Cara WhatsApp Business API Tingkatkan Layanan Pelanggan

WhatsApp Business API dapat bantu tingkatkan layanan pelanggan bisnis Anda dengan memudahkan customer servives melakukan komunikasi. Hal  itu di karekan fitur-fitur yang ada dalam Whatsapp Business API secara fungsi memang mampu menjadikan customer menjadi loyal kepada perusahaan. Karena secara pelayanan dengan adanya fitur-fitur khusus tersebut membuat customer merasa lebih di hargai dan di hormati oleh perusahaan  yang notabenenya memang saling membutuhkan.

Sepeti yang diketahui, pelanggan adalah aset  bagi perusahaan memang  saat ini dan kedepan akan menjadi salah satu strategi bagi perusahaan dalam mempertahankan performance bisnisnya.  Tidak salah memang jika pada akhirnya di katakan bahwa pelanggan itu mesti di jaga dan di kelola secara strategis dan profesional.

Berbekal perspektif bisnis itulah yang membuat saat ini banyak perusahaan bersaing untuk membuat ide atau konsep pelayanan yang sempurna bagi pelanggan. Karena perusahaan melihat hubungan yang baik dengan pelanggan akan menjadi sebuah investasi atau aset yang berguna bagi perusahan di masa yang akan datang.

Berdasarkan kondisi itulah yang membuat saat ini Pelaku bisnis banyak yang mengubah media komunikasi bisnisnya menggunakan Whatsapp Business API. Kenapa, karena secara fungsi, media ini mampu mengubah pelanggan dari regular pelanggan menjadi loyal pelanggan.

Bagaimana Cara WhatsApp API Tingkatkan Layanan Pelanggan?

Pentingnya layanan pelanggan dalam setiap bisnis adalah salah satu faktor utama kepuasan pelanggan. Pastikan  bahwa Anda selalu menanggapi setiap pertanyaan pelanggan, sehingga kebutuhan mereka terpenuhi dengan tepat. Melalui WhatsApp Business API, Anda juga dapat melihat dan mengontrol kualitas dan tingkatkan layanan pelanggan.

Saat ini, telah banyak tersedia berbagai software atau aplikasi penunjang kinerja customer service agar dapat memaksimalkan pelayanan pelanggan bisnis Anda. Salah satunya adalah WhatsApp API. Berbeda dengan versi reguler dan versi bisnis biasanya, versi ini khusus untuk bisnis menengah dan besar. Dengan tujuannya ini, tentu versi ini memiliki fitur-fitur canggih untuk memenuhi kebutuhan bisnis besar, termasuk layanan pelanggan.

Bisnis menggunakan WhatsApp API membantu Anda untuk mencapai tujuan kepuasan pelanggan dan memberikan pengalaman omnichannel. Namun, apapun tujuannya, WhatsApp memberikan cara yang sama untuk meningkatkan pelayanan pelanggan Anda.

Miliki banyak agen customer service percepat proses layanan pelanggan

Ketika bisnis Anda tumbuh semakin besar, tentunya permintaan pelanggan akan semakin meningkat. Meningkatnya permintaan pelanggan mengharuskan Anda untuk memiliki banyak agen customer service. Banyaknya agen customer service akan memenuhi kebutuhan pelanggan dengan cepat. Sehingga, pelanggan tidak perlu menunggu antrian yang panjang menantikan jawaban dari agen.

Apakah memiliki banyak agen akan menjamin keefektifan kinerja layanan pelanggan? Belum tentu. Ada kalanya, sebuah alat bisnis tidak memungkinkan banyak agen untuk mengaksesnya. Oleh karena itu, Anda membutuhkan sebuah alat komunikasi untuk banyak agen, yaitu WhatsApp Business API.

Baca juga: Fitur Dalam WhatsApp API Optimalkan Kinerja Layanan Pelanggan

WhatsApp Business API memungkinkan banyak agen untuk mengakses satu akun

Para pebisnis yang telah menggunakan fitur WhatsApp Business banyak agen tentu sudah mengetahuinya. Di masa transformasi digital ini, para pemilik bisnis beralih menjalankan bisnis mereka secara online. Salah satu cara yang banyak mereka tempuh adalah dengan memaksimalkan penggunaan WhatsApp. WhatsApp kini telah menjadi bagian penting dalam interaksi bisnis dengan pelanggan.

WhatsApp Business banyak agen atau multiple agent adalah penggunaan satu nomor WhatsApp untuk banyak orang. Artinya, banyak admin CS Anda dari berbagai device dapat mengakses satu nomor WhatsApp bisnis Anda.

Manfaat WhatsApp API pada Layanan Pelanggan Bisnis Anda

Daftar Centang Hijau WhatsApp Barantum

1. Mengumpulkan umpan balik pelanggan

Umpan balik pelanggan penting bagi bisnis Anda, sama seperti hal lainnya. Dan ketika ada platform luar biasa seperti WhatsApp, bisnis seharusnya tidak berpikir dua kali untuk menjangkau pelanggan dan meminta umpan balik dari mereka. Dengan demikian, alur percakapan saluran menjadikannya salah satu alat utama dalam mengumpulkan umpan balik pelanggan dan merasakan suasana hati pelanggan.

Baca juga: Cara Menggunakan WhatsApp API Untuk Customer Service

2. Skalakan komunikasi pelanggan

Penggunaan WhatsApp API dapat dilakukan untuk melakukan komunikasi pelanggan dalam skala besar atau terlibat dalam komunikasi massa. Ada kebebasan untuk menggunakan format media pilihan baik itu gambar atau video dengan interaksi pelanggan untuk meningkatkan pengalaman.

3. Pemesanan berjalan lancar

Pelanggan saat ini mengharapkan informasi pemesanan dan detail terkait di WhatsApp API karena terasa nyaman bagi mereka. Ketika semua informasi terkait pemesanan tersedia di satu tempat, itu meningkatkan pengalaman pelanggan dengan merek tersebut.

Bisnis Anda dapat menyertakan WhatsApp API sebagai bagian dari saluran komunikasi pelanggan dengan tujuan untuk menyatukan semua info pemesanan dan mengirimkannya dengan lancar. Ini dapat menyelamatkan pelanggan dari kerepotan memeriksa email dan menghubungi tim dukungan untuk informasi yang relevan.

4. Bagikan notifikasi secara instan

Bisnis Anda dapat menggunakan WhatsApp API untuk mengirim pemberitahuan dan pengingat kepada pelanggan dan meningkatkan pengalaman mereka dengan merek Anda. Berbagai jenis notifikasi dapat dikirimkan kepada pelanggan seperti terkait pemesanan, pembayaran jatuh tempo, dan sebagainya.

5. Mengirim pembaruan status

Menambahkan  WhatsApp API ke dalam campuran komunikasi bisnis Anda terbukti sangat berguna dalam mengirimkan pembaruan status kepada pelanggan terkait pemesanan, pelacakan pesanan, dan sebagainya.

Anda dapat menggunakan saluran untuk memberi tahu pelanggan tentang status pasti pesanan mereka, jadwal kedatangannya, dan informasi penting lainnya. Memperbarui pelanggan tentang status dengan mudah adalah salah satu kiat layanan pelanggan utama dan mengembangkan bisnis Anda.

6. Mengumpulkan umpan balik pelanggan

Umpan balik pelanggan penting bagi bisnis Anda, sama seperti hal lainnya. Dan ketika ada platform luar biasa seperti WhatsApp, bisnis seharusnya tidak berpikir dua kali untuk menjangkau pelanggan dan meminta umpan balik dari mereka.

Alur percakapan saluran menjadikannya salah satu alat utama dalam mengumpulkan umpan balik pelanggan dan merasakan suasana hati pelanggan.

7. Implementasi sistem chatbot dan template pesan untuk bisnis

Penggunaan chatbot dan template pesan di WhatsApp Business API dapat membuat komunikasi menjadi lebih efisien dan efektif. Sistem chatbot yang mengandalkan teknologi Artificial Intelligence (AI) berfungsi untuk menyampaikan berbagai informasi yang telah ditentukan sebelumnya, seperti spesifikasi produk, harga produk dan fitur-fiturnya. Chatbot juga dapat meminimalkan biaya operasional karena kebutuhan banyak agen dapat dikurangi.

8. Sistem respon otomatis

CRM Meningkatkan Penjualan Sales

Dengan sistem auto reply di WhatsApp Business API, Anda tidak perlu lagi menghabiskan waktu untuk menanggapi pesan serupa yang masuk. Namun, untuk menggunakan sistem ini, Anda harus menentukan jenis pesan yang berlaku dan responsnya selama penyiapan.

Dengan adanya fitur ini, pekerjaan layanan pelanggan Anda menjadi lebih optimal. Mereka dapat merespon pertanyaan pelanggan dengan cepat. Apalagi dengan bantuan chatbot, agen layanan pelanggan tidak perlu menjawab pertanyaan yang sering ditanyakan seperti FAQ. Hal ini tentu merampingkan pekerjaan agen, sehingga mereka bisa lebih fokus untuk menjawab pertanyaan yang lebih mendesak.

Baca juga: 5 Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Mengintegrasikan WhatsApp API

9. Pemesanan berjalan lancar

Pelanggan saat ini mengharapkan informasi pemesanan dan detail terkait di WhatsApp karena terasa nyaman bagi mereka. Ketika semua informasi terkait pemesanan tersedia di satu tempat, itu meningkatkan pengalaman pelanggan dengan merek tersebut.

Bisnis Anda dapat menyertakan WhatsApp sebagai bagian dari saluran komunikasi pelanggan dengan tujuan untuk menyatukan semua info pemesanan dan mengirimkannya dengan lancar. Ini dapat menyelamatkan pelanggan dari kerepotan memeriksa email dan menghubungi tim dukungan untuk informasi yang relevan.
Maskapai penerbangan adalah contoh cara berhasil menggunakan WhatsApp Business API  untuk membuat pemesanan menjadi sederhana dan mudah bagi pelanggan. Mereka tidak hanya mengirimkan semua detail pemesanan di nomor WhatsApp pelanggan, tetapi juga mengirimkan e-boarding pass untuk menambah nilai tambah bagi pelanggan.

Bagaimana Mendapatkan WhatsApp API dengan Mudah?

Daftar Centang Hijau WhatsApp Barantum

Mendapatkan akses ke WhatsApp Business API adalah proses yang sederhana namun cukup rumit pada saat yang bersamaan. Perlu diingat bahwa API pada dasarnya adalah seperangkat fungsi dan prosedur yang mengirimkan informasi antara aplikasi yang berbeda. Untuk itu, Anda membutuhkan BSP atau mitra resmi WhatsApp seperti Barantum untuk mendapatkannya. Sebagai mitra resmi WhatsApp Business API, Barantum memberikan kemudahan bagi Anda dalam mendapatkannya.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments