Mengenal Chatbot CRM dan Manfaatnya

Chatbot merupakan sesuatu yang harus setiap bisnis gunakan karena dapat membuat pekerjaan menjadi lebih mudah, terutama dalam memberikan tanggapan cepat terhadap pesan pelanggan. Semakin berkembangnya teknologi, Anda bisa menggunakan chatbot CRM untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda.

Chatbot ini merupakan salah satu tool terbaru dalam pemasaran digital. Fitur chatbot sebetulnya kependekan dari chatterbot yang merupakan kecerdasan buatan atau AI (artificial intelligence).

Dengan fitur chatbot akan merespons, baik pertanyaan atau keinginan dari pelanggan secara natural. Hal itu sesuai kata kunci atau keadaan tertentu yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Pengertian Chatbot CRM

Chatbot adalah program komputer yang berfungsi untuk menyimulasikan percakapan layaknya manusia melalui perintah suara, teks, atau keduanya. Pada chatbot CRM mengotomatiskan banyak hal pada bisnis, seperti menyapa pelanggan serta menanyakan masalah yang pelanggan hadapi sebelum berbicara langsung dengan agen customer service.

Cara kerja chatbot sederhana. Chatbot berfungsi berdasarkan kata kunci yang sudah tercatat di dalam sistem. Setiap kali chatbot menerima pertanyaan dari pelanggan, secara otomatis bot akan menyesuaikan jawaban yang sesuai dengan kata kunci dari pertanyaan yang pelanggan ajukan.

Manfaat Chatbot CRM

WA CRM

1. Akses data otomatis

Konsumen membutuhkan pelayanan secepat mungkin untuk melayani kebutuhan mereka. Namun kita tahu pasti ada batasan jam kerja apabila bisnis menggunakan layanan konsumen menggunakan tenaga manusia. Dengan menggunakan chatbot yang responsif, konsumen akan mendapatkan pelayanan setiap saat tanpa ada batasan waktu.

2. Proses kerja sederhana

Cara kerja chatbot sederhana. Hanya memasukkan kata kunci ke dalam sistem, pelanggan Anda bisa mendapatkan jawaban dengan cepat sesuai kata kunci tersebut. Oleh sebab itu, mempermudah pekerjaan customer service dalam melayani pelanggan. Namun, jika ada pertanyaan lebih lanjut, customer service bisa menjawab pertanyaan tersebut.

3. Pekerjaan lebih efektif

Proses yang sederhana membuat pekerjaan customer service Anda lebih efektif. Pelanggan yang memiliki pertanyaan tidak seluruhnya langsung berhubungan dengan customer service. Melainkan dengan balasa chatbot sesuai kata kunci yang sudah dibuat. Dengan demikian, staf Anda memiliki lebih banyak wkatu untuk menyelesaikan tugasnya yang lain.

Baca juga: Cara Meningkatkan Pejualan Produk dengan Manfaat Omnichannel

4. Hemat waktu dan biaya

Hemat Waktu dan biaya

Bisnis yang menggunakan chatbot CRM tidak perlu mengeluarkan dana yang lebih besar untuk menggaji karyawan. Chatbot otomatis merespons pertanyaan pelanggan sesuai kata kunci. Dengan kecepatan respons yang saat itu juga, tentu akan mengurangi waktu yang terbuang karena perusahaan dapat merespons pelanggan dengan cepat.

Manfaat lain penggunaan chatbot untuk bisnis adalah dapat menghemat waktu pelanggan dalam memperoleh informasi. Penggunaan chatbot bagi sebuah bisnis dapat membuat pekerjaan berjalan lebih efektif. Staf Anda tidak perlu mengulang jawaban atas pertanyaan umum yang sering ditanyakan. Chatbot akan memberikan informasi yang relevan dengan pertanyaan dari konsumen. Jadi, mereka tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan tanggapan dari pihak pebisnis. Dengan demikian, waktu dan tenaga yang dikeluarkan lebih sedikit.

Selain lebih optimal, menggunakan teknologi chatbot juga bisa menghemat biaya operasional karena tidak perlu banyak mempekerjakan karyawan sebagai customer service.  Dengan demikian, chatbot sangat efektif untuk bisnis yang ingin menghemat uang.

5. Meminimalisasi kesalahan

Tidak ada karyawan yang sempurna dan tidak pernah melakukan kesalahan. Kesalahan bisa saja terjadi saat customer service sedang menangani pelanggan. Namun, hal ini bisa diminimalisasi dengan penggunaan chatbot.

Chatbot akan konsisten memberikan jawaban yang sesuai atas pertanyaan yang diajukan. Setiap jawabannya akan selalu tepat sesuai dengan instruksi yang diberikan. Selain itu, kemungkinan pertanyaan pelanggan tidak terbalas pun kecil. Jadi, segala jenis kesalahan bisa dihindari sehingga pelanggan tidak akan mendapatkan informasi yang keliru.

penerapan crm perusahaan

6. Meningkatkan pelayanan pelanggan

pelayanan pelanggan

Kini banyak perusahaan yang menggunakan chatbot untuk meningkatkan kualitas pengalaman pelanggannya. Chatbot dapat secara proaktif terlibat dalam percakapan dengan pelanggan dengan menawarkan rekomendasi.

Apabila bisnis dapat melayani pelanggan setiap saat dengan bantuan  fitur chatbot, maka pelanggan akan semakin merasa puas karena mendapatkan pelayanan yang mereka inginkan. Di samping itu, dengan menggunakan fitur chatbot, pelayanan pelanggan selalu tersedia selama 24 jam. Pelanggan dapat bertanya kapan saja dan langsung mendapatkan jawaban. Hal ini juga dapat lebih meningkatkan keuntungan bisnis.

7. Meningkatkan penjualan

meningkatkan penjualan

Meningkatnya kepercayaan pelanggan dan kepuasan pelanggan berarti Anda dapat meningkatkan penjualan. Hal ini secara otomatis terjadi karena kepercayaan dan kepuasan pelanggan berhubungan dengan penjualan dalam perusahaan.

Pelanggan Anda yang merasa puas atas pelayanan bisnis Anda, meningkatkan kemungkan mereka melakukan repeat order.

Baca juga: Cara Ampuh Tingkatkan Repeat Order Berkali-Kali

8. Menghasilkan Lead untuk Mendapatkan Pelanggan Potensial 

Chatbot memainkan peran penting dalam mendapatkan pelanggan potensial. Hal ini dapat digunakan pada berbagai saluran digital untuk mengumpulkan informasi pelanggan yang berinteraksi dengannya.

Dari data dan informasi yang dikumpulkan chatbot, Anda bisa mengetahui mana pengunjung yang berpotensi untuk menjadi pembeli dan mana yang tidak. Kemudian data tersebut bisa Anda manfaatkan untuk merancang strategi digital marketing yang tepat untuk melakukan pendekatan kepada pelanggan dalam bentuk pengiriman newsletter, merekomendasikan produk baru yang mungkin mereka sukai, memberikan penawaran diskon, dan sebagainya.

Dapatkan Chatbot Terbaik untuk Bisnis Anda dengan Baramtum

Anda bisa mendapatkan chatbot CRM terbaik dengan mudah hanya di Barantum.com. Sistem CRM Barantum bersifat Omnichannel sehingga dapat diintegrasikan dengan berbagai aplikasi bisnis lain yang Anda butuhkan. Tak hanya itu, CRM Barantum adalah partner resmi WhatsApp Business API untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan penjualan pada bisnis Anda.

CTA Barantum

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments