9 CARA CLOSING TERUS-MENERUS DENGAN WHATSAPP BUSINESS API

crm indonesia barantum

9 CARA CLOSING TERUS-MENERUS DENGAN WHATSAPP BUSINESS API

Saat ini rasanya  tidak ada pelaku bisnis yang tidak tahu soal whatsapp. Sebuah aplikasi komunikasi yang awalnya lebih di utamakan untuk media komunikasi semata. Tetapi ini eksplorasi whatsapp tidak lagi hanya sebatas komunikasi, tetapi sudah menjadi tools terbaik dengan adanya whatsapp business api.

Memang sejak manajemen whatsapp memperkenalkan whatsapp business, kondisinya sudah mengubah pola komunikasi yang ada di kalangan pebisnis. Terlebih saat ini ketika Era  Industri 4.0 dan Era New Normal sudah menjadi satu kondisi yang   tidak bisa di elakan oleh pelaku bisnis.

Fokus mencari media komunikasi yang efisien, cepat, tepat dan berdaya guna jatuh pada aplikasi whatsapp. Itulah yang membuat di dunia saat ini Whatsapp menjadi salah satu media sosial yang perkembangannya sangat pesat. Dari sekadar media social   meningkat menjadi media komunikasi bisnis yang paling menarik.

Dengan begitu besarnya potensi bisnis yang bisa di garap dengan menggunakan whatsapp. Maka menjadi rugi jika pelaku bisnis  tidak bisa atau tidak tahu bagaimana mengoptimalkan penggunaan whatsapp  menjadi tools  yang sangat powerfull guna menunjang aktivitas bisnis.

RAHASIA SUKSES CLOSING DENGAN 9 METODE CLOSING DARI WHATSAPP  BUSINESS API

 

Baca juga artikel berikut  : 3 STRATEGI MENGOPTIMALKAN “ PENDAPATAN “ DENGAN WHATSAPP BUSINESS API

Simple, menarik, berdaya guna dan sudah pasti powerfull itulah beberapa yang bisa kita ucapkan dengan keunggulan whatsapp.  Dengan semua keunggulan tersebut, cobalah anda mulai berfikir untuk mengubah strategi marketing perusahaan anda dengan menggunakan whatsapp business api

Tiap sales pasti ingin dalam bekerja selalu melakukan closing, closing, closing dan closing. Ibarat kata,  bicara dengan sales maka yang ada di benaknya adalah bagaimana hari ini menghasilkan closing.  Nah dengan kondisi itulah, sejatinya mereka bisa memaksimalkan whatsapp sebagai senjata untuk menghasilkan closing.

  1. Strategi Pertama : Buat  Planning per Periode  ( Harian, Mingguan & Bulanan)

Profesional sales harus memiliki planning, bagaimana caranya bisa melakukan closing jika perencanaan saja tidak ada. Oleh  karena itu, dengan bantuan whatsapp  coba buatlah planning per periode.

  1. Strategi Kedua : Tingkatkan jumlah list kontak yang ada di WA anda.

Jika dalam list whatsapp anda sudah ada minimal 500 daftar kontak. Cobalah kembangkan menjadi minimal 2.000 – 3.000 list kontak.  Caranya bisa didapat dari media sosial lain atau anda ikuti group-group yang bisa menjadi sasaran target anda.

  1. Strategi Ketiga : Gunakan konten Edukasi & Script CopyWritter

Ketika anda sudah merasa bahwa whatsapp adalah salah satu tools terbaik anda dalam membuat marketing strategi.  Maka cara terbaik anda adalah dengan melakukan edukasi kepada calon target  yang menjadi sasaran anda. Konten edukasi adalah trik yang paling mudah agar calon target anda bisa tetap stay dalam lingkaran anda.

  1. Strategi Keempat : Jadikan manajemen kontak sebagai media untuk alat kontrol

Mungkin kita bertanya, apakah harus jawabnya harus. Karena ketika list kontak masih 500 masih sedikit. Tetapi bagaimana jika  list kontak sudah mencapai ribuan misal : 1000, 3000, 5000 . Perlu di maintenance agar  tidak hilang dan selalu terupdate.

  1. Strategi Kelima : Optimalkan aktivitas Broadcast List secara periodik

Jangan melakukan broadcast tanpa tujuan  yang jelas, karena hasilnya bukannya optimalisasi order  tetapi justru membuat  list kontak anda menjadi  kurang respect. Cobalah dibuatkan planning yang jelas terutama pada saat  perusahaan melakukan promo-promo. Maka aktivitas broadcast nya menjadi terarah.

  1. Strategi Keenam : Maksimalkan sistem closing sesuai kondisi target

Dengan banyaknya list kontak maka kita bisa golongkan mereka dalam 3 bagian besar target market. Dari mulai cold market, warm market hingga hot market. Sehingga kita bisa merencanakan marketing strategi dengan konten edukasi berdasarkan klasifikasi tersebut.

  1. Strategi Ketujuh : Buatlah sistem operasional Whatsapp

Whatsapp Business API memang sangat bagus untuk dijadikan media komunikasi bisnis. Oleh  karena itu cobalah untuk membuat mekanisme atau sistemisasi pengelolaan wa dari mulai sistem broadcast, sistem share konten, hingga masalah alur kerja funneling yang membuat semua aktivitas mengarah pada tujuan akhir yaitu closing.

  1. Strategi Kedelapan : Fokus pada hasil  yang maksimal

Semua progam marketing strategi memang sebaiknya menghasilkan target yang maksimal. Itulah kenapa, perlu juga memahami cara melakukan konversi bisnis yang baik. Sehingga pada akhirnya konsep alur kerja yang benar dari mulai : list kontak tersimpan, Edukasi target, share promo/teaser, calon buyer mulai muncul/ order mulai berdatangan dan akhirnya buyer secara continyu hadir  dan customer berubah menjadi icon marketing perusahaan.

  1. Strategi Kesembilan : Ulangi terus semua tahapan &  jangan berhenti menambah list kontak

Semua tahapan mesti di lakukan terus menerus, karena keberhasilan itu tidak datang dengan mudah. Jadi tetap lakukan step by step sambil terus menambah jumlah list kontak.

 

WHATSAPP CRM  BISA MEMAKSIMALKAN FUNGSI WHATSAPP BUSINESS API

sumber : kompasiana https:kompasiana/artikel/whatsapp

Semua step yang telah di jelaskan diatas, memang bersifat manual. Intinya perlu adanya satu integrasi sistem agar semuanya bisa berjalan dengan baik dan lancar. Kondisi itulah yang menjadi concern tersendiri bagi Barantum hingga pada akhirnya melakukan kolaborasi dengan manajemen whatsapp menjadi Whatsapp Official  Partner Indonesia.

Konsep   Whatsapp Official Partner Indonesia,  itu memang bukan sekadar janji. Tetapi  Barantum telah melakukan action dengan mengupdate produk Barantum CRM yang menjadi andalan dari Barantum.  Terbukti saat ini Barantum CRM sudah memperkenalkan produk  yang di sebut Whatsapp CRM dan Whatsapp Ticketing.

Kedua produk atau fitur tersebut memang berguna untuk memaksimalkan strategi marketing  yang di jalankan oleh perusahaan. Sehingga 9 cara closing terus menerus dengan menggunakan Whatsapp Business API bisa maksimal dengan dukungan Barantum CRM.

Pada akhirnya dengan adanya kolaborasi Barantum dengan Manajemen  Whatsapp dan membentuk apa yang di sebut Whatsapp Official Partner  Indonesia. Semakin membuktikan   bahwa komitmen Barantum adalah memberikan kemudahan bagi pelaku bisnis agar bisa tetap survive dan meningkatkan performance bisnisnya dari waktu ke waktu.

In this article

Join the Conversation

16 − five =