9 Kendala & Tantangan Bisnis Jika Tanpa Solusi CRM

kendala bisnis tanpa menggunakan crm dan manfaat menggunakan crm

9 KENDALA & TANTANGAN BISNIS BILA TIDAK MENGGUNAKAN SISTEM CRM

Setiap bisnis menghadapi tantangan. Itu hal yang normal. Jika Anda adalah perusahaan yang tidak menghadapi tantangan apa pun, selain selamat, Anda harus menulis buku (atau blog) tentang bagaimana Anda melakukannya dan bisa menghasilkan banyak uang. Sekarang, kembali ke topik. Saat ini banyak bisnis kecil sampai menengah tidak menyadari bahwa solusi CRM dapat mengatasi sebagian besar tantangan tersebut dan memungkinkan bisnis mereka untuk tumbuh dan kemudian terus berkembang.

Artikel ini tidak memberi tahu Anda bahwa Aplikasi CRM (Manajemen Hubungan Pelanggan) akan menyelesaikan semua masalah Anda dan perusahaan Anda tidak akan pernah menghadapi tantangan lain lagi. Artikel ini akan memberi tahu Anda bahwa solusi CRM akan menghilangkan banyak tantangan tersebut dan bahkan dapat memudahkan Anda untuk memecahkan tantangan baru seiring dengan pertumbuhan perusahaan Anda.

Berbicara tentang tantangan, jadi apa saja tantangan tersebut? Nah, tanpa basa-basi lagi, berikut adalah daftar tantangan paling umum yang dihadapi bisnis apabila tidak menggunakan sistem CRM.

Baca juga : Pengertian CRM

Tantangan Berbisnis Tanpa Solusi CRM

 

Tantangan Bisnis Sebelum Menggunakan CRM

1. Data pelanggan yang tidak teratur

Tanpa CRM, Anda mungkin memiliki tim pemasaran dengan informasi pelanggan dan tim penjualan dengan informasi pelanggan namun sayangnya tim layanan pelanggan dan tim penjualan Anda mempunyai kumpulan info pelanggan yang berbeda beda. Akan jauh lebih masuk akal jika semuanya ada di satu tempat dan setiap departemen dapat melihat dengan tepat di mana setiap pelanggan berada dalam pipeline. Nah Itulah tepatnya yang akan dilakukan CRM.

2. Waktu yang dihabiskan untuk melakukan pembaruan data manual

Anda mungkin bahkan tidak menyadarinya, tetapi ada begitu banyak hal yang Anda lakukan secara manual sesungguhnya dapat dilakukan CRM untuk Anda. Contohnya seperti Formulir kontak dari situs Anda tidak harus dimasukkan secara manual ke dalam database. CRM dapat secara otomatis menampung data itu dari website, membuat catatan, dan bahkan mengirimi mereka tanggapan email khusus. Itu baru permulaan. Beri tahu kami apa yang ingin Anda otomatisasi.

3. Ketidakmampuan Menentukan ROI Pemasaran

Tidak ada lagi hari-hari untuk mencoba menebak apakah penjualan dikaitkan dengan kampanye pemasaran tertentu atau lainnya. Dengan CRM, Anda dapat melacak kampanye pemasaran digital, mengaitkan prospek ke kampanye tertentu, dan mengikuti prospek tersebut melalui corong penjualan / pemasaran untuk mengevaluasi laba atas investasi.

4. Mengumpulkan Data untuk Laporan Membutuhkan Waktu & Tenaga

Butuh banyak waktu untuk mengumpulkan data, terutama jika Anda mengambilnya dari beberapa sistem internal dan situs web eksternal seperti Google atau pun social media. Bagaimana jika semuanya ada di satu tempat dan Anda dapat dengan mudah membuat dan berbagi laporan hanya dengan beberapa klik pada touchpad (atau mouse). Ini dimungkinkan, dengan CRM dan solusi intelijen bisnis yang kuat seperti Barantum CRM

5. Sulit memonitor pelanggan dalam social media

Hanya yang benar-benar berbakat yang dapat beralih antara 6 lebih tab browser untuk mengomentari banyak tanggapan pelanggan dalam akun media sosial yang dimiliki perusahaan Anda. Bahkan jika mereka pandai dalam hal itu, itu masih merupakan pembuangan waktu yang sangat besar. Dengan CRM terintegrasi omnichannel , Anda dapat memiliki semuanya dalam satu tempat dan dapat dengan mudah memonitor pelanggan melalui sosial media Anda tanpa harus membuka banyak tab browser.

6. Terlalu Banyak Data di Banyak Tempat

Apakah perusahaan Anda memiliki spreadsheet atau dokumen lain yang diperbarui dan disimpan orang di tempat berbeda? Beberapa orang bahkan mungkin menyimpannya secara lokal di laptop mereka dan lupa mengunggahnya ke server. Bahkan ketika Anda tahu di mana semuanya, apakah semuanya berhubungan satu sama lain dengan mulus? Mungkin tidak. Sistem CRM akan merapihkan semua ini. Letakkan semua data Anda di CRM; dan data tersebut akan, tersedia untuk semua orang, dan selalu update.

7. Layanan Pelanggan Anda Jadi Berantakan

Saat Anda sangat sibuk bekerja untuk mendapatkan pelanggan, siapa yang punya waktu untuk menindaklanjuti atau menjawab pertanyaan mereka? Nah, semoga bisnis Anda berhasil! Menjaga pelanggan Anda senang harus menjadi salah satu prioritas utama Anda. Terutama dengan teknologi saat ini, sebagian besar pelanggan mengharapkan tanggapan yang cepat saat mereka memiliki masalah. Jika mereka tidak mendapatkannya, mereka akan segera beralih ke perusahaan berikutnya yang melakukan persis seperti yang Anda lakukan…hanya saja lebih cepat dan lebih baik. CRM akan membuat layanan pelanggan juga menjadi optimal tanpa mengesampingkan penjualan Anda. Ini akan memungkinkan tim layanan pelanggan Anda mengelola masalah pelanggan dalam CRM dan mendapatkan pemberitahuan ketika ada pembaruan atau tanggapan dari pelanggan.

8. Kesulitan Menemukan & Mempertahankan Pelanggan yang Berharga

Tentu saja, jika Anda terlalu sibuk melakukan tugas-tugas manual dan hampir semua hal lain yang sudah disebutkan di atas (karena Anda tidak memiliki CRM), bagaimana mungkin Anda punya waktu untuk memasarkan ke pelanggan baru dan kemudian mempertahankan mereka melalui pemeliharaan prospek dan layanan pelanggan yang luar biasa? Hampir tidak mungkin. Jadi, solusinya adalah: CRM. Dengan waktu tambahan dan informasi berharga yang akan diberikan CRM tentang pelanggan Anda, maka Anda justru Bisnis akan meningkatkan kepuasan pelanggan.

9. Sulit Melanjutkan Pertumbuhan

Nah ini yang terakhir karena ini adalah tantangan yang bisa dibilang ujung permasalahan dari kendala dan tantangan diatas. Jika perusahaan Anda sibuk menangani semua tantangan lain diatas, Anda mungkin tidak punya waktu untuk fokus pada pemasaran, meningkatkan produk, dan memelihara prospek. Semua hal yang perlu Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis Anda. Hal utama yang dilakukan solusi CRM adalah membuat semuanya menjadi lebih efisien, tepat sasaran dan terukur ini akan menghemat waktu dan waktu Anda sangat berharga. Sehingga Anda bisa menganalisa dan berfokus kepada pertumbuhan Bisnis / Perusahaan Anda.

 

KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN CRM BAGI BISNIS

 

Keuntungan Menggunakan CRM

Anda sudah mengetahui apa saja kendala dan tantangan yang akan timbul bagi bisnis Anda tanpa menggunakan sistem CRM. Kini saatnya Anda mengetahui apa saja manfaat dan keuntungan dengan menggunakan sistem CRM dalam Bisnis Anda.

Baca juga : Aplikasi CRM di Indonesia Senjata Perusahaan Menghadapi New Normal

Hubungan Klien yang Lebih Baik

Perjalanan pelanggan akan tercatat dalam sistem CRM. Dari pertama kali, mereka mengunjungi situs Anda, mendaftar dan menjadi leads, dan akhirnya menjadi pelanggan. Informasi ini akan membantu Anda memahami kebutuhan pelanggan dan menawarkan pengalaman yang lebih baik selama interaksi di masa mendatang. Semakin banyak Anda tahu tentang pelanggan Anda, semakin mereka tahu bahwa Anda peduli dengan mereka. Ini akan membentuk hubungan yang kuat dan langgeng dengan pelanggan dan calon pelanggan Anda.

Peningkatan Efisiensi

Salah satu manfaat utama CRM adalah efisiensi. Ini juga terkait erat dengan banyak manfaat lainnya. Peningkatan efisiensi dapat menjadi penyebab atau bahkan hasil dari beberapa manfaat lainnya. Misalnya, dengan memiliki semua data di satu tempat. Hal ini pada gilirannya, meningkatkan cara tim internal Anda berkomunikasi satu sama lain. Mungkin pertanyaan Anda, “Bagaimana memiliki semua data saya di satu tempat meningkatkan efisiensi?” Nah, pikirkan tentang karyawan Anda yang berpindah-pindah antar sistem (email, spreadsheet, aplikasi berbasis web, dll.) Yang dapat memakan waktu. Sebaliknya, bayangkan mereka mengelola semua alur kerja dalam satu antarmuka, menghemat waktu, yang pada gilirannya meningkatkan efisiensi.

Lebih Sedikit Entri Data Manual

Anda tahu formulir kontak yang Anda miliki di situs web Anda? Nah, apa yang saat ini Anda lakukan dengan informasi tersebut ketika seseorang mengisi formulir? Mungkin saja Anda tidak melakukan apa pun dengannya. Itu hanya berada di folder di kotak masuk email Anda. Mungkin Anda memasukkannya ke dalam spreadsheet, atau Anda mencetaknya dan memasukkannya ke dalam folder di lemari arsip di sebelah meja Anda. Bagaimana jika Anda memiliki sistem yang menampung informasi itu, membuat catatan secara otomatis dalam database, memberi tahu tim penjualan, pemasaran, dan layanan pelanggan, dan bahkan mengirim respons email secara otomatis ke pelanggan? Ini hanyalah salah satu cara untuk mengotomatiskan tugas dengan CRM, dan dapat menghemat banyak waktu.

Komunikasi Internal yang Lebih Baik

Dengan semua orang di perusahaan Anda yang bekerja dengan satu sistem CRM yang sama, akan ada transparansi yang lengkap. Ketika seseorang menanggapi klien, akan masuk ke sistem. Mengambil tugas yang tersedia dalam CRM, mengawasi siapa yang mengerjakan apa dan menghilangkan risiko anggota tim menduplikasi pekerjaan. Karena semuanya terjadi di CRM, tidak ada yang terlewatkan, semua orang mengetahui apa yang sedang terjadi, dan bisnis Anda beroperasi lebih efisien. CRM juga menciptakan budaya tim yang positif dan komunikasi yang lebih baik, karena karyawan dapat dengan mudah berbagi informasi, berkolaborasi dengan lebih efektif, dan lebih memahami departemen lain dalam organisasi.

Peningkatan Produktivitas Sekalipun Dalam Perjalanan

Saat ini, hampir semuanya ada di cloud. Masuk akal bahwa semua data perusahaan Anda juga harus ada di cloud. CRM Barantum yang berbasis cloud melakukan hal itu. Ketika Anda duduk di taksi atau sedang dalam perjalanan ke rapat, Anda tetap memiliki akses ke informasi klien yang penting. Semua ada di ponsel Anda. Kemudian, saat Anda bertemu dengan klien dan mereka mengemukakan masalah yang perlu diselesaikan… Anda dapat masuk ke CRM, menambahkan tugas baru untuk tim di kantor, dan meminta mereka mengerjakannya bahkan sebelum Anda selesai dari rapat Anda. Memiliki CRM dalam ponsel Anda memungkinkan perusahaan Anda melihat apa yang terjadi dalam waktu nyata, bereaksi lebih cepat, dan memberikan layanan pelanggan yang lebih baik.

Wawasan Baru dari Data Bisnis

Segala sesuatu yang terjadi dalam organisasi Anda dilacak dalam sistem CRM Anda. Hampir semuanya. Terutama, hal-hal penting. Semuanya mulai dari pengunjung, hingga prospek potensial, dan penjualan. Bagaimana mereka sampai ke situs Anda, apa yang mereka klik, apa yang mereka beli, apa yang mereka beli untuk kedua (atau ketiga) kali… dan daftarnya terus berlanjut. Menganalisis data tersebut dapat memberikan wawasan bisnis Anda tentang apa yang berhasil, apa yang tidak, dan apa yang dapat Anda ubah untuk membuat pengalaman lebih baik di lain waktu.

Keamanan data

Sebelumnya, Anda mungkin memiliki informasi di server perusahaan, atau disimpan secara lokal dalam beberapa desktop karyawan. Dengan CRM, Anda dapat menyimpan semua data Anda dalam satu sistem, dan dengan mengatur izin akses, Anda dapat memastikan bahwa hanya karyawan yang berwenang yang dapat mengakses data tertentu. Mungkin terdengar menakutkan untuk memiliki semua data itu di satu tempat, tetapi coba pikirkan ini… Anda dapat menghemat waktu dan uang dengan memusatkan upaya keamanan Anda untuk memastikan satu aset aman daripada memantau beberapa data yang tersebar diberbagai sistem dan bahkan di berbagai storage.

Kesimpulan

Lihatlah perusahaan Anda. Apa tantangan yang dihadapi bisnis Anda setiap hari, mingguan, bahkan bulanan? Sekarang, melihat manfaat yang tercantum di atas, apakah tantangan tersebut adalah sesuatu yang dapat dibantu oleh sistem CRM? Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, cara terbaik untuk memahami mengapa Anda membutuhkan sistem CRM adalah berbicara dengan spesialis CRM tentang kebutuhan bisnis Anda. Dengan pemahaman tentang bagaimana bisnis Anda beroperasi, seorang spesialis dapat membuat rekomendasi tentang fitur CRM yang paling sesuai untuk perusahaan Anda.

CRM Barantum Omnichannel

Apakah Anda sedang mempertimbangkan solusi CRM untuk perusahaan Anda? Apakah Anda memiliki pertanyaan tambahan tentang CRM? Jangan ragu untuk menghubungi kami di www.barantum.com atau Anda juga bisa mengisi kolom komentar.

In this article

Join the Conversation

17 − 17 =