3 STRATEGI MENGOPTIMALKAN “ PENDAPATAN “ DENGAN WHATSAPP BUSINESS API

hubungan pelanggan

3 STRATEGI MENGOPTIMALKAN “ PENDAPATAN “DENGAN WHATSAPP BUSINESS API”

Bicara Whatsapp maka kita bicara soal keunggulan aplikasi bisnis berbasis komunikasi. Kenapa, karena berkat keunggulan fitur yang ada dalam whatsaap itulah yang membuat saat ini pelaku bisnis mengubah strategi komunikasi bisnisnya dengan sistem Whatsapp Business API.

Keunggulan whatsaap memang bukan isapan jempol semata, update teknologi yang di padu dengan kompleksitas fitur yang menarik. Memang membuat user atau mereka yang saat ini menggunakan whatsapp baik yang regular hingga  bisnis merasakan sekali manfaatnya.  Itulah yang membuat perkembangan pengguna whatsapp aktif baik di dunia ataupun di Indonesia terus meningkat.

Ambil contoh untuk Indonesia sendiri, dari 171 juta jiwa ( 64%) penduduk Indonesia sudah menjadi pengguna internet aktif. Dimana dari jumlah tersebut sebesar 83% adalah pengguna  Whatsapp aktif.  Ini jelas mengindikasikan  bahwa saat ini Whatsapp adalah salah satu media komunikasi paling menarik dan atraktif yang ada di Indonesia.

Dasar inilah yang membuat pelaku bisnis/ industri mengalihkan model komunikasi bisnisnya dengan menggunakan whatsapp. Karena  bukan tanpa alasan, dengan mengoptimalkan penggunaan whatsapp segaligus perusahaan  ingin mendapatkan potensial market yang berasal dari para user aktif whatsapp.

 

3 FITUR UTAMA WHATSAPP API JADI ANDALAN PEBISNIS UNTUK MENINGKATKAN REVENUE.

 

Baca juga artikel berikut  : 5 KEUNGGULAN STRATEGIC WA BUSINESS, POTENSI UNTUK MENINGKATKAN REVENUE PERUSAHAAN

Kenapa saat ini persentase pengguna whatsapp business api semakin meningkat. Mungkin hal itu bisa dilihat dari beberapa hal yang mendukung penggunaan whatsapp business api tersebut . Pertama sudah pasti karena belum kondusifnya kondisi ekonomi. Dimana orang masih berusaha menjaga jarak atau mengurangi bertemu untuk urusan bisnis jika bisa diwakilkan dengan pertemuan jarak jauh.

Kedua pelaku bisnis  tidak ingin lagi berandai-andai  untuk mencari aplikasi yang belum terbukti kehandalannya. Sehingga ketika mereka yakin bahwa whatsapp api bisa menjadi solusi maka  mereka segera dengan mudah mengalihkan metode komunikasi bisnisnya ke whatsapp api.

Namun setelah anda menggunakan aplikasi tersebut, sudahkah anda optimalkan aplikasi tersebut agar bisa mendapatkan hasil yang terbaik. Mungkin belum semua pelaku industri tahu cara penggunaanya.

Whatsapp Business Api memiliki setidaknya 3 fitur utama yang cukup menarik. Sehingga ketika anda bisa mengoptimalkan ketiga fitur tersebut maka sudah pasti  peningkatan revenue yang di harapkan bisa terwujud.  Karena ketiga fitur tersebut memang di persiapkan untuk mendukung operasional kerja perusahaan agar bisa lebih optimal.

  1. Coba optimalkan penggunaan FITUR BALAS CEPAT dari WA Business API

Fitur ini memang terbilang menarik, karena  dengan  fitur ini perusahaan dapat dengan cepat  membalas pesan yang masuk dari customer secara langsung.  Sehingga ketika kecepatan membalas bisa di pertahankan sudah barang tentu akan memberikan tingkat kepuasan yang cukup tinggi bagi customer. Cara kerjanya adalah :  Anda hanya perlu mempersiapkan kata kunci ( keyword ) yang selalu menjadi pertanyaan atau komplain customer.  Dengan adanya create jawaban, maka anda bisa dengan mudah menjawab semua pesan yang masuk dengan spesifikasi pesan yang sama dengan  template jawaban tersebut.  Seting fitur tersebut : Bagian Setting – Business Settings – Quick Replies untuk mengaktifkan fitur ini.

  1. Coba pergunakan FITUR ATUR PESAN SAPAAN dari WA Business API.

Fitur  ini cukup menarik, karena bisa di gunakan sebagai  tools untuk menjaga dan mempertahankan kualitas komunikasi perusahaan dengan customer/kliennya. Cara kerjanya adalah : Anda hanya tinggal menentukan kalimat sapaan saja. Sehingga pada saat customer atau calon customer menghubungi anda, maka kalimat sapaan tersebut secara otomatis akan muncul.  Anda juga bisa secara otomatis mengirimkan pesan kepada customer  yang sudah 14 hari tidak komunikasi dan transaksi dengan perusahaan. Sehingga dari situ loyalitas customer akan terwujud. Seting fitur tersebut  : Bagian Setting – Business Setting – Greeting Message untuk mengaktifkan  fitur tersebut.

  1. Coba maksimalkan penggunaan FITUR BROADCAST dari WA Business API.

Dengan adanya fitur spesial ini maka perusahaan bisa melakukan blast pesan kepada semua customer / calon customer yang sudah pernah kontak ke perusahaan. Sehingga dengan aktivitas ini akan semakin mempermudah perusahaan dalam merencanakan strategi marketing yang lebih baik.  Cara kerjanya adalah : Anda bisa menshare atau melakukan blast pesan dengan isinya potongan harga ( discount). Bisa juga dengan mengirimkan pesan promosi produk baru atau segala hal yang berhubungan dengan strategi marketing dan promosi.

WHATSAPP OFFICIAL PARTNER INDONESIA, WUJUD KOMITMEN BARANTUM KEPADA  CUSTOMERNYA

 

lacak pengiriman melalui whatsapp

Barantum memang fokus dalam pengembangan CRM dan Call Center terintegrasi. Sehingga berbagai hal yang memungkinkan customer mendapatkan pengalaman ( customer experience )  menjadi concern tersendiri bagi manajemen Barantum.

Kondisi itulah yang pada akhirnya  membuat Manajemen Barantum melakukan kolaborasi bisnis dengan manajemen whatsapp . Wujud dari Whatsapp Official Partner Indonesia, adalah karena Barantum ingin memberikan service yang pari purna kepada customer/ klien perusahaan.

Komitmen itulah yang pada akhirnya di wujudkan dengan pengembangan produknya yang bernama Whatsapp CRM, Whatsapp Ticketing dalam implementasi Whatsapp Offcial Partner Indonesia.  Kedua fitur terbaru  tersebut saat ini menjadi fitur-fitur yang cukup diandalkan  bagi pengguna Barantum CRM.

Karena Whatsapp CRM dan Whatsapp Ticketing adalah dua hal yang saling berhubungan . dengan kolaborasi Barantum CRM dengan Manajemen Whatsapp Business API. Sehingga continuitas dan peningkatan dalam hal closing customer/ klien baru semakin meningkat. Itulah beberapa keunggulan yang bisa di berikan oleh Manajemen Barantum kepada para pelaku industri/bisnis yang menggunakan aplikasi tersebut dalam operasional bisnisnya di kantor.

  1. Selain itu keunggulan yang bisa di berikan Barantum dengan adanya kolaborasi dengan manajemen Whatsapp sudah pasti akan meningkatkan kualitas customer dari regular customer menjadi loyal custome Whatsapp Business API : Dapat Meningkatkan Performance dari  Manajemen  Sales & Marketing ( karena customer lama dan baru menjadi mudah  untuk di maintenance . Sehingga konsep bisnis berdasarkan Customer Based Oriented bisa di jalankan )
  2. Whatsapp Business  API  : Dapat Meningkatkan  Produktivitas Bisnis (karena integrasi antara CRM & Whatsapp Business API, bisa menjangkau semua divisi yang ada di dalam perusahaan)
  3. Whatsapp Business API   : Dapat Meningkatkan dan Mengubah Kualitas Customer ( Pada saat terintegrasinya CRM dengan Whatsapp Business API, maka perusahaan bisa meningkatkan kualitas customer menjadi Loyal Customer ).

 

.

In this article

Join the Conversation

2 × four =