Ketahui Aplikasi Call Center Yang Tepat Bagi Bisnis Anda

Aplikasi Call Center

Aplikasi Call Center Dalam Bisnis

 

Ketika Anda mendengar istilah “Call Center,” apakah yang terlintas dalam pikiran Anda? Kebanyakan akan berpikir tentang sebuah tempat bagian dari divisi kantor Perusahaan besar yang penuh dengan operator yang menggunakan headset dan bertugas menjawab telepon sepanjang hari dan setiap hari. Walaupun ini sebagian benar (orang-orang menjawab telepon). Call Center itu sendiri sebenarnya adalah sebuah Aplikasi yang dapat mendistribusikan panggilan telepon ke beberapa saluran yang sudah di tentukan. Tujuannya adalah untuk mewadahi atau menjadi jembatan informasi antara Konsumen dan Perusahaan. Bila Anda mempunyai pertanyaan Call Center itu apa sih? Anda bisa membacanya pada link tersebut.

Aplikasi Call Center yang fitur utamanya adalah sebagai Automatic Call Distribution juga ada di bisnis kecil tidak hanya di Perusahaan besar saja. Seiring perkembangan teknologi fitur dari Aplikasi Call Center semakin berkembang dan hal ini sangat membantu bagi Perusahaan untuk bisa terhubung dengan pelanggan. Selain Call Center berfungsi sebagai layanan informasi bagi para customer, Aplikasi Call Center juga dapat digunakan sebagai telemarketing, client telepon, dan debt collection pun dapat dilakukan. Lihat informasi solusi call center rekomendasi Google.

 

Bagaimana Aplikasi Call Center Bekerja

voip ippbx call center

Setidaknya ini adalah point utama yang wajib dimiliki Layanan Call Center baik itu menggunakan Aplikasi Call Center yang di tujukan untuk bisnis kecil ataupun bisnis yang kompleks.

  1. Agen/ Customer Service Agen.

Agen menerima panggilan telepon masuk. Kemudian Aplikasi Call Center mendistribusikan jalur panggilan masuk kepada Agen yang tersedia. Apabila semua jalur penuh maka panggilan akan masuk antrian sampai ada agen yang tersedia.

  1. Pause dan Unpause

Aplikasi Call Center akan menghentikan sementara panggilan telepon kepada agen yang baru menyelesaikan tugas atau sedang istirahat. Ada jeda waktu yang bisa di atur untuk memberikan kesempatan istirahat bagi Agen Call Center.

  1. Antrian / Queues

Jika agen yang tersedia sibuk atau tidak tersedia, panggilan dapat dialihkan ke antrian. Dan Aplikasi Call Center akan memprioritaskan panggilan berdasarkan nilai, urgensi, atau aturan lainnya yang dapat disesuaikan.

  1. Penanda

Ini memungkinkan Agen untuk menunjukkan sifat panggilan. Aplikasi Call Center akan menandakan panggilan misalnya; panggilan penagihan atau tujuan khusus lainnya.

Selain fitur di atas, Aplikasi Call Center yang mempunyai fitur lengkap dapat membuat pelaporan yang cukup rinci yang dapat memberi Anda informasi tentang bagaimana pengalaman yang diterima pelanggan Anda ketika mereka melakukan panggilan, berapa lama mereka ditahan? berapa banyak penelepon yang menunggu untuk berbicara dengan agen pada saat yang sama? Semua laporan tersebut dapat dilihat secara terperinci menggunakan Aplikasi Call Center.

 

Peran Call Center Membangun Bisnis

aplikasi call center solusi bisnis

Ketika komunikasi bisnis menjadi lebih beragam dan canggih, teknologi canggih diperlukan untuk mengimbangi tren dan tuntutan pasar baru. Sayangnya, sebagian besar sistem telepon lawas tidak dapat mendukung masa depan kebutuhan komunikasi bisnis, tetapi untungnya, usaha kecil dan menengah (UKM) memiliki opsi untuk mengatasi tantangan ini.

Aplikasi komunikasi modern yang dulu disediakan untuk bisnis besar sekarang dapat terjangkau untuk bisnis dari semua ukuran. Melalui layanan telepon yang di-host (alias VoIP – Voice Over Internet Protocol), UKM memperoleh kemampuan yang dibutuhkan untuk mendukung beragam perangkat, mempermudah komunikasi antara karyawan dan pelanggan. Inilah mengapa banyak Perusahaan untuk mempertimbangkan mengganti sistem telepon tradisional dengan menggunakan Aplikasi Call Center yang berbasis cloud. Dalam dunia yang sangat terhubung ini di mana pelanggan semakin mengharapkan Anda untuk menjawab panggilan mereka dari mana saja, kapan saja, kekuatan VoIP menawarkan alat komunikasi bisnis generasi baru untuk mendukung semua kebutuhan Anda yang muncul.

Dengan Aplikasi Call Center berbasis Cloud dengan fitur lengkap yang canggih seperti yang dikembangkan oleh Barantum.com, Perusahaan akan mendapatkan kemudahan serta penghematan anggaran. Perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya lagi untuk pembelian Perangkat Keras maupun Perangkat Lunak.

Dengan menggunakan Aplikasi Call Center akan membantu menghemat waktu karyawan sehingga mereka dapat meningkatkan produktivitas mereka. Misalnya, Pada sebuah Perusahaan kecil menengah yang bergerak di bidang pembuatan kue/roti. Konsumen akan seringkali memesan barang melalui telepon. Namun, semakin banyak waktu yang dihabiskan untuk telepon, semakin sedikit tenaga yang digunakan untuk membuat kue / produksi menjadi turun atau statis dan menjadi tidak fokus kepada inovasi produk lainnya. Dalam situasi ini, dengan adanya Call Center, dapat memudahkan menerima panggilan telepon untuk toko roti dan menerima pesanan. Karyawan kemudian dapat fokus kepada produksi tanpa terganggu oleh pesanan telepon lainnya. Pusat panggilan juga dapat menerima masukan/feedback dari pelanggan yang dapat mengarah pada peningkatan kualitas produk sehingga akan meningkatkan kepuasan pelanggan. Dengan begitu toko roti tersebut mempunyai pelanggan loyal yang akan menjadi referal bagi mereka, dengan merekomendasikan produk roti tersebut kepada orang lain atau sahabat-sahabatnya.

 

Aplikasi Call Center Sebagai Strategi Bisnis

 

Dari bacaan diatas, maka dapat kita simpulkan manfaat utama dari Call Center yaitu :

  1. Tingkatkan produktivitas kerja: Menanggapi pertanyaan dari banyak klien Anda, akan memakan waktu dan dapat berdampak buruk pada perusahaan Anda jika tidak ditangani dengan baik. Dengan adanya pusat panggilan (Call Center), Anda akan fokus pada kompetensi inti Anda sebagai perusahaan.
  2. Menjangkau lebih banyak orang: Jika ada cara cepat untuk menjangkau konsumen global, maka memiliki pusat panggilan akan sangat membantu. Dengan ini, Anda dapat terhubung dengan lebih banyak orang, menyelesaikan lebih banyak masalah, dan mencapai lebih banyak hasil.
  3. Menjadi lebih kompetitif: Jika ada strategi yang dapat membantu Anda secara signifikan mengungguli pesaing Anda. Call Center adalah salah satunya. Dengan itu, Anda dapat memanfaatkan sumber daya yang ada, dan mendapatkan lebih banyak keunggulan dari pesaing Anda.
call center customer satisfy
call center create customer satisfaction

Cloud Call Center Favorit

Barantum.com, Sebagai salah satu Perusahaan pengembang Aplikasi Call Center di Indonesia, berhasil mengembangkan perangkat lunak dengan teknologi terkini yaitu cloud call center yang dapat terintegrasi dengan aplikasi CRM. Teknologi ini menjadi favorit bagi Perusahaan di era digital ini. Dengan sistem yang stabil,serta fitur lengkap, plus harga yang kompetitif . Banyak Perusahaan dari segala sektor Industri dan berbagai skala bisnis menggunakan Aplikasi Call Center Barantum. Bila Anda masih penasaran Anda bisa membaca Call Center Jaman Now Wajib Bisa Predictive Dialer untuk menambah pengetahuan Anda tentang teknologi terkini yang di terapkan dalam Aplikasi Call Center.

 

1 Shares
In this article

Join the Conversation

five × three =