2 cara yang bisa Anda lakukan untuk menggunakan WhatsApp Automation, yaitu:

1. Menggunakan WhatsApp Business

Cara pertama untuk menggunakan WhatsApp Automaton, yaitu dengan menggunakan WhatsApp Business. Aplikasi WhatsApp Business ini bisa Adna dapatkan secara gratis di Play Sotre atau App Store. Dengan aplikasi ini memungkinkan Anda mengatur pesan informasi saat Anda sedang offline (di luar jam kerja) dan akan segera menghubungi pelanggan saat online kembali.

2. Menggunakan WhatsApp Business API

Cara kedua untuk menggunakan WhatsApp Automation, yaitu dengan meng-upgrade akun WhatsApp Business Anda menjadi WhatsApp Business API. WhatsApp Business API (atau disebut WABA) merupakan aplikasi yang lebih canggih dibandingkan WhatsApp Business standar. Dilengkapi fitur tambahan yang mampu meningkatkan 89% agen merespons pesan pelanggan. Fitur automation di dalam WABA ini tidak hanya autoreply saja, namun Anda juga bisa menggunakan fitur Chatbot. Sehingga Anda dapat terhubung dengan pelanggan Anda sepanjang waktu sekali pun di luar jam kerja.

Bagaimana Cara Mendapatkan WhatsApp Automation?

Berikut langkah-langkah menggunakan fitur WhatsApp Automation dari WhatsApp Business API:

1. Daftarkan Bisnis Anda ke BSP WhatsApp Terbaik, Barantum

Barantum BSP WhatsApp Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di Indonesia
Langkah pertama untuk mendapatkan dan menggunakan fitur WhatsApp automation dari WhatsApp Business API adalah mendaftarkan bisnis Anda pada BSP WhatsApp Resmi, Barantum.

2. Lakukan Verifikasi Akun Facebook Business Manager Anda

Verifikasi Facebook Business Manager

Langkah selanjutnya, Anda perlu melakukan verifikasi akun Facebook Business Manager. Sebagai BSP WhatsApp resmi yang terbaik dan terpercaya, Barantum akan membantu Anda untuk mendapatkan verifikasi di Facebook Business Manager Anda.

Proses ini penting untuk membuktikan bahwa bisnis Anda adalah bisnis yang sah dan resmi. Untuk melakukan proses verifikasi, Anda hanya perlu menyiapkan dokumen seperti:

  • Nama Perusahaan
  • URL Website
  • Email Domain
  • SIUP/NIB/NPWP bisnis

3. Implementasi dan Training Penggunaan Fitur WhatsApp API

Integrasi WhatsApp CRM Barantum

Hal yang perlu dilakukan selanjutnya, yaitu proses implementasi. Karena Anda telah memilih Barantum sebagai partner BSP WhatsApp Anda, Barantum akan membantu untuk proses implementasi yang dibutuhkan untuk bisnis Anda, seperti implementasi flow chatbot, office hour, multi-agent dan sebagainya.

4. Fitur WhatsApp Business API Siap Digunakan

Barantum BSP WhatsApp Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di Indonesia

Fitur WhatsApp automation pada WhatsApp Business API siap digunakan. Pastikan bahwa Anda dan karyawan telah mengerti cara penggunaannya yang tepat. Sehingga operasional bisnis pun semakin meningkat.

Bagaimana Cara Menggunakan WhatsApp Automation Pada WhatsApp Business API?

Setelah Anda menggunakan WhatsApp Business API, Anda dapat memiliki akses fitur Chatbot, salah satu WhastApp automation yang digemari pebisnis. Berikut cara menggunakan Chatbot pada WhatsApp Business API:

1. Membuat alur percakapan WhatsApp automation, Chatbot

centang hijau whatsapp

Setelah Anda memiliki WhatsApp Business API, Anda bisa membuat alur percakapan chatbot sesuai dengan keinginan dan kebutuhan bisnis Anda. Masukkan informasi yang sering ditanyakan. Dengan begitu pertanyaan pelanggan secara otomatis dapat langsung terjawab.

2. Uji coba chatbot

Setelah membuat alur percakapan chatbot, tidak ada salahnya Anda melakukan uji coba terlebih dahulu dan melihat hasil format balasan yang sebelumnya Anda atur ke dalam sistem. Dengan begitu, Anda dapat memastikan semua balasan benar.

Dapatkan WhatsApp Automation Terbaik Sekarang!

Barantum BSP WhatsApp dan Mitra Resmi WhatsApp Terbaik di Indonesia

Dapatkan kemudahan dan tingkatkan performa bisnis Anda dalam memberikan pelayanan terbaik pada pelanggan dengan fitur WhatsApp automation di WhatsApp Business API dari Barantum sebagai Official WhatsApp Partner dan BSP Terbaik di Indonesia. Yuk, daftar sekarang!

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

Rekomendasi Artikel

  1. Centang Hijau WhatsApp: Syarat, Manfaat dan Cara Mendapatkannya
  2. Manfaat Centang Hijau (Verified Badge) WhatsApp API
  3. Cara Membuat Chatbot WhatApp Dengan Mudah
  4. WhatsApp Business API Untuk Tingkatkan Layanan Pelanggan
  5. Cara Mudah Membuat dan Mendapatkan WhatsApp Bot

Daftar Untuk Uji Coba Gratis!


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Daftar Sekarang