WhatsApp API, Aplikasi yang Cocok Tingkatkan Bisnis di Masa Pandemi

WhatsApp API dapat dugunakan untuk keperluan bisnis Anda di masa pandemi karena kemudahan fitur dalam WhatsApp API dapat membantu meningkatkan penjualan.

Mungkin sampai saat ini masih ada pelaku industri yang bertanya kenapa mesti WhatsApp. Apa istimewanya WhatsApp bagi komunikasi bisnis kita bisa menjelaskan dari beberapa point yang ada di WhatsApp.

Setidaknya manajemen WhatsApp sendiri sudah makin tahu kearah mana pengembangan Whatsapp kedepan. Karena dari perbedaan yang bisa kita lihat saat ini dengan adanya tiga pilihan Whatsapp dari  Whatsapp Regular, Whatsapp Business dan Whatsapp Business API kita bisa tahu seperti apa keunggulan dari masing-masing kategori WhatsApp tersebut.

1. WHATSAPP REGULAR

Kita tahu Whatsapp memang sejak awal sudah mencuri perhatian kita sebagai pencinta media sosial. Sehingga dengan cepat perkembangan pengguna Whatsapp semakin meningkat. Sekadar informasi, saat ini saja pengguna Whatsapp aktif di dunia sudah mencapai 2 miliar pengguna aktif.  Dimana untuk Indonesia sendiri dari data  yang di sampaikan oleh KOMINFO ( Kementerian Komunikasi dan Informatika) tercatat 83% pengguna internet di Indonesia adalah pengguna Whatsapp.  Wajar jika saat ini Indonesia masuk menjadi 3 pengguna Whatsapp terbesar di dunia.

2. WHATSAPP BUSINESS

Whatsapp Business memang belum lama berkembang. Keberadaanya memang seolah menjadi salah satu solusi dari kebutuhan yang ada. Sehingga tidak saja jika pada akhirnya Whatsapp Business di jadikan platform utama  untuk para pengusaha SMEs. Karena dari beberapa fitur yang ada, ini memberikan satu keunggulan ketika pelaku bisnis SMEs menggunakan Whatsapp maka yang pasti akan di pilih adalah Whatsapp Business.  Hal itu sejalan dengan beberapa fitur yang ada dalam konteks Whatsapp Business dari mulai : Company Account, Quick Answers, Labels hingga Message statistics.

3. WHATSAPP BUSINESS API

Dari konsep Whatsapp Business saja kita sudah tahu bahwa manajemen whatsapp telah mengembangkan Whatsapp dari yang semula hanya sebagai media sosial menjadi sebuah media komunikasi bisnis. Tidak heran jika pada akhirnya keberadaan Whatsapp Business API di kembangkan berdasarkan kebutuhan tersebut.  Ada beberapa fitur yang memang memberikan satu gambaran menarik bahwa memang Whatsapp Business API memang layak di gunakan oleh Enterprise Companies ( hingga perusahaan besar).  Karena selain fitur standarnya yang terdiri dari Company Account, Technical Interface for Connection to CRM system, juga ada Click to chat buttons, Group chat dan Template for notifications.  Sehingga use casenya bisa berupa : A, Individual customer support (agent) atau B, Autometed Customer Support (Chatbot), Alert dan Reminder.

Dari penjelasan diatas kita bisa melihat  bahwa keberadaan Whatsapp Business API memang menjadi salah satu faktor yang membuat pelaku bisnis tertarik untuk menggunakannya.  Bukan sekadar menggunakan tetapi menjadikan Whatsapp Business API sebagai media komunikasi bisnis yang utama dalam perusahaannya.

Alasan WhatsApp API Bantu Kemajuan Bisnis Anda di Masa Pandemi

1. Meningkatkan hubungan yang baik dengan customer

Adanya pengembangan beberapa fitur yang ada di Whatsapp Business API. Misalnya, adanya profil bisnis berisi email, nomor telepon, alamat, website, dan detail bisnis lainnya. Tentunya hal ini bagus untuk makin mempertegas kredibilitas perusahaan di mata publik.

2. Menjadi komunikasi yang lebih aman dan nyaman

Setidaknya ada dua hal yang membuat Whatsapp Business API bisa jadi sarana yang aman dan nyaman dalam berkomunikasi dengan customer. Pertama sudah  pasti karena adanya enskripsi  end to end dan two factor authentication (2FA).  Dengan begitu, semua percakapan akan tersimpan aman di masing-masing pihak.

3. Mampu menjadi media komuniasi yang interaktif bersifat dua arah

Ada beberapa fitur yang akan membuat perusahaan dan customer merasa nyaman dalam berkomunikasi. Fitur yang ada di Whatsapp Business cukup beragam. Seperti WhatsApp story, display picture, dan status. Tidak hanya itu, WhatsApp Business juga ikut mendukung pesan yang berisi gambar, audio, video, dokumen, hingga share live location.

Hal tersebut membantu kedua belah pihak, termasuk dalam meningkatkan kualitas service atau layanan customer. Dengan menggunakan Whatsapp Business bisa menciptakan terjalinnya komunikasi yang real dengan pelanggan secara dua arah layaknya melalui telepon atau percakapan langsung di toko. Inilah yang menjadi salah satu fungsi menarik pada Whatsapp Business.

Daftar Centang Hijau WhatsApp Barantum

5. Mudah mengirim pesan dengan cepat

Aplikasi Whatsapp Business API membuat pesan yang Anda kirimkan cepat  terbalas. Ini menjadi salah satu  kelebihan WABA karena di dalamnya terdapat  teknologi AI. Dengan teknologi ini, sekalipun pengguna tidak sedang memegang ponsel tetapi pertanyaan customer tetap bisa di jawab dengan baik.

6. Mudah melayani pelanggan

Whatsapp Business API memiliki fitur chatbot. Kelebihan dari fitur ini, yaitu bisa membalas pesan pelanggan tanpa pemilik nomor harus sedang memegang ponsel. Tidak hanya itu, teknologi AI pada WABA bisa menjalankan chatbot untuk menjawab pesan yang berasal dari customer selama 24 jam.

Adanya layanan chatbot ini memungkinkan Anda tidak akan terlewatkan dalam setiap inkuiri dari customer yang dikirimkan kepada Anda. Dengan begitu, kapan pun dan dimana pun Anda akan selalu bisa melayani customer dengan baik.

7. Lebih efektif

Account Anda bisa terverifikasi dengan menggunakan nama perusahaan Anda. Dengan cara seperti ini maka kualitas dan eksistensi perusahaan semakin meningkat. Lebih efektif dan efisien karena hanya dengan satu nomor dapat dipakai oleh (di-handle) oleh lebih dari satu orang. Dengan model seperti ini maka akan makin meningkatkan efektivitas kerja dari SDM yang ada.

8. Dapat teringerasi dengan aplikasi lain

CRM Meningkatkan Penjualan Sales

Dengan kemudahan ini, maka saat ini tidak sedikit aplikasi yang terintegrasi dengan Whatsapp. Salah satunya WhatsApp CRM, sebuah integrasi WhatsApp dan CRM yang akan semakin mempermudah penilaian kinerja SDM secara real dan benar. Itulah kenapa WhatsApp Business ada penambahan API  (application programming interface).

9. Dapat menjadi sarana penunjang survey loyalitas customer

Adanya beberapa fitur yang di miliki Whatsapp Business dan kemampuan untuk didukung CRM. Maka mempermudah komunikasi dan kegiatan bisnis Anda, misalnya meningkatkan kualitas pelayanan customer.

Pilih Mitra Resmi WhatsApp untuk Gunakan WhatsApp Business API, Seperti Barantum

Jika sebelumnya Barantum CRM adalah sebuah perusahaan yang fokus dalam memberikan layanan CRM Integrasi kepada para customerya. Dengan adanya kolaborasi strategis dengan manajemen WhatsApp dan mendirikan  Whatsapp Official Partner Indonesia.Daftar Centang Hijau WhatsApp BarantumJika Whatsapp Business API mengutamakan konsep berkomunikasi yang efektif dan efisien kepada customer. Maka Barantum akan berusaha semaksimal mungkin mengembangkan dan meningkatkan fitur-fitur yang ada dalam CRM agar bisa secara optimal digunakan oleh customer.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments