Dapatkan Kemudahan Dalam Beraktivitas Bagi Sales Lapangan dengan CRM

CRM membantu mempermudah aktivitas sales lapangan yang berdampak pada tingkat penjualan. Hal yang terbayang pertama kali ketika mendengar sales lapangan adalah aktivitas yang mayoritas berada di lapangan, di luar ruangan.

Meski selalu berada di luar kantor dan berhadapan dengan berbagai macam situasi, bekerja di lapangan juga memiliki keuntungannya tersendiri. Apa saja keuntungan sales lapangan itu?

Keuntungannya, waktu kerja yang fleksibel, benefit yang menyesuaikan dengan performa di lapangan, dan juga kemampuan interpersonal yang meningkat melalui kesempatan berkomunikasi dengan beragam orang.

Dengan aplikasi CRM, bahkan CRM mobile, mampu mengoptimalkan keuntungan perusahaan. Aplikasi CRM, seperti CRM Barantum, dapat memudahkan segala aktivitas bisnis. Mulai dari memudahkan tim admin untuk menilai performa di lapangan hingga melakukan report dengan fitur CRM Barantum sebagai pendukungnya.

Keunggulan CRM bagi Sales Lapangan

1. Membuat laporan atau data yang hanya perlu disiapkan sekali

Bayangkan berapa lama waktu yang Anda perlukan untuk mengumpulkan dan mengatur semua data untuk laporan Anda. Perusahaan Anda mungkin menyimpan beberapa data dalam CRM, dan Anda mungkin menyimpan beberapa data lain secara lokal di file Excel. Seringkali, Anda mungkin memiliki data di satu tempat, tetapi mungkin tidak akurat, sehingga Anda perlu melakukan pemeriksaan berkala.

Pada akhirnya, Anda harus mengelompokkan wawasan ini ke dalam berbagai laporan, lalu mengirimkan laporan ini kepada siapa pun yang membutuhkannya. Karena pelaporan tidak terjadi hanya sekali, Anda akhirnya mengulangi langkah yang sama setiap kali seseorang perlu melihat beberapa data penjualan.

Dengan otomatisasi laporan, Anda dapat membuat laporan yang hanya perlu disiapkan sekali. Hal ini akan menghemat waktu Anda, dan berinvestasi dalam proses pengambilan keputusan yang lebih berharga. Manajer dan rekan Anda akan selalu memiliki akses ke data pelaporan terbaru, dan meminimalisir human error.

2. Membantu bisnis melacak pendapatan

Pendapatan mengenai prospek Anda bisa datang dari mana saja; situs website, sosial media, panggilan outbond, dan sebagainya. Misalnya, mungkin sebagian besar pendapatan dihasilkan dari prospek di LinkedIn atau panggilan outbond – memahami hal ini otomatisasi laporan dapat membantu mendorong aktivitas pemasaran. Selain itu, laporan dapat memecah pendapatan menurut staf sales dan menilai kinerja mereka.

CTA Barantum

3. Membuat laporan kontak prospek secara terperinci

Sebuah laporan kontak memberikan staf penjualan pandangan pada kontak prospek dan pelanggan dalam database. Barantum CRM dapat memecah kontak ini berdasarkan jenis pekerjaan, tingkat keterlibatan, tanggal kontak terakhir, dan atribut lainnya. Aplikasi CRM mempermudah melaporkan data sales lapangan. Sehingga waktu kerja lebih efisien.

Informasi ini dapat diinterogasi untuk menganalisis serangkaian kontak, memungkinkan tim sales mengidentifikasi kontak utama dan menemukan peluang untuk perkenalan. Misalnya, ketika seorang staf sales ingin masuk ke perusahaan tertentu, mereka dapat menemukan kontak yang mungkin pernah bekerja di sana, berada di level yang sama, atau bekerja di industri terkait.

4. Meningkatkan retensi pelanggan

Tidak diragukan lagi, tingkat konversi Anda adalah metrik penting untuk meningkatkan basis pendapatan Anda secara keseluruhan. Meskipun demikian, ada metrik penting lainnya yang bekerja sama untuk menjaga bisnis Anda tetap bertahan. Salah satu metrik tersebut adalah tingkat retensi pelanggan Anda. Saat tim sales dan pemasaran Anda berada di lapangan, bekerja tanpa lelah untuk menarik prospek baru, mereka pasti perlu menyeimbangkan tingkat konversi dengan tingkat retensi yang baik. Faktanya, tingkat retensi yang lebih tinggi menempatkan bisnis Anda lebih baik daripada tingkat konversi yang tinggi.

CRM mobile berpotensi meningkatkan retensi dan rasio konversi Anda. Tentu saja, pelanggan akan dengan senang hati bertahan dengan merek Anda jika Anda menawarkan layanan pelanggan yang baik kepada mereka. Dan itulah keunggulan CRM mobile Anda.

5. Memangkas biaya

Menyiapkan CRM tradisional sama sekali tidak mudah. Bahkan, dibutuhkan waktu hingga 6 bulan untuk sepenuhnya menerapkan CRM yang berfungsi dengan baik dengan cara tradisional. Meskipun kelihatannya memakan waktu, penting untuk dicatat bahwa itu juga menghabiskan banyak uang.

Penelitian menunjukkan bahwa perusahaan biasa menghabiskan $ 12 miliar setiap tahun untuk CRM tradisional. Sebuah kekayaan yang Anda tidak yakin akan mendapatkan kembali bahkan dalam 3 tahun ke depan.

Mengapa membuang waktu dan sumber daya Anda pada CRM tradisional ketika Anda bisa mendapatkan versi mobile yang lebih baik dan jauh lebih murah?

6. Membantu membuat laporan perkiraan penjualan

Untuk semua pemangku kepentingan, perkiraan penjualan mungkin merupakan laporan yang paling penting sekaligus yang paling sulit untuk dibuat. Dengan menggunakan Barantum CRM, tim penjualan dapat meningkatkan akurasi laporan ini hingga 40%.

Prakiraan penjualan memungkinkan bisnis untuk merencanakan secara efektif dan menyebarkan sumber daya ke area yang tepat. Jika sebuah bisnis sedang optimis pada penjualan dan dapat melihat bahwa akan ada kelebihan modal dalam tiga bulan, maka investasi modal utama dapat mereka lakukan lebih awal. Tetapi jika perkiraan ini salah maka mereka menghabiskan uang yang tidak mereka miliki.

Sangat sulit untuk membuat laporan yang akurat dalam bisnis yang mengandalkan sejumlah kecil penjualan. Sulit untuk memprediksi apa yang akan terjadi dengan penjualan besar dan seringkali ada sejumlah kecil kesepakatan.

Satu kesepakatan yang tidak closing dapat memiliki dampak negatif yang signifikan terhadap penjualan. Sejumlah besar staf penjualan berjuang dengan prediksi . Namun demikian, laporan penjualan yang akurat adalah penting dan tim penjualan harus bekerja keras untuk memberikan informasi yang akurat untuk bisnis.

7. Membantu membuat laporan kemajuan sasaran

Laporan ini dapat mencakup berbagai kegiatan mulai dari penjualan dan pemasaran hingga dukungan pelanggan. Laporan melihat metrik utama dan bagaimana kinerja bisnis terhadap metrik tersebut.

Dalam pemasaran, misalnya, laporan kemajuan sasaran dapat melihat berapa banyak pengunjung situs web ke halaman tertentu yang dikonversi menjadi pelanggan. Dalam penjualan, laporan mungkin melihat persentase proposal yang menghasilkan kesepakatan yang ditandatangani atau nilai umur rata-rata pelanggan. Laporan layanan pelanggan mungkin melihat kepuasan pelanggan atau berapa lama waktu yang bisnis butuhkan untuk menjawab tiket dukungan.

Akses Laporan Penjualan dimana Pun dan Kapan Pun

Dengan Barantum CRM, Anda dapat mengakses laporan tim penjualan Anda di mana saja dan kapan saja. Hal ini karena aplikasi Barantum CRM dapat diakses di berbagai platform; pada dekstop, handphone, maupun tablet. Aplikasi Barantum versi mobile sungguh membantu tim lapangan Anda. Sehingga mereka tidak perlu membuka laptop atau komputer, bahkan pergi ke kantor untuk sekedar memasukkan data. Semuanya bisa mereka lakukan hanya dengan sentuhan jari pada layar smartphone mereka.

CTA Barantum

Yuk, coba Barantum CRM sekarang dan dapatkan uji coba gratisnya selama 7 hari di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Daftar Sekarang