BISNIS MAKIN LANCAR DENGAN FITUR UNGGULAN DARI WHATSAPP BUSINESS API

fitur whatsapp business api

BISNIS MAKIN LANCAR DENGAN FITUR UNGGULAN DARI WHATSAPP BUSINESS API

Dengan semakin berkembangnya penggunaan Whatsapp dalam komunikasi bisnis, maka saat ini bisa di katakan para pelaku bisnis mulai aktif mengubah komunikasi bisnisnya dengan whatsapp business. Bukan karena mengikuti tren semata,   tetapi karena memang Whatsapp API secara fungsi mampu memberikan  lebih dibanding  media sosial lainnya.

Setidaknya dari apa yang saat ini berkembang, memang kita melihat bahwa Whatsapp  Business API menjadi salah satu andalan para pelaku bisnis. Bukan saja sebagai media komunikasi bisnis semata, tetapi keberadaan Whatsapp Business API telah menjadi salah satu media untuk mengefektifkan strategi marketing dalam sebuah perusahaan.

Yang menarik memang selain populasi penggunaan Whatsapp semakin meningkat. Tidak saja di seluruh dunia tetapi di Indonesia sendiri  perkembangan pengguna aktif whatsapp semakin meningkat.  Dimana  terkait dengan peningkatan penggunaan Whatsapp  Business API yang ada di Indonesia, khususnya  bagi pelaku bisnis adalah karena WA selalu mengupdate perkembangan fitur-fiturnya.

Dimana fitur-fitur tersebut secara jelas mampu memberikan satu keuntungan dan keunggulan bagi pelaku bisnis.  Sebuah fitur  yang mampu mempermudah  kerja divisi Sales dan Marketing agar bisa mengoptimalkan proses kerjanya.

2  FITUR ISTIMEWA DALAM WHATSAPP API,  YANG MEMPERMUDAH KERJA TEAM SALES

 

Baca juga artikel berikut : 9 CARA CLOSING TERUS-MENERUS DENGAN WHATSAPP BUSINESS API

Setidaknya dari beberapa fitur menarik   yang disajikan dalam Whatsapp Business API, terdapat 2 fitur yang sangat penting guna mendukung kesuksesan pelaku bisnis dalam meningkatan revenue bagi perusahaan.

  • Fitur : Messaging Statistics

Secara fungsi kelebihan dari fitur ini adalah, dapat di gunakan pelaku bisnis dalam mengontrol dan meninjau report statistik terkait pesan yang keluar dan masuk dari aplikasi whatsapp seseorang. Dimana report yang akan di hasilkan dari fitur ini adalah sebagai berikut : Report soal jumlah sent, jumlah delivered, jumlah read dan jumlah received.

Dengan adanya report tersebut, maka memudahkan bagi pelaku bisnis untuk melakukan analisa secara mendasar terkait  total jumlah customer / calon customer yang memiliki atensi terhadap produk-produk yang coba kita tawarkan kepada mereka.  Sehingga pada akhirnya dengan adanya analisa  tersebut,  pihak perusahaan akan lebih mudah dalam merencanakan strategi marketing komunikasi yang lebih tepat kedepannya.  Dimana  tujuan akhir yang ingin di capai sudah pasti meningkatkan keuntungan bagi perusahaan.

  • Fitur ; Messaging Tools

Jika fitur sebelumnya lebih memberikan keunggulan dalam hal  yang berhubungan dengan pesan. Maka fitur berikut ini lebih mendetailkan kemampuan dalam menganalisa sebuah pesan.  Terbagi dalam 3 kategori yaitu Away Message, Greeting Message dan Quick Replies.

Penjelasannya Away Message  berfungsi untuk bisa menampung  pesan masuk pada saat jam kantor sudah tutup. Sehingga tidak ada pesan yang tidak tersampaikan ke perusahaan. Konsep fitur ini memang seperti divisi customer, sehingga bermanfaat  untuk melayani customer pada saat kantor sudah tutup.  Sehingga dengan adanya fitur ini customer akan tahu bahwa pesan yang di kirimkannya masuk dan akan menunggu balasan ketika sudah aktif kembali.

Penjelasan Quick Replies berfungsi untuk membalas pesan atau chat  yang masuk dengan model pesan berupa pesan biasa atau berupa pertanyaan. Dengan adanya fitur ini, maka pelaku bisnis bisa mengoptimalkannya dengan membuat berbagai macam jawaban template. Sehingga hal itu akan memudahkan perusahaan dalam menjawab pesan yang masuk dengan kategori pesan yang sama sehingga bisa lebih cepat dan tepat.

Penjelasan Greeting Message biasanya berfungsi untuk memberikan jawaban atau pesan dengan model ucapan menyapa atau memberikan sambutan bagi customer atau calon customer. Dengan fitur ini maka calon customer atau customer merasa senang dengan adanya balasan dari perusahaan secara langsung.  Yang menarik adalah, Greeting Message ini  tidak saja di gunakan untuk calon customer baru, tetapi bagi customer  yang lama  tdak aktif misalnya sudah tidak aktif selama 14 hari. Itulah kenapa fitur  ini sering di jadikan andalan untuk meningkatkan  jumlah customer baru dan meningkatkan kualitas customer lama agar bisa menjadi loyal customer.

Dengan adanya ketiga fitur unggulan tersebut, maka service kepada customer bisa di tingkatkan dan sudah pasti customer  yang ada semakin dimudahkan. Hal ini akan berdampak pada tingkat loyalitas customer kepada perusahaan.

WHATSAPP OFFICIAL PARTNER INDONESIA,  CARA BARANTUM MENSERVICE CUSTOMERNYA

 

integrasi whatsapp api dengan barantum crm

Menjadikan regular customer menjadi loyal customer.  Itulah  upaya yang selalu di maksimalkan oleh  Barantum.  Dimana perusahaan semakin menyadari bahwa mendapatkan  customer baru sudah pasti effortnya lebih besar di bandingkan mempertahankan customer lama.   Itulah yang mendasari pada akhirnya Barantum berusaha semakin concern dalam melayani customernya.

Tidak heran dengan strategi tersebut, customer yang ada  di dalam Barantum justru semakin meningkat.  Sedangkan customer yang ada  makin memberikan kontribusi  yang menguntungkan bagi perusahaan. Seperti terlihat dari statistik berikut : tahun 2018 ( 74 perusahaan), 2019 ( 156 perusahaan) dan tahun 2020 ( 216 perusahaan). Dimana  jumlah    industri yang saat ini di layani oleh Barantum ada sekitar 20-an jenis industri yang ada di Indonesia.

Dengan pencapaian tersebut maka Barantum ingin memberikan apresiasi kepada semua customer yang selama ini mempercayakan  sistem CRM dan Call Canternya kepada Barantum. Sehingga dengan adanya kolaborasi Barantum dengan Manajemen Whatsapp dan membentuk Whatsapp Official  Partner Indonesia makin memperkuat pelayanan perusahaan kepada semua customer yang saat ini menjadi  keluarga besar Barantum.

 

 

 

 

In this article

Join the Conversation

seven + nine =