Transformasi Digital Menggunakan CRM

Pernahkah Anda mendengar istilah “beradaptasi atau mati”? Nyatanya istilah tersebut benar adanya dalam berbagai hal. Termasuk dalam berbisnis. Jika Anda mengamati kondisi bisnis saat ini, banyak bisnis yang tidak mampu bertahan. Hal tersebut disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya akibat adanya transformasi digital. Lalu, bagaimana cara Anda untuk beradaptasi di era transformasi digital? Jawabannya, yaitu dengan menggunakan CRM!

CRM merupakan strategi pengelolaan hubungan antara pelanggan dan bisnis yang bertujuan untuk memelihara dan membangun komunikasi yang baik. Sehingga menghasilkan banyak pelanggan loyalitas dan mampu menyederhanakan operasional bisnis hingga meraih penjualan yang optimal.

Tentu Anda menyadari bahwa kemajuan teknologi di era transformasi digital ini membuat bisnis berbondong-bondong untuk memberikan informasi lebih cepat dibandingkan kompetitor. Tidak hanya itu, dalam memberikan pelayanan pelanggan pun, bisnis berusaha untuk merespons pelanggan dengan cepat. Karena kebutuhan masyarakat yang menginginkan informasi dengan cepat dan segera tidak dapat dipungkiri lagi.

Dengan solusi CRM-lah Anda mampu menjawab persoalan bisnis tersebut. Mengapa bisnis perlu menggunakan CRM di era transformasi digital? Yuk, simak dalam artikel berikut ini!

Bagaimana Cara Menghadapi Transformasi Digital?

Untuk menghadapi trasnformasi digital ini, hal pertama yang perlu Anda lakukan, yaitu mengubah mindset atau pola pikir. Tidak semua orang dapat cepat beradaptasi dalam perubahan. Termasuk pada transformasi digital ini.

Masih ada sekelompok orang yang menolak keberadaaan transformasi digital. Dampaknya, mereka tidak mampu untuk mengikuti perkembangan zaman yang ada. Oleh sebab itu, pola pikir yang tepat dalam dirilah yang mampu membuat Anda mampu menghadapi transformasi digital.

Sebagai contoh, pada staf perusahaan yang sudah berumur, terkadang sulit untuk mengikuti perkembangan digital saat ini. Sehingga adapula yang menolak saat perusahaan memakai sistem terbaru untuk mempermudah bisnis. Penyebabnya, tak lain karena pola pikirnya yang menganggap bahwa sistem tersebut akan menyulitkan pekerjaannya. Padahal, jika dilihat dari sudut pandang yang berbeda. Adanya sistem mampu mempermudah pekerjaan mereka.

Lalu, bagaimana caranya mengatasi hal tersebut? Jawabannya, yaitu mengubah pola pikir. Anda perlu meyakinkan tim Anda bahwa dengan penggunaan sistem dalam bisnis dapat mempermudah pekerjaan mereka. Pilihlah sistem yang dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan bisnis dan user friendly. Sehingga staf Anda dapat mudah mengoperasikan sistemnya dengan baik.

Tidak hanya itu, Anda bisa memilih penyedia layanan sistem yang turut andil membantu kendala staf saat memakai sistem tersebut, misalnya dengan mengadakan demo training. Salah satu sistem modern yang bisa Anda terapkan dalam bisnis Anda, yaitu sistem CRM.

Tantangan Dalam Implementasi CRM di Era Transformasi Digital

Dalam implementasi CRM di era transformasi digital tentu Anda akan menghadapi tantangan tersendiri. Baik dari sisi staf Anda yang akan menggunakan maupun dari sisi bisnis.

Dari sisi staf, Anda pun kini telah mengetahui kemungkinan tantangan yang dapat dihadapi dalam implementasi CRM. Yaitu, penolakan staf atau mereka tidak ingin menggunakan sistem tersebut.

Dari segi bisnis, kemungkinan tantangan yang dapat Anda hadapi, yaitu biaya dan waktu implementasinya. Bahkan bisa jadi dari sistem CRM yang Anda pilih. Maksudnya, saat Anda menggunakan CRM yang kurang mampu menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda, biaya yang perusahaan keluarkan pun menjadi tidak sebanding dengan pendapatan.

Namun, berbeda halnya jika Anda menggunakan CRM yang tepat untuk bisnis, seperti Barantum, yang mampu dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Maka, pendapatan bisnis pun akan lebih meningkat. Karena aktivitas staf Anda lebih efektif dan mudah dengan menggunakan fitur-fitur dalam CRM.

Di era transformasi digital yang dituntut untuk menjadi terdepan dalam memberikan pelayanan dan penyajian informasi. Tantangan dalam waktu mengimplementasikan CRM pun perlu dipertimbangkan. Oleh sebab itu, pilihlah penyedia jasa CRM yang cepat untuk diimplementasikan, seperti Barantum.

Apa Pengaruh Transformasi Digital Dalam Bisnis?

Sebelum Anda mengetahui alasan mengapa bisnis Anda perlu menggunakan CRM, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa pengaruh transformasi digital dalam bisnis.

Dalam transformasi digital mejadi proses penerapan strategi di berbagai aktivitas bisnis. Hal ini bertujuan untuk mempermudah kinerja bisnis. Dengan memanfaatkan teknologi yang ada, bisnis akan semakin efektif dan produktif. Sehingga menghasilkan penjualan yang optimal.

Namun, transformasi digital mengakibatkan perubahan perilaku masyarakat (pelanggan) yang membutuhkan untuk mendapat informasi dengan cepat. Oleh sebab itu, bisnis perlu cepat tanggap untuk beradaptasi di perubahan perilaku pelanggan ini.

Selain tantangan tersebut, terdapat tantangan terbesar yang dihadapi bisnis, yaitu:

1. Cara mencari pelanggan, kemudian mem-follow up prospek.

2. Bagaimana memprioritaskan aktivitas penjualan.

Nah,  CRM adalah sistem yang bukan hanya akan menyelesaikan masalah utama tersebut. Sistem CRM mampu menangani masalah lain yang tidak kalah penting. Yaitu, mengefisiensikan kinerja staf Anda dan memaksimalkan pelayanan pelanggan bisnis.

Apa Pentingnya Penggunaan CRM Bagi Bisnis di Era Transformasi Digital?

Di transformasi digital, bisnis menerapkan strategi teknologi untuk mempermudah aktivitas/operasional perusahaan. Salah satu teknologi canggih yang dapat Anda gunakan, yaitu software CRM.

Untuk mengimbangi pesatnya informasi dan banyaknya bisnis yang bermunculan saat ini. Bisnis perlu ditunjang dengan teknologi yang mampu mempercepat dan mempermudah kinerja staf Anda. Seperti penggunaan sistem Customer Relationship Management (CRM) ini.

Dengan CRM, data penjualan bisnis akan disimpan secara terpusat dan disajikan dalam format yang mudah diikuti, memungkinkan Anda untuk memantau proses penjualan, kinerja staf dan sebagai hasilnya akan mengoptimalkan penjualan.

Kali ini kami akan menganalisa lebih kepada bagaimana CRM benar-benar meningkatkan penjualan, atau yang lebih penting, mengapa staf penjualan/sales membutuhkan CRM. Lalu, apa itu CRM?

Barantum CRM - Aplikasi CRM Terbaik

Apa Itu CRM?

Aplikasi CRM adalah aplikasi atau software (perangkat lunak) manajemen untuk mengelola hubungan antara bisnis dan pelanggan. Aplikasi ini membantu bisnis membangun hubungan lebih mendalam dengan pelanggan. Hal ini akan mendorong peningkatan layanan pelanggan dan penjualan bisnis sehingga profit bisnis pun akan meningkat.

Penerapan CRM sangat dibutuhkan bisnis di jaman sekarang, agar pelanggan menjadi jauh lebih loyal ke depannya. Sistem CRM juga memudahkan bisnis dalam menyusun strategi yang lebih fokus kepada manajemen hubungan pelanggan untuk mengubah leads menjadi pelanggan yang loyal atau memudahkan sales melakukan penjualan.

Apa Fungsi CRM bagi Bisnis?

Fungsi utama menggunakan CRM, yaitu untuk memudahkan pekerjaan dalam memantau aktivitas penjualan, manajemen data pelanggan, memonitor KPI, melacak aktivitas pelanggan, mengelola pengalaman pelanggan, dan masih banyak lagi.

Berikut fungsi menggunakan CRM terbaik Indonesia:

  • Melacak tim penjualan dan KPI (Key Performance Indicator)
  • Mengelola data kontak pelanggan
  • Mampu meningkatkan retensi pelanggan
  • Dapat meningkatkan kepuasan pelanggan
  • Meningkatkan penjualan
  • Meningkatkan efisiensi kerja
  • Menciptakan kolaborasi tim yang baik
  • Memperoleh laporan dan analisa bisnis yang akurat secara real time
  • Meningkatkan pengalaman pelanggan dengan fitur Omnichannel CRM
  • Memperluas jangkauan pelanggan dengan Whatsapp CRM

Mengapa Bisnis Harus Menggunakan CRM?

Adapun alasan bisnis harus menggunakan CRM, yaitu:

1. Mengelola Data Pelanggan Secara Otomatis

Software CRM dapat mengumpulkan data pelanggan secara otomatis. Data tersebut dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Misalnya melacak minat pelanggan terhadap suatu produk atau jasa, bahan pertimbangan dalam menyusun strategi promosi dan penjualan, dan lain sebagainya.

2. Ruang Penyimpanan Yang Aman

Kehilangan pelanggan potensial merupakan hal dapat terjadi setelah kasus kehilangan data. Tentu peristiwa ini tidak menguntungkan dan dapat merugikan bisnis Anda. Kebutuhan untuk menghindari kejadian seperti itu menjadi alasan kuat mengapa CRM penting untuk bisnis Anda.

CRM membantu staf penjualan/sales dalam menyimpan data kontak, peluang penjualan, kegiatan dan rencana terjadwal di satu tempat, dan memiliki akses tanpa gangguan ke database dari beberapa lokasi. Jangan khawatir, data Anda tidak akan hilang dan aman.

3. Sarana Promosi Terbaik

CRM software dapat Anda manfaatkan untuk sarana pemasaran atau promosi yang efektif. Dimana dengan menggunakan aplikasi CRM berbasis web, Anda bisa mulai menentukan strategi promosi yang tepat sasaran dengan memanfaatkan database pelanggan.

Sistem CRM membantu bisnis untuk memahami perilaku dan kebutuhan pelanggan dengan adanya riwayat aktivitas. Sehingga sales mampu melakukan penawaran yang tepat dan di waktu yang tepat.

4. Membangun Loyalitas Pelanggan

CRM Service memiliki kemampuan untuk melacak dan menangani testimoni pelanggan terkait produk, jasa dan layanan Anda. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan aplikasi CRM Indonesia untuk meminta feedback dari pelanggan. Hal ini berguna untuk strategi membangun kepuasan pelanggan terhadap bisnis Anda.

5. Mengelola Manajemen Penjualan Yang Baik

Penerapan software aplikasi CRM pada perusahaan juga membantu Anda untuk mengelola penjualan dengan baik. Aplikasi CRM memiliki laporan hasil penjualan real time.

6. Mudah Melacak Aktivitas Tiap Staf

Apa Anda mengalami kesulitan dalam memonitor aktivitas tiap staf? Hal itu dapat Anda atasi dengan penggunaan CRM. Secara praktis, CRM dapat menampilkan dan mencatatat secara otomatis setiap aktivitas staf Anda. Sehingga Anda dapat mengukur pencapaian KPI tiap staf dan menilai kinerja staf secara adil dan valid.

7. Pencapaian Target Lebih Cepat

CRM membantu merampingkan seluruh siklus penjualan. Anda dan membantu semua orang di tim untuk mencapai target lebih cepat. Karena pemrosesan order dan menyiapkan penawaran otomatis di CRM, tim penjualan dapat mengurangi biaya produksi dan meningkatkan pendapatan penjualan.

8. Integrasi Dengan Banyak Saluran Komunikasi

Software CRM sangat mudah dihubungkan dengan berbagai saluran bisnis. Misalnya aplikasi chatting seperti WhatsApp Business, media sosial seperti Facebook, Instagram dan sebagainya. Dengan menggunakan download aplikasi CRM berbasis web gratis, pelaku bisnis dapat dengan mudah mengintegrasikan aplikasi-aplikasi tersebut. Hal itu berkat dukungan sistem Omnichannel.

9. Hemat Waktu dan Biaya Pengeluaran

Selanjutnya, penggunaan CRM dapat membantu bisnis menghemat uang dan waktu. CRM membantu bisnis Anda menghemat uang dengan mengotomatiskan tugas-tugas rutin. Misalnya, entri data atau pelaporan, yang jika tidak, akan membutuhkan lebih banyak staf untuk melakukannya. Sehingga menyelesaikan pekerjaan dengan harga yang lebih cepat dan lebih murah. Selain itu, CRM yang multifungsi juga membantu bisnis menghemat uang yang seharusnya mereka habiskan untuk biaya penggunaan software lain.

10. Membuat Laporan Secara Otomatis

Proses mempersiapkan laporan atau presentasi mingguan atau bulanan sebelum rapat manajemen biasanya tidaklah mudah. Namun, dengan CRM, hari ini jauh lebih mudah dan lebih cepat, berkat laporan otomatis, dasbor dan visualisasi yang interaktif dan dapat disesuaikan.

Tiap data yang sudah dimasukkan ke dalam sistem CRM akan diolah dan dapat dilihat laporannya secara real time.

Kesimpulannya, jika diadopsi dan digunakan dengan benar, CRM akan meningkatkan kinerja setiap tim penjualan, dan akan membantu staf penjualan untuk unggul di 4 bidang yang sangat penting bagi bisnis:

– Pentargetan yang lebih baik, sortir dan kualifikasi prospek;

– Menindaklanjuti peluang penjualan secara sistematis dan tepat waktu;

– Memprioritaskan dan merancang kegiatan untuk follow-up dan;

– Meningkatkan jangkauan target lebih cepat.

Namun, peningkatan yang dihasilkan CRM tidak datang dengan cuma cuma tanpa usaha, pemahaman, dan keteguhan dari sisi staf penjualan.

Setiap orang yang berada dalam tim sales harus sepakat dan memahami bahwa dengan menggunakan CRM akan sangat penting bagi keberhasilan mereka.

Selain itu, tim penjualan perlu mensinkronisasikan aktivitas mereka dan memfokuskan pada praktik terbaik. Hal ini akan memastikan hasil pekerjaan yang lebih efektif dengan CRM.

Dapatkan Software Aplikasi CRM Terbaik Sekarang!

Software Aplikasi CRM Terbaik
Software CRM bekerja untuk siapa saja; manajer, tim penjualan, tim pemasaran, perekrutan, layanan pelanggan, dan seluruh tim dalam bisnis Anda. CRM mengatur komunikasi internal perusahaan juga eksternal (terhadap pelanggan), koordinasi antar tim, otomatisasi dan manajemen tugas, pemantauan KPI, dan sebagainya.

Selain itu, CRM memungkinkan Anda menyimpan informasi kontak pelanggan dan prospek, mengidentifikasi peluang penjualan, mencatat masalah layanan, dan mengelola kampanye pemasaran. Juga membuat informasi tentang setiap interaksi pelanggan yang tersedia bagi siapa saja di perusahaan Anda yang mungkin membutuhkannya.

Barantum menyediakan solusi end-to-end dengan fitur Omnichannel yang dapat menghubungkan WhatsApp API dan aplikasi chat lainnya dengan sistem Customer Relationship Management.

Teknologi CRM All-in-One, yang ada dalam Barantum CRM telah membantu ribuan perusahaan dalam mendorong peningkatan kinerja SDM, peningkatan penjualan, memperbaiki produktivitas, serta meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

Barantum CRM - Aplikasi CRM Terbaik

Rekomendasi Artikel

  1. Top 5 Customer Database Management Software Terbaik
  2. Apa itu Customer Service? Pengertian, Tugas dan Jenisnya
  3. Cara Mendapatkan dan Mengelola Database Pelanggan
  4. Jenis Customer Service Yang Perlu Diketahui Oleh Bisnis
  5. Customer Support: Pengertian, Tugas dan Manfaatnya

Daftar Untuk Uji Coba Gratis!


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Daftar Sekarang