ANDA PROFESIONAL SALES, BERAPA MODEL CARA CLOSING ANDA  YANG EFEKTIF

Profesi sales, saat ini menjadi salah satu profesi andalan bagi semua perusahaan. Bukan saja karena kondisi perekonomian   yang belum bangkit secara maksimal. Tetapi juga karena sales adalah salah satu ujung tombak bagi perusahaan dalam meningkatkan revenue bagi perusahaan.

Tidak mudah memang dalam kondisi yang masih belum stabil, seorang sales harus terus melakukan closing penjualan. Tetapi  bukan juga tidak mungkin jika mereka tahu strateginya agar bisa terus menerus melakukan closing. Kenapa,  karena pada dasarnya market atau pasar itu sesuatu yang tidak terbatas. Sehingga produk yang kita pasarkan dalam kondisi apapun masih menyimpan  potensi yang cukup besar untuk di garap.

Namun yang jadi pertanyaan pada profesional sales adalah, bagaimana caranya agar closing itu bisa terjadi terus menerus. Cara atau strateti apa  yang mesti di jalankan agar hasilnya bisa maksimal. Itulah beberapa hal  yang masih menjadi pertanyaan para profesional sales.

Sebenarnya sales itu adalah seni dalam menjual. Dimana setiap orang pasti memiliki cara atau strategi sendiri untuk mendapatkan klien atau customer baru. Tetapi jangan salah, definisi menjual  itu memang bukan hanya kepada customer atau klien  baru. Tetapi klien atau customer lama pun  bisa di prospek agar bisa melakukan pembelian kembali.  Terlebih saat ini dengan adanya integrasi WhatsApp dan CRM makin mempermudah optimalisasi sales dalam menjalankan aktivitasnya.  Karena baik Whatsapp maupun CRM masing-masing memiliki kelebihan dan keunggulan sebagai media untuk meningkatkan revenue bagi perusahaan.

Jika WhatsApp Business API lebih banyak berguna untuk mengoptimalkan komunikasi bisnis antara perusahaan dengan klien atau calon customer. Maka CRM biasa di gunakan untuk pengelolaan database customer dan klien sehingga lebih mudah jika ingin menggunakan data tersebut.

6 STRATEGI  AGAR PROFESIONAL SALES SELALU CLOSING SECARA CONTINYU

Baca juga artikel berikut : STRATEGI MENGINTEGRASIKAN WHATSAPP BUSINESS API UNTUK PELAKU BISNIS

Bicara soal strategi dalam menjual, jika kita buka strategi pemasaran sudah pasti kita akan mendapatkan banyak sekali tips atau strategi dalam menjual. Tetapi  agar bisa menjadi satu perhatian yang mudah, maka berikut kami sajikan 6 strategi jitu dalam melakukan aktivitas sales agar bisa mendapatkan closing.

1.      Model Closing dengan Asumsi

Inti dari teknis ini adalah bahwa kita sebagai penjual seolah tidak memberikan waktu kepada pembeli untuk berfikir. Dengan statement  “ Silakan bapak/ibu tentukan paketnya, nanti kami akan berikan BONUS training penggunaan alatnya tanpa bayar. Dan satu lagi, kami akan  sesuaikan jadualnya dengan waktu telah Bapak/Ibu sediakan.”

2.       Model Closing  dengan Alternatif.

Tidak jauh beda dengan kondisi point :1.  Tetapi bedanya kalau point:2 ini, kita sebagai penjual hanya memberikan alternatif agar pembeli segera menentukan pilihannya dari produk yang  kita tawarkan. Statemennya bisa seperti berikut : “ Tenang  Bapak/Ibu, kesemua paket sudah pasti ada BONUS-nya. Jika  pilih  Paket :1 kami berikan Bonus 2 bulan berlangganan. Paket :2 tentu saja lebih banyak, dengan Bonus 3 bulan berlangganan. Dan Paket:3  Bapak/Ibu tidak perlu repot  untuk memperpanjang kontrak berlangganan. Karena secara otomatis, 1 tahun kedepan paket langganan Bapak/Ibu sudah otomatis kami perpanjang.

3.      Model Closing dengan Batasan Waktu

Dalam kondisi seperti  ini, maka penjual akan memberikan waktu yang terbatas kepada pembeli. Harapannya adalah bahwa si pembeli tidak harus berfikir lama untuk pada akhirnya menentukan pilihan dari produk yang kita  tawarkan. Seperti contoh statemen berikut : “ Bapak/Ibu,  jika anda setuju kami akan berikan BONUS SPESIAL hanya jika Bapak/Ibu membeli hari ini.  Karena kesempatan ini hanya kami batasi hingga pukul 17.00 sore. Dan besok kami sudah memberlakukan kondisi normal. Jadi kesempatan ada di tangan  Bapak/Ibu saat ini saja.

4.      Model Closing dengan Penekanan pada Stock Barang

Hampir sama kondisinya dengan point: 3. Dimana penjual akan sedikit melakukan penekanan kepada pembeli agar segera mengambil keputusan karena penjual mengkondisikan produknya yang  terbatas. Misalnya seperti berikut statemennya : “ Bapak/Ibu kita berikan BONUS spesial ini hanya untuk 50 pembeli pertama hari ini. Dan Bapak/Ibu masuk ke list nomor 45, jika Bapak/Ibu memutuskan beli maka Bonus akan kami keluarkan. Tetapi jika lewat dari list ke-50 artinya Bonus tidak bisa kami berikan.

5.      Model Closing dengan Memberikan semacam Reward.

Terkadang pembeli memang mesti kita berikan beberapa penekanan atau penawaran yang menarik agar segera memutuskan pilihan. Seperti closing dengan reward misalnya, bisa saja kondisi ini hanya bersifat temporary agar pembeli tertarik. Kondisi reward-pun bisa kita sesuaikan dengan kondisi. Seperti statemen berikut : “ Jika  Bapak/Ibu ambil  Paket :1, maka  kami akan berikan 1 Paket Produk terbaru dari kami. Ini sebagai bentuk apresiasi kami kepada  Bapak/Ibu.

6.      Model Closing dengan kondisi Exclusivity

Pembeli adalah raja, inilah salah satu model closing yang perlu disampaikan kepada pembeli yang seperti ini. Dimana kita berharap dengan model closing seperti ini pembeli akan segera memutuskan untuk mengambil produk yang kita tawarkan. Contoh statementnya bisa seperti ini : “ Bapak/Ibu, produk yang saat ini anda pegang adalah produk terbatas.  Karena memang produk khusus dalam 1 produksi. Jadi bila Bapak/Ibu mengambil produk tersebut, maka kami ucapkan selamat karena Bapak/Ibu adalah pembeli yang mendapatkan produk khusus tersebut.

 

WA BUSINESS API, SELAIN BISA SEBAGAI SENJATA SALES, JUGA BISA SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI EFEKTIF JUGA BISA UNTUK MENGELOLA CUSTOMER/ KLIEN

barantum whatsapp business
sumber : kompasiana https:kompasiana/artikel/whatsapp

Setidaknya dari beberapa keunggulan yang bisa di berikan oleh WhatsApp CRM, selain untuk meningkatkan kualitas komunikasi bisnis antara perusahaan dengan customer  baik  customer baru ataupun lama. Juga keunggulan lainnya adalah kemampuan WhatsApp CRM dan WhatsApp Ticketing untuk meningkatkan performance customer dari regular menjadi loyal customer.  Seperti apa  yang coba kami tampilkan berikut ini ;

  1. WhatsApp Business API : Dapat Meningkatkan Performance dari  Manajemen  Sales & Marketing ( karena customer lama dan baru menjadi mudah  untuk di maintenance . Sehingga konsep bisnis berdasarkan Customer Based Oriented bisa di jalankan )
  2. WhatsApp Business  API  : Dapat Meningkatkan  Produktivitas Bisnis (karena integrasi antara CRM & WhatsApp Business API, bisa menjangkau semua divisi yang ada di dalam perusahaan)
  3. WhatsApp Business API   : Dapat Meningkatkan dan Mengubah Kualitas Customer ( Pada saat terintegrasinya CRM dengan WhatsApp Business API, maka perusahaan bisa meningkatkan kualitas customer menjadi Loyal Customer ).

 

 

 

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".