Mengenal Customer Journey untuk Bisnis Anda

Kini banyak bermunculan bisnis-bisnis baru. Hal tersebut membuat bisnis semakin berkembang. Tiap pebisnis tentunya berharap dan berusaha untuk selalu mendapatkan penjualan yang tinggi. Namun, ada pebisnis yang hanya memprioritaskan penjualan tanpa memperhatikan kebutuhan pelanggan. Padahal, hal tersebut diperlukan untuk memaksimalkan penjualan mereka. Salah satunya dengan mengetahui customer journey.

Dengan membuat customer journey, Anda bisa mengetahui pola pikir konsumen lebih detail sehingga tahu apa yang harus dilakukan agar interaksi konsumen dengan bisnis Anda berjalan lebih baik. Terlebih di saat ini sudah banyak kompetitor sehingga persaingan makin ketat.

Apa itu customer journey?

customer journey

Customer journey merupakan sebuah perjalanan seorang pelanggan mulai dari mengetahui atau menemukan informasi tentang produk atau brand Anda. Mulai dari mengunjungi website Anda hingga membeli produk Anda. Bahkan, sampai melakukan pembelian berulang atau repeat order. Dengan memahami customer journey berarti Anda mampu memahami pola pikir pelanggan Anda.

Tujuan dari customer journey ini, yaitu untuk memahami perilaku konsumen yang mengarah pada perolehan prospek bisnis. Salah satu cara mengetahui customer journey, yaitu dengan menggunakan WhatsApp Business API yang terintegrasi dengan sisrem CRM. Aplikasi WhatsApp ini memiliki banyak pengguna di seluruh dunia. Dengan demikian, Anda mampu menjaring pelanggan sebanyak mungkin tanpa terhalang jarak.

Baca juga: WhatsApp API Bantu Tingkatkan Layanan Pelanggan

Tentu saja, aplikasi ini telah menjadi sarana andalan sehari-hari masyarakat dalam berkomunikasi dari berbagai kalangan. Melihat kenyataan ini, bisnis pun menggunakan WhatsApp Business API untuk menjagkau pelangaan lebih luas dan membangun komunikasi yang efektif serta efisien.

Menanggapi pesan serta memberikan notifikasi secara otomatis adalah sebagian dari beragamnya fitur canggih dari WhatsApp Business API. Fitur-fitur ini selain untuk mempermudah aktivitas penjualan, juga untuk membangun customer experience yang baik. Keuntungan ini berjalan dua arah; Anda tidak akan repot dalam melayani pelanggan, pelanggan pun menjadi senang dan puas karena Anda selalu memberikan informasi tanpa mereka memintanya.

Pada masa yang sangat mengedepankan customer experience, tahap customer journey WhatsApp yang perlu Anda perhatikan, yaitu presales, sales, dan pascasales. Tahapan tersebut sangat penting untuk menciptakan end-to-end customer journey yang terbaik.

Tahap-Tahap Customer Journey

Tahap pre-sales

Dalam tahap ini, bisnis harus menciptakan customer experience yang menyenangkan. Hal yang paling mendasar dalam menciptakan customer experience positif adalah dengan menyajikan mereka informasi yang relevan tanpa perlu melalui langkah panjang.

Ketika Anda melakukan promosi, Anda dapat menautkan call to action (CTA) ke kontak bisnis Anda pada media yang Anda gunakan. Sehingga, ketika konsumen tertarik, mereka dapat menghubungi bisnis Anda secara langsung. Ini merupakan yahap awal customer journey WhatsApp.

Dengan menambahkan CTA ke WhatsApp Business API pada media promosi, Anda akan secara langsung terhubung dengan konsumen melalui iklan yang sudah Anda buat. Apalagi, tanda centang hijau yang Anda dapatkan ketika menggunakan WhatsApp Business API dapat memberikan rasa aman dan meningkatkan kepercayaan pelanggan potensial terhadap bisnis Anda.

Fitur yang dihadirkan oleh WhatsApp Business API yang terintegrasi dengan Barantum Omnichannel juga dapat mempermudah komunikasi Anda dengan pelanggan potensial. Anda dapat menambahkan agen customer service untuk melayani pesan-pesan dari pelanggan potensial.

Tidak hanya itu, Barantum Omnichannel dapat terintegrasi dengan layanan komunikasi lainnya seperti Telegram, Facebook Messenger, Line, serta direct message Instagram. Dengan demikian, Anda dapat melayani kebutuhan pelanggan dari berbagai saluran yang mereka sukai. Hal ini pun turut meningkatkan customer experience serta membangun pengalaman omnichannel yang positif.

Barantum

Tahap sales

Tahap selanjutnya, perlu bagi Anda untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa kebutuhan pelanggan. Selanjutnya, Anda mencocokkannya dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Pada tahap ini Anda perlu membalas seluruh pesan dengan cepat, tepat dan secara real time. Dengan demikian, penjualan akan lebih banyak.

Dilihat dari penerapan WhatsApp Business API membantu Anda meningkatkan komunikasi antara bisnis melalui para agen customer service dengan konsumen. Interaksi yang real time dengan bisnis, membuat konsumen mendapat respon cepat dari pesan yang mereka kirimkan.

Tahap pasca-sales

Tahap ini merupakan tahap dimana transaksi baru saja selesai, sehingga menjadi bagian yang sangat penting bagi bisnis Anda. Pada tahap ketiga ini, customer journey menjadi fase yang tidak kalah krusial bagi bisnis dalam mempertahankan pelanggan. Hal itu karena pelanggan akan melakukan konsiderasi sebelum melakukan pembelian kembali.

WhatsApp adalah cara mudah untuk memberikan dukungan pasca-penjualan kepada pelanggan Anda tanpa membuat pelanggan Anda frustrasi karena antrean yang panjang atau informasi yang berulang.  Dengan WhatsApp Business API yang terintegrasi dengan Barantum Omnichannel, Anda akan meningkatkan produktivitas agen customer service dan tentu saja kepuasan pelanggan Anda.

Dapat dikatakan bahwa manfaat yang ditawarkan dari penggunaan WhatsApp API tidak sebanding dengan harga yang akan dibayarkan oleh bisnis ketika memutuskan untuk menggunakan WhatsApp Business API.

Dapatkan Customer Journey yang Lebih Baik dengan Mengintegrasikan WhatsApp Business API Anda di Barantum

Salah satu manfaat utama mengintegrasikan CRM Anda dengan API adalah kemudahan menjalankan dukungan pelanggan. Namun, hal yang perlu Anda pertimbangkan adalah apakah CRM yang saat ini Anda gunakan atau sedang Anda pikirkan kompatibel dengan WhatsApp Business API.

Kabar baiknya adalah bahwa sebagian besar CRM terkemuka di pasar, seperti Barantum, Hubspot, Microsoft Dynamics, SuiteCRM dan Zoho, dapat dengan mudah diintegrasikan dengan API.

Official WhatsApp API Business Solution Provider

Ketika Anda mengintegrasikan WhatsApp Business API ke Barantum CRM, berbagai fitur hadir sebagai pendukung Anda menjalankan bisnis. Barantum chat memberikan fitur-fitur pendukung kinerja agen dari template chat, broadcast, hingga analisis canggih terhadap percakapan untuk melacak kinerja setiap agen, percakapan masuk, hingga seberapa cepat respons percakapan yang diberikan oleh tim. Semua data tersebut berperan penting dalam memberikan pelayanan secara lebih optimal, interaktif dalam komunikasi dengan pelanggan. 

Mengintegrasikan WhatsApp API Anda pada Barantum CRM akan memberikan dampak yang signifikan pada customer journey Anda. Coba sekarang dan dapatkan uji coba GRATIS nya selama 7 hari di sini!

Barantum

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments